Pendidikan Forward : Keajaiban

Kamis, 06 Januari 2011 19.08

yo reader. sudah lama gaposting. hm disuruh pak wijaya buat copas postingannya dari blog dia ke sini -_- oke selamat membaca Sabtu, 1 Januari 2011 saya berangkat kembali ke kota Bandung. Pukul 10.30 saya berangkat dari rumah di Jatibening Bekasi, dan sampai di kota Bandung pukul 13.00. Saya menumpang bus AC Primajasa Jurusan Tanjung Priok-Bandung. Sepanjang perjalananan dari Bekasi ke Bandung melalui tol Purbalenyi Alhamdulillah lancar. Setiba di Bandung, saya langsung menuju rumah kakak ipar saya. Di sana sedang berkumpul anak dan istri. Mereka semua kangen sama ayahnya. Sebab sehabis presentasi eduprenership di hotel Endah Parahiyangan kemarin, saya langsung ke Jakarta bersama pak Dedi. Saya berniat untuk mengurus SIM di Polres Bekasi, dan mengikuti lomba ngeblog Kompasiana di malam tahun baru. Ngeblog pada saat seorang diri memang seru. Saya menjadi lebih fokus dalam menulis. Tiga sampai empat tulisan tercipta begitu saja. Semua itu dapat dibaca di lapak saya. Tak terasa memang, dan itulah kenikmatan ngeblog yang saya rasakan. Kenikmatan itu akan berubah menjadi keajaiban ngeblog bila anda menggunakan internet secara sehat. Seperti hari ini ketika saya mengambil langsung majalah Pendidikan Suara Daerah (SD) dan honor menulis di gedung PGRI Bandung, Jl. Talaga Bodas No. 56-58 Telp. 022-7301691.

Saya mendapatkan sebuah tulisan dari hasil ngeblog di halaman 16-17 dalam majalah SD. Di sana terdapat tulisan saya yang judul aslinya Penghargaan Tak Terlupakan di Hari Guru. Lalu saya pun diminta tanda tangan oleh pak Encang Rahmat, staf TU PGRI untuk mendapatkan honor menulis di majalah itu. Betapa bahagianya saya pada saat itu. Saya pun langsung mengajak keponakan saya untuk membeli buku di Jl. Palasari Bandung. Kebetulan letak gedung PGRI dan tempat penjulan buku palasari tidaklah jauh. Dari honor menulis itu, lalu saya belikan tiga buah buku. Harga semua buku Rp. 100.000,-. Buku-buku yang saya beli adalah Penelitian Tindakan Sekolah karya Prof. Dr. H.E. Mulyasa, M.Pd, Penelitian Tindakan Kelas karya Prof. Dr. Wina sanjaya, M.Pd, dan PTK itu Mudah karya Drs.Masnur Muslich, M.Si. saya membelinya di toko Buku Rizqi, Jl. Palasari Kios No.3 depan apotik langlang Buana. Murah sekali harga ketiga buku itu bila dibandingkan membelinya di toko buku seperti Gramedia. Saya pun tersenyum-senyum sendiri. Hasil dari satu postingan di blog dapat menghasilkan tiga buku, dan juga satu majalah pendidikan. Saya pun akhirnya merasakan kejaiban

ngeblog di internet. Ilmu saya di bidang pendidikan semakin bertambah dengan membeli banyak buku dari tulisan para pakar.

Siapa yang akan mengira tulisan di blog dapat menjadi ide untuk menulis lebih baik, dan dikirimkan ke media cetak. Lewat bantuan mbak Ajeng Kania (salah seorang kompasianer), tulisan itu mengalami proses editing, dan saya tak mengira kalau tulisan yang ada di dalam majalah itu adalah tulisan saya. Sebab jadi enak, dan renyah dibaca. Komunikatif, dan inspiratif sehingga membuat siapa saja yang membacanya menjadi termotivasi untuk ngeblog seperti saya. Apalagi bila telah merasakan keajaiban blog dan rezeki yang menyertainya. Keajaiban ngeblog di internet telah membuat saya semakin yakin bahwa ngeblog adalah salah satu bentuk pemanfaatan internet sehat.Dengan ngeblog kita bisa berbagi sekaligus promosi diri. Tanpa disadari, kita menjadi dikenal banyak kalangan. Itulah yang saya rasakan dari hasil ngeblog.

Keajaiban ngeblog juga telah merubah 1 postingan menjadi 3 buah buku dan satu majalah

Dalam majalah pendidikan Jawa Barat yang bernama Suara Daerah Edisi 470 tahun 2010. Dalam pojok TIK halaman 31 tertuliskan judul Internet dan pendidikan Agama Islam. siswa. dalam halaman 32 dituliskan tips dan trik mencari inspirasi untuk tulisan. Bagus sekali isinya. Salam Blogger Persahabatan Omjay Budhi Setyawan .baru. Pertama banyak berjalan (install pengalaman pribadi). Ilmu sayapun bertambah. dan ketiga banyak membaca (install ilmu). dan dompetpun terisi rupiah. Siapapun akan tersenyum dan tertawa bahwa ngeblog bukanlah pekerjaan yang sia-sia. Mereka mau menjadi model dari buku-buku yang telah dibeli ayahnya dari hasil ngeblog. dan orang tua siswa untuk memanfaatkan internet dalam pembelajaran tentang Islam. Dari ketiga buku itu akan saya manfaatkan untuk melakukan penelitian di kelas pada semester kedua. keajaiban ngeblog diinternet telah mnggiring saya untuk lebih memperdalam ilmu saya di bidang peneliian tindakan kelas dan sekolah. Inspirasi sebagai bahan menulis tidak akan pernah habis bila pandai menggalinya. Tulisan itu mengajak para guru. saya berkumpul dengan teman-teman guru yang suka menulis. Akhirnya. Dalam halaman itu dituliskan tiga tips agar inspirasi mudah muncul. Mohon doanya agar selesai sesuai dengan harapan. Kesimpulannya. Kedua anak saya Intan dan Berlian sangat bangga dengan ayahnya. kedua banyak silaturahmi (install pengalaman orang lain). Lebih bagus lagi.

yaitu di edisi Minggu Pon 8 Agustus 2010. koran tersebut saya letakkan di meja dekat komputer. secara iseng saya singgah di agen koran tempat saya biasa membeli koran. Juga saya baca sebagai perhatian dari redaksi yang tengah menyulutkan bara semangat pada saya agar terus menulis. ini puisi yang kedua termuat di Bali Post. dan membacanya. Saya membeli koran Bali Post edisi hari itu. dan lebih kreatif. Terima kasih untuk semua sahabat atas doa dan dukungannya. Saya menangkap maksud baik dan tulus tersebut. Juga terima kasih kawan-kawan penyair/esais Bali. Betapa perhatiannya telah mengirimkan getar-getar putih keharuan. debar-debar cita sastra ke depan. karena untuk kali ketiga. Terima kasih saya ucapkan setingi-tingginya. Setelah sampai di rumah. Pada sore harinya. Salam kompak selalu. Saya merasa terkejut dan bersyukur.Puisi Budhi Setyawan di Bali Post (lagi) Posted on Agustus 11. 2010 by budhisetyawan Pada hari Minggu pagi tanggal 1 Agustus 2010 saat saya mau membeli sarapan. ada puisi saya yang termuat di koran Bali Post. Sepengetahuan saya. Kemudian saya beraktivitas berbenah membereskan pekerjaan di rumah. 2010 by budhisetyawan Saya sangat bersyukur. Salam juang. meskipun saya tak bisa berkomunikasi atau berinteraksi langsung dengan redaksi. Pendidikan . saya mengambil koran Bali Post tersebut. karena sebuah puisi saya yang berjudul Malam Pertama dimuat di halaman 16 rubrik Apresiasi koran Bali Post tersebut. Semacam ucapan selamat ulang tahun dari puisi itu kepada diri saya. Puisi Budhi Setyawan di Bali Post (lagi) Posted on Agustus 2.

yakni sebagai media informasi. Media ini lahir sebagai bentuk jawaban atas minimnya media pendidikan yang benar-benar menjunjung tinggi prinsip media. Inspirasi selalu hadir memberikan pemahaman dan pegetahuan baru kepada pembaca. yakni versi Majalah dan Versi Jurnal. Dalam proses pembuatannya ada tiga kelompok ekstrakurikuler yang tergabung dan berkolaborasi. Inspirasi telah memiliki ISSN dan terdaftar di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Inspirasi selalu berusaha memberikan pemahaman dan informasi yang tepat terkait tema yang diangkat dalam kajian utama. oleh. yakni ekstrakurikuler Jurnalistik. Majalah Inspirasi adalah medua komunikasi dan informasi umum dan sebagai sarana kreatifitas siswa. Majalah Inspirasi adalah majalah pendidikan yang dikelola dari. terutama media pendidikan sebagian besar tidak mengindahkan salah satu atau semua prinsip media diatas. Fotografi.Tentang Inspirasi About Media . 22 October 2009 07:20 Inspirasi. dan untuk siswa. dan Desain Grafis. Setiap kali penerbitan Inspirasi selalu menyuguhkan tema-tema yang terbaru dan hangat seputar dunia pendidikan dan pelajar. yakni kultur membaca dan menulis di kalangan pendidik dan peserta didik. .Kondisi media kita. media edukasi dan media hiburan. Sedangkan Jurnal Inspirasi mengakomodasi karya-karya ilmiah guru dan pengamat pendidikan. Hal ini selalu memacu redaksi untuk menyuguhkan materi dengan lebih baik dan menarik dalam setiap terbitan. Inspirasi lahir dengan semangat membawa perubahan kultur akademik. Dengan misi pencerahan.About Media Written by Administrator Thursday. kependekan dari Inisiatif dan Pemikiran Remaja Berprestasi adalah media informasi dan komunikasi pendidikan yang diterbitkan oleh MUHIPRESS SMA Muhammadiyah 1 Gresik. Inspirasi sendiri memiliki dua jenis terbitan.

CAKRAWALA Jika Memaksa Ikut Nyoblos Akan Berurusan Dengan Polisi Sosialisasi Pilkada LSM Cakrawala dengan KPUD Grobogan LSM Cakrawala hari ini menyelenggarakan sosialisasi PILKADA bekerja sama dengan KPUD Grobogan bertempat di aula Majalah Cakrawala. Ir. Kegiatan tersebut diikuti oleh 100 lebih pelajar dari berbagai SLTA di kabupaten Grobogan. “Bagi adik-adik palajar yang sudah punya hak pilih dan sudah terdaftar bisa menggunakan hak pilih .Jati Purnomo M Si langsung turun untuk menyampaikan materi mengenai tahapan dan permasalahan yang menyangkut pelaksanaan Pilkada.

27 Juli 1962. Negeri Perak.”papar Jati. Jerman. Inggris.dan “Internationales LeteraturfestivalBerlin”. antara lain “ Asean Writers” Conference/Workshop (Poetry). Banyak karya esai dan buku terjemahannya. Ia adalah sastrawan Indonesia pertama yang mendapat kehormatan untuk tinggal dan menulis di rumah sastrawan besar Jerman peraih Nobel Sastra. Menyelesaikan Studinya di FPBS. Jerman (2001). dan drama.” Poetry on the Road”. dan Amerika Serikat. kritik. Suatau Cerita dari Negeri Angin. Karya dimuat berbagai Koran. Istiqlal International Poetry Reading”. IKIP Bandung dan pasca sarjana UI. Sementara itu Muh Ngafuan ketua LSM Cakrawala menyambut baik kegiatan ini yang sekaligus memperingati HUT LSM Cakrawala ke 13. Menulis sajak. Agus R Sarjono Lahir di Bandung. Yang kemudian kegiatan hari ini dilanjutkan dengan Pelatihan Jurnalistik TV yang dipandu oleh Rustaman Nusantara dari RCTI.Semasa mahasiswa aktif di Unit Pers Mahasiswa IKIP Bandung. Brunei Darussalam.”Festival de Winternachten”. cerpen.Jerman (2001).sebaik-baiknya. sebagai ketua (1986-1988). Karena hanya bagi mereka namanya yang sudah ada dalam DPT lah yang berhak mengikuti Pilkada. Pernah ketua DKJ priode 1998-2001. Den Haag. Malaysia (1998).” Festivel Seni Ipoh ke-III”. Erasmus Huis Jakarta (1998). Kumpulan sajaknya antara lain Kenduri Airmata (1994. serta redaktur Majalah Sastra Horison.1996). esai. Manila (1994). Heinrich Boll Stiftung. Bremen. Salah satu puisinya : . Belanda (1999). Jakarta (1995).”Malam Puisi Indonesia-Belanda”. Pernah membaca sajaknya dalam event internasional. Sehari-harinya bekerja sebagai pengajar pada Jurusan Teater STSI Bandung. majalah dan jurnal di Indonesia. Malaysia. jika memaksakan kehendak untuk ikut nyoblos nanti akan berurusan dengan polisi. Namun jika belum terdaftar tidak boleh mengikuti coblosan.

dingin dan cahaya bulan saling berpandangan Termangu. Tentu saja kita pembangunan! Bukankah kita merdeka dan mandiri seperti sebuah kota. Beberapa kelelawar melintas di antara pohonan dan rembang senja. Rasanya kita seperti pembangunan. Ia pun menetes . kata setumpuk bata dan batu-batu sambil tersenyum-senyum dan membagi kartu. Malam berjalan.. selapis demi selapis. Apakah kita … tapi embun itu tak berani lagi bertanya. dalam kolam. Apa kita seperti puisi? Atau setidaknya kenangan ucap embun yang hampir menetes di sela daun kepada cahaya bulan yang baru tiba di hamparan rumputan. Kelelawar kunang dan ikan-ikan melintas lamban. Beberapa ikan berkecipak malas. biar kabut dan dingin berangkat Biar malam sedikit lebih hanghat! Kabut. Coba bikin api unggun dari ranting dan daun-daun. Bukankah kita seperti puisi! tanya embun di sela daun pada angin yang menari bersama angin di sela bunga Beberapa kunang-kunang berkerlipan menggaris malam. Matahari tinggal jejak kemerahan di cakrawala.Sesaat Sebelum Kebakaran Hutan Kita seperti puisi ya? Bisik embun di sela daun pada kabut yang perlahan turun bersama senja.

Haluan Padang.Juptanazi Lahir di Pekanbaru. Berita Buana. Kini menjadi ketua Lingkaran Sastra Nukleus. Yogyakarta. dipaku dan diturunkan gumpalan-gumpalan tanah seperti hujan menimpa peti mati kesedihan dan nyanyian abadi tak juga surut tatkala pidato terakhir melepas jenazah maria nikolaievich ke hadirat yang kuasa . Media Indonesia dan lain-lain. Antologi tunggalnya Setangkai Bunga akan diterbitkan Pusaka Sufi. Republika. Riau Post Pekanbaru. Masa Kini Yogya. UIN Syahid Jakarta. Berita Nasional Yogya. Salah satu puisinya : Kenangan Atas Maria Nikolaievna barisan kesedihan seperti nyanyian balalaika menyanyikan “kenangan abadi” atas musim berlari “siapa yang akan dimakamkan ?” “dr zhivago !” “pantas” “bukan dia ! tapi istrinya !” “apa bedanya ?” angin menderukan nyanyian itu seperti gembala meniup balalaika di padang siberia di saat terakhir pendeta menebarkan tanah dalam bentuk salib keranda ditutup. Tulisannya banyak dimuat di berbagai media pusat maupun daerah seperti PR Bandung. Bandung Post. Tradisi kepenulisannya selama kuliah di Fakultas Adab IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (1981-1988). 11 November 1960. Menulis puisi sejak duduk di bangku PGA Negeri Pekanbaru tahun 1978.

06 0 komentar . 20 Desember 2005 Diposkan oleh Arsyad Indradi di 19.kematian nyonya zhivago diikuti kematian-kematian nurani. revolusi dan pembunuhan-pembunuhan tak bertepi seperti mendung begitu cepat berubah hitam hujan deras pemberontakan atap kerajaan tsar yang kokoh hancur-lebur diremukkan hujan salju yang jatuh sekepal batu koral darah dan airmata nyanyian sunyi diiringi tiupan balalaika di padang-padang siberia di timurnya terbentang kepulauan “GULAG” kampung putra-putri terbaik rusia merintih meneteskan darah dan kelaparan siksaan dan bencana ! Ciputat.

Puisi MAJALAH DINDING SMP NEGERI 2 JATINOM Mari berkreasi dan berkarya demi kemajuan sekolah dan dunia pendidikan kita .

dan sebagainya. “Jumlah keterikutan perempuan di parlemen atau DPR RI dari periode lalu hingga sekarang mengalami peningkatan.Wali kota Medan Rahudman Harahap di kantor Walikota Medan dalam kegiatan hari pertama RESES anggota DPRD Sumut. Masih Ada Cahaya KUNJUNGAN: Anggota DPRD SUMUT melakukan dialok dengan Pj. kebutuhan dan permasalahan perempuan dan laki-laki ke dalam perencanaan. ada beberapa cara atau hal lain yang sudah ditempuh oleh tim kaukus perempuan DPR RI adalah melakukan workshop atau loka karya.” ucapnya. menjadi modal untuk memperluas jaringan perempuan seIndonesia. serta secara horizontal dengan media. Ini juga bisa dilakukan oleh .” ujar Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas selaku Wakil Ketua DPD RI yang juga menjabat sebagai Ketua Kaukus Parlemen DPD RI dalam acara jumpa pers di VIP Lounge Lantai 9 Hotel Arya Duta Jalan Kapten Maulana Lubis No 8 Medan. pelaksanaan. “Hubungan vertikal dengan kalangan eksekutif. Ketua Umum Kaukus Perempuan DPR RI APA Timo Pangerang menegaskan untuk mewujudkan tujuan itu. Ari Sisworo.Kamis(10/12)//ANDRI GINTING-Sumut Pos Dari Acara Inisiasi Kesetaraan Gender Pengarusutamaan gender atau disingkat PUG atau Genderman Streaming adalah strategi yang dilakukan secara rasional dan sistimatis untuk mencapai dan mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam sejumlah aspek kehidupan manusia seperti. “Kaukus DPR RI telah melakukan itu. rumah tangga. Minimal 2 kali dalam satu bulan. Senin (5/7).Dialok Belum Berakhir. pemantauan dan evaluasi dari seluruh kebijakan dan program di berbagai bidang kehidupan dan pembangunan. menjadi satu barometer untuk perjuangan kesetaraan gender. Dimana tujuan dari inisiasi ini adalah demi kesetaraan gender antara kaum perempuan dengan laki-laki. Sementara itu. LSM. Medan Untuk mewujudkannya melalui kebijakan dan program yang memperhatikan pengalaman. masyarakat dan negara. Dengan peningkatan seperti ini. Terhitung dari jumlah 65 orang di periode 2004-2009 sekarang menjadi 102 orang. aspirasi. diperlukan hubungan vertikal dan horizontal. Selain cara tersebut.

Nursyahbani Katjasungkana menyatakan. Merekrut orang-orang yang bukan hanya memiliki kualitas. Tidak ada pendidikan formalnya. dari kaum laki-laki yang sering dan selalu tidur ketika ada rapat di dewan. terlihat lebih pasif dari para kaum lakilakinya. Maksudnya. kemaarin (6/7).” katanya. Dan ini berlaku bagi semua anggota dewan baik para kaum laki-laki dan juga kaum perempuan. Nelly Armayanti. Artinya. Calon Wakil Wali Kota Medan yang kalah. yang namanya pendidikan politik itu adalah learning by doing. (*) . Hadir dalam kesempatan itu. Bagaimana dengan wakil-wakil rakyat perempuan yang ada di DPRD kabupaten/kota. Menanggapi hal itu. dogma seperti itu bukan saja berlaku bagi perempuan tapi juga kaum laki-laki. Untuk kegiatan inisiasi itu sendiri berlangsung sejak Minggu (4/7) lalu dan akan berakhir.” tegasnya. pernyataan seperti itu tidak seratus persen benar. Kesan yang timbul adalah para wakil rakyat dari kaum hawa tersebut. Jadi. Pihak Interim Project Manager Pride-UNDP Nirmala Many. Yang pasti. Aktivis Perempuan. tapi juga kuantitas. anggota DPD RI asal Sumut Prof Darmayanti Lubis. “Bagaimana para wakil rakyat. perjuangan kesetaraan gender belum berakhir. faktor rekruitmen serta pendidikan politik oleh partai politik adalah landasannya.para keterwakilan perempuan di parlemen di daerah. Masih ada cahaya di ujung terowongan.

Gambar patung. Sejarah yang semula begitu abstrak. kuno. Tak terdengar ‘Olimpiade Sejarah’ sebagaimana Olimpiade Fisika. karena disajikan secara konkrit. serta sedikitnya minat siswa untuk membaca buku-buku sejarah di perpustakaan. Pelajaran sejarah jadi menarik. relief atau lukisan di masa lalu ternyata lebih mudah dipahami ketimbang melalui membaca buku sejarah saja. . Minat siswa meneliti pun belum tumbuh. Beberapa bagian relief candi yang terkesan melanggar UU pornografi dan pornoaksi. Keadaan itu diperparah jarangnya kompetisi sejarah antar sekolah. Siswa apriori. karena pelajaran ini tak diujikan secara nasional. saya mengalami krisis percaya diri saat akan menyampaikan materi di depan para siswa. pola hidup jaman prasejarah dan awal peradaban umat manusia ternyata sangat membantu proses pemahaman. Empat belas tahun yang lalu. Film animasi tentang evolusi manusia. sah-sah saja dijadikan media belajar. Saya senang. dan tak ada korelasinya dengan ilmu pengetahuan serta teknologi terbaru. materi pelajaran terserap dengan baik. Siswa akan Bergairah Saat mendengar kata ‘sejarah’. dan diskusi interaktif siswa tidak dapat terbangun. terbayang kebosanan. menjadi jelas. apa yang harus kita perbuat menjumpai sikap para siswa yang tidak suka pelajaran yang akan kita bawakan? Bukan tanpa sebab jika pelajaran sejarah diberi anggapan menjemukan. Sebagai Guru sejarah. Sejarah membosankan karena cara penyampaian materi yang monoton. Tayangan visual situs-situs kerajaan Hindu dalam bentuk candi sangat mengundang rasa penasaran siswa. di masa awal mengabdi sebagai guru sejarah pada SMA Don Bosko Semarang. tidak penting.Gagas Sejarah? “Bosan Ah!” Gunakan Audio Visual. karena perkenalan saya dengan OHP dan komputer. apalagi jika pelajaran tersebut disampaikan secara monoton pada jam-jam terakhir menjelang pulang sekolah. Banyak siswa terlihat aktif dan antusias bertanya. Semangat baru mulai muncul. bercerita saja. ketika saya menyajikannya dalam bentuk audio visual.

. Saya sudah membuktikannya. dan Grebeg Maulud di Yogyakarta dan Surakarta dalam bentuk CD bisa digunakan untuk menjelaskan sejarah perkembangan Islam di Indonesia. • Jelaskan materi secara singkat.Tradisi sekaten. Biarkan para siswa mengamati tayangan lebih lama. Kembangkan komunikasi timbal balik yang seimbang. Guru jangan ceramah. yang hanya dapat dihadirkan kembali secara jelas dalam bentuk dokumen dan situs. Siswa diminta mendiskripsikan hamster tersebut dengan cara menulis kalimat dengan menggunkana kata sifat yang paling cocok. ataupun film-film animasi tentang evolusi manusia. Begitu pula dengan film dokumenter tentang pergerakan nasional. Sejarah adalah pelajaran tentang aktifitas manusia di masa lalu. Boleh menghadirkan seekor hamster ke kelas agar lebih kontekstual. revolusi fisik. sebelum maupun sesudah mengajar. dalam wujud peningkatan prestasi siswa hingga menjadi juara 2 dalam Kompetisi Sejarah antar SMA se-Karesidenan Semarang yang diadakan di UNNES pada tahun 2008 lalu. APA yang HARUS DILAKUKAN? • Manfaatkan internet untuk mencari gambar-gambar situs sejarah. Semarang Pemenang Lomba penulisan. • Ciptakan relasi akrab dengan siswa. Gunakan gambar atau film dalam bentuk tayangan untuk melengkapi materi yang dibuat dalam bentuk “power point”.TG Penulis: Anna Marlupi Guru SMA Don Bosco. • Konsisten memberikan catatan dan nilai yang transparan bagi siswa. Paman Bob memiliki seekor hamster. Menjadi Guru yang Gemar Menulis Ide Pembelajaran Komunikasi (English) Lesson 1. Jangan lupa berilah senyuman dan sapaan yang baik. Obyektifitas harus dijunjung tinggi. Tantangan dapat ditambah dengan cara mengatakan pada siswa. • Ciptakan situasi belajar dalam bentuk diskusi informatif. Siswa akan mampu memahami jika guru mampu menghadirkan dokumen dan situs sejarah dalam bentuk tayangan audio visual. grebeg Syawal. Uncle Bob's Hamster Mata ajar : Bahasa Inggris Judul : Uncle Bob’s Hamster Unsur kebahasaan: penggunaan adjectives/kosakata Ketrampilan : berbicara/menulis Lingkup kebahasaan: binatang Katakan pada siswa. bahwa Anda mempunyai seorang paman yang bernama Bob. dan berilah keleluasaan untuk bertanya pada guru. peristiwa Malari sampai gerakan reformasi dapat dipakai untuk menjelaskan sejarah Indonesia secara lengkap. Proklamasi RI. bahwa huruf pertama dari tiap kata sifat harus berbeda dan mengikuti alphabet. pada pelatihan Literasi untuk Guru. Jadilah pendengar yang baik.

TG Sumber: Asyik Belajar dengan PAKEM Bahasa Inggris.dan seterusnya. TG 2. siswa yang memegang bola harus menjawab pertanyaan atau berbicara tentang sebuah gambar 4. Bila akan berputar arah Guru bisa mengajarkan ‘benda-benda di sekitar sekolah’ (things around the school). 3.Ketika musik mulai lagi. seterusnya siswa bergiliran mencari kata sifat yang sesuai. Tunjukkan beberapa gambar sekolah lengkap dengan ruangan dan benda-benda yang relevan. Cara bermain: 1. UNICEF. agar semua mendapat giliran lebih banyak.Mainkan musik 2. Bisa dalam lingkaran atau tetap di bangku duduk.Jika siswa tak ingin manjawab. Tentukan batasan waktu agar siswa dapat menjawab dengan cepat. Uncle Bob’s hamster is big. .Siswa mengoper bola kepada siswa sebelahnya. cute. Tunjukkan kata angry dimulai dari a. bola terus diputar 6. kaset.Sesekali bisa katakan ‘change/ganti’. Kegiatan ini dapat dipermudah dengan menyediakan daftar kata sifat tapi tidak ditulis secara urut abjad.PASS the BALL Unsur kebahasaan: tata bahasa/kosakata Ketrampilan : berbicara Media : tape recorder. Kelas dapat dibagi dalam beberapa kelompok. katakan ‘pass’ 5. bola.Ketika musik berhenti.Tulis kalimat pertama: Uncle Bob’s hamster is angry di papan tulis.

double yu – e – ar – di – i– double s’ eja seorang anak usia SD kelas 6. ‘mmmmm…mmmmm…. Dia tak tahu apaapa.Spelling Bee. Spelling bee ini kan salah satu bentuk games. itulah pertandingan kecepatan. pemahaman kata. Kalau siswa SMP sudah bisa dengan cara debat. Nah. Ini kan fun learning. yang harus diucapkan. “Kalau di Indonesia. pasti ada satu set yang setema. Ya. Mengapa Bee? “Dalam bahasa Inggris. Tapi ini bisa beda-beda di tempat lain. mengeja huruf. disarankan mengatakan ‘pass’. Bisa sih bisa. ini cocok. etc’ ‘es. Bahasa itu juga bakat. untuk memberi stimulasi pada anak bahwa belajar bahasa Inggris itu menyenangkan. Sejumlah anak bisa menembus di atas 15 kata..i . AGAR TAK SEKEDAR BERGUMAM SEPERTI LEBAH Lesson ‘stewardess’ ‘what’s the definition?’ ‘a person who serves passengers on aship. repeat. Ada seorang murid. peserta akan meminta definisi atau petunjuk. Setiap skill itu menurut saya bakat. dan wawasan serta perbendaharaan kata dalam bahasa Inggris yang dinamakan spelling bee. Mengenalkan kata dalam bahasa inggris yang agak berat.ti. Tapi sampai intermediate 4. meski ada yang hanya mampu 3 kata langsung gugur.. bahasa menjadi tak menyenangkan. Kalau mereka teliti. dilafalkan.emmmm…. direktur The Future yang baru saja menggelar kompetisi antar siswa SD. dengan fasih dan dialek bagus seperti native speaker.. Untuk anak seperti ini. ketepatan pendengaran. Apa yang dicari dan diunggulkan pada spelling bee? “Ini yang paling cocok untuk siswa SD. mengatakan bahwa spelling bee ini merupakan cara belajar yang fun. repeat. jelas Pak Aryo yang pernah tinggal di luar negeri dan mengikuti perkembangan spelling bee. Tapi tak terlalu berkembang.” . ‘That’s correct’ balas Ms. bee itu menggumam …emmm…. yang berkali-kali. Ernesto Aryo. bukan digumamkan!”. Jika ada yang tak jelas. plane. akhirnya stuck sampai di situ. Ada house. agar tak di-delete. spelling bee menajamkan spelling. Chacha sang juri yang segera memberi kata berikutnya. Kumbang itu kan bergumam. ngulang pass. Jika tetap tak bisa. karena bisa mendorong anak belajar bahasa Inggris lebih fun. pass. body. Masing masing ada temanya.

kebanyakan orang kulit hitam. Lompat tali. membaca!TG Tulisan ini diterbitkan dalam Majalah Teachers Guide edisi No. Film ini memberikan gambaran. Sering terlihat.” Coba simak film "Akeelah and the Bee". dan mengajak membaca bersama. grammer. Kita masih ketinggalan dibanding Singapura atau Malaysia. Caranya adalah dengan memperbanyak membaca. mirip suporter futsal. betapa Spelling Bee di Amerika menjadi perlombaan yang diapresiasi dan menjadi kenikmatan para penonton. Akeelah semula gadis yang menarik diri akibat pola asuh single parent yang mendominasi kehidupannya. Perbendaharaan kata.” lanjut Pak Aryo Di Amerika sangat menonjol ya? “Sangat! Dikompetisikan secara nasional dan dinikmati oleh berbagai kalangan. Kehabisan? Hubungi Sirkulasi di 0812 824 22801. Ujungnya public speaking. Dan itu tadi. Mestinya diganung dengan cara telaah makna kata. Dapatkan di counter Gramedia/Gunung Agung. atau di Fleksi (021) 684 58569. Pak Larabee mengajarnya dengan cara yang sangat hebat. Ya. belakangan baru mengaku bahwa alasannya tak tega dan tak ingin melihat putrinya kalah dan mengalami kesedihan. atau di komunitas-komunitas guru. Drilling dan dihafal. Buku buku yang ringan saja. “Logorrhea …. Alkisah. Terima kasih. Di kamus Longman saja tak bisa kita temukan. Kesulitan tingkat tinggi. Diperankan oleh Keke Palmer. Yang sangat menarik disimak adalah cara guru mengajar dan memberi motivasi. . Yang menang. Di Indonesia ini akan lebih berguna. 10/Tahun ke IV/ 2010. guru di sekolah-sekolah kita mengajar spelling bee dengan cara konvensional. Luar biasa. biasanya bukan dari warga negara Amerika asli. tetabuhan. Lantas berani bicara. ada seorang gadis kulit hitam.Apa manfaatnya? “Keberanian maju. membaca! Membaca sangat mengembangkan segalanya. Dan kata yang dilombakan sungguh kata yang tak biasa.”. sebelum mulai mengeja. China. Sang ibu yang tak menyetujui anaknya mengikuti kontes.” Bagaimana supaya jangan jadi drilling? “Spelling bee murni pengenalan kata yang berbeda dengan yang dipelajari di sekolah. Kemampuan mereka untuk meminta clue atau petunjuk arti kata yang dilontarkan sang juri tergantung kecerdasan berbahasa atau kompetensi berbahasa. dan India. Akeelah Anderson. Tak heran jika Akeelah dan peserta kompetisi lain mampu menggali definisi kata yang dimaksud.

Ia merasa belum berhasil memindahkan Susana cerita kedalam rangkaian kata. bertiup memutar lembut mengusap bulu burung-burung itu ketika sedang bertengger dipepohonan menyambut datangnya pagi. Bahkan tidak jarang mereka membuang ke tong sampah setelah susah payah menulis. Serentak semua burungburung yang sedang bertengger didahan sambil melompat mengepakan sayap. Berusaha mempertahankan ide kedalam kata-kata sehingga pemakaian diksi kita semakin mengalami pematangan. lalu bernyanyi ketika mendaptkan kabar dari angin. Hal lain yang harus diperhatikan sebaiknya kita hati-hati dengan kata yang tidak menguatkan cerita. tekstual dan kaku!” Begitulah yang terjadi ketika seorang penulis belum piawai memilih dan memilah kata! Wow! Ternyata pilihan kata atau diksi dalam cerita tidak bedanuya dengan pilihan warna dalam dunia seni rupa: betapa indah lukidan jika dalam komposisi warnanya tepat.” kata angin lagi.mari ku ceritakan kisah seorang anak manusia. “Apa? Kisah apa?” Tanya salah seekor burung membuka mata. Taburan kata dalam cerpen kamu terlalu baku. sah-sah saja kita menggunakan kata-kata piuits. Menurut saya.’ Ok! Mulai sekarang sebaiknya kata tidak bisa kita anggap sebagai ”tetangga” tetapi harus dikenal secara “sahabat” agar ia menjadi hidup dengan sendirinya! Bagi kita harus banyak membaca karya orang lain merupakan salah satu cara untuk bersahabat dengan diksi.” kata burung-burung lainnya setuju. hiperbola atau bersifat etnis. Maka angin pun menata diri untuk menyiapkan bahan ceritanya. Sementara cara lain yang cukup efektif adalah dengan terus menulis. “Inilah kisahnya. Ia menjadi jiwa dalam tema yang kita bidik dan tiap-tiap kata hendaknya mampu mewakili setiap adengan. “Mari…. metafora. banyak penulis-penulis besar berulang kali mencoret naskahnya. Dan seperti cermin kata dalam cerita merupakan tampilan ide kita agar mampu melihat dengan jernih. Tapi kita jangan terjebak melakukan tindak plagiat. Tidak berlebihan seorang Joni Araiadinta mengatakan “penulis itu harus menenal dan mengusai betul arti kata yang digunakan agar tidak mengecewakan pembacanya!” Hal ini yang lazim dalam dunia sastra. Angin pun mendesir. Entah cerpen yang saya buat baik atau tidak? Layak atau dibuang saja. . sains hingga penggunan kata sehari-hari agar cerita lebih dekat denga pembacanya. lalu menguap. harfiah.Ajangsana CERMIN KATA-KATA Beberapa waktu lalu saya menyerahkan cerpen ke teman-teman untuk dikritisi. Disinilah penulis menyadari bahwa seorang pembaca akan mendapat nuansa lain tentang cerita saat dirinya mampu memilih kata dengan tepat. Tentu kita tidak ingin ANGIN DAN BURUNG-BURUNG “Mari kuceritakan seorang anak manusia. Sebabnya sipenulis itu tidak puas melihat dan merasakan kata-kata yang ditulisnya. religi. Kata yang terangkai dalam kaimat panjang juga akan membosankan dan membuat cerita sama sekali tidak “bertenaga. Menurut mereka cerpen saya benar-benbar mengecewakan!” Pilihan kata dalam cerpen yang kamu pakai anggak matching.”kata angin memulai ceritanya. “Baik-baiklah.” kata angin pada burung-burung. “Sepagi ini?” Tanya burung-burung lainnya terkejut.

“Sebenarnya aku pernah melihat gadis kecil itu dirumah sakit. terus dan terus belajar menjadi seorang penulis sejati yang selau menghargai orang lain. “Kenapa?” “Yang aku dengar dari dokter yang merawatnya. Tapi karena rumah sakit itu sangat tinggi dan sangat kokoh.” angin membuka cerita. Karena tugasku untuk beredar dan membagikan kesejukan kebagian-bagian bumi yang lainnya. “Apakah kau pernah bertemu dan melihatnya dipingir danau sedang menangis. GOLA GONG DAN KAWAN-KAWAN KOMUNITASKU BENGKEL CERPEN NIDA (BCN) DALAM AJANGSANA KE RUMAH DUNIA Inilah kegiatan KomunitasKu Bengkel Cerpen Nida (BCN) yang pernah aku dan kawan-kawan komunitasku selenggarakan yakni ber-ajangsana ke RUMAH DUNIA Sang Cerpenis sekaliber Gola Gong yang terletak di desa Ciloang. Sebenarnya aku ingin berlama-lama memandang dan menemani. walaupun aku sudah mencarinya kemana-mana. “Belum! Baru kali ini aku bertemu gadis kecil itu sebelumnya?” jawab angin dengan menyesal. Aku terus mencoba nmmencari jalan untuk bisa masuk kekamar itu. Ketika pertama kali aku melihat gadis kecil itu sedang duduk sendirian dipinggir danau sambil menangisi atas kepergian ibunya yang telah tiada dikarenakan sakit. jangan-jangan mencari materi? Semua itu hanya seorang penulis yang tahu untuk apa ia menulis. Aku pun mendekati.“Kisah apa? Tanya burung Bul-bul yang baru ikut mendengar. Dimana aku sebagai koordinator-nya dalam komunitas ini sebagai planning dalam komunitasKu. yang namanya seorang (calon) penulis bila bertemu dengan idolanya (tokohnya) paling-paling yang dibicarakan tidak jauh-jauh yaitu seputar dunia kepenulisan.” jawab Tanya ketua burung-burung itu akhirnya buka suara. aku tak dapat masuk untuk melihatnya kedalam kamar gadis kecil itu dirawat. Bagaimana seorang Gola Gong mendapatkan ide brilian-nya--sehingga menjadi masterpice-nya di dunia sastra dalam karya-karyanya. tidak? Hanya dirinya yang tahu? Untuk apa ia menulis dan berkarya? Mencari ketenaran-kah? Mencari kepuasan bathin-kah? Atau. AKU. Namun esoknnya aku tidak melihatnya dipinggir danau. Lalu gadis kecil itu duduk diatas batu dipinggir danau sambil menatap beningnya air danau tanpa memperhatikan sekelilingnya. Lalu melanjutkan ceritanya. Aku tak menyerah begitu saja . Namun dari itu semua dikembalikan lagi kepada masing individu-nya apakah ia mau terus. “Di rumah sakit?” kata angin sambil menngusap airmatanya. Aku pun tak menemukannya juga dalam pengembaraanku untuk mencarinya sejak aku melihatnya dipinggir danau itu. sambil mengusik daun-daun dengan hembusanku. 15 Januari 2006. Ya. Atau. Aku harap bisa bertemu kembali dihari esok. Serang Banten pada tanggal Ahad. Gadis itu kecelakaan tertabrak mobil ketika akan pulang kerumahnya. “ini kisah tentang seorang gadis kecil. Angin terdiam sejenak. Sedangkan aku sendiri berputar-putar santai. melenggak ke kanan ke kiri. Itulah sebuah catatatKu dalam perjalanan ke kediaman cerpenis yang aku banggakan atas karya- . “Lalu gadis itu masih hidup ? Tanya burung-burng. aku tinggalkan dia sendirian sore itu. Aku terus nelihat gadis kecil itu masih diatas batu. Akhirnya aku bisa masuk walaupun melalui lubang angin.

terus dan terus belajar dan selalu menghargai karya orang lain! Semoga apa-apa yang aku impikan ini semoga Tuhan mau memberikannya yang terbaik untuk hambaNya semacam aku ini. Agustus 2006" di Tabloid New Spirit Wanita Indonesia) . Tapi aku apalah? Namun aku sangat bersyukur kepada Tuhan yang masih sayang padaku (makhluk-Nya) hingga aku diberikan ke-istimewaan dari-Nya yaitu diberikan aku nikmat-Nya sebagai salah satu pemenang harapan lomba penulisan cerpen non fiksi. walaupun hanya pemenang harapan tetapi bagiKu itu sangat dan sangat langka dalam hidupKu! Seperti prinsipKu "Orang Lain Bisa Kenapa Aku Tidak?" Itulah yang menjadi dasar aku terus.15 Januari 2006 Bersama KomunistasKu BCN) AKU. Tidak halnya dengan mereka yang sudah bergelut dan makan asam-garam dalam ilmu tulis-menulis. AGUSTUS 2006" DI TABLOID WANITA INDONESIA Ternyata kepintaran seseorang bukan terletak dari ia pandai berkata-kata maupun merangkai kalimat melainkan ia bisa beradu nasib dengan kenyataan. Ahad. Begitu juga dengan diriku yang tak sengaja bisa menjadi salah satu pemenang harapan (finalis) di saat perlombaan penulisan cerpen non fiksi pada bulan Agustus 2006 yang diadakan oleh sebuah tabloid di Indonesia yang sudah cukup punya nama yakni : Tabloid New Spirit Wanita Indonesia. Padahal aku apalah hanya seorang penulis amatiran yang baru merintis menjadi penulis. Ya. aku sangat bersyukur atas nikmat-Mu yang Kau berikan kepadaKu! (KenanganKu saat menjadi pemenang Lomba Penulisan Cerpen Non Fiksi "CeritaMu MataMu 2.karyanya! (KenanganKu Saat Ajangsana di Rumah Dunia Gola Gong. DEWI LESTARI DAN PARA PEMENANG LOMBA PENULISAN CERPEN NON FIKSI "CERITAMU MATAMU 2. Terima kasih aku ucapkan Tuhan. Dimana aku bisa disejajarkan oleh para penulis handal semacam mereka.

Daftar isi .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful