Cara memperbaiki komputer

Jika PC sering kali menunjukan adanya peng-alamatan yang rumit, atau menampilkan suatu pesan error, mengeluarkan bunyi beep yang terus menerus secara beraturan atau tidak beraturan, PC tersebut kemungkinan besar sedang dalam masalah, saya akan memberikan Tips dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan PC Anda dapat berfungsi kembali seperti sedia kala. Masalah atau kerusakan yang timbul biasanya dikategorikan dalam 2 jenis kerusakan yaitu: Masalah atau kerusakan Hardware dan Software Jenis 1. 2. Kerusakan Kerusakan Kerusakan Dapat dikategorikan menjadi 2 kategori, Pada Hardware (Perangkat Pada Software (Perangkat yaitu: Keras) Lunak)

1. Kerusakan pada Hardware Masalah dengan komponen Hardware perlu penanganan yang serius karena sulit dilokalisir dan disingkirkan tanpa tools yang tepat, keahlian dan pengalaman yang menunjang. Penjelasan akan berkisar pada masalah yang sering terjadi disertai dengan cara mengatasinya. Kerusakan Pada Power Supply Gejala: Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala. Solusi: Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power

setelah itu muncul pesan “press F1 to continou” setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan “Operating system not found”. yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard. kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. dan hati-hatilah dalam pemasangannya. Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru. kipas power supply dan kipas procesor berputar. hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. komputer akan kembali bekerja dengan normal. tidak ada lampu indikator (led) yang menyala. Masalah: Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa. Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board. Catatan: Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja. tapi ada kalanya Mother board tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS Gejala: Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system. lihat Chip (IC). dan semua kabel yang terhubung ke CPU. harddisk. kemudian nyalakan dan coba anda dengarkan apakah suara yang keluar dari harddisk normal. Sound atau Card lainnya). tidak ada tampilan di monitor. lampu indikator (led) di panel depan menyala. Solusi: Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik. jika tidak normal berati harddisk rusak di . VGA Card dan Memory. Solusi: Lakukan seperti langkah diatas. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk. Kerusakan Pada Harddisk Solusi: Periksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah longgar. Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar. kipas power supply tidak berputar. floppy. lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip. harddisk Failur. tidak ada suara beep di speaker. Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Elko. kabel data ke monitor. dan kemudian di layar monitor ada pesan “harddisk error. tidak ada tampilan di monitor. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya. Setelah anda menggantinya. Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA. lampu indikator pada monitor menyala. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti. kabel keyboad/mouse. Kerusakan Pada Mother Board Gejala: Setelah dihidupkan.Supply sudah dalam posisi On. tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply. Silahkan anda ganti PS nya. sebaiknya dikencangkan. kerusakan ada pada kabel power.

Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus. kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula. BIOS yang asli telah di Restore. diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector…. 3. ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios. (CD) 4.pembahan lebih lanjut ada di eBook Metode perbaikan komputer dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi Member Aktif. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. Gejala: Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu muncul pesan “Operating system not found”. Tidak terdeteksi di windows 2. jika tidak kerusakan di Controllernya. Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy. Solusi: Biasanya Update tidak dapat dibatalkan. pemakaian yang terlalu lama. 2. tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.Untuk mengatasinya ada beberapa cara. tegangan listrik tidak stabil. bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud (langkah-langkah diatas secara lengkap dapat anda temukan di e-book “Metode perbaikan komputer cepat dan akurat” dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi member perbaikankomputer. perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. bisa diatasi dengan install ualng atau jika OS anda menggunakan windows 2000/XP ada Fasilitas Repairnya. dan . atau ada kemungkinan juga harddisk anda tidak terdeteksi dan lakukan langkah diatas Gejala: harddisk bad sector? Solusi: Ada beberapa faktor penyebab terjadi bad sector diantaranya. untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya. Head Kotor.controllernya. ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software….com Masalah BIOS Gejala: Hati-hati dalam Update Bios.. Kerusakan Biasanya pada optik. Tidak bisa keluar masuk CD 3. Periksa apakah led menyala. Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor. setelah pemakaina tidak di shot down. Solusi: Ada kemungkinan Operating system rusak. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk) Solusi: 1. PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS. Kerusakan CD/DVD/ROM/RW & Floppy Disk Gejala: Jenis kerusakan yang biasa ditemui: 1. sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak. 4.

diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah. padahal awalnya tidak begitu lambat Solusi: Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space . Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak. Berikut Pesan kesalahan BIOS: Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya. Beep 6x : Kesalahan Gate A20 . Solusi: Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS. Batrey CMOS Rusak / Lemah Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low. yang tidak terpasang dengan baik. Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak. [AMI BIOS] Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak. Bisa dari hardisk. padahal monitor tidak bermasalah. [AWARD BIOS] Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak.Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya. Solusi : Segera Ganti Batrey nya Gejala : CPU yang sering Hang? Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk..sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal. Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk). Beep 11x : Checksum Error. Gejala: Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya. Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC. Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik. Bisa dari Memory.PC siap dijalankan kembali. Ada Virus. Silahkan anda periksa masalah tersebut. tergantung pesan blue screen yang ditampilkan. Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. MBoard Kotor/Rusak. Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi. Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya. VGA Card. bisa dari komponen lainnya. dan ganti dengan yang baru. Gejala: CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor. Chip BIOS harus dikirim ke Produsen. dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang. silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut Gejala: Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya? Solusi: Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi. periksa Batre Bios. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut. Power Supply tidak stabil…. Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah. Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA).

Ganti IC regulator yang terletak disekitar soket Power Atx di motherboard. Di dalam motherboard. seperti soket 370. lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Bus ini telah berkembang dari bus 66. kita mulai saja. pasangkan kembali kabel power. sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam. Baiklah. Tabel diagram motherboard biasanya telah disertakan pada saat anda membeli CPU/ Mainboard. Perkembangan ini untuk mengimbangi kerja microprocessor yang semakin cepat. Motherboard atau Mainboard adalah board/ papan utama tempat komponen-komponen utama seperti microprocessor dan memory (RAM. kalau bisa gunakan tiner botol jangan yang di kaleng. Setelah bersih anda keringkan. 500. apakah di posisi Clear atau Free. Mati Total Periksa power supply: Dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply. microprocessor berkomunikasi dengan komponen yang lain melalui suatu bus atau jalur data. cara mudah meperbaiki power supply komputer dan cara memperbaiki flash disk yang rusak kali ini akan saya bahas tentang Cara Mudah Memperbaiki Motherboard Komputer. Setelah terlepas. 400. Periksa Jumper Clear CMOS. ROM. Baiklah kita akan bahas. soket LGA 775. BIOS) beserta chip kontroler lainnya. harddisk badsector. periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. coba anda bersihkan pakai tiner. Hati-hati untuk bongkar pasang komponen pastikan kabel power jangan tersambung ke listrik. Periksa juga apakah switch on nya berfungsi. posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard. Setelah kemarin sukses mempunyai banyak pengunjung dengan Tulisan ku tentang cara memperbaiki hardisk yang rusak. 333. . 133. apakah panasnya berlebih atau tidak. ada virus. 100. artikel ini saya dapatkan dari sini. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas. Terdapat juga SLOT Ekspansi yaitu tempat untuk memasang card-card tambahan yang berfungsi untuk meningkatkan fasilitas dan kemampuan yang dibutuhkan. Bongkar Motherboard tersebut secara hati-hati. soket slot I (Pentium 2 dan 3). Mudah-mudahan kali ini juga bisa mendongkrak kemajuan pengunjung blogku ini. terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory. 266. Microprossor terpasang pada soket / slot yang sesuai dengan bentuk dan ukuran microprocessor tersebut. Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On. 800 MHz. Ganti Elko yang kapasitasnya 1000 s/d 3300 uf / 10 Volt yang terletak disekitar soket power Atx di motherboard.hardisk terlalu penuh. soket A 462 (AMD). 200. over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. biasanya kalau motherboard baru. Slot ekspansipun mengalami perkembangan. 470.

Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru. memory. Jika VGA card menggunakan kipas. apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU. floppy disk. cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih. coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard. karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. yang bentuknya bulat hitam ada tulisan kapasitasnya antara 1000 uf/10Volt s/d 3300 uf/10 volt. bersihkan kipas tersebut. untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU. biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri Periksa Power Supply. Dalam keadaan mati. anda perhatikan perubahan fisik komponen terutama elko/kapasitor. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak. biasanya ada masalah di memory. Kalau masih hang / me-restart sendiri coba anda periksa di motherboard. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas. Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer. apakah itu motherboard. cdrom. Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah. anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya. program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. cabut VGA Card. ganti baterai tersebut) . saya sarankan ganti saja. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus. coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti. CMOS Checksum Failure (Baterai Low) Gejala kerusakan & Solusinya : Muncul pesan CMOS failure (Kerusakan pada baterai CMOS. karena power supply merupakan komponen yang sangat vital. biasanya terlihat. Coba anda install ulang Windows.. Periksa memory. Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”. saya selalu membersihkannya dari debu. berarti power supply ada masalah. kerusakan biasanya ada di processor. Nyala Tapi Tidak Tampil Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik. kalau yang rusak terlihat kembung / bengkak dan mengeluarkan cairan atau karat. Periksa VGA Card. ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. dalam keadaan mati / off coba anda tekan.. Periksa apakah ada virusnya. tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak. memory dan VGA. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Kalau ada. Periksa Processor. dll. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru. kemudian pasang kembali.

Seting tanggal. Semoga artikel ini tentang Cara Mudah Memperbaiki motherboard Komputer dapat bermanfaat bagi kita semua. lakukan setting ulang pada BIOS). aminn . time dan konfigurasi lain di BIOS berubah (Setelah baterai diganti.

Bila control grid terbuka. Fosfor merupakan senyawa kimia yang akan memunculkan warna tertentu ketika terkena sinar elektron berenergi tinggi. Perubahan panas yang berulang-ulang dan dalam waktu lama akan membuat heater menjadi terbuka dan panas merembes keluar dari kabel ini. Bila gambar sudah terlampau buram. kabel ini tidak dapat diganti kecuali anda mengganti tabung katodanya sama selaki. apakah ikatan solder pada salah satu tabungnya kendor atau lepas. Solder ikatannya. 5. satu-satunya kemungkinan adalah mengganti tabungnya. Setiap kali CRT dinyalakan. hijau. Katoda Terhubung Dengan Control Grid. biru) kita dapat melihat kerusakannya pada warna yang akan muncul. masalahnya tidak ada sinyal gambar yang dimunculkan ke monitor. Yang paling baik adalah mencegah terjadinya kontak antara katoda dan control grid. dengan memberikan pembatas antara control grid dengan seluruh katoda. Apabila hal ini terjadi. praktis anda harus mengganti monitor anda dengan yang baru. Pada umumnya. Jika satu atau lebih warna tampak lemah. karena komponen ini kemungkinan rusak atau terbakar. dan akan berakibatkan warna yang muncul menjadi soak alias pudar. Gejala ini akan terlihat di mana salah satu warna yang dihasilkan di layar monitor tampak lebih lemah. Solusinya periksa drive board video CRT anda. yang mengakibatkan lemahnya warna pada layar monitor. 2. Pada monitor lama. Solusinya karena kabel heater ini terdiri dari tiga macam (merah. Namun. akibatnya tidak . Gambar Tidak Muncul Jika gambar tidak muncul. tidak ada yang mungkin bisa dilakukan. Control Grid Pada CRT Terbuka. Solusinya bila sudah terjadi kontak. Ketika CRT dimatikan. Solusinya periksa sinyal video yang terdapat pada board video adapter CRT. Kabel Heater Pada CRT Terbuka. biasanya kerusakan semacam ini hanya terjadi setelah penggunaan dalam waktu lama. Satu atau Lebih Warna Tampak Lemah. Katoda adalah bahan yang terbuat dari logam tidak tahan korosi. dengan memasang suatu muatan potensial pada grid. dengan kontras warna yang bisa diatur maksimal. Fosfor Pada Tabung Katoda Tampak Kusam. sehingga memungkinkan terhubung dengan control grid. gejala ini seringkali muncul. kita seringkali menjumpai gambar yang tampak kuyu.1. maka masalah ini pada umumnya terjadi karena pada katoda terbentuk lapisan ionik yang menghambat pelepasan elektronmenuju layar. Bila kabel ini rusak. Akan tetapi. heater juga ikutan jadi dingin. Solusinya tidak ada cara lain kecuali mengganti tabung katoda. control grid akan kehilangan efektivitaasnya. Gejala semacam ini membuat katoda menjadi kurang efektif dalam menembakkan elektron. 6. tetapi umur fosfor bisa dihemat dengan mengatur brightness pada tingkat minimum dan anda bisa memasang screen saver pada layar monitor untuk mengurangi peredaran fosfor yang terlalu lama. 3. Control grid digunakan untuk membatasi sinar yang dihasilkan oleh katoda. 4. heater akan bekerja.

Bila tidk terdapat sinyal video merah pada amplifier input. dimana letak masalahnya. Gambar Tampak Tua Dengan Warna Biru atau Muncul Warna Kekuning-kuningan. Kita dapat membandingkan karakteristik sinyal antara monitor yang rusak dengan monitor yang baik lalu menarik kesimpulan. Bila voltase screen grid kembali normal bisa dipastikan bahwa screen grid mengalami hubungan pendek. 7. Pada beberapa kasus yang parah. Solusinya. Bila screen grid mengalamu hubungan pendek. anda bisa menempuh cara yang sama untuk memeriksa sumber kerusakan. Bila anda tidak menemukan hubungan pendek (diperiksa dengan menggunakan multimeter) control grid kemungkinan telah terbuka. Gambar Tampak Merah atau Biru Kehijauan. dengan menggunakan multimeter untuk mengukur voltase pada grid tersebut. Solusi satu-satunya tabung harus diganti. Oksidasi dapat membuat hubungan pendek antara katoda dengan kontrol grid atau control grid dengan screen grid. gantilah board video adapter pada monitor yang rusak. masalahnya adalah sirkuit drive video jalur warna biru rusak. Bila koneksi baik. Biasanya grid memiliki voltase antara 250 sampai dengan 750 volt pada situasi normal. Bila voltase terlampau rendah. periksalah sirkuit drive video yang tersambung dengan warna merh. langsung saja ganti seluruh board video adapternya. kita boleh curiga terjadi kerusakan pada sirkuit yanhg mengatur voltase pada screen. Bila anda tidak memiliki alat semacam osiloskop dan tidak terlalu ingin ribet. anda dapat mengukur apakah terjadi hubungan pendek pada screen grid atau tidak. Kita memerluan osiloscope untuk melacak sinyal video input dan video output. energi elektron yang memancar ke layar akan berkurang sehingga akan mengurangi intensitas sinar yang berpendar pada fosfor dan dengan demikian akan mengurangi kecerahan gambar secara keseluruhan. periksa sambungan antara monitor dengan board video adapter. pastikan sebelumnya bahwa kontrol setting monitor berada pada kondisi normal. cobalah gunakan monitor lain yang bekerja baik. . Bila voltase tetap rendah. Apabila gambar tampak merah atau biru kehijauan (mendekati cyan). Screen grid berfungsi untuk mengarajhakan gerakan elektron menuju layar. Sebelumnya.ada lagi muatan potensial pada grid untuk mengontrol intensitas sinar dan sinar akan memancar dengan intensitas penuh Solusinya. Solusinya. kita harus memastikan bahwa setting warna pada monitor berada pada posisi normal. Bila problem tetap terjadi pada monitor tersebut. 9. justru gambar tidak muncul sama sekali. Apabila gambar tampak tua dengan warna biru atau muncul warna kekuning-kuningan. masalahnya adalah terdapat problem pada sirkuit video untuk jalur merah.Solusinya sama seperti problem sebelumnya. matika monitor lalu lepaskan drive board video yang ada di leher tabung kemudian restart monitor dan ukur kembali voltasenya. periksa apakah katoda dengan control gird heater dengan katoda terjadi hubungan pendek (short) atau tidak. Bila control warna diset pada kondisi baik sementara warna kemerahan tidak juga hilangh. 8. Focus Grid Pada CRT Terbuka.

Bila kecepatan raster yang menyapu layar berubah-ubah. masalahnya adalah sambungan kabel monitor ke CPU dan video card tidak berfungsi benar. 12. Solusinya pastikan terlebih dahulu bahwa CPU dan video card bekerja baik. 14. Kemungkinan. kerusakan ini disebabkan oleh kabel-kabel yang kendor akibat panas yang berlebihan di dalam sistem monitor. lalu ketika gambar sudah tersimpan kembali.10. Kadangkala. gunakan osiloskop untuk memeriksa amplifier ini. Kemungkinan letak masalahnya ada di drive pengatur vertikal atau horizontal atau keduanya. Jika salah satu output dari power supply bermasalah. periksa tabungnya apakah masih baik atau memang sudah soak. 13. tetapi tetap muncul masalah yang sama.Solusi untuk praktisnya. Bila tidak ada alat tersebut. curigai kerusakan pada CRT itu sendiri. masalahnya monitor terganggu oleh keberadaan peranti lain yang memancarkan gelombang tertentu. Tidak Ada Gambar Maupun Raster. kita dapat mengatasinya dengan memeriksa rangkaian power supply atau mengganti dengan power supply yang baru. Setelah itu. ponsel. ganti board utama monitor. tidak akan muncul raster. anda mengganti board monitor utama. Apabila gambar hanya muncul di bagian atas atau bawah monitor. Bila anda memiliki alat untuk mengetes CRT. periksa monitor yang rusak lalu cobalah menyalakan brightness dan contrastnya. anda perlu untuk memeriksa sirkuit yang menghasilkan sapuan vertikal pada board. Apabila garis horizontal atau vertikal muncul di tengah layar. pastikan untuk memeriksa linearitas vertikal monitor. kemungkinan besar masalahnya ada pada amplifier vertikal Solusinya. Bila tidak ada sinyal. Periksa apakah semua kabel terhubung dengan baik. Bila gangguan tetap muncul kemungkinan masalahnyab ada pada monitor kita sendiri. Apabila tidak ada gambar maupun raster. Mulailah dengan memeriksa sinyal sinkronisasi vertikal dan horizontalnya. Solusinya jauhkan peralatan yang menimbulkan gangguan. 11. televisi. atau monitor lain yang memancarkan gelombang elektromagnetis atau menimbulkan medan magnet. Jika karakter yang muncul di layar tidak sempurna. mau tidak mau anda harus mengganti tabungnya. Jika gambar tampak tua kehijauan atau merah kebiruan (mendekati magenta). katoda atau kontrol gridnya yang rusak. atau sirkuit dalam monitor rusak. Gambar Hanya Muncul di Bagian Atas atau Bawah Monitor. Bila hasilnya buruk. anda bisa menempuh cara yang sama untuk memeriksa sumber kerusakan. Bila anda sedikit mau bersusah payah. Peranti lain itu contohnya radio. Bila sinyal ada. pixel di suatu gambar yang tampak pada layar . bilamana sinyal video yang diukur bekerja dengan baik. Gambar Tampak Tua Kehijauan atau Merah Kebiruan. Untuk ketiga masaah terakhir. masalahnya adalah sirkuit drive jalur warna hijau rusak. Garis Horizontal atau Vertikal Muncul di Tengah Layar. masalahnya terjadi kerusakan pada sirkuit drive horizontal atau vertikal. kemungkinan besar masalahnya ada pada sirkuit pengatur voltase tinggi atau drive horizontal tidak bekerja dengan mengatasinya dengan baik. Karakter yang Muncul di Layar Tidak Sempurna. Solusinya sama seperti problem sebelumnya.

kemungkinan besar sirkuit amplifier videonya soak atau terlalu lemah. Apabila warna yang muncul berubah ketika monitor panas. Apabila gambar makin menyempit ke arah horizontal ketika monitor panas. Masalah ini akan hilang ketika monitor bekerja pada resolusi rendah. Gambar Makin Menyempit ke Arah Horizontal Ketika Monitor Panas. Bila amplifier video lemah. kencangkan. Maka. Seringkali. Juga periksalah sambungan antara board video amplifier dengan board raster. Jika masalahnya tidak teratasi. Seharusnya. perbaiki jalur suplai listrik ke tempat itu atau untuk praktisnya.Solusinya. laluy periksa semua kapasitor yang beralokasi di sekeliling transistor output horizontal. sehingga amplifier videonya memerlukan variasi respon yang cepat antar pixel. Bilamana anda tidak ingin memeriksa satu per satu komponen yang bermasalah. sementara pixel diarea layar yang lain akan muncul terlalu lama. masalahnya sama dengan gambar menyempit horizontal. kemungkinan terbesar ada kerusakan pada sirkuit amplifier video. Bila koneksinya terlalu longgar. terutama kabel yang menghubungkan board raster dengan bagian dalam monitor. jangan setel . anda bisa langsung mengganti board raster dengan yang baru. Jika gambar detail pada resolusi grafis tinggi kabur. yang perlu dilakukan adalah melakukan penyolderan ulang terhadap semua komponen pada transistor dan board raster. karena mendeteksi kapasitor yang rusak sangat sulit dilakukan. 19. Jika tampilan yang muncul tampak bergelombang. Gambar Melebar ke Arah Horizontal Ketika Monitor Panas. Gambar Detail Pada Resolusi Grafis Tinggi Kabur. Solusi sementaranya.boleh jadi akan menutup secara bersama-sama. Solusinya sama seperti problem gambar menyempit. lalu mulai periksa kabel video. ganti atau perbaiki bagian tersebut saja. Jika gambar melebar ke arah horizontal ketika monitor panas. ganti saja board power supply-nya secara keseluruhan. gambar pada resolusi tinggi akan sedikit kabur. Cobalah memeriksa lineariatas drive vertikal dan horizontalnya. kemungkinan terbesar sumbernya ada pada power supply. Tampilan Yang Muncul Tampak Bergelombang. Bila terjadi kerusakan. 15. Bila anda sudah menemukan suplai listrik yang bermasalah. gunakan multimeter untuk memeriksa output dari setiap suplai listrik ke semua komponen. monitor harus memunculkan warna yang sama baik dalam kondisi dingin maupun panas. mulailah dari memeriksa sambungan-sambungan solder diantara sirkuit dan kabel-kabel. Gambar resolusi tinggi memerlukan bandwidth yang tinggi. 17. masalahnya adalah salah satu sirkuit pengatur sapuan horizontal lemah atau berubah nilainya ketika monitor panas. Solusinya periksa amplifier video yang menghasilkan sinar elektron. Solusinya matikan monitor. problem semacam ini sangat sulit untuk dideteksi. Matikan monitor dan buka penutupnya. 16. Warna Yang Muncul Berubah Ketika Monitor Panas. 18.

Solder ulang seluruh sambungan pada board amplifier video bilamana diperluk . Apabila gambar yang muncul patah-patah dan tidak stabil. Gambar Yang Muncul Patah-patah dan Tidak Stabil. sirkuit pengatur voltase atau board raster bermasalah. 20. Ingat bahwa sumber utama penghasil tiga warna utama yang memberikan sajian gambar ketika tidak bekerja secara sempurna ketika bermasalah. Solusinya periksa seluruh sirkuit dan sambungan pada board.monitor pada resolusi terlampau tinggi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful