MAKALAH

Pemanfaatan Surya Sebagai Energi

Disusun Oleh :

Nama NIM

: Mustika Dewi Kusumastiti : 4211409024

Universitas Negeri Semarang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Fisika

Teman – teman saya yang telah membantu saya 3.PRAKATA Alhamdulillah. Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada : 1. Semua pihak yang telah berperan dalam terselesaikannya makalah ini Sadar akan keterbatasan dalam kemampuan . sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini tanpa ada hambatan yang berarti . meskipun saya menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna dan banyak kekurangannya . 10 Juni 2010 Penyusun . dikarenakan keterbatasan ilmu dan pengalaman yang saya miliki. puji syukur hanya milik ALLAH SWT Tuhan penguasa seluruh alam yang telah memberikan nikmat dan karunianya . Pada akhirnya terkandung harapan . jika kita mau beriman kepada ALLAH . maka dengan rendah hati penyusun mohon saran yang menuju perbaikan dan kritik yang bersifat membangun dari pembaca. Orang tua saya yang telah memberi dukungan moral dan spiritual kepada saya 2. Mengingat kita adalah umat terbaik yang dipilih diantara manusia . Semarang . semoga makalah ini dapat bermanfaat dan manambah pengetahuan bagi para pembaca yaitu masyarakat pada umumnya dan mahasiswa pada khususnya. mengajak kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran.

PENDAHULUAN A. Keuntungan apa yang didapatkan dalam pemanfaatan sumber daya ini? 3. B. Berapa besarnya energi yang dihasilkan? . Hal ini akibat dari penggunaan yang berlebihan dari energi bahan bakar fosil sebagai sumbernya. Maka dari itu perlu dibuat sumber energi alternatif mengingat kehidupan masyarakat sekarang yang cukup konsumtif dalam penggunaan energi. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. selain itu pemanfaatan sinar matahari ini agar menjadi sumber energi tidaklah mahal karena bahan bukunya bisa didapat secara gratis sehingga semua lapisan masyarakat diharapkan bisa ikut berpartisipasi guna mensukseskannya. Disisi lain. Latar Belakang Sekarang ini PLN sedang gencar-gencarnya menggalakkan program hemat energi yang mana dewasa ini di seluruh belahan dunia sedang terjadi krisis energi. Perumusan Masalah Permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah bagaimana mamanfaatkan energi panas matahari supaya dapat dijadikan sumber energi altenatif yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Di Indonesia sendiri yang notabene berada di garis katulistiwa dengan kenaan pancaran sinar matahari yang cukup dibandingkan dengan negara-negara lain yang mana sekarang ini terdapat teknologi bagaimana memanfaatkan sinar matahari ini sebagai sumber energi alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan energi. Bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi? 2. akhir-akhir ini temperatur saat siang hari lebih panas dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya maka dari itu dengan keadaan yang demikian dirasa bisa memaksimalkan pemanfaatan sinar matahari ini.

Tujuan dan Manfaat Makalah ini bertujuan untuk mengembangkan sinar matahari yang tidak begitu diperhatikan menjadi bermanfaat bagi masyarakat karena manfaatnya sebagai sumber energi alternatif dan bisa ikut berperan serta melestarikan sumber bahan fosil dan juga bisa mengurangi emisi karbon di udara. .C.

Silokon ini terdiri atas dua jenis lapisan sensitif yaitu. yakni mengembangkan PLTS (pembangkit listrik tenaga surya). Silikon tipe n adalah silikon yang dikotori dengan atom arsenic atau phosphor sedangkan silikon tipe-p adalah silikon yang dikotori dengan atom boron. Pengenalan Ada kenyataan yang sulit dibantah. Sel . Prinsip ini dikenal sebagai prinsip phoetoelectric. Banyak alasan yang menjadikan demikian. elektron – elektronnya akan tereksitasi dan menimbulkan aliran listrik. Mengingat besarnya investasi yang harus dikeluarkan untuk membangun jaringan sistem kabel. Sel surya dapat tereksitasi karena terbuat dari material semikonduktor. Selama ini belum banyak diantara kita yang menggunakan panel solar. namun jika dibandingkan dengan membangun jaringan kabel. Sistem penerangan paling murah yang mungkin dimiliki masyarakat daerah terpencil adalah lampu cempor atau patromaks dengan bahan bakar minyak tanah. Pertimbangannya. Dengan memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber energi melalui bantuan alat yang bernama panel solar. B. meski dari sisi biaya investasi masih relatif tinggi. Mulai dari ketidakmampuan pemerintah menyediakan jaringan listrik. PLN kini mulai menempuh cara baru.PEMBAHASAN A. yang mengandung unsur silikon. Ketika foton ini mengenai permukaan sel surya.Panel solar adalah alat yang dapat mengubah energi matahari menjadi energi listrik. Prinsip Kerja Dalam cahaya matahari terdapat terkandung energi dalam bentuk foton. lapisan negatif tipe-n dan lapisan positif tipe-p. pengembangan PLTS lebih memungkinkan. hingga harga yang sulit terjangkau oleh warga. setengah dari 240 juta jiwa penduduk negeri ini belum menikmati penerangan listrik. Foton adalah partikel kecil dalam cahaya matahari yang mengandung energi. PLTS lebih diperuntukkan bagi warga desa yang belum tersentuh jaringan listrik.

Thin Film Photovoltaic Merupakan panel surya ( dua lapisan) dengan struktur lapisan tipis mikrokristalsilicon dan amorphous dengan efisiensi modul hingga 8. Rangkaian paralel digunakan untuk memperoleh penjumlahan arus keluaran.5% sehingga untuk luas permukaan yang diperlukan per watt daya yang dihasilkan lebih besar daripada monokristal & polykristal. secara seri atau paralel untuk memperoleh output tegangan dan arus yang diinginkan.5 A.5 V. Type ini memerlukan luas permukaan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis monokristal untuk menghasilkan daya listrik yang sama. Inovasi terbaru adalah Thin Film Triple Junction PV (dengan tiga lapisan) dapat berfungsi sangat efisien dalam udara yang sangat berawan dan dapat menghasilkan daya listrik sampai 45% lebih tinggi dari panel jenis lain dengan daya yang ditera setara. efisiensinya akan turun drastis dalam cuaca berawan. Karena itu sel ini dibuat dalam bentuk panel-panel ukuran tertentu yang dilapisi plastic atau kaca bening yang kedap air.jenis panel surya : 1. Kita dapat mendesain rangkaian panel-panel surya. 2. Dan besar tegangan yang dihasilkan adalah 0.40. Jenis . Memiliki efisiensi sampai dengan 15%. Panel suraya jenis ini memiliki efisiensi lebih rendah dibandingkan type monokristal.surya ini mudah pecah dan berkarat jika terkena air. sedangkan untuk tegangan yang lebih tinggi diperoleh dengan merangkai panel-panel . Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat langsung digunakan atau disimpan terlebih dahulu ke dalam baterai. Panel ini dikenal sebagai panel surya. Polikristal (Poly-crystalline) Merupakan panel surya yang memiliki susunan kristal acak karena dipabrikasi dengan proses pengecoran. Kelemahan dari panel jenis ini adalah tidak akan berfungsi baik ditempat yang cahaya mataharinya kurang (teduh). 3. sehingga memiliki harga yang cenderung lebih rendah. Monokristal dirancang untuk penggunaan yang memerlukan konsumsi listrik besar pada tempat-tempat yang beriklim ekstrim dan dengan kondisi alam yang sangat ganas. Arus listrik yang dihasilkan dengan arus searah (DC) sebesar 3. Monokristal (Mono-crystalline) Merupakan panel yang paling efisien yang dihasilkan dengan teknologi terkini & menghasilkan daya listrik persatuan luas yang paling tinggi.

Untuk memperoleh arus bolak-balik (AC) diperlukan alat tambahan yang disebut inverter. • Sudut panel/kemiringan panel. diantaranya: • Jumlah radiasi (pancaran) cahaya matahari. Di Indonesia sendiri daya (Wh) yang dihasilkan perhari biasanya sekitar 3-5 kali daya panel maksimum (Wp). Biasanya. Aplikasi panel surya skala rumah Beberapa hal yang perlu diingat pada saat pemasangan panel surya adalah: 1. 4. Misalnya saja sebuah panel surya berkapasitas 50 Wp disinari matahari dengan intensitas maksimum selama 8 jam maka daya yang dihasilkan adalah 50 kali 8 Wh atau 400 Wh. panel dirancang untuk menghasilkan energi optimum pada suhu kamar (250C). 3 kali untuk cuaca mendung dan 5 kali untuk kondisi panas terik. Tersedia jarak dengan atap untuk sirkulasi udara di bawah panel surya Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemasangan panel surya agar diperoleh daya optimum. Karena itu biasanya panel diletakkan di tempat yang sejuk dan banyak angin. C. Atap cukup kuat menahan beban panel dan angin 3. Daya yang dihasilkan oleh panel surya maksimum diukur dengan besaran wattpeak (Wp). 2.dengan arus keluaran yang sama secara seri. Penempatan panel memungkinkan pembersihan dan perbaikan. Untuk daerah di sebelah selatan katilistiwa. panel diletakkan menghadap ke utara dengan besarnya kemiringan tergantung pada posisinya garis bujur. Yang terbaik adalah meletakkan panel tegak lurus dengan arah sinar datang. yang konversinya terhadap (Wh) tergantung intensitas cahaya matahari yang mengenai permukaan panel. begitu pula sebaliknya dengan daerah di sebelah utara. . • Temperatur panel. efisiensinya berkurang. Panel ditempatkan di bagian atap yang tidak terkena bayangan pohon atau benda lain. Selanjutnya daya yang dikeluarkan oleh panel surya adalah daya panel dikalikan lama penyinaran. Untuk Indonesia sendiri tidaklah menjadi masalah kerena Indonesia merupakan Negara tropis yang terletak di garis katulistiwa yang menerima matahari sepanjang tahun. Jika panel tidak beroperasi pada temperatur tersebut.

titik lampu dan stop kontak yang dibutuhkan.  Rancanglah penempatan panel untuk memperoleh hasil yang optimum. Dan kita bisa memperkecil tagihan listrik kita setiap bulannya.  Berdasrkan langkah ke-3 hitunglah beberapa baterai . Tenaga surya merupakan energi yang sangat bersih. .  Hitung panjang kabel yang dibutuhkan. 5. Kita bisa ikut membantu lingkungan dan menyelamatkan bumi dari perubahan iklim dan pemanasan global.  Klasifikasi mana yang bisa disuplai dengan arus AC dan mana yang bisa disupali dengan arus DC. inverter. D. Perhatikan hal-hal yang harus diperhatikan pada bagian aplikasi skala rumah. Potensi pemanfaatan energi surya tersebar secara merata di Indonesia sehingga dapat digunakan untuk daerah terpencil.  Tentukan berapa banyak daya yang akan disuplai dengan energi surya. 2.  Pasanglah instalasinya. tidak menimbulkan suara berisik dan tidak memerlukan bahan bakar yang perlu dibeli setiap harinya. karena proses instalasi yang relative cepat untuk menghasilkan listrik penerangan dan lain-lain.Berikut ini adalah langkah – langkah yang harus dilakukan untuk merancang pembangkit listrik tenaga surya di rumah:  Definisikan kebutuhan listrik. 4. karena sifatnya secara fisika dapat mengabsorbsi UV radiasi (radiasi matahari).  Nilai kondisi keuangan dan ambillah keputusan. siapa tahu mereka mempunyai saran untuk memperoleh desain yang lebih ekonomis. 3.  Hubungi took penjual panel surya dan konsultasikan hasil rancangan. Keuntungan pemanfaatan energi surya Keuntungan – keuntungan yang bisa didapat dari pemanfaatan energi surya melalui panel surya diantaranya: 1. Listrik surya merupakan solusi yang cepat.

terutama untuk daerah-daerah terpencil. 3. 3. Besarnya energi pada penggulaan solar energy ini adalah besarnya daya panel dikalikan lamanya waktu penyinaran. 2. Masyarakat Indonesia sebaiknya ikut berpartisipasi untuk memanfaatkan energi surya ini.Kesimpulan 1. Pemerintah sebaiknya menerapkan pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi untuk kebutuhan listrik dalam negeri. . Dengan penggunaan panel surya dalam rangka pemanfaatan energi surya dapat mengurangi pemanasan global karena sifat dari panel surya itu sendiri yang dapat menyerap radiasi UV. Saran 1. Dengan penggunaan listrik surya itu sendiri kita bisa mengurangi beban pemerintah akan masalah krisis energi dan juga bisa menghemat pangeluaran tagihan listrik. 2. Mahasiswa sebaiknya mensosialisasikan pemanfaatan energi surya ini kepada masyarakat agar masyarakat lebih mengenal pemanfaatan energi surya ini.

wordpress. http://tokosurabaya.Teguh.greenpeace.Rabu.Energi Tak Terbatas.com/2010/05/18/panel-solar . 09.com/2010/01/pemanfaatan-pembangkitlistrik-tenaga.Pemanfaatan Pembangkit Tenaga Surya.DAFTAR PUSTAKA • • Damastuti. Rabu 26 Mei 2010.04 PM Surya 2010.2 Juni 2010.Tenaga Juni Penggunaan Panel Surya.Rabu.www. Matahari.Sinar Matahari Sumber.html.2 Rabu.com.09. 2 Juni Juni 2 2010.04 PM Pikiran Rakyat.alpensteel. http://punyahamdy.org. Listrik.org/seasia/id/campaigns/perubahan-iklimglobal/Energi-Bersih/Energi_matahari. Rabu.org . 09. 09.wordpress.Pembangkit Listrik Tenaga Surya. http://energisurya.blogspot.com/2007/11/01/pikiran-rakyatsinar-matahari-sumber-energi-tak-terbatas/.04 PM http://www.2 Juni 2010.tcpdf.04 PM • Hamdi. Menghasilkan Energi http://www.04 PM • Priyambodo.Anya P.09. Pembangkit Listrik Tenaga Surya: Memecah Kebuntuan Kebutuhan Energi Nasional dan Dampak Pencemaran Lingkungan.04 PM .chem-is.Keuntungan 2010.04 PM • • • Rabu.09.2 Juni 2010.try. 09. www.Rabu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful