Selama hamil, ibu membutuhkan tambahan energi/kalori untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, juga plasenta, jaringan

payudara, cadangan lemak, serta untuk perubahan metabolisme yang terjadi. Di trimester II dan III, kebutuhan kalori tambahan ini berkisar 300 kalori per hari dibanding saat tidak hamil. Berdasarkan perhitungan, pada akhir kehamilan dibutuhkan sekitar 80.000 kalori lebih banyak dari kebutuhan kalori sebelum hamil.

* Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber utama untuk tambahan kalori yang dibutuhkan selama kehamilan. Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan karbohidrat sebagai sumber kalori utama. Pilihan yang dianjurkan adalah karbohidrat kompleks seperti roti, serealia, nasi dan pasta. Selain mengandung vitamin dan mineral, karbohidrat kompleks juga meningkatkan asupan serat yang dianjurkan selama hamil untuk mencegah terjadinya konstipasi atau sulit buang air besar dan wasir.

* Protein
Kebutuhan protein bagi wanita hamil adalah sekitar 60 gram. Artinya, wanita hamil butuh protein 10-15 gram lebih tinggi dari kebutuhan wanita yang tidak hamil. Protein tersebut dibutuhkan untuk membentuk jaringan baru, maupun plasenta dan janin. Protein juga dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan diferensiasi sel.

* Vitamin dan mineral
Wanita hamil juga membutuhkan lebih banyak vitamin dan mineral dibanding sebelum hamil. Ini perlu untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin serta proses diferensiasi sel. Tak cuma itu. Tambahan zat gizi lain yang penting juga dibutuhkan untuk membantu proses metabolisme energi seperti vitamin B1, vitamin B2, niasin, dan asam pantotenat. Vitamin B6 dan B12 diperlukan untuk membentuk DNA dan sel-sel darah merah, sedangkan Vitamin B6 juga berperan penting dalam metabolisme asam amino.

* Lemak
Pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan membutuhkan lemak sebagai sumber kalori utama. Lemak merupakan sumber tenaga yang vital dan untuk pertumbuhan jaringan plasenta. Pada kehamilan yang normal, kadar lemak dalam aliran darah akan meningkat pada akhir trimester III. Tubuh wanita hamil juga menyimpan lemak yang akan mendukung persiapannya untuk menyusui setelah bayi lahir.

* Kalori

maka terkadang pemakaian suplemen disarankan. Mengurangi asupan cairan tidak akan mengurangi bengkak yang Anda alami. Sedangkan zat besi dibutuhkan untuk membentuk sel darah merah dan sangat penting untuk pertumbuhan dan metabolisme energi. Asam folat dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi jus jeruk bayam. unggas. * Cairan Cairan diperlukan untuk meningkatkan volume darah dan air ketubah. brokoli. jus. stoberi. Kebutuhan zat besi menjadi dua kali lipat dibandingkan sebelum hamil. Konsumsi cairan yang terbaik adalah air putih. Sangat disarankan untuk Ada 3 trimester kehamilan : Masa kehamilan trimester I : 012 minggu Masa kehamilan trimester II :1327 minggu Masa kehamilan trimester III : 28-40 minggu . disamping untuk meminimalkan peluang terjadinya anemia. mangkok dan buah 1 Susu 2 gelas 5 sendokpotong sedang Minyak teh Makan selingan: susu 1 gelas dan buah 2 sendok Gula 1 potong sedang makan * Asam folat (vitamin B) Asam folat yang dikonsumsi sejak masa pembuahan dan awal kehamilan mampu mencegah cacat lahir pada otak dan tulang belakang. kerang. dan roti. ikan. Zat besi dapat Anda dapatkan dengan mengkonsumsi bayam. Minum setidaknya 6 hingga 8 gelas setiap harinya. telur. Contoh Menu bagi ibu hamil : Porsi Bahan hidangan Jenis hidangan makanan sehari 5 + 1Makan pagi: nasi 1. Begitu juga kebutuhan mineral. Karena kebutuhan zat besi sulit dipenuhi dari diet pola makan. hati. Kekurangan zat besi dapat meningkatkan resiko cacat (mortalitas) Anda dan janin.5 Nasi porsi porsi (150 gram) dengan ikan/ daging 1 3 Sayuran mangkuk potong sedang (40 tempe 2 Buah 4 potong gram). Akan tetapi dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. terutama magnesium dan zat besi. oatmeal.Kebutuhan vitamin A dan C juga meningkat selama hamil. daging merah. mendapatkan 400 mg asam folat per hari. Tempe 3 potong potong sedang (50 sayur 1 Daging 3 potong gram). * Zat besi Kekurangan zat besi akan mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan janin menjadi terhambat. kedelai. dan teh. Penelitian menunjukkan resiko kelainan tulang belakang (spina bifida) dan kelainan ronggga otak (anensefali) menurun hingga 50%. Magnesium dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dari jaringan lunak. selain itu Anda juga dapat mengkonsumsi sup.

lauk. sayur buah sama pagi 1 1 Selingan: susu gelas dan buah potong sedang .Makan porsi dengan dan dengan siang: nasi 3 (300 gram).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful