P. 1
Anatomi Sistem Saluran Kemih

Anatomi Sistem Saluran Kemih

|Views: 1,613|Likes:
Published by Albanaridwan

More info:

Published by: Albanaridwan on Apr 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/20/2013

pdf

text

original

Anatomi Sistem Saluran Kemih Sistem saluran kemih adalah suatu sistem dimana terjadinya proses penyaringan darah

sehingga darah bebas dari zat-zat yang tidak dipergunakan oleh tubuh dan menyerap zat-zat yang masih dipergunakan oleh tubuh. Zat-zat yang tidak dipergunakan oleh tubuh larut dalam air dan dikeluarkan berupa urin (air kemih). Sistem saluran kemih terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih (vesika urinaria) dan uretra.16 Sistem saluran kemih pada manusia dapat dilihat pada gambar berikut :

Gambar 1. Sistem Saluran Kemih Pada Manusia Ginjal Masing-masing ginjal mempunyai panjang kira-kira 12 cm dan lebar 2,5 cm pada bagian paling tebal dan berbentuk seperti kacang. Terletak pada bagian belakang abdomen. Ginjal kanan terletak lebih rendah dari ginjal kiri karena ada hepar di sisi kanan.Ginjal memiliki tiga bagian penting yaitu korteks, medulla dan pelvis renal. Bagian paling superfisial adalah korteks renal, yang tampak bergranula. Di sebelah dalamnya terdapat bagian lebih gelap, yaitu medulla renal, yang berbentuk seperti kerucut disebut piramid renal, dengan dasarnya menghadap korteks dan puncaknya disebut apeks atau papilla renal. Di antara piramid terdapat jaringan korteks, disebut kolum renal (Bertini).Ujung ureter yang berpangkal di ginjal, berbentuk corong lebar disebut pelvisrenal. Pelvis renal bercabang dua atau tiga, disebut kaliks mayor yang masing-masing bercabang membentuk beberapa kaliks minor, yang langsung menutupi papilla renal dari piramid. Kaliks minor ini menampung urin yang terus-menerus keluar

ke pelvis renal kemudian ke ureter. Ureter mempunyai membran mukosa yang dilapisi dengan epitel kuboid dan dinding otot yang tebal. sampai akhirnya ditampung di dalam kandung kemih. Setiap ginjal terdapat satu juta atau lebih nefron. mempertahankan keseimbangan asam basa. Berikut ini adalah gambar anatomi ginjal : Gambar 2. Dari kaliks minor. Panjangnya kira-kira 2530 cm. Kedua ginjal menghasilkan sekitar 125 ml filtrat per menit. masing-masing nefron terdiri atas komponen vaskuler dan tubuler. mengekskresi hormon. Urin disemprotkan ke bawah ureter oleh . dengan penampang ± 0. yaitu glomerulus dan kapiler peritubuler. Komponen vaskuler terdiri atas pembuluhpembuluh darah. isinya disalurkan ke dalam duktus koligens (saluran penampung atau pengumpul). berperan dalam pembentukan vitamin D. dari jumlah ini. Komponen tubuler berawal dengan kapsula Bowman (glomerular) dan mencakup tubuli kontortus proksimal. urin masuk ke kaliks mayor. 124 ml diabsorpsi dan hanya 1 ml dikeluarkan ke dalam kaliks-kaliks sebagai urin. Anatomi Ginjal Ureter Ureter terdiri dari dua saluran pipa yang masing-masing menyambung dari ginjal ke kandung kemih (vesika urinaria). Ginjal berfungsi untuk mengatur keseimbangan air dan elektrolit berupa ekskresi kelebihan air dan elektrolit. yang mengitari tubuli.dari papila. ansa Henle dan tubuli kontortus distal.5 cm. Ureter sebagian terletak dalam rongga abdomen dan sebagian terletak dalam rongga pelvis. mengekskresi beberapa obatobatan dan mengekskresi renin yang turut dalam pengaturan tekanan darah. Dari tubuli distal.

Uretra pada laki-laki merupakan tuba dengan panjang kira-kira 20 cm dan memanjang dari kandung kemih ke ujung penis.gelombang peristaltik. yang terjadi sekitar 1-4 kali per menit dan urin memasuki kandung kemih dalam bentuk pancaran. Ketika kandung kemih kosong atau terisi setengahnya kandung kemih tersebut terletak di dalam pelvis. Uretra pada lakilaki mempunyai tiga bagian yaitu : uretra prostatika. Pada laki-laki. Uretra wanita jauh lebih pendek daripada pria. uretra membranosa dan uretra spongiosa. sperma berjalan melalui uretra waktu ejakulasi. Lapisan uretra wanita terdiri dari Tunika muskularis (sebelah luar). lapisan spongiosa dan lapisan mukosa (lapisan sebelah dalam) . Tunika muskularis (lapisan otot). Kandung Kemih Kandung kemih adalah kantong yang terbentuk dari otot tempat urin mengalir dari ureter. Uretra ini menjalar tepat di sebelah depan vagina. Tunika sabmukosa. Uretra pria sangat berbeda dari uretra wanita. dan lapisan mukosa (lapisan bagian dalam). Uretra Bagian akhir saluran keluar yang menghubungkan kandung kemih dengan luar tubuh ialah uretra. karena hanya 4 cm panjangnya dan memanjang dari kandung kemih ke arah ostium diantara labia minora kira-kira 2. ketika kandung kemih terisi lebih dari setengahnya maka kandung kemih tersebut menekan dan timbul ke atas dalam abdomen di atas pubis. 21 Dinding kandung kemih terdiri dari lapisan sebelah luar (peritonium).5 cm di sebelah belakang klitoris.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->