SOAL

1. Sebutkan 4 kasta dalam agama Hindu ! 2. Apa yang dimaksud dengan Animisme dan Dinamisme ? 3. Apa peninggalan sejarah yang membuktikan bahwa kerajaan Kutai adalah kerajaan Hindu pertama di Indonesia ? 4. Sebutkan 3 karya sastra peninggalan pemerintahan raja Jayabaya ! 5. Apa nama kerajaan di Tanah air yang mendapat sebutan “Negara Nasional pertama di Indonesia” ? 6. Pada kitab apa dan karangan siapa, istilah “Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa” terdapat didalamnya ? 7. Apa nama kerajaan di Tanah air yang mendapat sebutan “Negara Nasional kedua di Indonesia” ? 8. Penyebar agama Islam di pulau Jawa ada sembilan wali atau yang disebut Wali Songo. Sebutkan ke sembilan wali tersebut ! 9. Sebutkan kerajaan yang bercorak Islam yang pernah ada di Indonesia ! 10. Sebutkan peninggalan-peninggalan sejarah yang bercorak Islam di Indonesia ! 11. Sebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu dan Budha di Indonesia ! 12. Gajah mada mengucapkan sumpah yang sangat terkenal yaitu sumpah Palapa. Apa arti sumpah Palapa tersebut ? 13. Sebutkan tokoh-tokoh sejarah pada masa kerajaan Islam di Indonesia ! 14. Siapa tokoh Timur” ? sejarah yang mendapatkan sebutan “Ayam jantan dari

15. Secara Astronomis dimana letak negara Indonesia ? 16. Secara Geografis dimana letak negara Indonesia ?

Disusun oleh Kevin Marcellino kelas 5D

Apa yang dimaksud dengan Suaka Marga Satwa ? 21. Siapa tokoh yang mendapat sebutan bapak Kina ? 20. Kina adalah obat ampuh untuk penyembuhan penyakit malaria. Berbeda dengan kebanyakan suku di Indonesia yang menganut pola Patrialineal. Apa yang dimaksud dengan bahasa Ibu ? 23. Sebutkan agama-agama yang diakui di Indonesia ! 24. Sebutkan iklim yang terdapat di Indonesia ! 18.Apa yang dimaksud pola matrilineal ? 25. Suku Minang di Sumatera barat menganut pola Matrileneal. Iklim di Indonesia dipengaruhi oleh letak Geografis dan Astronomis. Bagaimana Cara melaksanakan makna Bhinneka tunggal Ika ? Disusun oleh Kevin marcellino kelas 5D . Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang nampak di permukaan bumi. Apa yang dimaksud dengan angin musim atau Muson ? 19. Kenampakan alam di Indonesia terbagi menjadi dua yaitu…… 22.17.

2. Kesembilanan wali tersebut adalah sebagai berikut : a) Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim) b) Sunan Ampel (Raden Rahmat) c) Sunan Bonang (Maulana Makhdum Ibrahim) d) Sunan Giri (Raden Paku) e) Sunan Drajat (Syarifudin) f) Sunan Kalijaga (Raden Mas Said) g) Sunan Kudus (jafar Sidiq) h) Sunan Muria (Raden Umar said) i) Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah) 9. ditulis oleh Empu Sedah dan Empu Panuluh II. terdiri atas para pendeta. Kerajaan Mataram Islam f. Kerajaan Sriwijaya 6. terdiri tas para buruh dan petani miskin.KUNCI JAWABAN 1. terdiri atas para pedagang dan petani kaya d) Kasta Sudra. Kerajaan Samudera pasai b. Kerajaan yang bercorak Islam antara lain : a. ditulis oleh Empu Panuluh 5. 4. Peninggalan sejarah yang membuktikan hal itu adalah tujuh buah prasasti yang disebut Yupa dan ditulis dengan menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta. bangsawan. Kerajaan Pajang e. 7. b) Kasta Ksatria. Kitab Kresnayana. Animisme adalah kepercayaan kepada roh nenek moyang. Kerajaan Demak d. terdiri atas para raja. Kitab Bharatayuda. antara lain sebagai berikut : I. Keempat Kasta tersebut adalah : a) Kasta Brahmana. Karya sastra tersebut. Dinamisme adalah kepercayaan pada benda-benda yang memiliki kekuatan gaib. ditulis oleh Empu Triguna III. 3. Kitab Sutasoma karya empu Tantular. Kerajaan Aceh c. Kitab Gatotkacasraya. Kerajaan Cirebon Disusun oleh Kevin Marcellino kelas 5D .seperti batu besar dan pohon besar. dan prajurit c) Kasta Waisya. Kerajaan Majapahit 8.

yaitu seni kaligrafi dan seni sastra (Hikayat & Babad) n. Raja Kertanegara i. yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. yaitu Gajah Mada tidak akan makan buah palapa (kenikmatan dunia) sebelum seluruh Nusantara dipersatukan di bawah naungan Majapahit 13. Arti Sumpah Palapa. Sultan Ageng Tirtayasa e. Raden Patah c. Keraton l. Ratu Sima d.11º LS dan 95º BT 141º BT. Raja Mulawarman b. antara lain : a. Karya seni. Tokoh-tokoh sejarah pada masa kerajaan Hindu dan Budha. Peninggalan sejarah yang bercorak Islam antara lain : j. yaitu benua Asia dan Benua Australia serta dikelilingi oleh 2 samudera. Pesantren 11. Tokoh-tokoh sejarah pada masa kerajaan Islam . Masjid k. Kerajaan Ternate dan Tidore 10. Sultan Agung d. Sultan Hasanudin 15. Nisan atau Makam m. Sultan Hasanudin 14. Raja Airlangga h. 16. Raja Jayabaya g. Raja Purnawarman c. Raja Hayam Wuruk j. Sultan Iskandar Muda b. Mahapatih Gajah Mada 12.g. Secara Geografis Indonesia terletak diantara 2 benua. Raja Samaratungga e. Kerajaan Gowa Tallo i. Secara Astronomis. Indonesia terletak di 6º LU . Disusun oleh Kevin Marcellino kelas 5D . antara lain : a. Kerajaan Banten h. Raja Balaputeradewa f.

Iklim laut 18. Iklim di Indonesia terdiri atas : a. 23. Ada 6 agama yaitu : a. Wilayah daratan dan wilayah perairan. Budha f. 22. Iklim Musim atau Muson b. Menjaga kerukunan dan persatuan b. Konghucu 24. Angin Musim (Muson) adalah angin yang bertiup dari Benua Australia ke benua Asia (Angin musim Timur) atau angin yang bertiup dari benua Asia ke benua Australia (Angin musim Barat) 19. Franz Wilhelm Junghuhn 20. Islam b. 21. Iklim Tropis c. Katholik d.17. Bahasa ibu adalah bahasa daerah yang dipergunakan setiap hari. Kristen Protestan c. Melestarikan keragaman suku dan budaya bangsa Disusun oleh Kevin Marcellino kelas 5D . Matrilineal adalah pola keturunan dan pewarisan adat menurut garis ibu 25. Hindu e. Caranya adalah : a. Bangga terhadap keragaman suku dan budaya di Indonesia c. Suaka Marga Satwa adalah tempat untuk melindungi hewan langka agar tidak punah.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful