PEMEROLEHAN BAHASA DAN LANDASAN PEMBELAJARAN BI

Apa dan Bagaimana prosesnya «

apakah pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa adalah hal yang sama ? Jelaskan ! 2. Menurut anda. Menurut anda. bagaimana seseorang dapat memeroleh bahasa ? Faktor-faktor apa yang mempegaruhi pemerolehan bahasa ? .Diskusi Awal 1.

Materi« Bahasa adalah sistem yang digunakan dalam komunikasi interpersonal oleh sekelompok manusia untuk mengungkapkan sesuatu peristiwa dan proses yang terdapat di lingkungan sekitarnya Bahasa bisa berupa aktivitas verbal dan non verbal .

Strategi yang dimaksud adalah usaha anak untuk memperoleh bentuk-bentuk tuturan yang berterima untuk menyatakan maksud dan mengkomunikasikannya ketika berinteraksi dengan mitra tutur .Seseorang berusaha menggunakan berbagai strategi untuk menguasai bentuk-bentuk tuturan yang diperlukan untuk menyatakan maksud dan mencapai keberhasilan tujuan komunikasi yang diinginkan.

Setiap anak mampu memahami dan memproduksi tuturan setelah terjadi proses internalisasi dalam struktur mental mereka. Proses ini dapat terjadi karena sejak lahir manusia dilengkapi dengan perangkat bawaan dalam bentuk mekanisme abstrak yang lazim disebut Language Acquisition Device (LAD) .

. 1995) membedakan pemerolehan bahasa dari dua sudut pandang yaitu : Psikolinguistik Sosiolinguistik.Klein (dalam Ellis.

yaitu ‡ Pada pemerolehan spontan. . penutur memusatkan perhatian pada pemerolehan bahasa secara alamiah. pemerolehan bahasa dibedakan menjadi dua. ‡ Adapun pada pemerolehan bahasa terbimbing penutur bahasa memusatkan perhatiannya pada aspek sistem bahasa.Berdasarkan aspek psikolinguistik.

Strategi Pemerolehan Bahasa Anak ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Peniruan Tuturan Pengulangan Tuturan Penggunaan Pola Tuturan Perbaikan Tuturan Penerjemahan Permintaan Penuturan Kembali Pertanyaan Responsi-Timbal Balik .

Berdasarkan aspek sosiolinguistik. pemerolehan bahasa didasarkan pada aspek latar dan aktivitas yang dilakukan penutur bahasa. sedangkan pemerolehan bahasa melalui pembelajaran terjadi secara sadar. Pemerolehan bahasa secara alamiah merupakan proses pemerolehan bahasa secara bawah sadar. .

persepsi. kreativitas. Teori perkembangan kognitif merupakan aspek yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran BI. ingatan. harapan.Landasan Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. intensi. Perkembangan kognitif anak terkait dengan potensi kognitif anak yang meliputi: perhatian. dan keyakinan . imajinasi. pemecahan masalah. perkembangan bahasa. ada dua Teori dasar yang terkait dengan proses pemerolehan bahasa yaitu Teori perkembangan kognitif dan Teori perkembangan sosialemosional.

Di sisi lain. menanggapi secara tepat perasaan orang lain. Kecerdasan sosial-emosional sangat besar peranannya dalam proses pembelajaran bahasa. Kecerdasan emosional bertalian dengan kemampuan seseorang untuk memahami dan mengendalikan perasaannya sendiri. . dan memahami serta memelihara hubungan baik dengan orang lain.

Teori pemerolehan bahasa baik dari sudut psikolinguistik maupun sosiolinguistik akan menjadi landasan pembelajaran bahasa. Tolak ukur keberhasilan pemerolehan dan pembelajaran bahasa adalah tercapainya kompetensi komunikasi.Hubungan pemerolehan bahasa dan pembelajaran bahasa Bahasa bisa diperoleh dan/atau dipelajari. .

Diskusi penutup « Apakah kompetensi komunikasi hanya bisa diperoleh secara alami ? Kalau bahasa bisa dipelajari dan /atau diperoleh. apakah bahasa bisa hilang ? Jelaskan ! .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful