P. 1
f. Metode-metode Sosiologi

f. Metode-metode Sosiologi

|Views: 873|Likes:
Published by Cisilia Tri

More info:

Published by: Cisilia Tri on Apr 21, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/09/2012

pdf

text

original

1.

Metode Statistik
Metode yang dipakai untuk menunjukkkan hubungan atau pengaruh kausalitas serta memperkecil prasangka pribadi atau sepihak. Penerapan metode ini yang paling sederhana adalah teknik enumirasi ( penghitungan ). Jawaban pertanyaan responden disusun dalam bentuk tabel sehingga diketahui hasilnya secara kuantitatif

¾ Metode eksperimen dilakukan terhadap dua

kelompok. Kelompok pertama merupakan kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kedua sebagai kelompok kontrol. Metode ini membandingkan hasil percobaan kedua kelompok tersebut. Ada dua macam metode eksperimen, yaitu eksperimen laboratorium dan eksperimen lapangan.

¾ Metode Induktif

metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah umum dengan mempelajari gejala yang khusus .
¾ Deduktif adalah

metode yang digunakan untuk memperoleh kaidah khusus dengan mempelajari gejala yang umum

¾ Metode yang digunakan untuk meneliti

kebenaran peristiwa-peristiwa tertentu, misalnya gerakan-gerakan buruh untuk menuntut kenaikan gaji, gerakan mahasiswa untuk memprotes kenaikan BBM dan lainlain

¾ Metode

untuk memperoleh data yang hanya ada pada kehidupan masyarakat secara langsung. Data diperoleh melalui, angket, wawancara, observasi. Persiapan yang dilakukan yaitu menentukan populasi, sampel, membuat instrumen (angket) dengan bahasa yang dapat dipahami objek, melakukan pendekatan sosial, dan persiapan lainnya.

¾ Metode

digunakan untuk mengadakan penelitian mendalam tentang kehidupan kelompok. Peneliti berbaur dengan kelompok sambil mengadakan penelitian tanpa mengungkapkan identitasnya, tidak boleh terlibat secara emosional terhadap kelompok yang diteliti data akurat.

¾ Metode empiris menyandarkan diri pada

fakta yang ada dalam masyarakat melalui penelitian. Metode rasionalistis, mengutamakan pemikiran sehat untuk mencapai pengertian tentang masalahmasalah kemasyarakatan.

¾ Metode bertujuan untuk meneliti kegunaan

lembaga-lembaga kemasyarakatan struktur sosial dalam masyarakat

dan

¾ Metode

pengumpulan data untuk mengambil keterangan dari buku-buku literatur di perpustakaan. Kelebihannya menemukan banyak sumber tanpa banyak biaya, tenaga, waktu. Kelemahannya buku ²buku yang dicari belum tentu relevan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->