HUBUNGAN antara BERBAGAI KONSEP REALITAS BUDAYA

ƒ

Berbic r tent ng masyarakat tentu tak akan lepas dari konsep budaya, karena kebudayaan adalah segala sesuatu yang dipelajari dan dialami bersama secara sosial oleh masyarakat. Dalam proses pergaulannya, masyarakat akan menghasilkan budaya yang selanjutnya akan dipakai sebagai sarana penyelenggaraan kehidupan bersama.

ƒ

Dalam ke id pannya, man sia senantiasa mem t hkan pertolongan man sia yang lain (zoon politicon) oleh sebab it masyarakat selalu melakukan interaksi sosial, baik antar individu, antara individu dan kelompok, maupun antarkelompok. Jadi, masyarakat dan interaksi sosial tidak dapat dipisahkan.

ƒ

Status sosial ( kedudukan ) merupakan posisi seseorang di tengah-tengah masyarakat . Status dan peranan selalu berkaitan. Peranan merupakan perilaku yang diharapkan dari orang yang memiliki status tertentu, mis l status seorang sultan mengharuskan ia menjadi tokoh panutan masyarakat.

ƒ

Untuk menciptakan keteraturan dalam masyarakat dibutuhkan suatu perangkat pengaturan tertib sosial yang dinamakan pranata sosial. Dalam pranata sosial normanorma dan nilai-nilai akan menjadi sebuah pedoman berperilaku dalam masyarakat . Pranata sosial dibuat oleh lembaga sosial untuk mengontrol baik tidaknya norma. Contohnya, lembaga peradilan dapat memberikan sanksi pada orang yang melanggar norma hukum.

ƒ

Adanya penyimpangan perilaku akan mengancam keseimbangan dalam masyarakat . Dengan pengendalian sosial yang efektif, maka perilaku menyimpang akan mengalami penurunan, selanjutnya intensitas pengendalian sosial akan berkurang. Demikian terjadi terus menerus membentuk suatu korelasi sebab akibat antara perilaku menyimpang dan pengendalian sosial dalam suatu masyarakat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful