Cara membaca bahasa Jerman sama dengan bahasa Indonesia.

Yang membedakan adalah sbb: bentuk umlaut (ä,ü dan ö): (ä dibaca e seperti pada kata bebek) ->contoh: (Anak perempuan) Mädchen dibaca Medchen (ü dibaca u tapi mulut sedikit dimonyongkan) ->contoh: (Pulpen) Füller dibaca Fuuller (ö dibaca eu seperti pada kata peuyeum) ->contoh: (Mendengar) Hören dibaca Heuren bentuk lain: ->eu dibaca oi contoh: (mata uang) Euro dibaca Oiro ->ei dibaca ai contoh: (Polisi) Polizei dibaca Policsai ->z dibaca seperti c dan s contoh: (Kereta Api) Zug dibaca Csug ->j dibaca y contoh: (anak kecil cowok) Junge dibaca Yunge Sangat mudah membaca lafal kata dalam bahasa Jerman, karena kebanyakan lafalnya mirip dengan bahasa Indonesia. Asal tertib memakai aturan2 di atas, kita sudah bisa sukses bicara dengan lafal yang benar. Jika dibandingkan dengan bahasa Inggris, lafal bahasa Jerman lebih bersahabat

yaitu umlaut: ä (a umlaut). Padahal bagi orang Indonesia seharusnya tak terlalu sulit membaca huruf dan kata dalam bahasa Jerman.Belajar Cara Membaca dalam Bahasa Jerman di 6/26/2009 02:27:00 PM Diposkan oleh afifclever Sahabat Facebook saya. biasa juga ditulis dengan oe ü (u umlaut). ada yang bertanya.. Membacanya seperti membaca huruf s yang µtajam/tebal¶ atau double s ± ss. Ini cara membacanya gampang. saya akan coba berikan hasil blogwalking saya ke blog ini. biasa juga ditulis dengan ae ö (o umlaut). tapi bila sudah ada di dalam kata. Contoh: Grüßen dibaca: Gruessen. Berikut cara membaca urutan abjad latin dalam bahasa Jerman: a ± be ± ce ± de ± e ± ef ± ge ± ha ± i ± yot ± ka ± el ± em ± en ± o ± pe ± ku ± er ± es ± t ± u ± fau ± ve ± x ± uepsilon ± tset Mirip kan? Hanya yang berhuruf tebal saja yang berbeda. Itu pun berbeda pengucapan hurufnya. bunyinya akan sama dengan bahasa kita. Harus mendengar dan melihat langsung. Tapi kira-kira begini: ä ± pengucapannya mirip dengan pengucapan e ö ± pengucapannya antara mengucapkan o dan u (mulutnya mancung ya«) ü ± pengucapannya antara mengucapkan u dan e (mulutnya mancung ya«) Masih ada satu huruf lagi: ß (eszett). Karena memang banyak sekali kemiripannya. Susah untuk menuliskan bagaimana ketiga huruf umlaut itu dibaca. bagaimana caranya membaca bahasa Jerman?. dan untuk memenuhi permintaannya itu. Lalu ada lagi gabungan beberapa huruf yang sering dipakai dalam bahasa Jerman: äu ± dibaca oi/oy . Jangan panik dulu melihat bentuknya. Contoh: Qualität ± dibaca: kualitet variabel ± dibaca: fariabel Januar ± dibaca: Yanuar Wolf ± dibaca: Volf Zebra ± dibaca: Tsebra Typ ± dibaca: tüp (ü lihat penjelasan di bawah) Tapi ada tambahan huruf lagi dalam bahasa Jerman. Kalau melihat tulisan asing sering kita pesimis duluan. biasa juga ditulis dengan ue Nah ini yang susah.

maka dibaca z.-ig. st ± bila diawal kata dibaca dengan s seperti syin atau sh atau sy. Hal ini dikarenakan. Contoh: billig ± dibaca billih Sebetulnya masih ada lagi.seperti juga pada semua bahasa di dunia. Bila huruf h terdapat di tengah kata. tempat/lokasi.pengucapan huruf s.Winter ± dibaca: Vinter . Contoh: Mahnung ± dibaca Manung. yaitu akhiran -en. Masih ada lagi beberapa huruf yang sering ditulis berdekatan. Ia dipengaruhi oleh dialek. Akhiran -en.Michael Schumacher ± dibaca: Mikhael Shumakher .Läufer ± dibaca: Loyfer . Bila ig terletak di akhir kata.dibaca oi/oy ie ± dibaca i panjang sp. tapi membaca a nya agak panjang aa. Mudah-mudahan tidak ada yang tertinggal.ch ± dibaca kh tebal ck ± dibaca k ei ± dibaca ai eu . ini biasanya diucapkan tak jelas. . pada kata kerja bentuk dasar bahasa Jerman. Bila huruf s diikuti vokal. maka dibaca ih. Sebagai penutup berikut ada beberapa contoh sekedar untuk melengkapi: . Tapi cara membacanya biasa saja seperti bahasa Indonesia. Contoh: Sonne ± dibaca Zonne . maka h µtidak dibaca¶.µpengucapan bahasa¶ atau pronounciation memang bukanlah ilmu pasti. dan juga tingkat pendidikan. Kasus lain: ± pengucapan huruf h. Satu catatan: Pada kenyataan sehari-hari kerap terdengar ketakpersisan cara membaca/mengucapkan dari orang-orang native Jerman sekalipun. Misalnya: Pf dalam Pfau (merak) dibaca Pfau seperti biasa.Vogel ± dibaca: Fogel . Misalnya: machen ± dibaca: machµn Demikian dasar-dasar cara membaca satuan terkecil kata dalam bahasa Jerman. bila ditengah dibaca tipis seperti biasa sch ± membacanya juga seperti s pada syin atau sh atau sy.

Google ± dibaca: Google .Porsche ± dibaca: Porsye . Seuss ± dibaca: Doktor Soyss .meine ± dibaca: maine .spät ± dibaca: shpet .Dr.Biene ± dibaca: Biine ..Jaguar ± dibaca: Yaguar .Europa ± dibaca: Oyropa .zurück ± dibaca: tsuruek .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful