Transformasi Suatu transformasi pada bidang V adalah suatu fungsi yang bijektif dengan daerah asalnya V dan daerah

nilainya V juga. Pencerminan (reflexi) pada sebuah garis s adalah sebuah fungsi M yang didefinisikan untuk setiap titik pada bidang V sebagai berikut : (i) jika P QUOTE 12Ms"> (ii) jika P s maka 12Ms"> (P) = P, 12Ms"> (P) = P¶ sehingga garis s adalah

s maka QUOTE 12Ms">

sumbu QUOTE 12PP'"> QUOTE 12Ms"> 12Ms">

12PP'">

. Pencerminan M pada garis s ditulis

. Dan garis s dinamakan sumbu reflexi atau sumbu

pencerminan atau cermin. 1. Definisi : Suatu transformasi titik dan berlaku adalah suatu isometri jika dan hanya jika untuk setiap pasang dengan dan .

2. Ada 4 isometri dasar, yaitu: translasi, refleksi, rotasi, dan refleksi geser. Suatu pencerminan atau refleksi pada sebuah garis mengawetkan jarak atau juga dinamakan suatu isometri. Kecuali untuk mengawetkan jarak antara dua titik, suatu isometri memiliki sifat-sifat berikut: Teorema : Sebuah isometri bersifat: a. memetakan garis menjadi garis b. mengawetkan besarnya sudut antara dua garis adalah suatu transformasi yang

Kita tulis juga M2g(P) = P. Definisi : Suatu transformasi dinamakan langsung apabila transformasi itu mengawetkan orientasi. Salah satu sifat yang penting dalam geometri transformasi kita adalah: HASIL KALI TRANSFORMASI Definisi : Andaikan F dan G dua transformasi. . 2) Suatu transformasi membalik suatu orientasi apabila untuk setiap tiga titik yang tak segaris dengan orientasinya tidak sama dengan orientasi peta-petanya . . orientasinya sama dengan ganda . suatu transformasi dinamakan transformasi lawan apabila transformasi itu mengubah orientasi. P.c.Jadi M2 adalah suatu transformasi yang memetakan setiap titik pada dirinya. maka MgMg(P) = P. Jadi I(P) = P. . . Transformasi Balikan Jika g sebuah garis dan Mg refleksi pada garis g. dengan F:VV G:VV Maka produk atau komposisi dari F dan G yang ditulis sebagai G F didefinisikan sebagai (G F)(P) = G [F(P)]. P V. mengawetkan kesejajaran dua garis Isometri Langsung dan Isometri Lawan Definisi : 1) Suatu transformasi mengawetkan suatu orientasi apabila untuk setiap tiga titik tak segaris dengan . Transformasi yang demikian dinamakan transformasi identitas yang dilambangkan dengan huruf I.

Perhatikan bahwa berbeda. Definisi Setengah Putaran Sebuah setengah putaran dengan pusat a dinotasikan SA adalah suatu padanan yang didefinisikan sebagai berikut. lambang menyatakan ruas garis berarah dengan dan melukiskan dua hal yang pangkal A dan titik akhir B. 1. Definisi : P A C B = apabila (A) = D dengan P titik tengah menggambarkan sinar atau setengah garis yang . maka SA(P) = P = A. maka SA(P) = P¶ dengan A titik tengah PP¶ (ii) jika P = A. Ruas Garis Berarah Definisi : Suatu ruas garis berarah adalah sebuah ruas garis yang salah satu ujungnya dinamakan titik pangkal dan ujung yang lain dinamakan titik akhir. seperti anda ketahui berpangkal di A dan melalui B.Teorema: 1) ³Setiap transformasi T memiliki balikan ´ Definisi : Suatu transformasi yang balikannya adalah transformasi itu sendiri dinamakan suatu involusi. Untuk setiap titik P pada bidang: (i) jika P  A. Apabila A dan B dua titik.

. Sifat-sifat Ruas Garis Berarah Teorema : Andaikan dan dua ruas garis berarah yang tidak segaris maka segiempat ABCD = .D Gambar 9. sehingga .1 2. dan maka maka QUOTE 12AB=EF"> 12AB=EF"> Suatu padanan G dinamakan suatu geseran apabila ada ruas garis berarah setiap titik P pada bidang menjadi P¶ dengan G(P) = P¶ dan = . sebuah jajaran genjang jika dan hanya jika Teorema : Diketahui ruas-ruas garis berarah 1) 2) Jika 3) Jika (transitif) GESERAN Definisi : = = = (sifat refleksi) maka dan = = (simetrik) .

Apabila k=1 maka transformasi tersebut adalah isometri.Rotasi Definisi : andaikan A sebuah titik dan QUOTE 12ς"> memenuhi QUOTE 12-180<ς<+180"> 12ς"> sebuah bilangan yang 12-180<ς<+180"> . Sebuah rotasi menggelilingi A adalah sebuah padanan QUOTE 12RAς:V₶V"> 1) QUOTE 12RAςA=A"> 2) Jika QUOTE 12PâÅ A"> 12RAςP=P'"> PAP'=ς"> Lanjutan Isometri hasil kali reflexi geser dengan sebuah translasi adalah suatu reflexi atau reflexi geser. hasil kali reflexi geser dengan reflexi adalah sebuah translasi atau sebuah rotasi. Similaritas di atas disebut similaritas dengan faktor k dilambangkan Tk. Similaritas Definisi: Suatu transformasi T adalah suatu transformasi kesebangunan apabila ada sebuah konstanta k>0 sehingga untuk setiap titik pasang titik P. DILASI Definisi: 12RAς:V₶V"> 12RAςA=A"> 12PâÅ A"> maka QUOTE 12RAςP=P'"> 12mâÖ yang ditentukan sebagai berikut : sehingga QUOTE 12mâÖ PAP'=ς"> dan QUOTE 12AP'=AP"> 12AP'=AP"> . jarak P¶Q¶= kPQ dengan T(P)=P¶ dan T(Q)=Q¶. q.

"> 12AP'=rAP"> 12AP'=rAP"> 12PâÅ A. . Artinya kalau P antara A dan B dengan QUOTE 12APAB"> 12A'P'A'B'"> = k. Mengawetkan rasio perbandingan antara ruas-ruas garis. 12APAB"> = k maka QUOTE 12A'P'A'B'"> 12DAr"> adalah suatu kesebangunan (similaritas). Dilasi dengan pusat A dan faktor skala r ini dilambangkan dengan QUOTE 12DAr"> 12DAr"> Akibat 1 QUOTE 12DAr"> Afinitas Sebuah afinitas adalah suatu transformasi yang memiliki sifat-sifat sebagai berikut: a. c. P'=D(P)"> 12AP"> sehingga QUOTE 12AP'=rAP. d. Mengawetkan ke-antara-an titik-titik yang segaris. Memetakan ruas garis pada ruas garis. Artinya jika P antara A dan B maka P¶ antara A¶ dan B¶.Diketahui sebuah titik A dan sebuah bilangan positif r. Suatu dilasi D dengan faktor skala r dan pusat A adalah padanan yang bersifat: 1) D(A) = A 2) Jika QUOTE 12PâÅ A."> (ini setara dengan mengatakan bahwa QUOTE ). . b. P'=D(P)"> adalah titik pada sinar QUOTE 12AP"> 12AP'=rAP. Mengawetkan kesejajaran.

Suatu kesebangunan adalah suatu afinitas akan tetapi suatu afinitas tidak perlu memiliki suatu konstanta k > 0 sehingga untuk setiap dua titik P dan Q berlaku P¶Q¶ = kPQ. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful