y y y

GLOBALISASI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA 3.Isu-isu Global Globlalisasi yang terjadi di dunia memunculkan berbagai isu seluruh bangsa. Isu tersebut adalah sebagai berikut A.Demokrasi Paham demokrasi berasaskan bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat. Demokrasi sebagai system politik harus mengikutsertakan rakyat dalam pengambilan keputusan Negara Negara yang belum berpemerintahan demokrasi atau masih melakukan praktik pemerintahan otoriter banyak di kecam oleh Negara lain dan terkucilkan dari pergaulan internasional. B.Isu tentang Hak Asasi Manusia Masalah Hak Asasi manusia berkaitan erat dengan demokrasi. Adanya perang pertentangan , dan konflik antarabangsa dikarenakan adanya penindasan terhadap Hak Asasi Manusia dan perilaku sewenang wenang yang sudah merupakan masalah internasional. C.Transparansi (keterbukaan) Transparansi atau keterbukaan terutama di tunjukan pada penyelenggara pemerintahan Negara . Pemerintahan yang tertutup tidak akan lama bertahan sebab kemajuan informasi telah mampu menerobos berbagai ketertutupan yang disembunyikan pemerintah. Pemerintahan yang tertutup di anggap tidak demokratis karena tidak ada pertanggung jawaban public dan tidak mengikutsertakan rakyat dalam bernegara. Penyelenggaraan Negara diharapkan berlaku terbuka dan transparan terhadap rakyatnya. D.Pelestarian lingkungan Hidup Lingkungan hidup merupakan isu internasional yang ditunjukan kepada Negara- Negara lingkunngan hidup yang rusak dapat menjadi ancaman baru bagi umat manusia. Negara Negara yang memiliki kekayaaan alam dan hutan di imbau untuk serius dalam melestarikan hidup. E.Pluralisme Sikap menghargai keberanekaragaman dan perbedaan (pluralisme) sangat di butuhkan. Apabila suatu bangsa memaksakan nilai budayanya dan tidak menghargai budayanya dan tidak menghargai budaya lain maka hubungan global akan rusak. F.Pasar Global dan Pesaing Global Dalam era global , barang , jasa , dan produk dari berbagai Negara akan masuk dan saling berkompetisi dengan produk local. Di wilayah wilayah regional di bentuk pasar bersama . isu global yang di ketahui oleh

y y

y y

y y

y y

y y

y y

seperti efisiensi . Kemajuan teknologi. informasi dan komunikasi sejalan dengan nilai nilai yang berkembang di Negara Negara maju . Negara dan pemerintahan bukan lagi sebagai satu satunya pemegang control. Antara lain . Teknologi. kemajuaan teknologi informasi . namun dampaknya dapat kita rasakan. 1.Informasi . Kita di dorong masuk ke dalam tatanan global yang tidak sepenuhnya di pahami siapapun . informasi dan komunikasi menjadikan manusia dalam berhubungan tidak terbatas ruang dan waktu. DAN BERNEGARA Dampak globalisasi dapat kita lihat sehari hari .DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP KEHIDUPAN BERMASYARAKAT .B. batas batas nasional antara Negara tidak jelas sehingga membawa akibat mudahnya setiap individu masuk ke Negara lain . Kemajuan dibidang inilah yang memunculkan era globalisasi.dan Komunikasi (TIK) perkembangan teknologi . Hakikat kedaulatan Negara mendapat tantangan karena kewenangan Negara berkurang jangkauannya dalam aspek tertentu. Munculah peran badan usaha swasta dengan berbagai macam titik tolak pemikiran mereka. BERBANGSA. Negara atau pemerintahaan tidak mampu menanganinya dengan cepat. efektifitas dan rasionalitas C.Globalisasi Ditandai Dengan Teknoligi Informasi dan Komunikasi Globalisasi yang di gerakan oleh hubungan ekonomi. seperti dalam teknologi informasi dan komunikasi .Bidang hubungan Internasional Pengaruh globalisasi dalam hubungan internasional.Penggunaan teknologi.Pengaruh globalisasi dalam Kehidupan 1. informasi dan komunikasi merupakan perangkat teknologi yang membantu manusia dalam berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain. dan komunikasi secara intensif dapat membentuk system internasional yang makin terbuka. dan komunikasi telah berkembang pesat. Globalisasi itu dapat di katakana bahwa Negara dan pemerintahan tidak lagi memiliki peran yang besar. informasi . 2. Dengan timbulnya masalah yang cukup rumit dan berkembang dengan cepat . Kemudahaan yang di dapatkan dari penggunaan teknologi .

Usaha menumbuhkan budaya dan sikap hidup global.Aspek Positif globalisasi antara lain: 1. dan transportasi meningkatkan efisiensi.Aspek Positif dan Negatif Globalisasi 1. informasi dan komunikasi .Dalam ekonomi. 2. hal tersebut adalah : 1. D.2.Kemajuan teknologi .Kemahuan teknologi . menghargai karya . 3. kreatif .Pembangunan kualitas manusia Indonesia melalui pendidikan 2.Masuknya nilai budaya luar akan menghilangkan nilai nilai tradisi dan identitas suatu bangsa.Kemajuan teknologi. 2.Bidang Ekonomi Pengaruh globalisasi dalam bidang ekonomi antara lain timbulnya krisis moneter.Ekploitasi alam dan sumberdaya lain akan memuncak karena kebutuhan yang makin besar 3. informasi dan komunikasi mempercepat interaksi antar manusia .Usaha selalu menumbuhkan wawasan kebangsaan dan identitas nasional.Usah menciptakan pemerintahan yang transparan dan Demokratis . 5. informasi dan komunnikasi memudahkan manusia dalam berinteraksi. Sehingga mengundang peran IMF untuk turut menentukan nasib bangsa dan Negara.Aspek Negatif globalisasi antara lain: 1. dan terbuka 4. 2. 4.Bidang Teknologi dan Komunikasi Pengaruh globalisasi dalam bidang teknologi dan komunikasi antara lain terdapatnya ide ide tentang demokrasi. optimis . kita harus mempersiapkan berbagai hal agar mendapatkan segi positif globalisasi . 3. berkembang nilai nilai konsumerisme dan individual yang menggeser nilai nilai social masyarakat. Oleh karena itu .Pemberian keterampilan hidup (life Skill) agar mampu menciptakan kreatifitas dan kemandiriaan 3. seperti mandiri .Bidang Politik Pengaruh dalam bidang politik ini diutamakan agar bias memajukan Internasionalisasi dan penyebaran pemikiran nilai nilai Demokratis.

Sikap Positif terhadap Dampak Globalisasi Globalisasi telah memberikan pengaruh besar dalam kehidupan bersama . bangsa bangsa di dunia member respons atau tanggapan yang dapat dikategorikan sebagai berikut. F. baik pengaruh positif maupun pengaruh negative. 1.Sikap selektif terhadap pengaruh Globalisasi Dalam menghadapi globalisasi ini .Indonesia di tengah globalisasi Globalisasi dan berbagai bentuk globalisasi dalam kehidupan maka pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia adalah sebagai berikut : 1.Sebagai bangsa menyambut positif globalisasi karena dianggap sebagai jalan keluar baru untuk perbaikan nasib umat manusia.E. a.Kita sebagai bangsa Indonesia agar mampu menghadapiu perubahaan yang demikiaan vepat akibat kemajuaan teknologi .Kita sebagai bangsa tidak dapat lagi mengisolasi diri karena batas batas Negara tidak mampu lagi menutup pengaruh arus globalisasi. . c. komunikasi . tatapi tetap kritis terhadap negative globalisasi.Sebagai masyarakat yang kritis menolak globalisasi karena di anggap sebagai bentuk baru penjajahan (kolonialisme) melalui cara cara baru yang bersifat transnasional di bidang politik dan budaya. kita sebagai bangsa harus memiliki sikap positif terhadap pengaruh Globalisasi.Sebagian yang lain tetap menerima globalisasi sebagai sebuah keniscayaan akibat perkembangan teknhologi informasi dan transportasi .Kita sebagai bangsa harus berinteraksi dan berkompetisi dengan bangsa lain untuk kemajuan. informasi .Kita sebagai bangsa saling ketergantungan oleh Negara lain 4. dan transportasi 2. b. 3. Oleh karena itu .

Pemerintah memberikan rasa simpati terhadap perjuangan melawan pendindasan hak asasi manusia b. Manusia itu sudah menjadi masalah internasional atau masalah bersama umat manusia. f.Pemerintah melakukan langkah kebijakan yang berorientasi pada pemenuhan asas asas demokrasi . Bentuk bentuk kepeduliaan suatu bangsa dapat diwijudkan dengan cara .Pemerintah mengirimkan bantuan makanan dan obat obatan ke daerah yang di landa kelparan . Kasus pelanggaran hak asasi manusia di suatu Negara tidak lagi merupakan masalah nasional Negara yang bersangkutan. g. tekanan dan tuntunan terhadap sebuah masalah internasional. .Pemerintah mengutuk atau mengecam tindakan penindasan terhadap bangsa lain.Pemerintah mengirimkan tenaga sukarelawan . antara lain: a.Pengiriman pasukan dan perdamaian atau pemeliharaan keamanan dalam koordinasi Dewan Keamanan PBB. dan pasar global.Sikap peduli terhadap Masalah Isu internasional telah pula menjadi masalah internasional. keterbukaan . d.Kita harus bias dan mampu bersikap selektif dalam arti dapat memilih dan memilih pengaruh glonal tersebut yang berdampak positif dan negative. tenaga medis ke daerah daerah konflik di luar negri. c. hak asasi manusia . 2. pelestariaan lingkungan hidup .Pemerintah membentuk forum bersama regional atau internasional untuk memperkuat posisi dalam member resolusi . kekeringan atau bekas konflik e.

Campur tangan pemerintahaan dalam bidang ekonomi juga makin sulit dilakukan karena lembatnya penanganannya. Adanya saling ketergantungan ekonomi internasional mengakibatkan Indonesia memperoleh tindakan balasan ndari Negara Negara lain terutama Negara yang merasa dirugikan oleh adanya ketergantungan dari pihak Indonesia semacam itu. baik dari dalam maupun dari luar negri. Kecurigan yang timbul ialah kesengajaan maksud negative untuk menekan Indonesia dan Negara Negara berkembang lainya. Dengan demikian .Bebas artinya kita bebas menentukan sikap dalam masalah internasional. Pada era globalisasi ini tidak ada Negara yang mampu berdiri sendiri tanpa bekerja sama dan hubungan dengan Negara lain. c. 3. a.Bidang Ekonomi Bangsa Indonesia mengalami kesulitan di bidang ekonomi untuk mempertahankan kebijakan ekonomi yang independen dan otonom.Akibat yang Terjadi Jika Tidak ada Kepedulian terhadap Masalah Internasional. b.Hubungan Internasional Seandainya Indonesia tidak memperdulikan masalah masalah Internasional maka akan mempengaruhi juga hubungan Internasional. kita melaksanakan politik bebas aktif. a. ketidak pedulian suatu Negara terhadap isu internasional justru mempersulit Negara tersebut dalam kemajuaan bangsanya. Bahkan . yaitu politik bebas aktif sesuai dengan salah satu tujuan Negara. Banyak Negara termasuk Indonesia harus mengadakan perubahan perubahan kebijakan di bidang ekonomi maupun politik.Aktif artinya kita dalam melaksanakan politik luar negri selalu aktif dalam memperjuangkan terwujudnya perdamaian abadi dan keadilan social. Negara akan banyak mendapt kritikan . . ada persaingan untuk menitikberatkan modal asing oleh Negara Negara berkembang. b. Untuk mewujudkan suatu perdamaian abadi di era global sekarang .Bidang Politik pengaruh globalisasi dalam bidang politik di Indonesia berpengaruh terhadap masuknya nilai nilai demokrasi dari luar yang universal itu masih diterima dengan sikap curiga.Politik luar negri Negara Indonesia di era global .