A. Hasil Survei Lokasi 1.

Deskripsi wilayah Wilayah yang akan ditempati KKN divisi VI b1 adalah di Bantul Desa Srihardono, Kecamatan Pundong, Dusun Klisat. Wilayah ini terletak di selatan Kota Yogyakarta. Desa Srihardono ini memiliki 17 dusun, jarak dari desa ke kabupaten dapat ditempuh 15 km sedangkan dari desa ke kota propinsi 30 km. a. Kelurahan/Desa Dibagian sebelah utara, Desa Srihardono berbatasan dengan Desa Patalan dan Desa Canden Kecamatan Jetis, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Seloharjo dan Desa Panjangrejo Kecamatan Pundong, disebelah timur berbatasan dengan Desa Pamangrejo dan Desa Sumbermulyo sedangkan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri. Keadaan topograpi didaerah Desa Srihardono datar dan tidak terdapat transportasi di daerah tersebut sedangkan untuk prasarana jalan desa sebagian sudah beraspal dan seluruhnya memiliki jaringan listrik. Untuk jaringan telekomunikasi penduduk sebagian sudah memiliki jaringan sedangkan untuk sumber daya alam yang dimiliki daerah ini antara lain; pasir, krikil, padi, kelapa, dan pisang. Komposisi penduduk berdasarkan umur di Desa Srihardono ini yaitu 2.257 untuk umur 5 tahun kebawah s/d 14 tahun, 2.435 untuk umur 15 s/d 19 tahun, 4.823 untu umur 25 s/d 49 tahun dan 3.236 untuk umur 50 s/d 60 tahun keatas. Sedangkan komposisi penduduk berdasarkan pendidikan formal adalah 1.347 untuk TK/belum sekolah, 3.665 untuk SD dan sekelasnya, 2.012 untuk SLTP/MTs, 4.264 untuk SMA dan SMK, 1.466 untuk sarjana dan sekelasnya dan 1.347 untuk masyarakat yang tidak sekolah. Jumlah kepala keluarga didesa ini adalah 4.070 KK. Desa Srihardono memiliki lembaga pendidikan seperti PAUD dan Sitibinangun, sedangkan untuk kebudayaan lokal sendiri masyarakat masih membudidayakannya seperti; jakilan/reok, ketoprak, salawatan, serandul, dan gejokresung. Salawatan termasuk salah satu budaya yang masih berhubungan dengan unsure Islami di desa ini. Desa Srihardono sendiri masih memiliki legenda/mite seperti Suran yaitu membuat tumpeng bersama, lalu membaca doa, biasanya masing ± masing kepala keluarga membuatnya dan dikumpulkan, kegiatan ini biasanya dilakukan untuk berbagi dan mensyukuri apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT. Mite atau legenda lain yang dilakukan di Desa ini

Total : 6. susuk pengasihan. Perempuan 3.754orang Komposisi penduduk berdasarkan mata pencaharian: 1. Sawah 3. murah rejeki serta pelarisan untuk dagangan. Wiraswastawan 3. kegiatan ini juga dilakukan untuk mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT. Mushalla : 33 : 20 : 437 orang : 767 orang : 807 orang : 906 orang : 1. PNS Guru/Dosen atau non guru/non dosen 2.752 orang 3. salawatan.309 ha : 288. Nilai ± nilai tradisi yang masih dominan dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat yaitu seperti.054 ha Jumlah penduduk yang ada di Desa Srihardono adalah sebagai berikut: 1. Gereja Kristen : 1 . Pedagang 4. Buruh pertanian Tempat ibadah yang dimiliki: 1. Petani 5. 479 orang : 12.487 ha : 32. Ladang : 214.seperti Perti Dusun yaitu kesenian wayang kulit yang dilakukan biasanya satu tahun sekali dan dilakukan tiap panen. setiap tahunnya mengadakan pewayangan dan membuat tumpeng bersama sedangkan untuk kesenian modern desa ini memiliki kesenian campur sari dan kusplusan. Laki ± laki 2. Penggunaan lahan di Desa Srihardono sendiri adalah sebagai berikut: 1. Gereja Khatolik: 1 4. Pemukiman atau bangunan 2.275 orang : 6. Selain itu di Desa Srihardono masih memiliki kepercayaan ± kepercayaan magic seperti pellet. Masjid 2.

ketela. kerupuk. Kabupaten Bantul. 5-14 tahun 3. batas sebelah selatan adalah Dusun Nangsri. Dusun Klisat memiliki 5 RT. dan pati aji. Dusun Nangsri. Total : 307 orang : 327 orang : 634 orang Koposisi penduduk berdasarkan umur: 1. Provinsi Yogyakarta yang memiliki luas wilayah 266. Setiap dusun di desa Srihardono ini memiliki Masjid dan Mushalla. Kecamatan Pundong. padi. gureme. Desa Srihardono. Laki ± laki 2. Pundong dan Candi terdapat praktek dokter. dari dusun kekota kecamatan 1 km. batas sebelah timur adalah Sungai Opak sedangkan batas sebelah barat adalah sungai Buntung. jarak dari dudun ke desa adalah 1 km. Potensi ekonomi serta UMKM yang ada di Desa Srihardono ini adalah tempe. Toha dan H. Keadaan Topograpi datar dan ketinggian dari permukaan air laut mencapai 8 mdpl. 1. > 60 tahun : 29 orang : 92 orang : 63 orang : 373 orang : 38 orang . 25-60 tahun 5. 15-19 tahun 4. Perempuan 3. Prasarana kegiatan seperti MCK setiap rumah juga memilikinya kecuali MCK umum hanya ada di Dusun Tulung sedangkan Puskesmas hanya terletak di Dusun Piring dan Prantil.Desa Srihardono memiliki organisasi massa seperti Muhammadyah yang dipimpin oleh Supardi dan Nahdatul Ulama yang dipimpin oleh H. dari dusun ke kota kabupaten 5 km. dan keramik.920 ha. dari dusun ke kota provinsi 40 km. Batas sebelah utara dusun ini adalah sawah. Jumlah penduduk. Pedukuhan/Dusun Kuliah Kerja Nyata yang akan dilaksanakan oleh Divisi VI b1 ini akan ditempatkan di Dusun Klisat. Jaringan listrik didusun ini ada tetapi hanya sebagian begitu pula dengan jaringan telekomunikasi. dusun klisat tidak memiliki jaringan transportasi sedangkan untuk prasarana jalan dusun beraspal tetapi rusak sedang. < 5 tahun 2. Sumber daya alam yang dimiliki dusun ini adalah lele. b. fuad Marhadi.

SD 3. Ruwon. Sarjana : 12 orang : 48 orang : 44 orang : 22 orang : 5 orang : 12 orang Komposisi penduduk berdasarkan matapencaharian: 1. Pensiunan : 3 orang : 21 orang : 20 orang : 26 orang : 75 orang : 46 orang : 7 orang Dusun Klisat memiliki 177 KK yang beragama islam dengan memiliki anggota keluarga sebanyak 631. sedangkan Kristen berjunlah 1 KK yang memiliki anggota keluarga sebanyak 3 orang. Petani 6. Kelompok Sido Rukun dan KTB. Suran dan Mulud Nabi. SLTP/MTs 4. Mayoritas Dusun Klisat adalah Nahdatul ulama yang berjumlah 177 KK. memiliki 2 Masjid dan 1 Mushalla. Potensi ekonomi dan UMKM yang dimiliki Dusun . Organisasi massa yang terdapat di Dusun Klisat ini adalah kepemudaan yang terbagi 2 golongan. Dusun ini memiliki lembaga pendidikan TPA. Tempat ibadah seperti Masjid terdapat di RT 1 dan 4 sedangkan mushalla terdapat di RT 3. Tradisi budaya local yang masih dimiliki Dusun Klisat adalah shalawat dan karawitan sedangkan yang masih erat kaitannya dengan unsure keislaman adalah shalawatan. TNI/Polisi 2. setiap rumah memilikinya. Karyawan swasta 4. Untuk prasarana kesehatan seperti MCK. SMA/SMK 5. Wiraswastawan 5. Dusun Klisat tidak memiliki legenda atau mite untuk dipercayai. Belum sekolah/TK 2. PNS Guru/Dosen/Non Dosen/Non guru 3.Komposisi penduduk berdasarkan pendidikan formal 1. D1-S1 6. Tradisi dominan yang masih dipercayai dan dijunjung tinggi di dusun ini adalah Kendurian 1 Suro. Buruh pertanian/non pertanian 7.

anyam. sound system. Nangsri : Nangsri.Klisat ini adalah tapioka.) Desa 3. alat kesenian. Alamat 1. tempe. kramik dan kue ± kue. kebersihan. penerangan. shalat jumat dan shalat lima waktu yang selalu rutin di adakan di masjid ini. tidak memiliki system administrasi serta tidak terdapat rapat takmir Masjid. setiap program Masjid di dusun ini tidak memiliki perencanaan.) Provinsi c.) Kecamatan 4. Tahun berdiri : 1985 : Jl. karpet/tikar beserta gudang berkondisi sedang. tempat wudhu. Nama b. . Biasanya untuk penerimaan zakat berjumlah 631 orang dan biasanya setiap Hari Raya Qurban pertahun menyembelih 9 ekor kambing. Pengambilan keputusan dalam pengelolaan Masjid di Dusun Klisat ini dari pengurus serta selalu menyertakan anggota. pendidikan TPA. pengrajin kerupuk. tadarus. Profil Lembaga. Masjid.) Kabupaten 5. pengajian remaja dan anak ± anak. nata de cassava. pengajian ibu ± ibu dan bapak ± bapak. Srihardono : Pundong : Bantul : Yogyakarta : An-Nangsri Fasilitas Masjid seperti ruang takmir. Aktivitas diMasjid ini seperti pengajian umum. ruang TPA. bakmie. Struktur organisasi yang terdapat di Masjid ini sederhana dan Masjid ini memiliki remaja Masjid. dan Subyek/Obyek Dakwah Identitas Masjid/Mushalla a. 4. MCK.) Dusun/jalan 2. Komunitas. Sumber dana masjid berasal dari donator dan memiliki sifat management keuangan yang terbuka.

LAPORAN SURVEI DAN RENCANA KEGIATAN KULIAH KERJA NYATA REGULER UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN PERIODE XXXV SEMESTER GANJIL TAHUN 2010/2011 Disusun Oleh : Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Ahmad Dahlan di Dusun Klisat. Bantul. Kecamatan Pundong. Yogyakarta Pusat Kuliah Kerja NYata Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta . Desa Srihardono.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful