PENGERTIAN ALAT – ALAT MUSIK

• Alat Musik Oboe
Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalah keturunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masih disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebut obois. Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, obo memiliki suara yang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudah didengar ketika tuning. Orkestra biasanya melakukan tuning dengan mendengarkan suara obo memainkan A concert (biasanya A440, tapi terkadang lebih tinggi). Obo di-

pitch di C concert.

• Alat Musik FLUTE Flute adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. atau logam yang dilapisi perak. Flute modern untuk profesional umumnya terbuat dari perak. akan tetapi. Flute concert standar di-pitch di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. adalah pilihan ekstra untuk model menengah ke atas dan profesional. hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari flute. B foot joint. Flute concert modern memiliki banyak pilihan. . Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Ini berarti flute merupakan salah satu instrumen orkestra yang tinggi. Akan tetapi. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak. pada beberapa flute untuk profesional ada key tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkestra. emas atau kombinasi keduanya. Thumb key B-flat (diciptakan dan dirintis oleh Briccialdi) standar. Piccolo adalah flute kecil yang di-pitch satu oktaf lebih tinggi dari flute concert standar.

• Alat Musik CELLO Nama cello adalah singkatan dari kata dalam bahasa Italia violoncello.manrekaman pop dan rock. dan C2 dalam notasi tala ilmiah). G. Cello paling erat terkait dengan musik klasik Eropa. Ukuran cello lebih besar daripada biola atau viola namun lebih kecil daripada bass. beberapa bagiannya dapat dibuat dari baja atau logamlogamlainnya dan/atau bahan komposit. . Violone adalah sebuah instrumen yang kuno. sebuah viol besar. Ia adalah bagian dari orkestra standar dan memberikan suara bas dalam sebuah kuartet gesek. Dawai-dawai modern dibuat dari baja. namun kadang-kadang ditampilkan dalam rekaCello adalah sebuah instrumen yang rumit yang terdiri atas banyak bagian. usus. D. D3. Si pemain menggesekkan penggeseknya dalam posisi horisontal melintang di dawai. dan ditegakkan pada sepotong metal yang disebut endpin. Sejumlah besar concerto dan sonata telah digubah untuknya. Meskipun pada umumnya dia dibuat ari kayu. Ia seperti viola namun satu oktaf lebih rendah. nilon atau bahan-bahan inti sintetis lainnya. yang mirip dengan bass modern. Seperti anggota-anggota lainnya dari keluarga biola. dan C (A3. G2. Alat musik ini kurang lazim dalam musik pop. dan satu seperlima oktaf lebih rendah daripada biola (lihat #Penalaan dan rentangan). cello mempunyai empat dawai. Ia dimainkan dalam posisi berdiri di antara kedua kaki si pemusik yang duduk. serta bagian dari banyak kelompok musik kamar. yang dilapisi dengan berbagai gulungan logam. yang berarti "violone kecil". Dawaidawainya biasanya ditala pada nada (dari tinggi ke rendah) A.

atau "jantung" dari sebuah pertunjukan musik. Perkusi umum dianggap sebagai "tulang punggung". seringkali setidaknya sepasang timpani diikutsertakan di dalamnya. meski masih berfungsi seperti halnya timpani. Namun demikian. perkusi memainkan peranan yang penting. Istilah instrumen perkusi biasanya digunakan pada benda yang digunakan sebagai pengiring dalam suatu permainan musik.• Alat Musik PERCUSSION Instrumen perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara baik karena dipukul. perkusi digunakan sebagai penjaga tempo. tiup kayu. dan harmoni semua muncul dan hidup dalam penampilan tersebut. dalam permainan seringkali dikolaborasikan bersama instrumen bass. Dalam pertunjukkan marching band. rap. Pada abad ke delapan belas dan sembilan belas. diadukan. dan seringkali merupakan pertunjukan yang menarik. melainkan pula sebagai melodi dan memainkan harmoni Dalam setiap jenis musik. funk atau bahkan soul karena pola permainan perkusi tidak memiliki irama dengan beat yang sama. melodi. digosok. tidak jarang ditemukan ensembel musik besar dengan keseluruhan instrumen yang dimainkannya adalah instrumen perkusi. dikocok. hampir tidak mungkin untuk menamakan tiga atau jenis irama pada musik rock. Instrumen musik perkusi tidak hanya dimainkan sebagai pengiring/ritmis. Disebabkan ragam jenis instrumen perkusi yang luas. atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut. bassis dan drummer seringkali dikelompokkan sebagai seksi ritmis. pendengar dapat dengan segera membedakan jenis ritme dari hihat atau bunyi simbal saat kata "swing" diucapkan. Dalam musik jazz klasik. dan tiup logam. Dalam kultural musik yang lebih populer. Kebanyakan musik-musik klasik yang ditulis untuk penampilan sebuah orkestra penuh sejak zaman Hadyn dan Mozart menggunakan alat-alat musik string. hip-hop. meski tidak digunakan secara aktif dalam keseluruhan pertunjukkan (hanya mengisi bagian-bagian tertentu). dan beat yang memungkinkan para pemain berjalan secara serempak dan dalam irama dan kecepatan yang sama. untuk memberi penekanan pada bagian tertentu dalam musik. Pada musik jazz dan musik populer. jenis instrumen musik perkusi yang digunakan mulai beragam seperti triangle dan simbal. Barulah pada abad ke dua puluh instrumen musik perkusi mulai sering digunakan dalam pertunjukkan musik-musik klasik . Ritmis.

.• Alat Musik TROMBONE Adalah alat musik tiup logam dengan cara suara yang dihasilkan dengan menggetarkan bibir. Kata Trombone berasal dari bahasa Italia TROMBA(terompet) dan ONE(akhiran yang berarti besar) maka secara bahasa artinya terompet besar.

• Alat Musik CONTRA BASS Adalah permainan musik yang dimainkan satu oktaf lebih rendah. Contra bass disebut juga bass violin. • Alat Musik TIMPANI Merupakan bagian dari simfoni orkestra abad ke 7. Bunyi timpani dihasilkan oleh pukulan tongkat pada lembaran bahan semacam kulit yang yang direntangkan pada suatu ring diatas mangkok besar .Asal kata timpani dari kata TIMPANO bahasa yunani yang berkembang jadi TYMPANI dan menjadi TIMPANI dari bahasa Italia.Timpani merupakan instrument yang paling keras suaranya satu satunya membranophone dengan definite pitch.

.• Alat Musik GRAND PIANO Merupakan alat musik papan kunci yang di ciptakan Bartolomeo Cristofori. Alat musik ini biasanya di temukan dalam konser piano yang diadakan pada tether besar karna ukuran nya lebih jernih dan lebih keras. Berkembang awal abad ke 18. Grand piano di mainkan dengan jari jemari tangan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful