P. 1
Kalimat majemuk

Kalimat majemuk

|Views: 384|Likes:
Published by Gabreil Aero

More info:

Published by: Gabreil Aero on Apr 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2012

pdf

text

original

Kalimat majemuk

Kalimat majemuk adalah kalimat yang mempunyai dua pola kalimat atau lebih. Setiap kalimat majemuk mempunyai kata penghubung yang berbeda, sehingga jenis kalimat tersebut dapat diketahui dengan cara melihat kata penghubung yang digunakannya. Jenis-jenis kalimat majemuk adalah: 1. 2. 3. 4. Kalimat Majemuk Setara Kalimat Majemuk Bertingkat Kalimat Majemuk Campuran Kalimat Majemuk Rapatan

1) Kalimat Tunggal Kalimat tunggal adalah kalimat yang dibentuk oleh satu buah klausa, artinya dalam kalimat tersebut hanya terdapat satu subjek dan predikat. Unsur lain (O,K, dan PEL) bisa ada maupun tidak. Kalimat tunggal tersebut bisa diklasifikasikan berdasarkan kategori pengisi predikat (P) maupun ada tidaknya unsur objek. Dilihat dari katergori pengisi P, kalimat tunggal bisa dikelompokkan menjadi kalimat nominal (predikatnya kata benda), kalimat adjektival (predikatnya kata sifat), kalimat verbal (predikatnya kata kerja), kalimat numeral (predikatnya kata bilangan), kalimat preposisional (predikatnya frasa depan).

Macam-macam kalimat majemuk
a. Kalimat Majemuk Setara Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang teridi atas dua klausa atau lebih, dan kedudukan klausa-klausa pembentuknya itu setara. Dilihat dari prosesnya, kalimat ini merupakan hasil penggabungan beberapa buah klausa atau kalimat tunggal. Contoh 1 Kalimat Tunggal : Ibu membaca majalah. Ayah membaca koran. Toni menonton acara TV. Kalimat Majemuk Setara (hasil penggabungan): Ibu membaca majalah, Ayah membaca koran, dan Toni menonton acara TV.

ketika aku datang ke rumahnya. 2. 2. Contoh: Toni bermain dengan Kevin. dan Rina membaca buku di kamar. d. 3. Pekerjaannya hanya makan. 1. Kalimat majemuk campuran Yaitu gabungan antara kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Semua kalimat tersebut kemudian dirapatkan menjadi: 1. Sekurangkurangnya terdiri dari tiga kalimat. Yang penting tugas ltu harus tertaksana. . Yang pentlng tugas itu harus terlaksana. Contoh 1 Kalimat Tunggal: Bandang Haq membantu saya kemarin. Mereka tidak perlu tahu kapan kita harus pergl 3. Mereka tidak perlu tahu kapan dan bagaimana kita harus pergi. Mereka tidak perlu tahu bagaimana kita harus pergi. Kalimat Majemuk Bertingkat Kalimat majemuk bertingkat berasal dari kalimat tunggal yang salah satu unsur pembentuknya diperluas sehingga membentuk klausa baru (klausa terikat atau anak kalimat). Kalimat majemuk rapatan adalah gabungan beberapa kalimat tunggal yang karena subjek atau predikatnya sama maka bagian yang sama hanya disebutkan sekali. Kedua kalimat tersebut kemudian dirapatkan menjadi: 1. Pekerjaannya hanya merokok. Pekerjaannya hanya makan. S P O K Kalimat Majemuk Bertingkat Hasil Perluasan unsur K (keterangan): Bandang Haq membantu saya ketika Kakek pulang ke Kutoarjo S P O K c. dan merokok. Pekerjaannya hanya tidur. tidur.b.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->