MAKALAH PERLAKUAN ANAK TERHADAP ORANG TUA ³ BIRULWALIDAIN KUNCI KESUKSESAN ³ Untuk memenuhi tugas mata kuliah Akhlak

Islamiyah Dosen : Mustolah Maufur, Lc., MA.

Oleh : ThyaLarasaty NIM.A0910473

JURUSAN AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN DAN TEKNOLOGI PANGAN UNIVERSITAS DJUANDA 2011

bahkan dikatakan bahwa berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang paling utama setelah beriman kepada Allah SWT. Pada kesempatan ini judul yang saya angkat untuk tugas makalah Akhlak Islamiyah adalah ³Birrul Walidain Kunci Kesuksesan´. selamat membaca !!! Bogor. Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Mustolah selaku dosen mata kuliah Akhlak Islamiyah atas ilmu dan bimbingannya selama ini. karenanya saran dan kritik sangat saya harapkan dari pembaca. karena berbakti kepada orang tua dan kesuksesan merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan tidak dapat ditiadakan satu sama lain.KATA PENGANTAR Segala puji marilah kita panjatkan Kehadirat Allah SWT karena atas Rahmat dan HidayahNya akhirnya makalah bertema ³Perlakuan Anak Terhadap Orang tua´ ini dapat saya selesaikan. Birrul walidain merupakan aspek yang sangat penting bagi diri seorang muslim. Tak ada gading yang tak retak. Akhir kata. saya rasa perlu untuk mengkajinya lebih dalam. dan siapapun yang ingin membuka pintu kesuksesan dalam hidupnya maka berbakti kepada orang tua adalah kuncinya. 09 januari 2011 Penulis . Karena sifatnya yang urgen inilah. saya sadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna.

program motivasi. dan acara televisi yang membahas mengenai kiat ± kiat meriah kesuksesan.BAB I PENDAHULUAN A. keluarga yang bahagia. Dari sinilah muncul keberagaman makna sukses setiap orang. sedangkan kesuksesan memiliki pengertian keberhasilan dan keberuntungan. Lain halnya bagi seseorang yang sangat bercita ± cita menjadi seorang jurnalis. Namun yang menjadi persoalannya saat ini adalah bagaimana meraih kesuksesan itu. Siapa yang tak mau sukses??? Pasti jawabannya tak ada. Bahkan saat ini banyak sekali buku ± buku. Semua definisi sukses itu adalah tidak salah. mungkin. Orang ± orang berlomba ± lomba untuk meriah kesuksesan. Menurut Kamus Besar Indonesia sendiri sukses berarti berhasil atau beruntung. Bagi sebagian yang lain sukses berarti memiliki nama besar dan disegani banyak orang. kerana sukses berfokus pada apa yang diinginkan seseorang. LATAR BELAKANG MASALAH Kesuksesan merupakan hal yang diimpikan oleh setiap orang di dunia ini. profesinya tidak begitu menjadikan kekayaannya melimpah ruah. Di dunia ini ada banyak definisi tentang sukses dan setiap orang memiliki pandangan yang berbeda dalam mendefinisikan makna kesuksesan. Apa sebenarnya kesuksesan itu sehingga orang ± orang begitu ingin meriahnya. dia akan mengatakan dirinya sukses bila keinginannya itu dapat dia raih meskipun. dan tak ada salahnya . Sukses bagi sebagian orang adalah mempunyai limpahan materi. Mereka melakukan berbagai cara agar semakin dekat pada kesuksesan yang mereka mimpikan. Secara lebih luas makna hakiki dari kesuksesan berdasarkan makna awal yang berasl dari Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti berhasil memperoleh apa yang dicari. Bila seseorang menginginkan kekayaan lalu kemudian orang itu mendapatkannya maka pasti orang tersebut mengatakan dirinya berhasil meraih kesuksesan. Tak ada yang salah dengan semua itu. bahkan mereka melakukan berbagai cara untuk meraih sukses.

IDENTIFIKASI MASALAH 1. Adalah merupakan sebuah kewajiban seorang anak untuk berbakti terhadap orang yang selama ini menyayangi dan mencintainya tanpa kenal lelah dan tanpa pamrih. Seberapa baikkah kita memperlakukan ibu dan ayah kita selama ini?? Berbuat baik kepada orang tua atau sering kali dikenal dengan istilah Birrul Walidain merupakan hak orang tua atas anaknya. Sehingga menjadi sangat penting Birrul Walidain berada dalam kehidupan seorang muslim untuk memperoleh kesuksesan dan kebahagiaan yang hakiki. Lalu bukankah kesuksesan pun bermakna kebahagiaan. Lalu mengapa bila ternyata kesuksesan itu belum juga datang?? Apa yang salah?? Bisa jadi kesalahan itu ternyata ada pada diri kita. Meraih kesuksesan yang hakiki dengan Birrul Walidain . Urgensitas Birrul Walidain pada diri setiap muslim 2. Bila disadari berbuat baik kepada orang tua bukanlah lagi sebuah kewajiban melainkan telah menjadi fitrah manusia untuk menyayangi orang yang menyayanginya. Makna kesuksesan seorang muslim dalam perannya sebagai anak 3. peranan orang tua dan sikap seorang anak pada orang tuanya akan sangat mempengaruhi kehidupan si anak pada nantinya. B. Birrul Walidain merupakan amalan yang paling utama disertai dengan banyaknya keutamaan bila seorang muslim berbakti kepada orang tuanya. Tidaklah mungkin seorang anak yang selama hidupnya durhaka akan memperoleh kebahagiaan di dunia bahkan di akhirat. karena pada dasarnya apa yang dibahas dalam buku dan program tersebut adalah benar. Terkait dengan kesuksesan.pula bila banyak orang ³appreciate´ terhadap hal tersebut.

C. Kemudian hanya kepadaKu jua kalian kembali. Bersykurlah kepadaKu dan kepada kedua orangtuamu. 1.´ (An-Nisa¶: 36) ³ Bersyukurlah kepadaKu dan kepada Orang tuamu«. lalu Aku beritakan kepada kalian tentang apa yang dulu kalian lakukan ( Luqman : 14 ± 15 ) . Kembali menyadarkan kita tentang betapa pentingnya keberadaan orang tua dalam hidup 2. TUJUAN Makalah ini disusun bertujuan untuk. maka janganlah engkau turut keduanya. Menyadarkan akan makna kesuksesan yang hakiki pada diri seorang muslim dalam posisinya sebegai seorang anak. Dan jika keduanya memaksamu untuk menyekutukan Aku dengan sesuatu yang tidak ada pengetahuannya. hanya kepadaKu lah tempatmu kembali. BAB II TINJAUAN PUSTAKA ³Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. tetapilah pergaulilah mereka dengan baik di dunia dan ikutilah jalan orang yang kembali kepadaKu. sebagai bentuk cinta kasih dan pengabdian kita terhadap dua sosok yang yang telah banyak berkorban untuk kehidupan kita 3. apalagi ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan susah payah dan menyapihnya dalam dua tahun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua.´ ( Luqman : 14 ) ³ Dan kami wasiatkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orangtuanya. Birrul walidain merupakan hal yang sudah seharusnya kita lakukan terhadap orang tua kita.

Adalah merupakan sebuah fitrah bila seorang anak pada akhirnya berbuat baik kepada orang tuanya sebagai bentuk balasan cinta yang telah lebih dulu didapat si anak dari orang tua. Karena sesungguhnya Allah menyegerakan terhadap pelakunya sebelum meninggal dunia ³ ³ Sesungguhnya bakti yang paling baik adalah menyambung tali kasih sayang anak dengan keluarga teman kesayangan ayahnya ³ BAB III PEMBAHASAN 1. Pengorbanan orang tua kepada anaknya tak ada bandingannya. Tidak ada kebaikan hati seorang manusia melebihi kebaikan yang diberikan oleh orangtua kepada anaknya. Maka tepatlah bila ada ungkapan yang mengatakan bahwa singa yang buas sekalipun. tak pernah memangsa anaknya sendiri. Dari ungkapan tersebut dapat diambil hikmah bahwa seburuk apapun dan bagaimana berkekurangannya orang tua tak akan memberikan keburukan dan hal yang buruk kepada anak yang sangat dikasihinya. Sosok yang penuh cinta dan kasih sayang.³ Barang siapa yang ingn dilimpahkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya hendaklah ia menyambung tali persaudaraan ³ H. Hanya hati ± hati yang tumpul dan gersang . sosok yang dalam setiap hembusan nafasnya tersimpan pengorbanan untuk keberlangsungan hidup sang anak. Urgensitas Birrul Walidain pada diri setiap muslim Orang tua adalah sosok yang paling yang sempurna dalam kehidupan seorang anak. menyeluruh menyangkut setiap aspek kehidupan sang anak.R Muslim ³ Semua dosa diakhirkan oleh Allah diantaranya sesuai yang Dia kehendaki hingga hari kiamat selain durhaka kepada orangtua.

mengurus orang tua saat masih hidup dipersamakan sebagai bentuk jihad seorang anak kepada orang tuanya. Bahkan disebutkan bahwa berbakti kepada orang tua merupakan amalan yang utama dan termasuk amalan mulia yang keberadaannya selalu menyertai perintah untuk tidak menyekutukan Allah. Berbakti kepada orang tua haruslah dilakukan sekalipun orang tua tersebut memaksa sang anak dalam hal keburukan seperti menyekutukan Allah. menyertakan tanda terima kasih kepada orang tua dengan ungkapan rasa syukur kepadaNya. Kedahsyatan cinta orang tua lah yang menyebabkan berbakti kepada orang tua menjadi amalan yang mulia bagi seorang muslim. mereka lah yang telah membantu proses keberadaan sang anak di dunia. Bahkan birrul walidain. Birrul walidain dalam kehidupan seorang muslim memiliki banyak fadhilah. yang telah merawat dan memberi penghidupan. Sang anak tetaplah harus memperlakukan kedua orang tuanya dengan baik meski orang tua bertindak salah. dan cara yang paling disukai Allah. Birrul walidain atau berbakti kepada orang tua merupakan bentuk kasih sayang sang anak pada orang tuanya. Doanya mustajab . Inilah urgensitas yang seharusnya dipahami pada diri seorang muslim. Sehingga Allah menyertakan hak kedua orang tua dengan hakya. sebagai balas jasa ± meskipun tak akan pernah setimpalseorang anak pada kedua orang tuanya. Seburuk apapun orang tua. meraih keridhaannya. diantaranya : 1. hal ini menunjukkan bahwa berbakti kepada orang tua menduduki posisi penting dalam kehidupan seorang manusia. Karena kesalahan dan perintah orang tua dalam keburukan tidak mengubah esensi peran orang tua itu sendiri dalam kehidupan sang anak.yang tak pernah menyadari betapa besar kasih yang te diberikan orang lah tua kepadanya. Bakti kepada orang tua atau biasa disebut birrul walidain merupakan salah sifat yang dicirikan para Nabi dan Rasul. cara yang paling agung unttuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Maka orang itu dan Allah mengabulkan doanya. dan Abu Dawud) 4.´ (HR.´ (HR. ³Apakah kedua orangtuamu masih hidup?´ Ia menjawab. Salah satu dari tiga orang itu adalah orang yang sangat berbakti kepada orangtuanya. µApakah engkau masih punya bibi?¶ Ia menjawab. Mendapatkan keberkahan umur dan rezeki Rasulullah saw bersabda.´ Beliau bersabda. sehingga batu besar tersebut bergeser sehingga ketiganya bisa keluar dari gua dengan selamat. Al-Bukhari. ³Berjihadlah pada mereka berdua. Dosanya diampuni Dalam sebuah hadits dikisahkan ada seseorang datang kepada Nabi Muhammad saw. Ahmad) 5. Tiba-tiba gua itu tersumbat oleh batu besar.´ (HR. orang itu berkata. 2. ³Barangsiapa yang ingin dipanjangkan umurnya dan melimpah rezekinya. ³Tidak. µYa. maka. Mendapat pahala berjihad di jalan Allah Suatu ketika ada seorang datang kepada Nabi Muhammad saw meminta izin untuk berjihad. 3. berbaktilah kepada kedua orangtuanya dan menyambung tali silaturrahim. At-Tirmidzi) Hadits tersebut menyatakan bahwa berbakti dengan orangtua dapat menyebabkan dosa terampuni. ³Aku telah melakukan dosa besar.¶ Rasulullah bersabda. Muslim. ³Ya. Beliau bertanya. ³Apakah engkau masih punya ibu?¶ Orang itu menjawab. Masuk surga .´ Rasulullah bertanya lagi. ³Berbaktilah kepadanya.Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Al-Bukhari dan Muslim dikisahkan ada tiga orang yang bermalam di sebuah gua. Apakah dosaku bisa diampuni?´ Rasulullah saw balik bertanya.

´ Rasulullah saw bertanya. Parameter yang digunakan adalah kembali pada fitrah manusia itu sendiri sebagai seorang hamba Allah. aku ingin berperang. kesuksesan adalah masalah keinginan. ³Wahai Rasulullah. dan bisa jadi definisi kesuksesan antara satu orang dengan orang lain berbeda. ³Keridhaan Allah terletak pada keridhaan orangtua. Seorang muslim dikatakan sukses apabila ia telah meraih keridhoan Allah.´ (HR. masalah hati yang tidak pasti tidak akan sama. inilah yang sebenarnya menjadi barometer kesuksesan seorang manusia. ³Apakah engkau masih punya ibu?´ Jamihah menjawab. Memperoleh ridha Allah Rasulullah saw bersabda. Sesungguhnya surga berada di telapak kakinya. yang Allah ciptakan semata ± mata hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. Setiap orang memiliki tolok ukur dan standar tersendiri dalam menilai sebuah kesuksesan. ³Ya. ada esensi dari ibadah yang kadang dilupakan oleh manusia yakni keridhoan Allah SWT. dan murka Allah terletak pada murka orangtua. Setiap orang akan melakukan berbagai cara untuk dapat meraih kesuksesan tersebut. Ibadah yang dilakukan manusia bukanlah semata ± mata sekedar untuk memperoleh pahala maupun surga. Aku datang untuk bermusyawarah denganmu. Makna kesuksesan seorang muslim dalam perannya sebagai anak Kesuksesan merupakan hal yang didambakan setiap orang dalam kehidupannya.´ Rasulullah saw bersabda. Jamihah berkata.´ (At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban ) 2. . An-Nasa`i dan Ibnu Majah) 6. ³Jangan tinggalkan dia (ibumu). Tapi agama islam memiliki parameter tersendiri dalam menilai kesuksesan tersebut.Suatu ketika ada seorang yang bernama Jamihah datang menemui Nabi Muhammad saw.

Dengan demikian. Sebuah hadits menyebutkan bahwa keridhoan Allah dapat diindikasikan dengan ridhonya orang tua terhadap anaknya. Pintu yang paling mudah dimasuki oleh seorang muslim dalam perannya sebagai seorang anak adalah dengan berbakti kepada orang tua. hal itu sama sekali tidak menghilangkan kewajiban sang anak untuk berbuat baik kepada orang tuanya sendiri. Banyak cara untuk dapat meraih ridho. karena sesungguhnya hak orang tua atas anaknya sangatlah besar dan mulia. sebagai seorang anak. dipenuhi segala hajatnya selama sang anak mampu. minimal dengan tidak menyusahkan dan membuat hati orang tua terluka bahkan menangis. disayangi. seorang muslim diberi banyak pilihan melalui pintu manakah dia mau memasuki gerbang keridhoan Allah.Seorang muslim mungkin tak pernah tahu apakah hidupnya telah meraih ridho Allah atau belum. maka Allah akan memberikan kemudahan dalam urusan sang anak. pun termasuk dalam usaha si anak meraih kesuksesan yang diidam ± idamkannya. Kewajiban berbakti kepada orang tua ini sangatlah urgen. Dari uraian sebelumnya dapat disimpulkan bahwa kesuksesan seorang muslim sebagai seorang anak adalah berbakti kepada orang tua. seorang muslim hanya harus senantiasa menjadikan ridho Allah satu ± satunya yang dituju dalam hidupnya. memenuhi segala apa ± apa yang menjadi hak orang tua atas anaknya. Sehingga apapun bentuk kesuksesan yang didambakan akan semakin mudah diraih apabila orang tua telah ridho. Diantara hak orang tua yang harus dipenuhi adalah hak untuk dicintai. karena orang tua yang ridho pada anaknya. Ridho orang tua akan dengan serta merta datang saat seorang anak berbakti kepada orang tuanya. Berbakti kepada orang tua adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan seorang anak untuk memenuhi hak orang tua atas anaknya. seorang anak yang telah mampu memuliakan orang tuanya. bahkan sekalipun orang tua mengajak si anak pada kemaksiatan dan menyekutukan Allah. sudah seharusnya mengharap ridho dari orang tua untuk meraih keridhoan Allah SWT. maka dapatlah dikatakan bahwa dia telah satu tahap menuju kesuksesan karena dengan .

lalu orang tersebut berhasil meraih impiannya. Namun apakah makna sebuah kesuksesan yang hakiki?? Seperti yang telah diuraikan pada pembahasan sebelumnya bahwa kesuksesan sejatinya adalah saat seorang manusia telah meraih ridho Allah SWT.´ dari potongan ayat tersebut jelaslah apa yang menjadi fokus dan tujuan sebenarnya manusia diciptakan. apalagi yang hendak dicari. kalau lah ridho Allah telah diperoleh seorang manusia. Az Zariyat ayat 56 yang artimya. sebagaimana yang tertuang dalam firman Allah dalam QS. Saat seseorang bercita ± cita menjadi seorang jurnalis. 3.. dan itu sama sekali tidak bisa dipersalahkan. sang anak akan memperoleh ridho orang tua. ketenangan hidup. sehingga manusia dikatakan sukses secara hakiki ketika manusia tersebut mampu meraih apa yang menjadi esensi dalam kehidupannya. hal ini didasarkan pada fitrah manusia itu sendiri sebagai hamba Allah. yang diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah SWT. setiap orang memiliki pandangan tersendiri mengenai makna sebuah kesuksesan. ³ sesungguhnya Aku tidak menciptakn jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaku. Di dunia ini banyak sekali persepsi tentang makna kesuksesan.bakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua atau dikenal dengan istilah birrul walidain merupakan sebuah kewajiban seorang anak . Meraih kesuksesan yang hakiki dengan Birrul Walidain Pada dasarnya kesuksesan adalah saat seorang manusia berhasil dalam meraih apa yang diidam ± idamkannya. yang juga menyebabkan ridho Allah pun datang kepada si anak tersebut. Berbakti kepada orang tua merupakan salah satu pintu untuk menggapai ridho Allah SWT. maka tak akan salah saat orang tersebut dikatakan sukses. inilah esensi dari kehidupan manusia. kenudahan dalam setiap urusan. dan senantiasa dalam kesabaran an ketawadhuan akan menjadi bagian dalam hidupnya.

menjaga nama baik dan kehormatan orang tua. ada do¶a tulus a ayah bunda yang senantiasa mengiringi kehidupan sang anak yang selalu memohonkan kebaikan untuk si buah hati tercinta.terhadap orang tuanya. bahkan mungkin kita sendiri para pelaku peradaban telah menyaksikan sendiri bagaimana segala kemudahan datang saat bakti kepada orang tua telah ditunaikan. Urgensitas berbakti kepada orang tua pun sangat tampak bahkan saat orang tua sudah tiada. dalam hal ini berkata ³ah´ sekalipun tidak diperbolehkan. maka dia pun akan dimuliakan dalam kehidupannya. Jika selama ini kadang kala seseorang begitu sulit dalam menjalani kehidupannya. betapa kesuksesan terasa amat jauh dijangkaunya. karena dalam bakti kepada orang tua. seperti yang telah dipaparkan pada uraian sebelumnya. Seorang anak yang memuliakan orang tuanya. Ketika bakti kepada orang tua telah ditunaikan. bukan pula sebuah karangan dan hipotesa tak beralasan. ini merupakan bukti dahsyatnya keridhoan orang tua dalam hidup seorang manusia. menyenangkan hati orang tua. Seorang anak masih dapat menunaikan baktinya kepada orang tuanya sudah meninggal dengan cara diantaranya dengan memenuhi segala hutang ± hutang orang tua semasa hidupnya dan tetap menjalin silaturahim dan menghormati siapa ± siapa yang menjadi kawan dari orang tua.memenuhi segala apa yang diperintahkan dengan tetap pada koridor yang telah ditetapkan Allah SWT. dan yang paling utama adalah ridho Allah yang menjadi kesuksesan dari segala kesuksesan yang ada di dunia ini. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk berbakti kepada orang tua diantaranya. seorang anak akan memperoeh banyak fadhilah dari perbuatannya tersebut. dan senantiasa mendoakan orang tua untuk kebaikannya di dunia maupun di akhirat. Ini bukanlah sebuah teori yang mengada ± ngada tanpa bukti. Berbakti kepada orang tua merupakan pangkal dari kesuksesan. tidak berkata kasar bahkan membentaknya. ad ridho orang tua. kesuksesan dalam bentuk apapun akan menemukan jalan untuk mempermudah pencapaiannya. Zaman telah membuktikan. patutlah .

Hal ini sebagaimana esensi keberadaan manusia itu sendiri sebagai makhluk ciptaan Allah yang diciptkan untuk beribadah kepadaNya. BAB IV PENUTUP 1. Namun terkadang orang ± orang sering melupakan esensi kehidupan itu.dipertanyakan bagaimanakah dia memperlakukan kedua orang tuanya? Orang tua adalah segala ± segala dalam kehidupan bagi manusia. perkataannya adalah do¶a. Banyak cara untuk meraih kesuksesan secara hakiki. salah satunya adalah dengan birrul walidain. tapi semoga dengan kesederhanaan ditambah proses . pengorbanannya adalah setiap helaan nafas. dan ridhonya adalah keberkahan. Urgensitas birrul walidain akan sangat terlihat dalam posisinya sebagai amalan yang palin mulia setelah tidak menyekutukan Allah. Ada banyak fadhilah berbakti kepada orang tua. Terutama dalam kepadatan uraian masalah yang dimunculkan. Birrul walidain atau berbakti kepada orang tua adalah satu bentuk cinta kasih seorang muslim terhadap dua sosok tangguh dalam kehidupan seorang muslim. yang mana disebutkan di atas sebagai inti dari kehidupan seorang muslim. cintanya sepanjang zaman. Kritik dan saran Penyusunan makalah ini disadari banyak sekali kekurangan dalam berbagai aspek. salah satunya adalah memperoleh ridho Allah. 2. Kesimpulan Kesuksesan sejati dalam parameter kehidupan seorang muslim sebagai fitrahnya sebagai manusia adalah hidup dalam ridho Allah SWT.

dan siapapun yang ingin hidupnya mulia hendaknya memuliakan kedua orang tuanya. Makalah ini didasarkan pengalaman para pelaku peradaban betapa ridho orang tua sangat mempengaruhi kehidupan seseorang.pembelajaran yang tak pernah henti ± hentinya makalah ini dapat menggugah hati para pembaca akan esensi berbakti kepada orang tua dalam meraih apa yang dinamakan sukses dalam kehidupan. .

Definisi Sukses dan Sukses Total. 2010. Abdul. Aziz. Sri. 2010.com. .DAFTAR PUSTAKA Astuti. Aturan Islam Tentang Bergaul dengan Sesama. [ 09 Januari 2011].suksestotal. Http://www. Jakarta: Griya Ilmu.

3. Kesimpulan Saran dan Kritik DAFTAR PUSTAKA . 3.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR BAB I PENDAHULUAN 1. Latar Belakang masalah Identifikasi Masalah Tujuan BAB II TINJAUAN PUSTAKA BAB III PEMBAHASAN 1. 2. 2. Urgensitas Birrul Walidain pada diri setiap muslim Makna kesuksesan seorang muslim dalam perannya sebagai anak Meraih kesuksesan yang hakiki dengan Birrul Walidain BAB IV PENUTUP 1. 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful