P. 1
Kegiatan Konsumsi Barang ( Economic )

Kegiatan Konsumsi Barang ( Economic )

|Views: 1,268|Likes:
Published by Asrafil Rizal

More info:

Published by: Asrafil Rizal on Apr 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

KEGIATAN KONSUMSI BARANG DAN JASA

 Pembukaan  Pengertian

konsumsi  Kegiatan Konsumsi Rumah Tangga  Kegiatan Konsumsi Negara  Aspek Positif dari perilaku Konsumtif  Aspek Negatif dari perilaku Konsumtif  Faktor-faktor yang mempengaruhi Faktorkonsumsi  Penutupan

Kegiatan konsumsi dilakukan seseorang setiap hari untuk memenuhi kebutuhannya Seperti berikut : Minum pada saat haus ( mengonsumsi air ) Makan pada saat lapar ( mengonsumsi makanan ) Pergi sekolah menggunakan angkutan umum ( mengonsumsi jasa angkutan umum ) Saat lelah menonton televisi ( mengonsumsi hiburan ) Konsumsi yang dilakukan setiap orang. Dalam sebuah keluraga saja Setiap anggotanya berbeda-beda. . Seperti apa yang dikonsumsi ayah belum tentu berbedaSama dengan anggota keluarga yang lain. keluarga.Sejak lahir sampai akhir hayatnya manusia selalu melakukan kegiatan konsumsi. berbedaHal ini terjadi karena dipengaruhi berbagai faktor. dan perusahaan berbeda-beda.

Dalam ekonomi. Konsumen ialah seseorang yang melakukan kegiatan konsumsi. Barang yang digunakan langsung untuk pemenuhan kebutuhan konsumen disebut barang konsumsi. Arti menghabiskan ialah secara berangsur atau sekaligus. .Pengertian Konsumsi ‡ Konsumsi dalam pengertian sehari-hari adalah makan dan minum . konsumsi adalah kegiatan mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang/jasa.

Ayah sebagai kepala keluarga dan karyawan suatu perusahaan. dan sepatu. maupun ragamnya. pelayanan khusus. dan bumbu masak. sepatu. Ibu sebagai ibu rumah tangga membutuhkan kompor gas. tas kantor. tas sekolah. usia. Misalnya. cara dan kebiasaan hidup. membutuhkan dasi. Baik dilihat dari jumlah.Kegiatan Konsumsi Rumah Tangga Keluarga merupakan kelomok yang paling sering melakukan kegiatan konsumsi . Perbedaan kegiatan konsumsi tersebut disebabkan adanya perbedaan jenis kelamin. pensil. Masing-masing anggota keluarga Masingmemiliki kebutuhan yang berbeda. Misalnya. beras. sayursayur-mayur. Kebutuhan anak lain lagi. sepatu. latar belakang pendidikan. .macam. pena. sebagai pelajar ia membutukan buku tulis. dan waktu khusus untuk bekerja di kantor. minyak kelapa.

Apakah kamu berpikir perusahaan tidak melakukan kegiatan konsumsi ? Ternyata perusahaan juga melakukan kegiatan konsumsi. Adanya penggunaan bahan baku. Contohnya. perusahaan minyak goreng yang mengolah kelapa sawit langsung menjadi minyak goreng. dan modal dalam kegiatan produksi di atas berarti perusahaan juga melakukan kegiatan konsumsi. sedangkan kegiatan konsumsi yang dilakukan sebuah perusahaan bersifat dinamis. Ada juga yang mengobah barang setengah jadi menjadi barang jadi.Telah dibahas sebelumnya. Kegiatan Konsumsi Perusahaan . tidak sama dengan kegiatan konsumsi rumah tangga. dan modal-modal modalperusahaanperusahaan-perusahaan tersebut dalam kegiatannya. ada perusaahaan yang mengolah bahan mentah menjadi bahan yang jadi. Produk yang dihasilkan oleh perusahaan pastilah berbeda-beda. tenaga kerja. Contohnya. Kondisi ini menunjukkan bahwa setiap barang yang berbeda berbeda pula bahan bakunya. Perusahaan mengonsumsi bahan baku . mesin. perusahaan percetakan mengolah kertas menjadi buku. tenaga kerja. peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi yakni mengonsumsi barang dan jasa. pabrik kertas mengolah pulp menjadi kertas. Hal itu dikarenakan kegiatan konsumsi yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk memproduksi dan menambah nilai guna barang/jasa serta bertujuan untuk memperoleh keuntungan. Namun. ukuran. Sebagian besar barang dan jasa tersebut disediakan oleh perusahaan. Kegiatan konsumsi yang dilakukan sebuah keluarga hanya pemenuhan kebutuhan dan bersifat statis. baik dari segi jenis. Hanya saja makna dari kegiatan konsumsi perusahaan dengan rumah tangga berbeda. mesin. Bahkan. Contohnya. dan berbedamutunya. Ada perusahaan yang mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi.

pembiayaan subsidi. Dana alokasi khusus. dan penerimaan sumber daya alam. . Belanja untuk daerah terdiri dari dana perimbangan dan dana alokasi otonomi khusus dan penyesuaian. Belanja untuk Daerah Belanja untuk daerah adalah semua pengeluaran Negara yang dialokasi kepada daerah untuk membiayai kebutuhan daerah dalam rangka pelaksanaan desentralisasi.Kegiatan Konsumsi Negara Kegiatan konsumsi Negara adalah segala pengeluaran yang dilakukan oleh pemerintah selaku penyelenggara Negara. pembiayaab belanja hibah. pembiayaan bantuan sosial. Dana alokasi umum. dan pembiayaan belanja lain-lain. pembayaran bunga atas utang dalam negeri. yaitu semua pengeluaran Negara yang dialokasikan kepada daerah untuk membiayai kebutuhan tertentu. Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan. Lalu dibagi lagi yaitu : Dana bagi hasil. yaitu bagian daerah atas penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan. pembayaran bunga atas utang luar negeri. Pengeluaran yang dilakukan oleh Negara dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( APBN ) disebut belanja Negara. Belanja Negara terbagi atas Belanja pemerintah pusat dan belanja untuk Daerah. Belanja Pemerintah Pusat Belanja pemerintah pusat adalah semua pengeluaran negara untuk membiayai tugas tugas umu pemerintah dan kegiatan operasional pemerintah pusat. yaitu semua pengeluaran Negara yang dialokasikan kepada daerah dengan tujuan pemerataan kemampuan keuangan antar daerah.

Dalam upaya mengejar kehidupan yang layak. berbedaSuatu keadaan atau kecenderungan untuk membelanjakan seluruh pendapatan pada barangbarangbarang konsumsi disebut perilaku konsumtif. perilaku konsumsi manusia berbeda-beda. Perilaku konsumtif memiliki Aspek positif dan Aspek negatif .Aspek Positif dan Aspek Negatif dari perilaku Konsumtif Setiap manusia selalu berusaha mendapatkan penghasilan sebanyak-banyaknya dan berharap sebanyakpenghasilan tersebut dapat digunakan untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang. sedangkan tujuan jangka panjang meningkatkan kesejahteraan atau paling tidak dapat hidup layak. Tujuan jangka pendek memenuhi segala kebutuhannya. konsumtif.

Aspek Positif antaralain sebagai berikut. Menjamin berlangsungnya kegiatan distribusi. Menjamin keberlangsungan kegiatan konsumsi. karena bisa menggerakkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang ada di dalamnya. ‡ Menjamin keberlangsungan siklus ekonomi.Aspek Positif dari perilaku Konsumtif Aspek Positif ialah kebaikan dari perilaku Konsumtif. ‡ ‡ ‡ . Menjamin berlangsungnya kegiatan produksi.

Aspek negatif perilaku konsumtif antara lain sebagai berikut. Perilaku konsumtif akan menjadi kebiasaan yang sulit disembuhkan. . Tidak memikirkan masa depan.Aspek negatif merupakan sisi buruk dari perilaku konsumtif. Tidak terpuji dan merugikan diri sendiri. Aspek Negatif dari Perilaku Konsumtif     Perilaku konsutif itu boros. dan sangat berbahaya jika yang melakukannya tidak berpeng hasilan lagi.

. yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor-faktor ini terdiri Faktordari keluarga. sikap hidup. kebudayaan. ternyata konsumsi terdiri dari 2 faktor.FaktorFaktor-faktor yang mempengaruhi Konsumsi Dari uraian dia atas. Faktor intern terbagi atas motivasi. kelas sosial. lingkungan dan harga barang . dan pendapatan Faktor Ekstern adalah faktor yang datang dari lingkungan luar. Faktor intern adalah faktor yang datang dari dalam lingkungan pribadi seseorang.

Jika pendapatan seseorang besar. cenderung kegiatan konsumsinya pun lebih banyak. Sikap Hidup Sikap hidup seseorang ada yang hemat dan ada yang boros. Kedua sikap ini sangat mempengaruhi kegiatan konsumsi manusia. kegiatan konsumsi seseorang akan kecil apabila pendapatannya kecil. dia akan melakukan kegiatan konsumsi lebih banyak. Karena besar kecilnya pendapatan pendapatan akan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi seseorang. Sebaliknya. maka pola konsumsinya akan teratur dan cenderung kecil. tingkat konsumsi seseorang akan besar bila berperilaku boros. Bagi berbedaorang yang ingin menumpuk kekayaan atau ingin dipandang orang lain. Apabila dia berperilaku hemat terhadap penghasilannya. Pendapatan Kegiatan konsumsi akan berjalan normal apabila seseorang memiliki pendapatan. Sebaliknya.Faktor Intern        Motivasi Motivasi setiap orang dalam mengonsumsi berbeda-beda. .

 Harga Barang  Pendapatan dan harga-harga barang berhubungan erat dengan kegiatan konsumsi. Besar atau kecil di sini memiliki makna banyak sedikitnya jumlah anggota keluarga. Oleh karena itu. Dampak dari persaingan dalam pemilikan kekayaan akan mengakibatkan tingginya pola dan tingkat konsumsi. hargaDeskripsinya. Kebudayaan Di Indonesia terdapat banyak kebudayaan masyarakat. Sebaliknya. Dipandang dari sisi ekonomi ada yang berpendapat bahwa kebudayaan masyarakat akan memberikan dampak positif dan dampak negatif.  Lingkungan  Lingkungan masyarakat berpengaruh pula terhadap konsumsi keluarga.  Kelas Sosial    Kelas sosial suatu masyarakat akan berpengaruh terhadap kebutuhan yang diinginkan. Namun. . Ditinjau dari sisi positifnya kebudayaan masyarakat akan meningkatkan pendapatan bagi daerah itu. maka hargatingkat konsumsi akan cenderung berkurang atau tetap. Banyak sedikitnya anggota keluarga akan berpengaruh pada besar kecilnya kegiatan konsumsi. banyak sedikit kebutuhan yang harus dipenuhi akan mempengaruhi pola dan tingkat konsumsi masyarakat. tingkat konsumsi akan meningkat bila harga barang turun. Dilihat dari sisi negatifnya tidak jarang kita menemukan keluarga yang bersaing dalam memiliki harta kekayaan. apabila harga-harga barang tinggi sedangkan pendapatan tetap. apabila ditinjau dari sisi negatifnya akan berpengaruh terhadap tingkat dan pola konsumsi masyarakat itu sendiri.Faktor Ekstern  Keluarga  Kita sering mendengar ada keluarga besar dan keluarga kecil.

berdasarkan daya beli konsumen dapat dibedakan menjadi kebutuhan intramarginal. keberhasilan dalam memenuhi kebutuhan tergantung pula pada daya beli konsumen. Artinya. dan ekstramarginal. Artinya.  Kebutuhan Marginal  Kebutuhan marginal adalah kebutuhan yang berada diambang batas kemampuan. Artinya. dengan memenuhi kebutuhan intramarginal konsumen masih memiliki cadangan uang untuk memenuhi kebutuhan yang lain.  Kebutuhan Intramarginal  Kebutuhan Intramarginal adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan masih menyisakan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan yang lain.  Kebutuhan Ekstramarginal  Kebutuhan ekstramarginal adalah kebutuhan yang berada di luar ambang batas kemampuan konsumen. marginal. Maka dalam memenuhi kebutuhan marginal penuh pertimbangan. dengan memenuhi kebutuhan marginal konsumen harus menghabiskan seluruh uang sehingga tak ada uang yang tersisa.Selain hal itu. kebutuhan ekstramarginal hanya merupakan sebuah keinginan . Lalu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->