P. 1
essai tetap gaul tanpa narkoba LFAD

essai tetap gaul tanpa narkoba LFAD

|Views: 39|Likes:
Published by Hanindya Widyawati

More info:

Published by: Hanindya Widyawati on Apr 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2011

pdf

text

original

Hanindya Widyawati/ G34100097/A.

03 Jangan ngaku gaul kalau nge- drugs Kehidupan remaja adalah kehidupan yang penuh dengan dinamika, tetapi juga paling indah perjalanannya. Remaja adalah fase dimana seseorang masih mencari jati dirinya. Bukan hanya terombang-ambing seperti layang-layang di udara. Remaja juga fase paling rentan, mengapa? Karena kebanyakan remaja itu µmembebek¶, hanya mengikuti trend saja. Gaya hidup instant dijadikan sebagai impian remaja masa kini tanpa memikirkan dampak buruknya kedepan. Terjangan globalisasi yang super, membuat remaja semakin dimanjakan dengan teknologi dan informasi. Cukup berada di depan komputer, tidak lebih dari 1 menit para remaja sudah bisa mendapat informasi dan mengakses berbagai macam situs. Terbukanya dunia pasar bebas memungkinkan negara luar untuk memasuki negara kita dengan mudah membawa budaya baratnya yang bertentangan dengan budaya timur. Tanpa adanya filter iman dan taqwa, membawa remaja hari ini terlena dan harus mengikuti budaya barat agar tidak dibilang kampungan oleh temannya yang sudah merasa jago. Mari kita tengok di beberapa kota besar Indonesia seperti, Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta. Banyak pemuda yang hanya menghabiskan waktunya untuk kongkow-kongkow, duduk, mengamen hanya untuk mencari uang demi sebatang rokok, ganja, dan narkoba, dengan perkumpulannya yang hanya mencari kesenangan, bebas. Suatu sistem akan berjalan jika ada roda permainannya, begitu pula dengan narkoba yang membahayakan bangsa ini. Berawal dari sebatang rokok, yang awalnya coba-coba atau takut karena nanti akan di judge tidak gaul, tidak keren. Yang awalnya diberi cuma-cuma menjadi kebiasaan saat di sekolah atau kampus sampai hingga akhirnya mencuri uang orangtua, serta menjual barang berharga hanya untuk membeli dan membayari rokok teman yang sudah memberi rokok pada mulanya, dilanjutkan dengan Bandar narkoba yang mengincar perkumpulan bebas, diskotik, dan hiburan malam yang berkeliaran dimalam hari hanya untuk memasarkan narkobanya. Dan membuat kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan karena tidak ingin merasakan sakaw. Bahaya narkoba yang dapat mengancam nyawa bukan hanya merusak hidup pribadi juga nama baik keluarga dan bangsa.

Ini yang dibilang keren? Ini yang dibilang gaul? Ini yang dibilang asik? Apakah ini yang dibilang kebebasan? Sampai harus memakan nyawa dan merusak moral, mental menghancurkan masa depan kah si Gaul, dan si Keren itu? Jika saja para pemuda lebih memakai otak nya dan berpikir bahwa Narkoba itu bukanlah barang gaul ataupun keren yang membuat mereka tampak gaul dan keren. Bangsa kita akan lebih maju. Tanpa nge drugs, kita tetap gaul kok. Gaul itu bukan berarti mengikuti kebiasaan buruk. Gaul itu dengan melakukan hal-hal yang positif dan baik. Kalau menurut pola pikir pemuda yang menganggap nge drugs itu gaul, pola piker mereka telah salah kaprah. Dari mana barang yang membahayakan dan merusak seperti itu dapat dibilang gaul? Sekali lagi gunakan otak!! Kata gaul jika menggunakan narkoba itu hanya sugesti belaka agar para pemuda mau mengonsumsi barang mematikan itu. Para pemuda yang tidak nge drugs dan berprestasilah yang dikatakan gaul. Bagaimana tidak, kegiatannya diisi dengan hal-hal yang positif, mulai dari menyibukkan diri dengan event-event yang berguna, aktif dalam organisasi, selalu mengikuti kajian rohani, dan tidak lupa berolahraga agar hidup lebih sehat. Agar tidak terjerumus dengan barang haram itu, para pemuda harus membentengi diri dengan iman yang kuat, serta memiliki pengendalian diri, juga peran keluarga sebagai self control sangat menentukan arah perkembangan seorang remaja. Jadi mulailah membentengi diri, ubah pola pikir yang selama ini salah kaprah, jangan sampai jadi korban barang terlarang tersebut. Gaul itu dengan hidup sehat, bukan dengan nge drugs. Narkoba = CUPU, hidup sehat = GAUL. So, jangan sampai tertipu ya .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->