[2011 ] §

1

MANUSIA DAN PERADABAN

DI SUSUN OLEH : (Kelompok 2) • • • • Lia Triani (3315080189) Devy Rohmah Y (3315081885) Muryati Magara Nst (3315081876) Pramitha Andini (3315083227) UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA 2011

[Type the author name] [Type the company name]

penulis banyak mengalami kesulitan. walaupun masih banyak kekurangannya.Nya. Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas dari mata kuliah ilmu sosial dan budaya dan untuk lebih memahami dan menginformasikan kepada pembaca mengenai bagaimana manusia dalam meghadapi modernisasi. kami dapat menyelesaikan makalah yang Penulis . kami masih memiliki banyak kekurangan dalam penulisan makalah ini. mudah-mudahan makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian. westernisasi pada peradaban modern. Oleh karena itu. akhirnya makalah ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. 7 April 2011 karena berkat rahmat dan karunia. Kami menyadari sebagai seorang mahasiswa.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT berjudul “Manusia dan Peradaban”. Dalam penyelesaian makalah ini. terutama disebabkan oleh kurangnya ilmu pengetahuan. penulis sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang positif agar makalah ini menjadi lebih baik dan berguna di masa yang akan datang. Namun berkat bimbingan dari berbagai pihak. Jakarta. Harapan penulis.

................................................................................................................................................. Syarat Modernisasi........................... ..... 1 ................... 1 4............................ Modernisasi.... Teori 0 Modernisasi... 1 ................................................. 1 2 5................. 0 2........ .............. 1 Westernisasi.....................................................................DAFTAR ISI KATA PENGANTAR....................................................................... Pengertian 1 Modernisasi................................... II................... 1 3...... BAB II PEMBAHASAN I............................................................................................................................................. . Latar 2 3 4 4 Belakang.............................. Rumusan 4 4 5 6 9 1 0 Masalah............................... ... 1..... 1 ................... 2 II......................................................................................... Konsep Modernisasi..... DAFTAR ISI............................. 0 ..... BAB I PENDAHULUAN I...................... ................................................... .............. Ciri-Ciri Modernisasi.............................................................................................................................................

....................................................... DAFTAR PUSTAKA............................ terhadap BAB III PENUTUP I...... ................................. ... Saran...... .............................. Kesimpulan.............. Pengertian 3 Westernisasi.................................................................................................................... ............................................................................................................................................... westernisasi Pembangunan………… .............................................. 2............. Dampak Westernisasi..... 1..... Hubungan Modernisasi........... 3........ II.... ............................

Latar Belakang Manusia dan peradaban manusia berkembang sejalan dengan karena berjalannya waktu. Oleh karena itu. Arus modernisasi dan globalisasi menjadi andil dalam perkembangan manusia dan peradabannya. Hal ini modernisasi dan globalisasi salah satu hal yang menyebabkan peradaban manusia berkembang. II.BAB I PENDAHULUAN I. dan dampak positif dan negatif yang ditimbulkan dari modernisasi dan globalisasi. Perkembangan tersebut ada yang membawa dampak positif dan dampak negatif bagi manusia. ciri-ciri modernisasi dan globalisasi. Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang yang sudah diungkapkan penulis maka masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah mengenai pengertian dan konsep modernisasi dan globalisasi. . penulis terdorong menulis makalh ini agar pembaca dapat tidak terbawa arus modernisasi dan globalisasi yang membawa dampak negatif bagi kehidupannya.

.

merupakan bagian pengalaman yang universal dan yang dalam . Pengertian modernisasi Modernisasi diartikan sebagai perubahan-perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang tradisional atau dari masyarakat pra modern menuju kepada suatu masyarakat yang modern. b) Cyril Edwin Black.  Modernisasi masyarakat adalah suatu proses transformasi yang mengubah: a) Dibidang ekonomi. Konsep modernisasi  Dimulai di italia abad ke-15 dan tersebar ke sebagian besar dunia barat lima abad berikutnya. modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pramodern dalam arti teknologi serta organisasi sosial. a) Widjojo Nitisastro. MODERNISASI 1. modernisasi berarti tumbuhnya kompleks industry yang besar dimana produksi barang konsumsi dan sarana dibuat secara masal.BAB II PEMBAHASAN I. dikatakan bahwa ekonomi yang modern memerlukan adanya masyarakat nasional dengan integrasi yang baik. ke arah pola-pola ekonomis dan politis. b) Dibidang poitik. Pengertian modernisasi berdasar pendapat para ahli adalah sebagai berikut.  Manifesto proses modernisasi pertama kali terlihat di inggris degan meletusnya revolusi industry pada abad ke-18 yang mengubah cara produksi tradisional ke modern. 2. modernisasi adalah rangkaian perubahan cara hidup manusia yang kompleks dan saling berhubungan.

W. modernisasi adalah suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan yang biasanya dinamakan social planning. (dalam buku Sosiologi: suatu pengantar) Dengan dasar pengertian di atas maka secara garis besar istilah modern mencakup pengertian sebagai berikut. moderenisasi adalah proses penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam semua segi kehidupan manusia dengan tingkat yang berbeda-beda tetapi tujuan utamanya untuk mencapai teraf hidup yang lebih baik dan nyaman dalam arti seluas-luasnya. 3. f) Soerjono Soekanto. d) Schorll (1980). c) Prof. Rostow  Teori Pertumbuhan Tahapan Linear ( linear-stages-of growth- models).  Modern berarti berkemajuan yang rasional dalam segala bidang dan meningkatnya tarat penghidupan masyarakat secara menyeluruh dan merata.banyak kesempatan merupakan harapan bagi kesejahteraan manusia. sepanjang masih diterima oleh masyarakat yang bersangkutan. Koentjaraningrat. Teori modernisasi Berikut ini merupakan beberapa teori modernisasi yang ada: a)Walt . e) Smith (1973). modernisasi adalah proses yang dilandasi dengan seperangkat rencana dan kebijakan yang didasari untuk mengubah masyarakat kea rah kehidupan yang kontemporer yang menurut penilaian lebih maju dalam derajat kehormatan tertentu.  Modern berarti berkemanusiaan dan tinggi nilai peradabannya dalam pergaulan hidup dalam masyarakat.  Buku: The Stages of Economic Growth: A Non Communist Manifesto (1960). . modernisasi merupakan usaha menyesuaikan hidup dengan konstelasi dunia sekarang ini.

industrial dan berfokus pada ekonomi pelayanan. . Pembangunan dikaitkan dengan perubahan dari masyarakat agraris dengan budaya tradisional ke masyarakat yang rasional.

sehingga muncul ide pembaharuan. → Produksi digunakan untuk konsumsi. menguntungkan. 4) Bergerak ke Kedewasaan → Teknologi diadopsi secara meluas. → Usaha untuk meningkatkan produktif yang tabungan masyarakat Mis: terjadi. barang yg tadinya impor diproduksi sendiri. → Tabungan dan investasi yang efektif meningkat dari 5% . → Pertanian menjadi usaha komersial untuk mencari keuntungan. → Dikuasai kepercayaan-kepercayaan tentang kekuatankekuatan di luar manusia → Masyarakat cenderung bersifat statis. → Tabungan & investasi yg efektif meningkat antara 10% 20%. dimana keuntungan dari industri tersebut ditanamkan kembali ke pabrik baru. tidak hanya untuk konsumsi. → Industri baru berkembang pesat. dalam arti kemajuan berjalan sangat lambat.1) Masyarakat Tradisional → Berdasarkan pertanian → Ilmu pengetahuan masih belum banyak dikuasai. → Pada tahap ini negara memantapkan posisinya dalam perekonomian global. . dimana tabungan tersebut dimanfaatkan untuk sektor-sektor Pendidikan 3) Lepas Landas → Tersingkirnya hambatan proses pertumbuhan ekonomi. tidak ada investasi 2) Prakondisi Untuk Lepas Landas → Campur tangan dari luar menggoncangkan masyarakat Tradisional.10 %. Mis: dibukanya armada AL AS di Jepang.

b)David McClelland  Buku: The Achievement Motive in Economic Growth  Teori: need for Achievement (n-Ach)  Keinginan/kebutuhan berprestasi bukan sekedar untuk mendapatkan imbalan tetapi juga kepuasan.  Hasil analisis → salah satu penyebab utamanya adalah “Etika Protestan”  Etika Protestan: 1) Lahir melalui agama Protestan yg dikembangkan oleh Calvin 2) Keberhasilan kerja di dunia akan menentukan seseorang masuk surga/neraka. → Perubahan orientasi produksi dari kebutuhan dasar menjadi kebutuhan barang konsumsi tahan lama.5) Konsumsi Massal yg Tinggi → Konsumsi tidak lagi terbatas pada kebutuhan pokok untuk hidup tapi meningkat ke kebutuhan yang lebih tinggi. 3) Berdasarkan kepercayaan tersebut kemudian mereka bekerja keras untuk menghilangkan kecemasan.  Pertumbuhan ekonomi yg tinggi didahului oleh n-Ach yg tinggi. → Surplus ekonomi tidak lagi digunakan untuk investasi tetapi digunakan untuk kesejahteraan sosial. → Pada tahap ini pembangunan sudah berkesinambungan. Sikap inilah yg diberi nama “etika protestan” . c) Max Weber  Buku: “The Protestant Ethic and the Spirit of Capitalism”  Buku tsb mencoba menjawab mengapa beberapa negara Eropa dan AS mengalami kemajuan ekonomi pesat di bawah sistem kapitalisme.

yaitu tenaga yang menciptakan pekerjaan sendiri → Dalam masyarakat minoritas yg mayoritas mencari dan minoritas. dengan kelompok akan posisi mencari kekayaan dengan cara wirausaha. yaitu surplus ekonomi yang dikorupsi oleh pejabat untuk pembelian tanah. pendidikan.  Robert Bellah melakukan penelitian agama Tokugawa dan menemukan nilai yg sama. mobilisasi modal dsb. Konsep Etika Protestan akhirnya menjadi konsep umum yg tidak dihubungkan lagi dgn agama. perbankan. d)Bert F. dan motivasi. 2) Pemasokan Tenaga Ahli dan Terampil → Tenaga yang dimaksud adalah tenaga kewiraswastaan. keluarga. Hoselitz  Karyanya: “Economic Growth and Development: Noneconomic Factors in Economic Development”  Membahas faktor-faktor non ekonomi yang ditinggalkan Rostow yang disebut faktor “kondisi lingkungan”  Kondisi lingkungan maksudnya adalah perubahan-perubahan pengaturan kelembagaan yang terjadi dalam bidang hukum. → Kelompok minoritas itu mengalami proses anomie → Anomie → kehilangan pegangan nilai.  Menekankan pada adanya lembaga yg menopang seperti lembaga pendidikan. . insinyur. dan tenaga manajerial yang tangguh → Menekankan pada tenaga kewiraswastaan. ahli ilmu pengetahuan. administrator profesiona.  Pembangunan membutuhkan pemasokan 2 unsur: 1) Pemasokan modal besar dan perbankan → Perbankan dibutuhkan agar pengalaman abad ke-19 di Cina.

b) Sistem administrasi negara yang baik. Smith  Buku: Becoming Modern  Ciri-ciri manusia modern: 1) Keterbukaan terhadap pengalaman dan ide baru 2) Berorientasi ke masa sekarang dan masa depan 3) Punya kesanggupan merencanakan 4) Percaya bahwa manusia bisa menguasai alam  Menemukan bahwa pendidikan 3 kali lebih kuat untuk mengubah manusia dibandingkan yg lainnya  Berbeda dengan Weber dan McClelland pendapat Inkeles dan Smith didasarkan pada penelitian. c) Adanya sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu.  Berpendapat bahwa faktor pengalaman kerja di lembaga kerja yang modern dapat mengubah manusia tradisional menjadi manusia modern.e)Alex Inkeles & David H. . d) Penciptaan iklim yang menyenangkan dan masyarakat terhadap modernisasi massa. e) Tingkat organisasi yang tinggi yang di satu pihak berarti disiplin. dengan cara penggunaan alat-alat komunikasi 5. yaitu sebagai berikut. Ciri-ciri modernisasi Adapun ciri-ciri modernisasi adalah: a) Kebutuhan materi dan ajang persaingan kebutuhan manusia. 4. Syarat modernisasi Soerjono Soekanto mengemukakan bahwa sebuah modernisasi memiliki syarat-syarat tertentu. f) Sentralisasi wewenang dalam pelaksanaan perencanaan sosial. a) Cara berpikir yang ilmiah yang berlembaga dalam kelas penguasa ataupun masyarakat. sedangkan di lain pihak berarti pengurangan kemerdekaan. yang benar-benar mewujudkan birokrasi.

dan teknologi. adat istiadat yang sejujurnya merupakan warisan . c) Moderniasasi banyak memberi kemudahan bagi manusia. f) Mekanisme masyarakat berubah menuju prinsip dan logika ekonomi serta orientasi kebendaan yang berlebihan. diferensiasi dan aktualisasi. sekularisasi. 2. e) Melahirkan teori baru. individualisasi. budaya. sosial. Pengertian Westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal. Dengan banyak cara. westernisasi menggusur kepribadian suatu bangsa yang merdeka dan memiliki karakteristik yang unik. II. WESTERNISASI 1. budaya. hampir semua keinginan manusia terpenuhi. Arus ini bertujuan mewarnai kehidupan sehari-hari bangsa-bangsa dengan gaya Barat. Dampak tersebut terjadi pada aspek-aspek berikut : • Cara berpakaian • Bahasa • Gaya hidup Westernisasi di Indonesia menurut merupakan suatu masalah yang perlu dicermati bersama karena menyebabkan perubahan terhadap masyarakat multikultural Indonesia yang semakin lupa akan nilai luhur. Dampak Westernisasi Westernisasi memberi dampak positif maupun dampak negatif. g) Kehidupan seseorang perhatian religiusnya dicurahkan untuk bekerja dan menumpuk-numpuk kekayaan.b) Kemajuan teknologi dan industrialisasi. Westernisasi dapat juga diartikan sebagai sebuah arus besar yang mempunyai jangkauan politik. norma. d) Berkat jasanya. Kemudian bangsa tersebut dijadikan boneka yang meniru secara total peradaban Barat.

sementara dengan adat sendiri malu apabila menunjukkan adat tersebut di depan umum. misalnya thank top yang diluar negeri digunakan pada musim panas. Hal ini diperparah dengan minimnya perhatian pemerintah serta tersebar luasnya budaya Barat melalui media-media baik cetak maupun elektronik yang menonjolkan budaya-budaya Barat. serta dilakukan penanaman. kini jati diri bangsa hanya tampak pada sebagian kecil kelompok masyarakat. Dan apabila warisan kepribadian bangsa tersebut dilestarikan maka sesungguhnya akan memberikan suatu nilai lebih bagi kehidupan bangsa Indonesia dibandingkan dengan negara lain.kepribadian bangsa Indonesia asli berasal dari nenek moyang kita terdahulu. Untuk itulah diperlukan kesadaran bersama baik pemerintah maupun masyarakat. Hal ini terjadi karena masyarakat Indonesia latah terhadap perubahan. padahal kita tahu sikap dan gaya individualis adalah gaya orang-orang Barat. Sebagai contoh warga Indonesia sendiri banyak yang menyalah gunakan produk industri. Masyarakat harus bisa mengambil hal-hal yang baik dari suatu budaya asing serta membuang hal-hal yang buruk dari budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian maupun jati diri bangsa kita. akan tetapi di Indonesia malah digunakan untuk bergaya di depan umum. namun di era modernisasi ini orang-orang semakin jarang melakukannya banyak diantara mereka yang justru cuek bebek dan selalu menunjukkan bahwa seolah-olah orang itu hidup sendirian (individualis). karena setiap bangsa memiliki kepribadian bangsa yang berbeda-beda. dan tidak sesuai dengan budaya Timur negara kita. kita tahu bahwa orang Jawa terkenal dengan “unggah-ungguhnya” apabila bertemu dengan orang lain. Selain itu masalah norma berperilaku dalam kehidupan masyarakat. dan pengamalan lebih mengenai pengetahuan akan kepribadian ataupun jati diri bangsa kita sehingga nantinya budaya asli kita tidak akan hilang tergilas oleh perkembangan roda zaman yang diboncengi masuknya berbagai budaya asing ke dalam negara kita. Generasi kita terlalu bangga dengan kebiasaan dan adat orang-orang Barat. penghayatan. Sekarang ini begitu banyak generasi bangsa Indonesia yang bersikap “kebarat-baratan”. Mereka menganggap pakaian produksi negara Barat tersebut sesuai dengan budaya Timur yang dianut oleh bangsa kita Indonesia. .

.

1 KESIMPULAN Modernisasi dan globalisasi merupakan perkembangan peradaban manusia ke arah yang lebih maju lagi. Modernisasi dan globalisai dua –duanya memiliki ciri-ciri dapat terjadi karena berkembangnya intelektual manusia dan perkembangan ilmu pengetahuan.BAB III PENUTUP 3. kita perlu selain mengembangkan ilmu pengetahuan kita. ekonomi dan budaya masyarakat.2 SARAN Sebagai bangsa Indonesia yang sedang menghadapi arus modernisasi dan globalisasi yang sangat pesat ini. kita memiliki kewajiban ganda untuk tetap melestarikan warisan budaya bangsa dan juga membangun kebudayaan nasional yang modern. 3. Agar kedua kewajiban ini dapat terlaksana. Namun agar tidak terlalu terbawa arus modernisasi dan globalisasi yang begitu pesat sehingga menyebabkan warisan budaya kita terkikis dan terancamnya kelestarian lingkungan. Hal ini menyebabkan seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain tanpa terbatas oleh batas-batas geografis. Hal ini karena peradaban manusia berkembang sejalan dengan bertambahnya zaman dan berkembangnya ilmu pengetahuan manusia. kita sebagai bangsa harus terus menggali ilmu pengetahuan dan teknologi serta informasi tanpa menghilangkan jati diri Indonesia melalui pelestarian nilai-nilai dan moral bangsa. Sedangkan globalisasi muncul karena adanya modernisasi sehingga dengan adanya globalisasi manusia atau individu tidak terbatas lagi dengan perbedaan wilayah. kita harus tetap menjaga nilai dan moral yang telah dianut oleh bangsa kita. Modernisasi merupakan perkembangan peradaban manusia dari manusia yang tradisionil menjadi manusia yang lebih maju lagi. .

id/2010/01/dampak-globalisasi-ekonomi-danpengaruh.DAFTAR PUSTAKA Lubis.html . Lysna dkk.org/w/index. 2010.php?title=modernisasi&action=edit http://www. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta http://id. Bahan ajar ilmu sosial dan budaya.org/w/index.wikipedia.php?title=Globalisasi&action=edit http://id.wikipedia.web.gusbud.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful