P. 1
Zona Pesisir Dan

Zona Pesisir Dan

|Views: 132|Likes:
Published by Afri Nata

More info:

Published by: Afri Nata on Apr 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/24/2012

pdf

text

original

ZONA PESISIR DAN LAUT

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari keadaan lautan. Bidang kajian ilmu tersebut laut dan gerakannya, arus, pasang naik, pasang surut, temperatur, kedalaman, dan kehidupan yang ada didalamnya, termasuk pula geologi laut dan bentukan-bentukan yang ditimbulkan oleh proses kelautan.Sebagian besar permukaan bumi terdiri atas permukaan laut/lautan. Diperkirakan hampir tiga per empat atau 71% dari muka bumi tertutup oleh lautan. Bagian terbesar dari lautan terletak di belahan bumi selatan, sedangkan belahan bumi utara sebagian besar merupakan daratan. Menurut zona atau jalur kedalamannya, laut dapat dibedakan menjadi beberapa zona sebagai berikut. a.Zona litoral atau jalur pasang, yaitu bagian cekungan lautan yang terletak di antara pasang naik dan pasang surut.
b.

Zona epineritik, yaitu bagian cekungan lautan di

antara garis-garis surut dan tempat paling dalam yang masih dapat dicapai oleh daya sinar matahari. c. Zona neritik, yaitu bagian cekungan lautan yang dalamnya antara 50-200 m. d. Zona batial, yaitu bagian cekungan lautan yang dalamnya antara 200 ± 2.000 m. e. Zona abisal, yaitu bagian cekungan lautan yang dalamnya lebih dari 2.000 m. Setiap jalur tersebut biasanya mempunyai ciri- ciri persekutuan hidup jasad ± jasad tertentu sehingga dengan menggunakan fosil ± fosil yang ditemukan dapat direkonstruksi keadaan daerah itu seperti semula.

2. Pembagian

Contoh : Laut Bering terhalang oleh Kepulauan Aleuten.Sebagai penyedia bahan makanan berbagai ikan yang hidup di padang lamun. Kadar garam 25-35 per mil. c. Laut Utara terhalang oleh Kepulauan Inggris. dan kehidupan yang ada didalamnya. temperatur. Sebagai perangkap sedimen sehingga terhindar dari erosi.laut Menurut Letaknya Menurut letaknya. yaitu bagian lautan yang terletak di pinggir benua serta terhalang dari lautan luas oleh gugusan pulau atau jazirah. Laut tepi. pasang naik. Laut Tiongkok Selatan e. Diperkirakan hampir tiga . Sebagai bahan untuk membuat kertas. arus. termasuk pula geologi laut dan bentukan-bentukan yang ditimbulkan oleh proses kelautan. e. b. Laut Ochostk terhalang oleh jazirah Kamsyatka dan Kepulauan Kurillen. yaitu sebagai berikut. d. kedalaman.Sebagai tempat berkembangbiaknya ikan-ikan kecil dan udang. Bidang kajian ilmu tersebut laut dan gerakannya. Fungsi padang lamun di lingkungan pesisir adalah sebagai berikut. ZONA PESISIR DAN LAUT Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari keadaan lautan.Sebagian besar permukaan bumi terdiri atas permukaan laut/lautan. laut dapat dibagi dalam tiga golongan. a. Sebagai bahan untuk membuat pupuk. a. pasang surut.

Contoh : Laut Pertengahan Australia. Laut jenis ini pada umumnya terjadi pada akhir zaman glasial.Pembagian laut Menurut Zona Kedalamannya terhalang oleh Filipina dan Kepulauan Indonesia. Laut ini terjadi karena turunnya tanah sebagai akibat tekanan vertikal ( gaya endogen ) yang menimbulkan patahan. Laut Es Utara dengan gugusan Kepulauan Spitsbergen. Contoh : Laut Baltik. dan Laut Jepang terhalang oleh Kepulauan Jepang. sedangkan belahan bumi utara sebagian besar merupakan daratan. dan Laut Hitam. Contoh: Laut Karibia. yaitu laut yang terjadi karena perubahan permukaan air laut positif. yaitu laut yang terletak di antara dua benua yang memiliki gejala-gejala gunung api dan mempunyai gugusan pulau-pulau.per empat atau 71% dari muka bumi tertutup oleh lautan. sehingga sebagian dari daratan digenangi air. Laut ingresi atau laut tanah turun. a. Laut Tengah dengan gugusan pulau-pulau Yunani. Bagian terbesar dari lautan terletak di belahan bumi selatan. baik yang disebabkan oleh kenaikan permukaan air laut itu sendiri atau oleh turunnya daratan perlahan-lahan. dan Laut Tengah. Asia. Laut transgresi atau laut meluas.Laut pedalaman. dengan gugusan Kepulauan Indonesia.Laut pertengahan atau laut tengah. Laut Karibia dengan gugusan pulau ± pulau Antilen besar. 3. 1. b. b. c. . Contoh: Laut Jawa dan Laut Utara. Laut Kaspia. Laut Jepang. Pembagian Laut Menurut Terjadinya Menurut terjadinya laut juga dapat dibedakan menjadi tiga golongan sebagai berikut. yaitu bagian lautan yang hampir seluruhnya dikelilingi oleh daratan.

c. Laut regresi atau laut menyempit. yaitu laut yang terjadi pada zaman es .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->