P. 1
Dinding Geser Dan Kolom Memikul Bersamaan Beban Akibat Gempa

Dinding Geser Dan Kolom Memikul Bersamaan Beban Akibat Gempa

|Views: 273|Likes:
Published by Viny Aprilia Utami

More info:

Published by: Viny Aprilia Utami on Apr 22, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/28/2014

pdf

text

original

Dinding geser dan kolom memikul bersamaan beban akibat gempa .

Suatu struktur dapat dikategorikan bahwa struktur vertikal tsb adalah shear wall bila b/h <= 0.4. Pelaksanaan dinding geser/shear wall pada saat pengecoran , hampir sama dengan kolom. Hanya karena daerahnya luas, akan timbul construction joint horisontal. Biasanya shear wall dapat terbagi secara merata, ataupun terpusat di pusat bangunan. Bila diletakkan di pusat bangunan, sisi bagian dalam dapat diperuntukkan untuk lift, ataupun untuk tangga. Coba anda baca literatur tentang shear wall, kolom.

Saya mau nambah sedikit saja karena penjelasan sebelumnya dari aspek struktural dan manajemen konstruksi sudah sangat jelas. Saya juga belum pengalaman dengan dinding geser, tetapi belajar dari pengalaman teman2, perencanaan dinding geser tidak lepas dari jenis struktur gedung, apakah sistem beam-column, flat slab, flat plate, dll. Khusus untuk flat-slab dan flat-plate, dalam memikul gempa ada banyak pendapat. Ada yang mengatakan pelat/slab juga harus diperhitungkan dalam memikul gempa karena pelat juga memiliki kekakuan, ada juga yang menyederhakan hitungan dengan mengasumsikan gempa dipikul oleh perimeter beam, kolom, dan dinding geser. Khusus untuk dinding geser, untuk analisis manual sudah sangat jarang dilakukan. Softaware seperti ETABS, dll. sepertinya masih menjadi andalan beberapa perencana karena kemudahan dalam input beban gempanya.

Dinding geser sebagian besar digunakan sebagai penopang lift. Yt sdr Mahasiswa/i Kami dari Perencana bangunan tinggi(PT Susanto ciptajaya).Sedangkan untuk desain penulangan masih ada juga yang menggunakan cara manual sehingga dapat disesuaikan dengan SNI atau ACI. . perlu juga diperhatikan ketebalan pile-cap.dan biasanya di rekomendai dan melihat hasil banguna sebelumnya.sehingna kolom nya menjadi kecil. Yang perlu diperhatikan juga adalah void/bukaan yang ada pada dinding geser tersebut.dan jarang orang luar. Untuk masalah pondasi. Bukaan tersebut bisa menyebabkan geser yang cukup tinggi.memang untuk TPKB bangunan tingni di jakarta kurang dari sepuluh orang .dan di dinding geser dipakai untuk keperluaan lift. balok pengikat (tie-beam) juga harus cukup kuat menahan perbedaan settlement yang terjadi.karena untuk bangunan tiggi walaupun bisa hitung dan tidak ada yang berani berikan. namun ada juga sebagian gedung yang menggunakan dinding geser pada perimeter wallnya (tanpa balok-kolom).itu 2 saja.Jadi prinsip dinding geser untk menahan gempa.

parabola .. utk konstruksi nya diatas 50 lt. .semua tergantung haarga tanah dan vision dan mision.000per m2).westwood tower(24 lt).40. Baca di buku T Y Lin(konsep design).dan rata betonnya tebal termasuk pile caps 0.40 an tidak dipakai angka sial.tapi segi positvenya.bisa naik sampai Rp 1 jt per m2( 2 kali).Untuk system wall slab..adistana surbaya(nagel)(24 lt).dan jika anda mau membaut skripsi dapat datang ke kantor kami.bisa 3 x ( dari konstruksi rata2 24 lt).jadi struturnay membuat hemat .supaya design lebih ehamt dan added value.angin.biasanya di taruh di antara 24 lt..akan menjadi peluangpertmeuaan makin baynak orang dan peluang bisnis tentunya.dan harus pakai wind tunel test dan ME menajdi mahal. Secara marketing dan keuntungan dan kerugiaan ada positive dan negative.sehingga harga sewa bisa lebih mahal.kalau bagunan tinggi .seperti akan di banguan 186 lantai di Dubai.atau dollars.dan harga sturktur sekitar 15 sampai 20 prosen dari harga bangunan.jadi ati2 .Coa liaht apartmetn jakarta itu rata 2 24 sampai 28 lantai.maka sejak awal struktur harus dilibatkan.karena angka 13.supaya tekana tidak besar.sekarang Diponegoro tower 30 lt .umum besi ratio temasuk pile caps sekitar 140 sd 150 kg per m3. sekian.kami design darmangsa apart(28 lt).dan diatas 100 lt.Kalau hanya di slab sekitar 18 sampai 20 cm.pada ujung nya semua mencari duit.dan kuat terhadap gempa.umumnya 40 lantai .bagus. Walupun harga struktur tinggi...dan juga menajdi landamark.tergantung ketinggian bangunan.dan untuk wall antara 25 sampai 40 cm.dan kalau disebut 55 lantai.. sekiaan.44.Kita bicara 24 lantai murni.4.tapi dilpangan bisa jadi 28 sapai 30 lantai untuk markreting purposed saja.Untuk bangunan sd 24 lt( Rp 650.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->