Jenis-Jenis Plastik yang Ada Di Sekitar Kita

Sampah dan Daur Ulang 2008-09-10

Plastik yang ada disekitar kita dapat dengan mudah dikenali dengan simbol atau lambang yang tertera. Ada 7 macam jenis plastik :

1.

PETE atau ETE (Polyethylene terephthalate)

Jenis ini dipakai untuk botol plastik yang transparan dan tembus pandang seperti botol air mineral, botol minuman sari buah dan botol lainnya. Botol botol dengan bahan ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret.

2. Sama seperti jenis plastik sebelumnya. HDPE (High Density polyethylene) Dipakai untuk botol susu atau minuman sari buah. Plastik ini sangat tipis dan paling sering digunakan sebagai pembungkus makanan. plastik ini direkomendasikan hanya untuk sekali pakai juga 3. Kandungan zat berbahaya dari PVC mudah lumer bila kena makanan panas dan berminyak . V atau PVC (polyvinyl chloride) Plastik ini adalah yang paling sulit di daur ulang.

Contohnya plastik pembungkus gula.4. PS (Polystyrene) . Pastikan melihat ada simbol tulisan ini jika ingin membeli wadah plastik yang baik. PP (Polypropylene) Pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman. Khususnya untuk botol minuman bayi. Plastik yang terbuat dari bahan ini dapat didaur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. 6. LDPE (Low Density Polyethylene) Jenis plastik ini biasanya dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. 5. minyak goreng curah atau terigu. Plastik dengan bahan ini bisa dibilang tidak dapat dihancurkan tetapi tetap baik untuk makanan.

tahan panas dan bisa dipakai berulang kali. suku cadang mobil. asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. 7. Other (Polycarbonate) Jenis plastik ini bening. Banyak negara seperti Amerika Serikat dan Cina menghindari penggunaan styrofoam.Bahan ini lebih dikenal dengan sebutan styrofoam. Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol minuman olahraga. alat rumah tangga dan plastik kemasan. Selain tempat makanan. -WIL- . styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok. Didalam plastik ini terdapat bahan styrine yang berbahaya bagi otak dan sistem saraf.

PVC dianggap sebagai jenis plastik yang paling berbahaya. Habiskan segera isinya. dan Plastik / Plastic kemasan untuk produk bukan makanan. Semakin lama wadah terbuka. jika tutup wadah telah dibuka. KODE 3 PLASTIK / PLASTIC BERTULISKAN PVC Plastik / Plastic PVC atau Polyvinyl Chloride (PVC) sering digunakan pada mainan anak. obat. Plastik jenis ini digunakan untuk botol kosmetik. maka kandungan kimia yang terlarut semakin banyak. dan cairan kimia. Plastik jenis ini tidak boleh digunakan berulang-ulang atau hanya sekali pakai. KODE 2 PLASTIK / PLASTIC BERTULISKAN HDPE Plastik / Plastic HDPE atau High Density Polyethylene banyak ditemukan sebagai Plastik / Plastic kemasan makanan dan obat yang tidak tembus pandang. obat. bahan bangunan. Beberapa negara Eropa bahkan sudah melarang penggunaan PVC untuk bahan mainan anak di bawah tiga tahun. tutup plastik. KODE 4 PLASTIK / PLASTIC BERTULISKAN LDPE Plastik / Plastic LDPE atau Low Density Polyethylene (LDPE) sering digunakan untuk . minuman. minyak goreng. jeriken pelumas. maupun kosmetik.KODE 1 PLA STIK / PLA STIC BERTULISKAN PET ATAU PETE Plastik / Plastic PET atau PETE (Polyethylene terephthalate) sering digunakan sebagai Plastik / Plastic botol minuman. kecap. sambal.

minuman.membungkus. daging beku. Kode Keterangan . kantong/tas kresek KODE 5 PLA STIK / PLA STIC BERTULISKAN PP Plastik / Plastic PP atau Polypropylene sering digunakan sebagai kemasan Plastik / Plastic makanan. dan botol bayi menggunakan plastik jenis ini. misalnya sayuran.

Karena lebih tahan terhadap bahan senyawa kimia. HDPE seperti PTE tetapi lebih tahan terhadap bahan kimia. minyak. Bahan ini dibanyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara cina. Barang dengan kode ini bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. air jus. PETE atau PET ( Polyethylene Terephthalate) Biasa di pakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/tembus pandang seperti botol air mineral. Digunakan hanya untuk satu kali saja. dan hamper semua botol minuman lainnya. air. tempat CD. jelly dan tidak untuk air hangat apalagi air panas. botol minum. Vinyl (Polyvinyl Chloride or PVC). dll.Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. kotak sereal dan produk pencuci. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf manusia. tempat obat dan botol minum untuk bayi. HDPE ( High Density Polyethilene) . Barang-barang dengan kode ini dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Nickname: Polyester. HDPE juga seperti PTE pengunaannya hanya sekali saja. Cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik. botol jus. Polypropylene (PP). 2. Benda dengan kode HDPE digunakan untuk botol susu. Bentuknya berwarna putih susu. mustard). High Density Polyethylene (HDPE). PET biasanya dipergunakan di botol minuman dan jenisnya transparan. PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam. karton tempat telor. tempat minum sekali pakai. bahan ini paling susah untuk didaur ulang dan biasa digunakan untuk pipa dan kontruksi bangunan. PETE). jus. Barang dengan kode inibisa dibilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. Hindari bahan plastik Polycarbonate.Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret baret. biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek (madu. Polystyrene (PS). Cirinya biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. jernih/bening. Other. dll Low Density Polyethylene (LDPE).Polyethylene Terephthalate (PET. Barang dengan kode ini merupakan pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan. Botol botol dengan bahan berkode #1 dan #2 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Seperti digunakan untuk tempat air mineral.

Sama seperti kode #1 PET. Mengingat begitu banyak bahaya kesehatan yang bisa di timbulkan akibat pemakaian kemasan plastic untuk bahan makanan. 6. LDPE (Low Density Polyethylene) Biasa di pakai untuk tempat makanan dan botol botol yang lembek. #2 juga di rekomendasikan hanya untuk sekali pemakaian.Barang barang dengan kode #4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yag memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. . Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila di panaskan. botol minuman dan terpenting botol minum untuk bayi.Bahan styrene berbahaya untuk otak dan system syaraf. hati dan berat badan.Bahan Polystyrene bias membocorkan bahan styrene ke dalam makanan ketikan makanan tersebut bersentuhan. 7. dan botol botol. CARI SIMBOL INI BIL A MEMBELI BARANG BERBAHAN PLASTIK.Karakteristik adalah biasanya botol transparan yang tidak jernih atau berawan.Barang dengan #4 bisa di ilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan. Plastik ini bias di temukan pada plastic pembungkus (cling wrap). maka berhati hatilah sebelum membeli atau menggunakan bahan plastic tersebut. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal.tempat minum sekali pakai. asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. V atau PVC ( Polyvinyl Chloride) Adalah plastik yang paling sulit di daur ulang.Bahan ini harus di hindari dan banyak Negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan Styrofoam termasuk China. OTHER ( biasanya Polycarbonate) Bisa di dapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. dll. HIndari bahan plastic Polycarbonate. 5. Selain tempat makanan. styrene juga bisa di dapatkan dari asap rokok. PS ( Polystyrene) Biasa dipakai sebagai bahan tempat makan Styrofoam. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak system hormon. 3.Biasa di pakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. PP ( Polypropylene) Adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan. 4.

dan murah. Plastik dipakai karena ringan. Plastik ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap). Akan tetapi plastik juga beresiko terhadap lingkungan dan kesehatan keluarga kita. dan botol bayi walaupun sekarang sudah ada botol bayi dan penyimpan makanan yang tidak mengandung Bisphenol A sehingga aman untuk dipakai makan.Plastik adalah salah satu bahan yang dapat kita temui di hampir setiap barang. #5. V atau PVC (polyvinyl chloride) adalah plastik yang paling sulit di daur ulang. Sama seperti #1 PET. botol air mineral. TV. #3. mobil. plastik penutup makanan. Barang-barang dengan kode #4 dapat di daur ulang dan baik untuk barang-barang yang memerlukan fleksibilitas tetapi kuat. Kandungan dari PVC yaitu DEHA yang terdapat pada plastik pembungkus dapat bocor dan masuk ke makanan berminyak bila dipanaskan. plastik laminating. HDPE (high density polyethylene) biasa dipakai untuk botol susu yang berwarna putih susu. Oleh karena itu kita harus mengerti plastik-plastik yang aman untuk kita pakai. Buang botol yang sudah lama atau terlihat baret-baret. alat-alat militer hingga pestisida. Karakteristik adalah biasa botol transparan yang tidak jernih atau berawan. gigi palsu. Barang dengan #4 bisa dibilang tidak dapat di hancurkan tetapi tetap baik untuk tempat makanan. compact disk (CD). #4. botol jus. dan hampir semua botol minuman lainnya. Jangan pakai untuk air hangat apalagi panas. kutex (pembersih kuku). LDPE (low density polyethylene) biasa dipakai untuk tempat makanan dan botol-botol yang lembek. mesin. kulkas. Satu tes membuktikan 95% orang pernah memakai barang mengandung Bisphenol-A. Boto-botol dengan bahan #1 dan #2 direkomendasikan hanya untuk sekali pakai. Apakah arti dari simbol-simbol yang kita temui pada berbagai produk plastik PETE atau PET (polyethylene terephthalate) biasa dipakai untuk botol plastik yang jernih/transparan/ tembus pandang seperti botol air mineral. Oleh karena itu kita bisa hampir dipastikan pernah menggunakan dan memiliki barang-barang yang mengandung Bisphenol-A. hati dan berat badan. tidak mudah pecah. pipa pralon. Mulai dari botol minum. . #2 juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian. PP (polypropylene) adalah pilihan terbaik untuk bahan plastik terutama untuk yang berhubungan dengan makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan. botol minum dan terpenting botol minum untuk bayi. dan botol-botol. Salah satu barang yang memakai plastik dan mengandung Bisphenol A adalah industri makanan dan minuman sebagai tempat penyimpan makanan. PVC berpotensi berbahaya untuk ginjal. Cari simbol ini bila membeli barang berbahan plastik.

dll. asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. harga tersebut lebih berharga dibandingkan kesehatan keluarga kita. PS (polystyrene) biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam. styrine juga bisa didapatkan dari asap rokok. Selain tempat makanan. Bahan ini harus dihindari dan banyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara China . Masih banyak sekali barang plastik yang tidak mencantumkan simbol-simbol ini. terutama barang plastik buatan lokal di Indonesia . Hindari juga membuang sampah plastik terutama yang mengandung Bisphenol-A sembarangan karena bahan tersebut pun bisa mencemari air tanah yang pada akhirnya pun bisa mencemari air minum banyak orang. Bahan Polystyrene bisa membocorkan bahan styrine ke dalam makanan Ketika makanan tersebut bersentuhan. gelas atau pyrex sebagai gantinya. Polycarbonate bisa mengeluarkan bahan utamanya yaitu Bisphenol-A ke dalam makanan dan minuman yang berpotensi merusak sistem hormon. tempat minum sekali pakai. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf. (Polystyrene foam containers are a common nuisance worldwide: they cause pollution in their production. Hindari penggunaan plastik apapun di Microwave. they don't biodegrade for hundreds of years.#6. Oleh karena itu. Kalaupun barang bersimbol lebih mahal. Pada akhirnya. they are a waste of resources since they are used only once. Gunakan bahan keramik. Plastik jenis ini berwarna jernih atau . Hindari bahan plastik Polycarbonate. Other (biasanya polycarbonate) bisa didapatkan di tempat makanan dan minuman seperti botol minum olahraga. Angka 1 Tanda ini biasanya disertai tulisan PET (polyethylene terephthalate). and they release toxic gases when burned. kalau anda ragu lebih baik tidak membeli. The styrene may even be a health concern as it can leach out of the packaging and into human fat tissue.) #7.

Pada kemasan yang mengandung plastik jenis ini biasanya tertera logo daur ulang (terkadang berwarna merah) dengan angka 3 di tengahnya serta tulisan V yang berarti PVC (polyvinyl chloride). Angka 3 Inilah jenis plastik yang paling sulit didaur ulang. Plastik ini bisa ditemukan pada pembungkus (wrap) dan beberapa botol minuman kemasan. bila terlalu sering dipakai. Angka 2 Umumnya. terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan. Bagi perempuan. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas plastik ini berbahaya untuk ginjal. dan botol-botol yang lembek. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman digunakan karena kandungan plastiknya mampu mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik dengan makanan atau minuman yang dikemasnya. buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. untuk membuat PET dan HDPE digunakan senyawa antimoni trioksida. Sebisa mungkin hindari pemakaian jenis plastik ini. DEHA bisa lumer pada suhu 15 derajat celsius. plastik kemasan. Namun. Kontaminasi senyawa dalam periode lama akan menyebabkan iritasi kulit dan saluran pernapasan. Karakter plastik ini kuat. transparan yang tidak jernih atau berawan. kursi lipat. memiliki ketahanan yang baik terhadap lemak. Angka 4 Biasanya ditulis bersama kode LDPE (low density polyethylene). stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. hati dan penurunan berat badan. apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat atau panas. Angka 5 Tulisann PP (polypropylene) biasanya hadir bersama angka ini. Mengapa? Pertama. Yang perlu diperhatikan adalah botol dengan bahan ini direkomendasikan hanya sekali pakai. ringan dengan daya tembus uap yang rendah. Karakteristik plastik ini lebih kuat. keras. Carilah wadah dengan kode angka 5 bila membeli barang berbahan plastik untuk menyimpan kemasan berbagai makanan dan . plastik ini sangat resisten terhadap senyawa kimia. botol minum dan terpenting botol susu untuk bayi serta wadah plastik yang bisa dipanaskan dalam microwave. senyawa ini bisa meningkatkan masalah menstruasi dan keguguran. PP adalah jenis bahan plastik terbaik dan aman. kurang baik bagi gas-gas yang lain seperti oksigen. jus. akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik (yang dapat menyebabkan kanker) dalam jangka panjang. fleksibel dengan permukaan agak berlemak. Kedua. Bahan ini baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimiawi dengan makanan yang dikemasnya. galon air minum. sama seperti PET. Lama kelamaan bakteri dari tangan dan mulut dapat tumbuh di botol. Senyawa kimia itu mudah masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. Plastik ini sulit dihancurkan tapi dapat didaur ulang. dan lain-lain. Pada suhu di bawah 60 derajat Celsius. kode ini disertai tulisan HDPE (high density polyethylene). Biasa dipakai untuk botol kemasan susu berwarna putih. HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian saja. Cari alternatif pembungkus lain saja seperti plastik dari polyethylene atau bahan alami. agak tembus cahaya. desain leher sempit pada botol membuatnya sulit dibersihkan. Daya proteksinya terhadap uap air tergolong baik.transparan dan banyak dipakai untuk botol air mineral. Terbuat dari minyak bumi dan biasa dipakai untuk tempat makanan. dan hampir semua botol minuman ringan lain. Meski begitu. Jenis plastik ini memiliki sifat bahan yang lebih kuat. misalnya daun pisang atau daun jati. Jenis ini berbahaya untuk kesehatan karena mengandung DEHA (Di-2-etil-heksiladipat) yang dapat bereaksi dengan makanan saat bersentuhan langsung. Pasalnya.

suku cadang mobil. Sebenarnya PC tidak dianjurkan sebagai wadah karena dapat mengeluarkan bahan utamanya. Selain itu. bahan plastik ini sulit didaur ulang karena memerlukan proses yang sangat panjang dan lama. gelas Balita (sippy cup). Sedangkan SAN dan ABS baik digunakan sebagai kemasan karena memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu. botol minum polikarbonat. komputer. Sementara ABS digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. pembungkus termos. Biasanya SAN terdapat pada mangkuk miksaer. dan lain-lain. Selain tempat makanan.minuman. . Bisphenol A ke dalam makanan dan minuman. asap kendaraan dan bahan konstruksi gedung. termasuk kaleng susu formula. piring. mengganggu hormon estrogen pada perempuan yang berakibat pada masalah reproduksi. dan kaleng kemasan. kromosom pada ovarium. Efeknya. Jenis plastik ini terbagi 4 yaitu PC (polycarbonate). PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam. alat makan. tempat minum sekali pakai. Bahan ini harus dihindari. bisa merusak sistem hormon. dan mengubah fungsi imunitas. OTHER dapat ditemukan pada botol minum olahraga. penurunan produksi sperma. karena berbahaya untuk kesehatan otak. Angka 6 Terbuat dari bahan plastik jenis PS (polystyrene). dan Nylon. botol susu bayi. SAN (styrene acrylonitrile). alat rumah tangga. pertumbuhan dan sistem saraf. dan plastik kemasan. styrene juga bisa didapatkan dari asap rokok. dan sikat gigi. alat elektronik. ABS (acrylonitrile butadiene styrene). Angka 7 Biasanya disertai tulisan OTHER. Polystyrene merupakan polimer aromatik yang dapat mengeluarkan bahan styrene ketika makanan itu bersentuhan dengan wadah. penyaring kopi.