P. 1
alat medis

alat medis

|Views: 501|Likes:
Published by Vogy Herfandi

More info:

Published by: Vogy Herfandi on Apr 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/06/2013

pdf

text

original

Thermometer. ; . pisau bedah, cateter. oksigen regulator ,pispot,walter letter u Korentang.

jarum jahit Polyester (braided) Silk (braided) Catgut (plain) Catgut (chromic) Polypropylene (monofilament) suture materials

bed.

Kegunaannya adalah untuk menjepit jaringan. Kegunaanya adalah untuk hemostatis untuk jaringan tipis dan lunak. Pisau Bedah Pisau bedah terdiri dari dua bagian yaitu gagang dan mata pisau (mess/bistouri/blade). Gunting Pembalut/Perban Kegunaannya adalah untuk menggunting plester dan pembalut. Klem Allis Penggunaan klem ini adalah untuk menjepit jaringan yang halus dan menjepit tumor. 4. Gunting Benang Ada dua macam gunting benang yaitu bengkok dan lurus. lurus dan bengkok. Sifatnya mempunyai gigi pada ujungnya seperti pinset sirugis. Nald vooder/Needle Holder/Nald Heacting Gunanya adalah untuk memegang jarum jahit (nald heacting) dan sebagai penyimpul benang. Klem (Clamp) Klem Arteri Pean Ada dua jenis yang lurus dan bengkok. Gunting Gunting Diseksi (disecting scissor) Gunting ini ada dua jenis yaitu. Ujungnya biasanga runcing. 2.1. kegunaannya adalah memotong benang operasi. Terdapat dua tipe yabg sering digunakan yaitu tipe Moyo dan tipe Metzenbaum. Klem Babcock . merapikan lukan. Mata pisau disesuaikan dengan bagian tubuh yang akan disayat. Kegunaanya adalah untuk menyayat berbagai organ atau bagian tubuh manusia. 3. Klem Kocher Ada dua jenis bengkok dan lurus.

mengambil kassa. 8. Deschamps Aneurysm Needle Penggunaannya adalah untuk mengikat pembuluh darah besar. dan laken steril. 6. Korentang Penggunaannya adalah untuk mengambil instrumen steril. 5. 9. Pinset Splinter Penggunaannya adalah untuk mengadaptasi tepi-tepi luka ( mencegah overlapping). menjepit jaringan yang tipis dan lunak. mengeruk ulkus kronis. Retraktor (Wound Hook) Retraktor langenbeck.Penggunaanya adalah menjepit dock atau kain operasi. . dan mengetahui kedalam luka. Pinset Pinset Sirugis Penggunaannya adalah untuk menjepit jaringan pada waktu diseksi dan penjahitan luka. Pinset Anatomis Penggunaannya adalah untuk menjepit kassa sewaktu menekan luka. 7. Wound Curet Penggunaannya dalah untuk mengeruk luka kotor. doek. memberi tanda pada kulit sebelum memulai insisi. jas operasi. 10. US Army Double Ended Retraktor dan Retraktor Volkman penggunaannya adalah untuk menguakan luka. Sonde (Probe) Penggunaannya adalah untuk penuntun pisau saat melakukan eksplorasi.

Sedangkan untuk menjahit otot dipakai yang berpenampang bulat ( rounde nald ). semoga bisa menjadi tambahan materi pembelajaran dalam perkuliahan maupun praktikum. .11. Jarum Jahit Penggunaanya adalah untuk menjahit luka yang dan menjahit organ yang rusak lainnya. Demikian sedikit artikel mengenai intrumen bedah minor. Untuk menjahit kulit digunakan yang berpenampang segitiga agar lebih mudah mengiris kulit (scharpe nald).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->