Komnas HAM: DPR Perhatikan Kasus Syiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Komnas Hak Asasi Manusia Ifdhal Kasim meminta agar Komisi VIII DPR juga memperhatikan kasus-kasus ancaman kekerasan terhadap warga negara yang menganut ajaran Islam aliran Syiah yang cenderung luput dari pemberitaan media. "Ini penting mendapat perhatian Komisi VIII melihat perkembangan yang dialami warga negara kita yang memilih orientasi agamanya pada ajaran syiah," kata Ifdhal dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VIII DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (23/2/2011). Menurut Ifdhal, ancaman kekerasan terhadap pengikut aliran Syiah banyak terjadi di Jawa Timur. Contoh terakhir adalah penyerangan terhadap pesantren Yayasan Pondok Pesantren Islam (YAPI) di Desa Kenep, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Selasa (15/2/2011) oleh sekelompok pemuda bermotor. "Serangan yang terjadi di YAPI itu sebetulnya rentetan apa yang terjadi sejak 2007," kata Ifdhal. Ifhdal menambahkan, Ikatan Jamaah Ahlul Bait Indonesia (IJABI) yang menaungi pengikut aliran Syiah melaporkan ancaman kekerasan terhadap pesantren YAPI kepada Komnas HAM. "Yang pesantrennya dirusak, mengadu secara resmi kepada Komnas untuk ditangani," katanya. Selain aliran Syiah, tambah Ifdhal, pemeluk-pemeluk aliran minoritas lainnya yang tidak mendapat perhatian media juga harus menjadi perhatian DPR. Seperti pemeluk aliran Bahai. "Kasusnya memang tidak mendapat perhatian, mengenai pembatasan hak-hak sipil tidak terjadi di alam demokrasi kita," imbuhnya.

Pram: Rakyat Mesir Jangan Terjebak Euforia Demokrasi Seperti di Indonesia Elvan Dany Sutrisno detikNews

Jakarta - Wakil Ketua DPR Pramono Anung mengapresiasi jika transisi Mesir mencontoh
reformasi di Indonesia. Namun Pram mengingatkan rakyat Mesir agar tidak terjebak dengan euforia demokrasi yang sempat terjadi di Indonesia di awal masa transisi. "Secara basic gagasan itu tentunya adalah hal yang positif. Namun tentunya kita harus mengingatkan rakyat Mesir agar tidak terjebak euforia demokrasi yang terjadi di Indonesia," ujar Pram kepada detikcom, Minggu (13/1/2011). Hal itu dikatakan Pram menanggapi pemikiran pemerintah AS yang memandang Indonesia adalah contoh terbaik peralihan kekuasaan bagi Mesir. Pram mengenang saat-saat Indonesia mengawali reformasi. Tuntutan rakyat terhadap reformasi sangat besar dan terlalu jauh menginginkan perubahan sistem kenegaraan. "Ada beberapa keinginan melakukan amandemen berlebihan pada saat itu. Kalau kita melihat pada saat ini, pemerintahan transisi Mesir juga harus belajar," imbau Pram. Pemerintah Mesir dimintanya tidak begitu saja menelan mentah-mentah contoh reformasi di Indonesia. Mereka harus mempelajari perjalanan 12 tahun reformasi di Indonesia. "Demonstrasi dari rezim otoriter tidak bisa dari ujung ke ujung. Mereka perlu belajar dari pengalaman 12 tahun proses reformasi di Indonesia berjalan," terang Pram. Pram berharap rakyat Mesir belajar memahami makna reformasi sebenarnya. "Tetapi juga harus memahami substansi yang terjadi bukan hanya karena euforia saja," tandasnya.

.Presiden: Hapus 5 penyakit penghambat investasi BOGOR: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pejabat di tingkat pusat dan daerah agar menghapus lima penyakit yang menghambat program pembangunan dan investasi di Indonesia. sering terjadi stagnasi program pembangunan di kementerian karena tidak mengalirnya kebijakan di tingkat menteri hingga level pejabat eselon karena adanya perbedaan pandangan." katanya dalam rapat kerja soal Percepatan dan Perluasan Program Pembangunan Ekonomi Indonesia di Istana Bogor. utamanya di pusat dalam merespons rencana program pembangunan. Saya berikan contoh ada dua kabupaten. Dalam hal ini. "[Oleh] karena ada kepetingan sendiri tidak memperlancar dan cenderung menghambat. hari ini. satu kabupaten satu kota. Menurut dia. Semua setuju. terhambatnya program pembangunan atau investasi di daerah karena faktor kepentingan kelompok dan pribadi pejabat. ditemukan ada lima macam penyakit yang terjadi di daerah dan pusat yang menyebabkan pembangunan tidak berhasil. Ada rencana [investasi] yang bagus sekali. dalam evaluasi selama 6 tahun dirinya memimpin pemerintahan. tapi terhambat karena sang bupati dan sang walikota tidak setuju. Dia mengungkapkan lima penyakit itu yang pertama adalah kelambanan birokrasi. tuturnya. Kedua. gubernur setuju.

rakyat tidak dapat apa-apa dan daerah tidak dapat apa-apa. sikap pejabat yang sudah tahu ada regulasi menghambat dan bisa perbaiki tapi tidak segera diperbaiki. "Demokrasi membawa amanah." Keempat. Kondisi seperti itu. lanjutnya. munculnya intrik kepentingan atau proses politik yang tidak sehat di tingkat pusat dan daerah. US$300 miliar itu mencarinya susah payah." Untuk itu. investor ingkar janji atau gagal memenuhi komitmen investasi setelah mendapatkan hak secara khusus. Presiden memberi contoh kegagalan proyek investasi di bidang jalan tol dan perkebunan. tapi hak investasi tidak bisa dilepas sehingga peluang investasinya menjadi tersandera. US$200 miliar. "Tidak dijalankan. "Nah. Politik harus menjadi solusi dan tidak boleh politik diartikan untuk kepentingan-kepentingan sempit yang mengunci segalanya." Penyakit ketiga. mungkin terjadi di tingkat kementerian atau di daerah sehingga sangat mengganggu kegiatan pembangunan dan investasi. Terkunci. Investasi US$100 miliar. terpaksa saya 'turun gunung' untuk menggandeng supaya investasi mengalir ke daerah. . Rencana meleset. tapi nyatanya karena tidak mendapatkan proyek. Presiden mengingatkan kepada pejabat pusat dan daerah agar menghapus lima penyakit itu untuk mendukung menggerakkan program percepatan dan perluasan pembangunan ekonomi nasional. yang begini ini tidak boleh. Ini juga penyakit.Dia menambahkan kalau bupati menolak dengan alasan yang jelas tidak menjadi soal. sehingga jelas itu suatu kesalahan. Kelima.

Untuk itu. Seperti diberitakan Sekab Dipo Alam menginstruksikan kepada jajaran pemerintahan memboikot iklan kepada media massa yang dinilai telah menjelek-jelekkan Pemerintah. mengatakan Dipo Alam sebagai pejabat Pemerintah telah memberikan contoh yang buruk bagi demokrasi di Indonesia. "Bukan kemudian menyerukan kepada instansi Pemerintah untuk memboikot iklan." katanya. "Kalau Dipo Alam sebagai pejabat Pemerintah." katanya. Jakarta. Sekretaris Kabinet Pemerintahan SBY. Rabu (22/2/2011). maka harus memberikan suatu contoh ketaatan terhadap UU dan produk hukum yang berlaku. Menurut dia. langkah yang harus ditempuh sebagai pejabat negara bukan menyebarkan sikap represif kepada media massa tetapi mengadukan keberatan itu kepada Dewan Pers. Aktivis Petisi 28 Haris Rusli Moti yang diterima oleh Anggota Dewan Pers Agus Sudibyo di Gedung Dewan Pers. pernyataan Dipo Alam telah melenceng jauh dari fungsinya sebagai Sekretaris Kabinet.Dipo Alam Diadukan ke Dewan Pers Petisi 28 mengadukan Sekretaris Kabinet (Sekab) Dipo Alam kepada Dewan Pers atas pernyataannya yang dinilai telah melakukan represi kepada media dan anti demokrasi. . Menurut dia. atau melaporkan ke aparat hukum terkait kalau dianggap memfitnah atau mencemarkan nama baik. pihaknya meminta agar Dewan Pers mengundang Dipo Alam untuk melakukan klarifikasi terhadap pernyataannya. kalau dia keberatan terhadap pemberitaan itu.

Banyak langkah yang kemudian ditempuh oleh MK dengan putusan-putusannya yang mungkin menggegerkan dunia hukum dan keadilan di Indonesia. sistematis dan massif dalam Pemilukada. banyak pula yang menilai MK melampaui kewenangannya sebagaimana telah diatur oleh UndangUndang bahwa MK hanya berwenang memutus sengketa Pemilukada yang hanya berkaitan dengan hasil selisih perolehan suara. namun ada keadilan substantif yakni pelanggaran yang terstruktur. Sebagai contoh adalah kontroversi MK dalam memutus pemilihan ulang Pemilukada Gubernur Jawa Timur di tahun 2008. Banyak orang memuji vonis MK itu merupakan sebuah terobosan baru dalam penegakan hukum karena tidak sekadar formalitas saja yang diputuskan MK. Ada yang mencercanya dan ada pula yang memakinya. Dengan tegas MK pun akhirnya memperdengarkan rekaman itu secara terbuka sehingga beberapa stasiun televisi mengikuti persidangan dan kemudian menyiarkannya secara langsung. Semenjak didirikannya Mahkamah Konstitusi (MK) pada tahun 2003. Di sisi lain. Semua orang pasti membuka mata lebar-lebar dan juga memperdebatkan gagasan MK tersebut.Cerita di Balik Mahkamah Konstitusi Lembaga peradilan beserta problematika hukum di Indonesia pada saat ini mengalami perkembagan yang menggembirakan. Bukan tanpa alasan. Langkah MK dalam memutus permohonan yang diajukan memang seringkali menimbulkan berbagai macam reaksi. Selanjutnya. Langkah dan putusan MK tidak . muncul titik cerah dalam penegakan hukum di Indonesia. jalan buntu yang dialami dalam proses penegakan hukum di lembaga peradilan Indonesia menjadi terbuka dan transparan dengan gebrakan dan langkah penegakan keadilan subtantif yang digagas oleh MK. di tahun 2009 dunia hukum menjadi geger tatkala MK memperdengarkan rekaman rekayasa untuk melemahkan KPK dengan jalan mengkriminalisasi pejabat-pejabatnya yakni BibitChandra.

Mahfud MD juga berusaha agar dirinya tidak mengkalim prestasi MK adalah prestasi yang diperoleh secara perorangan. Tetapi yang harus ditegaskan adalah tidak ada konflik yang selama ini diduga-duga oleh media massa. dijelaskan pula alasan mengapa Jimly Asshiddiqie mengajukan pengunduran dirinya dari hakim MK setelah tidak terpilih lagi menjadi ketua MK. Namun. Mahfud mengakui bahwa dirinya bisa sampai ke MK tidak terlepas dari ajakan Jimly dan persentuhannya secara akademis dengan gagasan pembentukan MK. di balik itu semua. . Bagi Mahfud. hal itu sangat mungkin. Lebih lanjut mengenai substansi buku ini. Rita adalah orang yang tepat dalam mengkisahkan kembali pengalaman Mahfud MD melalui buku ini. berkat Jimly pula MK menjadi lembaga peradilan yan disegani baik dalam negeri sampai luar negeri dalam pembangunan demokrasi dan hukum (hlm 35-59). Rita sendiri sebagai penulis buku telah akrab dengan MK. Lebih lanjut lagi. Akan tetapi dalam proses pengerjaan buku ini dan seiring kesibukan padat seorang ketua MK. Oleh sebab itu. Dengan demikian. Mahfud MD di Balik Putusan Mahkamah Konstitusi yang ditulis oleh Rita Triana Budiarti inilah yang akan mengajak pembaca semua pada rahasia di balik serba-serbi dan latar belakang dinamika serta kendala apa saja yang dihadapi secara internal oleh MK dalam memutus perkara. Rita sebagai penulis buku hanya menguraikan kembali bahasa lisan yang dituturkan oleh Mahfud MD menjadi bahasa tulis agar bahasanya mengalir dengan lancar dari segi logika dan sistematikanya. Ia pernah menuliskan buku Memoar Lima Tahun Kepemimpinan Jimly Asshiddiqie di Mahkamah Konstitusi. Diakui oleh Mahfud bahwa Jimly memiliki beban psikoligis. segenap staf di sekretariat jenderal dan kepaniteraan MK serta dukungan dan kritik dari luar MK. dirinya dengan Jimly tidak pernah ada konflik. pengunduran Jimly justru menjadi beban berat bagi Mahfud dalam menahkodai MK yang kredibilitasnya dipercaya sebagai lembaga peradilan dan citranya bagus di mata masyarakat. gebrakan MK dalam penegakan hukum subtantif tersebut tidak muncul di ruang yang hampa dengan begitu saja. Selama ini yang diketahui oleh masyarakat melalui media massa bahwa pengunduran diri Jimly adalah karena permasalahan konflik pribadi dengan Mahfud terkait polemik pemilihan ketua MK.pernah tidak ada yang memprotesnya dan itu adalah realita yang terjadi. Buku dengan judul On The Records. Menurut Mahfud. baik peran kesembilan hakim MK. Jadi. Jimly yang telah lama memimpin MK dan tiba-tiba dirinya masuk menjadi ketua. maka Mahfud MD menuturkan saja kepada Rita melalui wawancara untuk kemudian ditulis dan disusun menjadi buku. Alasan konflik pribadi kalah dalam persaingan yang diberitakan adalah tidak tepat. Bahkan beberapa kelompok yang merasa dirugikan oleh putusan MK curiga bahwa MK tidak independent dan dalam keadaan tekanan. Format buku ini sebenarnya sebuah pikiran Mahfud MD selaku ketua MK. Dalam proses perjalanan tersebut terdapat dinamika dan kendala yang terkadang tidak muncul dan mencuat ke hadapan khalayak umum. Torehan prestasi MK selama ini merupakan prestasi bersama. sedangkan Jimly hanya menjadi anggota memberikan pengaruh pengunduran diri tersebut. Dalam bercerita kepada penulisnya.

Bahkan tidak jarang antara hakim satu dengan hakim lainnya sampai menggebrak meja. Di antaranya adalah ikhwal kegemarannya berbicara di hadapan media dan rumor pertemuannya dengan presiden SBY di Cikeas sebelum pengucapan vonis putusan sengketa Pilpres. Meskipun buku ini terlihat serius dalam menanggapi isu yang menghampiri MK dan dinamika di balik sebuah putusan. Untuk menunjukkan kepada khalayak. yang terpenting adalah tidak membicarakan atau berkomentar mengenai perkara yang ditangani maupun yang akan diputus oleh MK. buku ini juga memberitahukan bahwa hakim MK juga sering berdebat argumentasi dalam Rapat Permusyawaratan Hakim (RPH) sebelum vonis dibacakan. baik bicara sendiri maupun mengutus orang untuk menanyakan perkara. Mahfud menjaga kepercayaan sebagai hakim sekaligus ketua MK untuk tidak bermain-main dalam menangani dan memutus perkara. namun penuturan bahasa dalam buku ini begitu mengalir seperti membaca berita. Pers. Profesi hakim yang kemudian dianggap lebih baik untuk diam. baik dengan presiden SBY serta masyarakat umum. Perdebatan itu bahkan sampai keras karena teori dan ilmu hukum yang dikuasai oleh hakim MK dikeluarkan semua dan diadu dengan pendapat para hakim lainnya dalam RPH. rumor pertemuaan dengan presiden SBY dengan tegas dalam buku ini dinyatakan hanya isu belaka. Alasan mengapa dirinya tidak mau diam adalah karena juga ingin melakukan perubahan dengan cara berbicara kepada pers. menurut Mahfud merupakan salah satu pilar demokrasi yang masih bisa dipercaya sehingga pers juga dapat mengubah keadaan menjadi lebih baik. Presiden SBY selama sengketa Pilpres. diakui oleh Mahfud tidak pernah mencampuri urusan-urusan hukum. Selain itu. dan siap kesepian tidak diikuti oleh Mahfud. Mahfud menegaskan dirinya berada di MK dan kemudian pulang ke rumah dinasnya. Dalam undang-undang maupun kode etik dijelaskan tidak ada larangan bagi hakim untuk berbicara kepada pers. . maka putusan MK adalah satu. menutup pintu.Dalam buku ini juga ditambahkan mengenai langkah-langkah Mahfud selaku ketua MK yang banyak dinilai kurang tepat oleh pengamat hukum dan politik. Sedangkan. Akan tetapi setelah diambil putusan. Buku yang memuat cerita langsung dari Mahfud MD ini memiliki arti penting sebagai inspirasi untuk menegakkan demokrasi dengan koridor hukum dan keadilan.

Kekerasan juga meletus di kota Suez . Gerakan diawali oleh para aktivis yang mengajak rakyat Mesir untuk melakukan gerakan bersama melawan kemiskinan. Hal yang sama juga terjadi di Ismailia. protes terus di beberapa kota. Para pejabat keamanan menyebutkan hampir . tetapi para pengunjuk rasa mengatakan mereka tidak akan menyerah sampai permintaan mereka terpenuhi. Kerusuhan meluas di Alexandria. termasuk 85 polisi. Gerakan demonstran yang dimulai pada hari Rabu (26/1/2011) yang merupakan hari libur nasional mereka lempar dengan tagline "hari kemarahan". serta menuntut pembubaran parlemen dan pembentukan pemerintah bersatu. sementara di daerah Sinai utara. Ratusan orang telah ditangkap. Bentrokan akhirnya tak terhindarkan. Citra kepolisian di Mesir terus merosot.com . Demonstran mendesak Mubarak mengakhiri kekuasaannya yang telah berlangsung 30 tahun. polisi melemparkan gas air mata dan meriam air terhadap demonstran yang berteriak "Turunlah bersama Mubarak" di Tahrir Square. serta Departemen Luar Negeri dan televisi negara. pengangguran. menuntut mundur Perdana Menteri Ahmed Nazif. korupsi pemerintah. menewaskan seorang remaja berusia 17 tahun. Partai Demokrasi Nasional. Sekitar 250 orang terluka. Pada kerusuhan awal tiga pengunjuk rasa dan seorang perwira polisi telah tewas. tepatnya di kawasan Sheikh Zuweid. Massa demonstran berbaris di pusat kota Kairo. dan kekuasaan Presiden Husni Mubarak. setelah polisi antihuru hara menembakkan gas air mata. Mesir diguncang aksi demo keras yang semakin meluas. Protes serupa dilaporkan terjadi di kota-kota lain di seluruh negeri.Dalam minggu terakhir bulan Januari 2011. Tuntutan dan aksi yang dikatakan terilhami oleh demonstrasi yang berhasil menjatuhkan presiden tunisia itu terus dicoba dibubarkan oleh pemerintah.Waspadai Dampak Kerusuhan Mesir KOMPAS. Tanta dan di kota-kota selatan Aswan dan Assiut. sementara rakyat masih menghargai pasukan militer. suku Badui dan polisi terlibat aksi saling menembak. kota Mansura di Delta Nil. menuju kantor partai yang berkuasa.

Demonstran ternyata tidak mampu diatasi oleh aparat kepolisian. Pemerintah Mesir kini mendapat tekanan internasional yang lebih keras. Mubarak berjanji akan melaksanakan reformasi politik dan ekonomi." kata juru bicara itu. Presiden Barrack Obama mengatakan telah menelepon Presiden Husni Mubarak agar mengambil langkah kongkrit untuk memenuhi reformasi yang telah dijanjikannya kepada rakyat Mesir. "Amerika Serikat adalah mitra Mesir dan orang-orang Mesir kini berada di dalam proses. menjadi pemimpin Yaman Utara pada 1978." Kini. sosial dan ekonomi yang konsisten dengan keinginan rakyat. . Juru bicara Departemen Luar Negeri. yang kami percaya harus terungkap dalam suasana damai.1000 pemrotes ditahan. Pada tanggal 28 Januari internet dan SMS di Mesir mati. Ia juga menjadi pemimpin negara ketika Yaman Selatan bergabung dengan Utara pada 1990. Dalam pidato di televisi. Gedung-gedung terus terbakar di Kairo dan tank-tank meronda jalan-jalan. Presiden Mubarak nampaknya belum berhasil mengatasi aksi keras demo yang terjadi. apa yang bisa dilihat dari kerusuhan di Mesir tersebut. "Orang-orang di seluruh Timur Tengah-orang seperti di mana-mana-sedang mencari kesempatan untuk berkontribusi dan memiliki peran dalam keputusan-keputusan yang akan menentukan kehidupan mereka. Ia juga memerintahkan Kabinetnya mengundurkan diri dan berjanji untuk mengangkat Kabinet baru." katanya. Puluhan ribu warga Yaman menggelar unjuk rasa di ibu kota Sana menuntut Presiden Ali Abdullah Saleh. Semua serba terbuka. "Kami ingin melihat reformasi terjadi di Mesir dan di tempat lain. Kini para demonstran tidak memperdulikan jam malam dan terus menuntut agar Mubarak mengakhiri kekuasaannya yang sudah berlangsung 30 tahun itu. tayangan media sudah tidak ada batas geraknya. Yaman dan Indonesia? Pemerintah pada era demokrasi kebebasan ini sebaiknya lebih waspada. Setelah Mesir bergolak kemudian Yaman mulai bergetar. Imbas ke Indonesia Apakah kaitan Tunisia. mundur. Mesir. Di lain sisi Amerika sebagai negara pendukungnya bahkan menekan Mubarak agar tidak mengambil tindak kekerasan terhadap demonstrasi damai dan memulihkan pelayanan komunikasi dan internet yang telah diputuskan. Panser-panser pasukan keamanan telah diserbu dan dibakar oleh massa. yang mengakhiri hari yang penuh dengan kekerasan dan kekacauan di Mesir. Philip Crowley menyampaikan agar para pemimpin Arab bekerja sama dengan masyarakat mereka dalam melakukan reformasi atau dalam mencermati para ekstremis. Terakhir kali ia terpilih kembali menjadi presiden pada 2006. Gerakan rakyat dikawasan tersebut dimulai di Tunisia." kata Crowley. termasuk dari negara sekutunya Amerika Serikat. Kerusuhan di Mesir merupakan sebuah awal gelombang protes masyarakat yang menginginkan perubahan menuju ke suatu kondisi yang lebih baik. Sementara Menteri luar negeri AS Hillary Clinton menyampaikan bahwa Amerika Serikat mendukung "hak fundamental menyatakan pendapat dan berkumpul bagi semua orang dan kita mendesak agar semua pihak menahan diri dan menahan diri dari kekerasan. yang telah berkuasa dalam 30 tahun terakhir. Kenapa gelombang protes bergulir dikawasan tersebut? Rakyat di ngara-negara tersebut menginginkan sebuah perubahan untuk melawan kemiskinan. Presiden Saleh. yang dikenal sebagai sekutu Barat. pengangguran dan korupsi pemerintah. dan berhasil menumbangkan Presiden Zine al-Abidine Ben Ali pada bulan Januari ini. untuk membuat peluang lebih besar di bidang politik. layanan jejaring sosial Facebook dan Twitter terganggu.

apa pelajaran yang bisa kita petik dari kasus Tunisia. orang bodoh tetap mudah ditipu. Indikasi Mesir yang mirip dengan Indonesia sudah hampir lengkap tercatat. Semoga Tuhan melindungi bangsa Indonesia yang kita cintai bersama. Yang terakhir ya mereka juga yang mendapat untung bukan? Apabila terjadi sesuatu di Indonesia. kasar dan meluas terhadap pemerintahan demokratis di sebuah negara. karena itulah kepentingan mereka. maka mereka akhirnya hanya akan melakukan tekanan agar pemerintah tidak begini dan begitu kepada rakyat. . beberapa kasus besar yang terakhir kasus Gayus dan ditangkapnya 17 politisi adalah gambaran serupa. Perubahan. Tujuannya hanya satu. Berbicara soal korupsi. perlu disadari bahwa sebagian besar rakyat kita tidak pintar. Mesir luluh lantak karena tuntutan demonstran soal korupsi. Amin.semua disebut telah menjadi hak individu. rakyat kita adalah saudara kita. Kebebasan menjadi milik rakyat di negara-negara yang menerapkan sistem demokrasi. begitu basa-basinya. sementara masalah kemiskinan bukanlah suatu yang asing di Indonesia. agar jangan menggunakan kekerasan kepada demonstran. dan media dengan gembira menayangkannya. dan banyak yang menginginkan agar kita ribut. pengetahuan dan kemampuan dalam berdemokrasi bagi rakyat kita barulah pada tahap meniru. Jadi. yang selalu mendukung penuh negara yang mau menerapkan sistem demokrasi? Begitu terjadi aksi protes yang keras. Demikian juga bagi orang pintar yang tidak memerintah. Mereka mendukung rakyat. Apakah rakyat kita rakyat mereka? Bukan. dan mungkin Yaman? Kita harus bisa bersama-sama menjaga negara kita. maka kata-kata standar akan dikeluarkan. kemiskinan adalah tuntutan di Mesir. tidak ada yang bisa menolong kecuali diri kita sendiri. yang berkuasa mengemban amanah seperti yang diharapkan rakyat. Presiden SBY terlihat mulai dijadikan target utama. Mesir. ikut cara mereka. Pemerintah tidak perlu memberikan janji dan angin surga kepada rakyatnya. dan contoh teraktual yang bisa ditiru adalah kerusuhan di Mesir itu. mudah terprovokasi. Kita mesti waspada. Mesir dan Indonesia adalah negara dengan sistem demokrasi. tidak stabil dan tetap bodoh. mereka hanya mau kita menurut apa kata sistem mereka. kerusuhan hanya menunggu waktu apabila para elit tidak segera berbenah diri dan berupaya menjaga perkataan. Sekali lagi mohon berhati-hati. banyak yang berambisi di Indonesia. itulah kata bertuah yang mesti kita cerna bersama. pemerintah adalah juga rakyat yang kita pilih untuk menyejahterakan bangsa ini. Bukankah sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil? Bagaimana dengan Amerika. oleh karena itu kita harus waspada. sementara di Indonesia masalah korupsi sudah bukan yang aneh lagi. Semoga tulisan sederhana ini ada manfaatnya . letupan-letupan kecil mulai terasa di sini. Kita tidak bisa mengharapkan pertolongan negara lain. tidak perlu janji dan ucapan yang sangat tidak disukai rakyat.

Wakil Presiden juga menyiapkan pemilihan umum yang demokratis untuk memilih Presiden yang baru." katanya. "Belajarlah dari negara lain. . Jadi.BJ Habibie Sarankan Mesir Contoh Indonesia YOGYAKARTA--MICOM: Mantan Presiden BJ Habibie menyarankan Mesir harus bisa mencontoh pengalaman negara lain yang memiliki pengalaman krisis politik. maka kepemimpinan selanjutnya digantikan oleh Wakil Presiden. Caranya. termasuk Indonesia. "Beri waktu satu tahun seperti yang saya alami dulu. imbuhnya. Wapres tersebut harus menyelenggarakan pemilu baru." katanya. Minggu (6/2). jika presiden benar-benar lengser. Presiden Hosni Mubarak lengser dan digantikan oleh Wakil Presiden untuk sementara waktu. sebaiknya mundur atau lengser namanya. termasuk Indonesia." katanya kepada wartawan di Yogyakarta. BJ Habibie mengemukakan. Kalau pemimpin tidak didukung rakyatnya. Semuanya harus yakin bahwa Wakil Presiden akan menyelesaikan masalah bukan untuk mempertahankan kekuasaan. Di sela-sela kunjungannya ke Taman Pintar. "Jika Wakil Presiden ini kemudian tidak terpilih ya harus legowo menyerahkan kepemimpinan nasional kepada presiden yang menenangi pemilu.

apa yang dilakukan Orde Baru ingin diadopsi lagi. masyarakat harus melakukan konsolidasi demokrasi. seusai deklarasi gerakan Solidaritas Masyarakat Indonesia (SMI) untuk Keadilan dan peluncuran rumah Integritas. Jakarta." kata Arbi. Peryataan Arbi Sanit itu bukanlah kritik pertama terhadap kinerha anggota DPR. Dulu. Dia memberi contoh pada gagasan Dewan yang mengingkan Gubernur dipilih kembali DPRD. Senin (14/2). kehabisan waktu menyelesaikan pertengkaran. Jakarta . "Sangat minim yang mampu melaksanakan tugasnya sebagi wakil rakyat yang baik. . dan melembagakan perubahan yang telah laksanakan. dari 550 anggota Dewan. Kalaupun ada kompromi. kata Arbi. hanya sebatas kepentingan golongan bukan kepentingan rakyat.Pengamat politik Arbi Sanit menyentil politikus di Dewan Perwakilan Rakyat. hanya 50 orang atau kurang dari 10 persen yang memiliki pikiran bagus. mantan Presiden Abdurrahman Wahid malah menyebut anggota DPR seperti murid Taman Kanak-kanak. Menurut dia. "Mengalami kemunduran. Menurutnya." katanya." katanya. "Itu sebabnya ekonomi kita tidak pernah maju. ide itu justru merampas kedaulatan rakyat. politikus yang ada sekarang tidak cukup memadai.Politikus Cerdas di DPR Jumlahnya Cuma 10 Persen TEMPO Interaktif. Lantas apa yang harus dikerjakan? Menurut Arbi. Politikus.

" ungkapnya. Surabaya: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap mendatangi mantan Presiden Megawati Soekarnoputri. Menurutnya. Senin (21/2). maka itu masuk dalam pembelajaran politik yang luar biasa. warga negara memiliki hak sama dalam hukum. M Jasin.KPK Siap Datangi Megawati Metrotvnews. "Kan tidak ada sesuatu yang istimewa atau memberikan special treatment kepada yang berkuasa. "Megawati bukan saksi fakta tapi saksi meringankan. pemanggilan Megawati belum masuk dalam kategori proyustisia atau belum ada kekuatan memaksa untuk menghadirkan langsung ke KPK. Sebab. kami bisa datang." kata Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan. bila nantinya ada keinginan dari megawati untuk datang. . Jawa Timur. Keduanya pun ditetapkan sebagai saksi meringankan dalam kasus tersebut. Namun demikian. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu akan diperiksa sebagai saksi meringankan dalam kasus cek perjalanan (traveller's cheque) dengan tersangka Max Moein dan Poltak Sitorus. khususnya bagi PDIP.com. di Surabaya. menurut Jasin. Ia memberikan contoh kasus pemanggilan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Wakil Presiden Boediono dalam kasus skandal Century. KPK bisa fleksibel.

Artinya. Anis Matta terkait berbagai persoalan yang mendera negeri dan apa harapan PKS ke depan? Berikut petikan wawancara wartawan FAJAR. Sehingga penerapan atau penegakan hukum kita ini tidak independen sehingga lebih merupakan bagian dari sebuah target politik. Amiruddin dengan Anis Matta di Hotel Clarion. masalah-masalah hukum yang besar-besar. Yang terkait masalah hukum ini terutama adalah pada tren penerapan hukum yang sekarang ini dengan mudah dapat dikatakan bahwa penerapan hukum kita ini terlalu bertendensi politik. Anggota DPR RI bersama elemen masyarakat juga terus bersuara lantang. Bagaimana Anda melihat kondisi bangsa sekarang ini? Saya rasa masalah yang paling krusial yang kita hadapi sekarang ini adalah masalah hukum dan masalah kemiskinan. Tetapi masalah-masalah politik yang menimpa lawan-lawan politik itu bisa diproses lebih cepat. Makassar pekan lalu. itu tidak diselesaikan secara baik oleh pemerintah. Sehingga saya melihat ini akan menjadi ancaman bagi masa depan demokrasi kita.Penegakan Hukum Kerap Dipolitisasi Indonesia sedang didera banyak masalah. Seperti pandangan Sekjen DPP PKS yang juga Wakil Ketua DPR RI. Dari kasus hukum hingga kemiskinan. .

Tapi ada standar berbeda yang diterapkan pemerintah. Menurut saya. Orang juga tahu masalah itu tapi lebih baik dibukan secara umum. berarti akan ada setengah rakyat kita yang masuk kategori orang miskin. usulan ini memang tidak etis. Jadi maksudnya. Fakta bahwa setengah rakyat kita ini miskin. Toh masyarakat juga tahu bahwa pemerintah itu bukan superman yang bisa melakukan apa saja. Bagaimana dengan isu reshuffle kabinet.000 gaji pejabat negara. Sebenarnya jauh lebih bagus bagi kita semuanya untuk kita mengakui bahwa standar hidup di Indonesia ini sudah tidak mungkin lagi hanya dengan 1 dolar bahkan 2 dolar pun juga susah. apakah ini bisa menjadi solusi? . Itu yang dihindari pemerintah. 2 dolar itu juga sudah tidak masuk akal. Anda bisa makan apa dengan uang 2 dolar atau Rp18. Akui saja bahwa kita ingin standar hidup seperti ini dan kita bekerja secara sistematis untuk menyelesaikannya. Setelah itu bolehlah kemudian mengusulkan kenaikan gaji. inflasi terus naik.Bagaimana Anda melihat kelakuan dewan sendiri dalam menyikapi "tingkah" pemerintah. termasuk pengumpulan koin? Kalau ini kan sebenarnya lebih pada isu kemiskinan. Tidak mungkin ada yang bisa hidup di Indonesia dengan uang 1 dolar sehari.000. Sehingga mereka menutupinya dengan standar 1 dolar satu hari itu. 1 dolar satu hari itu tidak logis sekarang. Terkait kemiskinan dan data yang disampaikan pemerintah yang sempat memunculkan kritikan soal kebohongan pemerintah. Lebih baik kita mengakuinya seperti itu. pemerintah menetapkan standar 1 dolar sebagai angka kemiskinan. yakni sebanyak 2 dolar. hargaharga terus naik. Seharusnya dalam sistuasi seperti yang mesti dilakukan pemerintah adalah melakukan program pembangunan secara agresif sehingga ada lapangan kerja baru. Tapi kalau kita menggunakan angka PBB atau word bank. menurut Anda bagaimana? Sebenarnya bukan kebohongan. tidak apa-apa angka kemiskinannya besar tapi kita bekerja secara sistematis untuk menutupinya. Karena kita sudah menghadapi satu masalah ekonomi yang berat di tingkat bawah dan di saat bersamaan kita mengusulkan kenaikan gaji. inikan masyarakat semakin susah hidupnya kemudian mereka mendengar berita seperti itu. Tapi kalau tingkat pengangguran terus bertambah. bisa melakukan mukjizat. Itu semacam kritik masyarakat terhadap pemerintah terutama ketika presiden mengeluhkan gajinya yang tidak naik-naik atau rencana menaikkan gaji 8.

Ini kan sistemnya presidentil. Masih panjang waktu kok. Kita pro rakyat. Kita bekerja untuk rakyat. Karena mereka secara keseluruhan adalah sebuah tim yang berada di bawah komando presiden. Masih banyak waktu untuk memperbaiki semua kelemahan-kelamahan yang sekarang ini ada. Masyarakat tidak lagi sebenarnya melihat menteri-menteri itu sebagai individu saja tapi melihatnya sebagai satu tim. Kita fokuslah pada bidang-bidang yang mendapat rapor merah tersebut. tidak. apakah Anda hanya akan menyalahkan jaksa agung. Kabinet ini adalah tim. kan empat dari enam bidang pemerintah dapat rapor merah. Atau hanya menyalahkan polisi. Kita tetap akan berada di dalam koalisi ini tetapi tetap akan bersikap secara independen dan menjadi mitra kritis bagi pemerintah. Apa harapan PKS terhadap pemerintah ke depan? Buat kita sekarang ini pemerintah masih punya waktu empat tahun. . Misalnya dalam hal penerapan hukum. Kalau kita lihat disurvei kemarin. contoh dalam kasus Century? Bagi kita. Itu sudah menjadi bagian kontrak politik kita. Selama ini kan kader PKS begitu lantang bersuara. Kita ini pada dasarnya tidak ada istilah pro pemerintah. koalisi dengan SBY sampai 2014. Sebab koalisi ini dibentuk untuk bekerja demi kepentingan rakyat. Tidak bisa. Bagaimana dengan sikap PKS sendiri ke depan sebagai partai koalisi.

Penarikan buku-buku tersebut seharusnya diperintahkan sendiri oleh presiden karena pembagian buku-buku mengenai dirinya di Tegal itu justru akan merusak citranya. Ade meminta agar segera dilakukan pemeriksaan siapa yang melakukan pengadaan buku-buku tersebut. Kurang tepat jika untuk siswa SMP apalagi menggunakan dana alokasi khusus. pembagian buku SBY di 66 dari 82 sekolah di Tegal tidak lepas dari muatan politis. menurut Puan. ini menjadi pemenang tender pengadaan buku sekolah dengan dana alokasi khusus tahun 2010 di Kabupaten Tegal. Karanganyar.ICW Minta Pengadaan Buku Seri Presiden SBY Segera Diusut JAKARTA. Buku-buku itu untuk konsumsi umum. Dewan Pendidikan Kabupaten Tegal meminta DPR atau pemerintah pusat membentuk tim independen untuk mengusut pengadaan dan distribusi buku-buku SBY tersebut. Penerbit dan Percetakan Mediatama yang menjadi rekanan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tegal bersikap menutupi akses informasi. Colomadu. seharusnya tidak ada lagi pencitraan untuk kepentingan sesaat kelompok tertentu. anak SMP itu akan menjadi pemilih pemula pada tahun 2014. Menurut Ade. Kalau dihitung secara politik. kata Koordinator Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan. BANGKAPOS. kasus pengadaan buku SBY terjadi karena pengelolaan dana alokasi khusus tidak diserahkan kepada daerah. Secara terpisah. Mediatama disebut mengirimkan dan memilih judul-judul buku seri SBY untuk sekolah menengah pertama di wilayah Kabupaten Tegal. Untuk itu. Kamis (27/1/2011). kata Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Tegal Dimyati. semua sekolah penerima dana alokasi khusus mendapatkan bantuan perpustakaan.Koordinator Monitoring Pelayanan Publik Indonesia Corruption Watch (ICW) Ade Irawan minta agar buku seri tentang pengadaan buku Presiden SBY segera ditarik. Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Bidang Politik Puan Maharani mengatakan. kata Ade. Padahal. Mediatama yang beralamat di Jalan Adi Sumarmo.com-. Secara terpisah. ujarnya. Bantuan dana alokasi khusus juga tidak rasional karena semua penerima dipukul rata. dalam jumpa pers di Jakarta. masih ada sekolah yang sangat membutuhkan ruang kelas atau toilet. Dana dari pemerintah pusat ini sebenarnya merupakan salah satu bentuk ketidakikhlasan pemerintah pusat dalam memberikan otonomi kepada daerah. Ketua DPRD Kabupaten Tegal Rojikin mengatakan. Jangan sampai dana alokasi khusus hanya untuk mengejar target 20 persen APBN untuk pendidikan. Bahkan Ade Irawan minta agar kasus pengadaan buku seri SBY segera dilakukan pengusutan. . Dalam kondisi bangsa di mana rakyatnya masih banyak menghadapi kesulitan. Karena buku yang sudah bererdar di SMP di Kabupaten Tegal tidak bermanfaat apa pun bagi siswa. Ade mempertanyakan alasan 10 seri buku mengenai SBY dibagikan dengan menggunakan dana alokasi khusus. lebih baik kepada sekolah dibagikan buku yang lebih bermanfaat dan 10 seri buku tentang Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut ditarik. Sebagai contoh. Pembagian buku semacam itu sekaligus membuktikan bahwa pendidikan masih saja direcoki oleh kekuasaan. kata Puan. Jateng.

harusnya sudah bisa mengantisipasi kejadian ini karena massa penyerang kabarnya sudah berkumpul dua atau tiga hari sebelum penyerangan terjadi pada Minggu 6 Februari 2011. Dan Pramono secara terbuka menyatakan. perbaikan remunerasi yang diterima Polri juga menjadi siasia. polisi menjadi contoh. memberi perlindungan yang baik." katanya. tapi ini persoalan main hakim sendiri." katanya pedas. saya melihat dengan mata kepala sendiri.PDIP: Ahmadiyah Diserang. "Saya tidak masuk ke persoalan Ahmadiyah. kata Pramono. Itu harus dibuka dalam wacana lebar. untuk dilakukan diskusi. Polisi. Tetapi yang paling utama." kata Wakil Ketua DPR itu. Negara Absen VIVAnews . Harusnya. semuanya jadi sia-sia. kata Pramono." katanya. Menunjukkan tidak bisa memberi perlindungan kepada warga. "Dalam persoalan Cikeusik." kata mantan Sekretaris Jenderal PDIP. perdebatan dan sebagainya. "Saya melihat dalam persoalan Ahmadiyah. . ketika polisi malah lari tunggang langgang. Pramono menegaskan bahwa Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 saja sudah mengatur bahwa negara bertanggung jawab memberi perlindungan kepada warga negara. negara tidak hadir ketika rakyat membutuhkan. Selasa 8 Februari 2011.Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menilai kekerasan yang dialami Jamaah Ahmadiyah sungguh menunjukkan bahwa negara absen melindungi rakyat. Persoalan itu lain. "Bukan hanya itu. Pramono Anung. Itu tidak diperbolehkan dalam konstitusi kita. "Saya tidak mau masuk ke persoalan Ahmadiyahnya. negara harus hadir memberi perlindungan pada rakyat.

"Ini ngomong begini. posisinya di mana. Kan masih banyak yang rancu. Kalau posisinya tak jelas. Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDIP Taufiq Kiemas menyatakan. itu ngomong begitu kan susah. Meski dijelaskan posisi Ahmadiyah itu Islam atau bukan.Sementara itu. kejadian seperti pada Minggu lalu itu bisa berulang." kata Taufiq." ujar Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu. Pemerintah juga harus berunding kembali dengan ulama dan Ahmadiyah sendiri. . "Perlu diterangkan apa sebenarnya Ahmadiyah itu. selain mengusut peristiwa kekerasan itu. Kalau bukan.

Data tahun 2010 misalnya. 91% kasusnya dimenangkan oleh KPU baik provinsi maupun kabupaten. polisi. Beberapa contoh kasus misalnya. Kekalahan tersebut menyebabkan terjadinya pemilu kada ulang baik secara keseluruhan maupun sebagian wilayah tertentu. kasus politik uang. Sabtu (29/1). maka Bawaslu atau Panwaslu setempat bisa langsung memprosesnya dengan aparat terkait dan langsung diadili di lokasi terdekat. murah dan efektif sebelum pemilu kada itu berlangsung. Pengadilan khusus pemilu kada tersebut rencananya akan didirikan di enam regional wilayah mulai dari Indonesia barat hingga Indonesia Timur. tidak perlu menunggu hasil keputusan MK yang rentang waktu tunggunya cukup lama. Upaya tersebut untuk menghindari penumpukan kasus di MK. Pemerintah dan DPR perlu menempatkan orang atau lembaga yang sifatnya ad hoc. Bahkan ada KPU di sebuah kabupaten di Indonesia yang kalah total sehingga diputuskan untuk dilakukan pemilu kada ulang mulai dari proses pencalonan kandidat. Kasus-kasus yang dihadapi sebagian besanya adalah politik uang dan mobilisasi PNS dari calon incumbent. Hanya sebanyak 9% KPU kalah. akurat." ujar Putu. Selain itu berbagai kasus yang terjadi bisa ditangani secara lebih cepat. diputuskan dan proses pemilukada akan terus berlanjut secara tepat. pembentukan pengadilan khusus tersebut merupakan bagian dari upaya memperketat regulasi yang selama ini terjadi banyak penyimpangan. pelantikan. Menurut Putu. jaksa dan hakim untuk melakukan pengadilan pemilu kada di enam regional tersebut.KPU Dorong Pembentukan Pengadilan Khusus Pemilu Kada DENPASAR--MICOM: Anggota KPU Pusat Putu Artha dalam rapat bimbingan teknis di hadapan para ketua. Upaya ini dinilai lebih efektif karena proses demokrasi di daerah seperti penetapan hasil. akademisi. saat ini. Bila hal tersebut terjadi. menegaskan. sekretaris dan anggota KPU Provinsi dan Kabupaten dari wilayah timur Indonesia di Inna Bali Hotel. . wakil. KPU Pusat sedang mewacanakan dan mendorong agar DPR dan pemerintah segera membentuk pengadilan khusus untuk menangani sengketa pemilu kada di seluruh Indonesia." ujar Putu. dari 100% kasus pemilu kada yang masuk ke MK. "Bila ada pengadilan khusus pemilu kada maka kasus-kasus tersebut akan lebih cepat ditangani. "Bila usulan tersebut diterima maka tidak semua kasus pemilu kada harus masuk ke MK dan kasus-kasus yang secara statistik cenderung terjadi langsung diadili di wilayah yang bersangkutan. ditangani oleh orang-orang yang berkompeten di bidangnya baik dari pakar. Kasus ini biasanya terjadi saat kampanye berlangsung.

sehingga keberadaan lembaga itu bisa menjaga perdamaian di daerah itu. "Qanun Wali Nanggroe diharapkan menjadi pemersatu rakyat Aceh sehingga perdamaian yang telah dicapai menjadi abadi demi masa depan yang lebih baik.DPRA diminta segera sahkan Qanun WN BANDA ACEH .Pusat Penguatan Perdamaian meminta Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) untuk segera mengesahkan Qanun Wali Nanggroe. Dengan adanya Qanun Wali Nanggroe itu diharapkan dapat memperkuat perdamaian dan mempercepat lahirnya lembaga itu yang merupakan amanah dari kesepakatan perdamaian antara Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dengan Pemerintah Republik Indonesia yang ditandatangani di Helsinky. Terbentuknya tim panitia khusus DPRA lembaga Wali Nanggroe yang diketuai Tgk H Ramli Sulaiman merupakan langkah positif yang harus didukung oleh semua pihak di Provinsi Aceh. "Terbentuknya tim pansus juga harus dapat dapat mengakhiri polemik politik terhadap keberadaan lembaga Wali Nanggroe dan tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Aidil Mashendra." katanya. Finlandia." kata Direktur Penguatan Kelembagaan Pusat Penguatan Perdamaian. Aidil juga mengharapkan tim pansus yang telah dibentuk itu dapat memberikan partisipasi politik kepada masyarakat agar Qanun Wali Nanggroe yang sedang dibahas itu menjadi lebih sempurna. Ia juga berharap kehadiran lembaga Wali Nanggroe harus berpedoman dengan Undang-Undang Dasar 1945 dan PP nomor 19/2010. Pusat Penguatan Perdamaian juga mengharapkan lembaga Wali Nanggroe menjadi contoh terhadap substansi demokrasi di Indonesia dan dunia. "Dengan terbentuknya tim pansus lembaga Wali Nanggroe. kami berharap DPRA segera mengesahkan qanun tersebut. sore ini." katanya lagi. .

Pelantikan ini secara prosedural. (Mereka) tidak memperkenankan para kadernya yang ditangkap KPK. Gamawan bingung karena tidak ada larangan melantik bupati yang telah menjadi tersangka.Dua pimpinan Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) menganggap sikap penolakan terhadap kehadiran dua pimpinan KPK sebagai upaya balas dendam karena sejumlah kader partai ditahan KPK. Etika politik tidak tumbuh dalam membangun kesadaran terhadap upaya pemberantasan korupsi. "(Penolakan dua pimpinan KPK) karena melakukan sesuatu itu (penahanan) kepada kadernya. Yesmil Anwar saat dihubungi okezone. Selasa (1/2/2011). Sebelumnya. adalah contoh lain dari upaya tebang pilih terhadap terduga pelaku korupsi. sebanyak 19 anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR periode 1999-2004 ditahan penyidik KPK karena terlibat dalam kasus dugaan suap dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia. . Yesmil mencontohkan tersangka korupsi dana bagi hasil pajak di Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Provinsi Bengkulu Agusrin Maryono Najamudin untuk kembali menjadi Gubernur Bengkulu oleh pelantikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi. demokrasinya prosedural." tambahnya." kata Pengamat Hukum Unpad.Penolakan Pimpinan KPK Upaya Balas Dendam DPR JAKARTA . "Inilah polemik bagi negara demokrasi. Miranda S Goeltom.

menurut Presiden. "Seperti yang telah didiskusikan dalam G-20.kita harus bekerja sama mengatasi ketidakseimbangan global. Dalam pidatonya Presiden SBY juga .Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengajak dunia bekerja sama mengatasi ketidakseimbangan ekonomi global dengan mempercepat reformasi sektor keuangan. sangat penting bagi negara-negara kelompok G-20 mengimplementasikan komitmen yang telah dihasilkan pada pertemuan tersebut. Davos. Ini adalah filosofi utama dari pembangunan Indonesia. Menurutnya.yaitu tidak hanya terpaku pada pertumbuhan. Presiden SBY juga menekankan pentingnya jaringan pengaman keuangan global sebagai pertahanan lapis kedua agar dunia dapat mengantisipasi guncangan ekonomi di masa depan. kata Presiden SBY saat menyampaikan pidato resminya pada Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) di Congress Hall Kongres Zentrum.Swiss. Reformasi keuangan diperlukan untuk mempercepat kemajuan industri keuangan sebelum krisis lanjutan kembali terjadi. tujuan pembangunan Indonesia hanya bisa berhasil melalui penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan tanpa toleransi terhadap korupsi. tetapi bagaimana mencapai pertumbuhan dengan pemerataan yang bisa mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera. Demi menghadapi permasalahan ekonomi global. cara paling ampuh dan seharusnya dilakukan setiap negara di dunia adalah mengembangkan sebuah pertumbuhan ekonomi yang inklusif seperti diterapkan Indonesia. Ini berarti kita harus menaruh perhatian lebih pada kebijakan ekonomi dan sosial kita. Karena itu. Presiden menjelaskan.SBY ajak dunia atasi masalah ekonomi DAVOS .

tetapi juga Indonesia. dan Jepang. Di bagian lain Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB) Jean-Claude Trichet kemarin mengatakan. isu ketahanan pangan harus menjadi prioritas utama G-20 menyusul melonjaknya harga pangan yang berpotensi menyebabkan kerusuhan sosial.tertinggi sejak November 2010. Namun kemarin euro menguat ke level tertinggi dalam dua bulan terakhir. kata SBY.juga kemiskinan dan kelaparan yang bisa memicu krisis sosial dan politik.meski krisis utang tengah melanda Eropa. Indonesia sangat mendukung diutamakannya masalah ketahanan pangan dalam agenda G-20. Prancis menyerukan agar diterapkan pajak atas transaksi keuangan. Presiden SBY juga menyatakan.dari semula AA . Euro kemarin diperdagangkan di kisaran USD1. kata Presiden. India. Dana itu akan ditujukan untuk negaranegara miskin. Sementara itu. Asia yang saat ini mengalami pertumbuhan ekonomi cepat dan kuat tidak hanya meliputi China. Sarkozy juga meminta kelompok negara-negara terkemuka untuk maju dan menjadi contoh dalam masalah ini.area kunci pertumbuhan ekonomi dunia.terbesar ekonominya di Asia Tenggara.3756. negara-negara besar memutuskan untuk mentransfer sekitar USD120 miliar per tahun mulai 2020. Swiss. Nantinya.Meski demikian.Menurutnya. Mengutip data Organisasi Pangan Dunia (FAO). euro kemarin diuntungkan jatuhnya yen setelah lembaga pemeringkat Standard & Poor s menurunkan peringkat utang jangka panjang Jepang menjadi AA. saat pertemuan membahas perubahan iklim. harga pangan dunia telah mencapai rekor tertinggi sejak 2008 dan masih berpeluang meningkat lagi. dan segera kami akan menjadi tenaga kerja paling produktif di Asia. terbantu komentar para pemimpin Eropa yang menyatakan kekhawatirannya terhadap tekanan inflasi.juga pikirkan Indonesia dan ASEAN.Trichet mengakui pemerintah di negara-negara Eropa memiliki masalah masingmasing. yakni perilaku individu yang baik dan pengawasan. mata uang tunggal di kawasan itu tidak sedang krisis. Ada dua elemen yang akan menjadi kunci utama kesehatan di zona euro.Menurutnya. Selain itu. . Tingginya harga pangan berimbas pada inflasi.Presiden Prancis Nicolas Sarkozy yang mendapat giliran berbicara setelah SBY menyatakan.Indonesia adalah negara demokrasi terbesar ketiga di dunia.kemarin.Presiden SBY menyatakan. pajak yang terkumpul itu akan dialokasikan untuk membantu pembangunan. kata Trichet saat mengisi acara di Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos.menyampaikan adanya perubahan konstelasi dunia saat ini dengan tumbuhnya pusat kekuatan ekonomi baru di kawasan Asia. Pernyataan Trichet didasarkan pada melemahnya nilai tukar euro dalam setahun terakhir akibat meluasnya krisis anggaran di Zona Euro.di Kopenhagen. kata Sarkozy.Indonesia akan berperan utama dalam kebangkitanAsia. kata SBY. termasuk utang publik. Ketika memikirkan Asia. hanya memerlukan pengawasan yang lebih baik.

Pada ajang WEF kemarin.8 yen per euro. . Sarkozy mengatakan negaranya bersama Jerman tidak akan membiarkan Eropa gagal.Sementara terhadap nilai tukar Jepang menguat menjadi 113.