P. 1
Sejarah Operational Research

Sejarah Operational Research

|Views: 73|Likes:
Published by Dipta El-furqon

More info:

Published by: Dipta El-furqon on Apr 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/23/2011

pdf

text

original

Sejarah Operational Research

Menurut teori evolusi manajemen,operations research sebagai suatu bagian dari ilmu pengetahuanbaru yang mulai berkembang sejak tahun 1945, yaitu pada saat perang dunia II .Pendekatan kuantitatifyang di gunakan dalam penyelesaian suatu persoalan, dimana matematika dan statistika memegang peranan yang sangan dominant, telah menempatkan operations research secara teoritis sebagai sebuah ilmu pengetahuanyang berakar ke scientific management yang dipelopori oleh Taylor pada abad XVIII. Sejarah perkembangannya dimulai sebelum perang dunia II samoai setelah perang dunia II.

Sebelum Perang Dunia II Para ilmuwan dan insinyur selalu terlibat dalam kegiatan militer sepanjang catatan sejarah.salah satu contoh adalah kota Syracuse meminta Archimedes untuk mengupayakan alat penghancur kepungan armada laut Romawi (tahun 212 SM ).Konsep riset operasi yang berhubunngan dengan kemiliteran kemudian berkembnag di kedua sisi samudra Atlantik selama perang dunia I. Di Inggris dalam tahun 1914-1915, FW Lancheter mencoba merumuskan operasi militer secara kuantitaf. Selama periode tersebut, ketika Lancheter merintis riset operasi militer di Inggris Raya, Thomas Alva Edison di Amerika Serikat sedang mempelajari proses perang anti kapal selam. Ia merancang suatu permainan perang yang digunakan untuk mensimulasi persoalan pergerakan yang berhubungan dengan lautan. Dia juga menganalisis taktik “zig-zig” dari kapal-kapal dagang dalam menghindari kapal selam. Di bidang pengawasan persediaan,model-model ekonomi dalam berbagai ukuran.G.D.Bobcock telah mengembangkan sebuah model ekonomis yang dinyatakan dalam bentuk persamaan pangkat tiga, model dan ukuran persediaan ekonomis yang pertama kali dipublikasikan di susun oleh Ford W.Haris pada tahun 1915. pada tahun 1917, A.K.Erlang, seorang ahli matematika Denmark menerbitkan karyanya “Pemecahan bberapa persoalan dalam teori probabilitas atas pentingnya pola pemanggilan telepon secara otomatis”. Tulisan ini berisi formula waktu menunggu yang telah ia kembangkan berdasarkan prinsip-prinsip statistic. Formula ini sekarang dikenal sebagai dasar yang penting bagi teori lalu lintas telepon. Walter Shewhart merupakan tokoh pertama yang memulai penggunaan statistic inferensi di tahun 1924, yang memperkenalkan konsep bagan pengawasan kualitas. Penggunaan statistic inferensi dan teori probabilitas di topang oleh karya-karya H.F Dodge dan H.G Romig, rekan Shewhart di laboratorium Bell Telephone. Mereka mengembangkan teknik pemeriksaan sampling dalam hubungannya dengan pengawasan kualitas, dan mempublikasikan statistic table sampling yang mskipun pada mulanya lambat deterima sekarang digunakan secara luas.

Perang Dunia II Dalam tahun 1939, Penelitian Operasional di Inggris sudah mulai muncul. Perkembangan dan penerapannya berlangsung begitu cepat dalam bidang-bidang penting, mulai dari proyek system radar peringatan dini, proyek meriam anti pesawat,perumusan strategi perang kapal selam, strategi pertahanan sipil, perumusan ukuran iringan kendaraan dan strategi pengeboman terhadap Jerman. Profesor P.M.S Blackett merupakan pemimpin kelompok di Inggris yang paling awal memperkenalkan Riset Operasi terdiri dari 3 psikolog, 2 matematikawan, satu astrofisikawan, seorang perwira angkatan darat, seorang peneliti dan seorang fisikawan umum. Selain itu dua orang Amerika yang merintis pengembangan Riset Operasi adalah James B Conant sebagai ketua komite Riset Pertahanan Nasional dan Vannever Bush, ketua persenjataan AS.

Sesudah Perang Dunia II Setelah perang dunia ke dua, kegiatan penelitian operasional masih di kembangkan. Angkatan darat meneruskan pengembangan Riset Operasi melalui instansi khusus, Operations Research Office di Chevy, Maryland dengan Ellis A.Jhonson sebagai direktur.Angkatan laut membentuk Operations Evaluation Group di bawah pimpinan Profesor Morse dari MIT. Angkatan udara meneruskan pemanfaatan kelompok analisis operasi sebagai bagian dari komando di bawah visi analisis operasi. Selain itu,angkatan udara mendirikan proyek RAND, di bawah pengelolaan RAND corporation, untuk mempelajari strategi perang jangka panjang. Setelah perang dunia II, Riset Operasi Sipil di Amerika Serikat menampakkan kemajuan nyata, para ilmuwan dan manajer mulai mempelajari cara mencapai komunikasi dua arah. Ada dua perkembangan selama peride tersebut yang pantas mendapat catatan khusus. Tahun 1947, George B. Dantzig mengembangkan pemecahan simpleks untuk persoalanprogram linear yang sebelumnya dirintis oleh Leontief. Tahun 1958, rinrisan sebagian besar dasar-dasar konsep jaringan kerja, dikerjakan oleh kantor proyek khusus Angkatan Laut dengan bantuan Booz,Allen dan Hamilto Diposkan oleh Venichandy di 06:32

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->