GROUP FORMATION

Kuliah ke-3 Proskel 2011

APA YANG HENDAK DIJAWAB? Siapa yang bergabung dalam kelompok? Kapan orang membutuhkan orang lain? Proses-proses apa yang membentuk ikatan antarpersonal di antara anggota kelompok? .

KEPRIBADIAN Extravert lebih menerima kehadiran orang lain determinan bergabung dalam kelompok. Relationality tinggi cenderung bergabung dalam kelompok .

informal. & intim. . Perempuan memilih kelompok yang lebih kecil. Laki-laki memilih kelompok yang lebih besar & task-focused.JENIS KELAMIN Perempuan lebih kolektivistik & interdependen daripada laki-laki.

1992) masuk kelompok karena 3 motif: inclution. affection.MOTIVASI SOSIAL Sejauh mana orang mau bergabung dengan kelompok? ditentukan oleh motivasi sosial: Need for affiliation y Need for intimacy y Need for power y FIRO (Fundamental Interpersonal Relations Orientations) (Schutz. y . control.

Attachment style menentukan hubungan dengan orang lain ketika dewasa (Lihat Figure 4.ANXIETY & ATTACHMENT Social anxiety menurunkan kontak sosial dengan orang lain menghalangi masuk kelompok.1 di hlm 95) .

ada 3 tingkah laku: Misery loves company y Misery loves miserable company y Embarassed missery avoids company y . 1950.SOCIAL COMPARISON Untuk mendapatkan info tentang diri dan lingkungan terutama pada kondisi ambigu (Festinger. 1954): Downward soc comparison y Upward soc comparison y Schahter (1959): pada kondisi ambigu & berbahaya.

dukungan emosi.SOC SUPPORT & COMPANIONSHIP Kelompok/orang lain memberi ¶sense of belonging·. Companionship: membantu individu keluar dari rasa kesepian. saran. petunjuk. . & perspektif spiritual ketika individu mengalami kesulitan sehari-hari dan krisis hidup membuat orang bergabung dalam kelompok. arahan.

KEMENARIKAN Newcomb: individu tertarik membangun hubungan dengan orang yang: 1) dekat. . dan 3) berespon positif terhadap dirinya. 2) memiliki kesamaan sikap & nilai.

Jika keuntungan lebih besar daripada cost. Keputusan untuk bergabung/tidak dengan kelompok ttt didasarkan pada 2: Comparison level (CL): rata-rata semua outcome yang diperoleh individu. biasanya dipengaruhi oleh hubungan sebelumnya.THE ECONOMICS OF MEMBERSHIP Didasarkan pada teori pertukaran sosial (social exchange theory) dari Thibault & Kelley. y Comparison level alternatives (CLalt): outcome terendah yang masih bisa diterima anggota kelompok hingga ada alternatif yang lebih bagus. y . individu merasa puas di kelompok.

PR Jelaskan. dan beri contoh berdasarkan pengalaman Anda beberapa konsep berikut: y y y y y y The proximity principle The elaboration principle The similarity principle The complementary principle The reciprocity principle The minimax principle Kerjakan dalam kelompok yang anggotanya 3-4 orang. terangkan kelebihan & kekurangan masing-masing. Kumpulkan 2 minggu lagi (7 Maret 2011) .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful