GROUP FORMATION

Kuliah ke-3 Proskel 2011

APA YANG HENDAK DIJAWAB? Siapa yang bergabung dalam kelompok? Kapan orang membutuhkan orang lain? Proses-proses apa yang membentuk ikatan antarpersonal di antara anggota kelompok? .

Relationality tinggi cenderung bergabung dalam kelompok .KEPRIBADIAN Extravert lebih menerima kehadiran orang lain determinan bergabung dalam kelompok.

JENIS KELAMIN Perempuan lebih kolektivistik & interdependen daripada laki-laki. & intim. Laki-laki memilih kelompok yang lebih besar & task-focused. informal. Perempuan memilih kelompok yang lebih kecil. .

y . control. 1992) masuk kelompok karena 3 motif: inclution. affection.MOTIVASI SOSIAL Sejauh mana orang mau bergabung dengan kelompok? ditentukan oleh motivasi sosial: Need for affiliation y Need for intimacy y Need for power y FIRO (Fundamental Interpersonal Relations Orientations) (Schutz.

Attachment style menentukan hubungan dengan orang lain ketika dewasa (Lihat Figure 4.ANXIETY & ATTACHMENT Social anxiety menurunkan kontak sosial dengan orang lain menghalangi masuk kelompok.1 di hlm 95) .

1954): Downward soc comparison y Upward soc comparison y Schahter (1959): pada kondisi ambigu & berbahaya. ada 3 tingkah laku: Misery loves company y Misery loves miserable company y Embarassed missery avoids company y .SOCIAL COMPARISON Untuk mendapatkan info tentang diri dan lingkungan terutama pada kondisi ambigu (Festinger. 1950.

Companionship: membantu individu keluar dari rasa kesepian. & perspektif spiritual ketika individu mengalami kesulitan sehari-hari dan krisis hidup membuat orang bergabung dalam kelompok. dukungan emosi. arahan. saran. .SOC SUPPORT & COMPANIONSHIP Kelompok/orang lain memberi ¶sense of belonging·. petunjuk.

dan 3) berespon positif terhadap dirinya.KEMENARIKAN Newcomb: individu tertarik membangun hubungan dengan orang yang: 1) dekat. 2) memiliki kesamaan sikap & nilai. .

y . y Comparison level alternatives (CLalt): outcome terendah yang masih bisa diterima anggota kelompok hingga ada alternatif yang lebih bagus. Jika keuntungan lebih besar daripada cost. biasanya dipengaruhi oleh hubungan sebelumnya.THE ECONOMICS OF MEMBERSHIP Didasarkan pada teori pertukaran sosial (social exchange theory) dari Thibault & Kelley. Keputusan untuk bergabung/tidak dengan kelompok ttt didasarkan pada 2: Comparison level (CL): rata-rata semua outcome yang diperoleh individu. individu merasa puas di kelompok.

dan beri contoh berdasarkan pengalaman Anda beberapa konsep berikut: y y y y y y The proximity principle The elaboration principle The similarity principle The complementary principle The reciprocity principle The minimax principle Kerjakan dalam kelompok yang anggotanya 3-4 orang.PR Jelaskan. Kumpulkan 2 minggu lagi (7 Maret 2011) . terangkan kelebihan & kekurangan masing-masing.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful