P. 1
LTM Hukum Ibadah Dan Muamalah

LTM Hukum Ibadah Dan Muamalah

|Views: 1,003|Likes:
Published by Adhimas Yudha

More info:

Published by: Adhimas Yudha on Apr 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/23/2013

pdf

text

original

Hikmah Ibadah dan Muamalah Oleh Adhimas Yudha Prawira Judul Sumber : ³Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Agama´

: Mubarak, Zakky. 2007. Menjadi Cendekiawan Muslim. Jakarta: Yayasan Ukhuwah Ihsaniyah.

Ulama yang secara khusus mengkaji hukum Islam mengklasifikasikan subyek kajian mereka kepada dua bidang utama: ibadah dan muamalah. Hal ini menjadi sangat penting untuk kita perhatikan karena dengan mengetahui manakah yang termasuk ibadah dan manakah yang masuk muamalah, kita dapat menggunakan pola pikir dan sikap yang benar terhadap suatu masalah dalam kehidupan kita. Ibadah merupakan manifestasi dari keyakinan (aqidah) kita kepada kekuasaan Allah SWT, sehingga ibadah ini dapat juga dikatakan sebagai suatu hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhannya, Allah SWT atau hablum minallah. Secara harfiah, kata ibadah dapat berarti menyembah atau beramal baik. Secara istilah, ibadah dapat diartikan sebagai beramal baik kepada Allah SWT dan kepada seluruh makhluk-Nya agar memperoleh ridho dari Allah SWT. Seperti firman Allah yang artinya sebagai berikut:

³Tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, kecuali agar mereka beribadah kepada-Ku.´ Di sini dapat kita lihat bahwa semua makhluk ciptaan Allah sudah diwajibkan untuk beribadah kepada-Nya dari pertama dia diciptakan. Entah itu malaikat, jin, maupun manusia. Untuk manusia sendiri, Allah telah menetapkan berbagai macam ibadah yang dapat kita lakukan untuk Allah SWT. Hal ini dimaksudkan agar manusia tidak merasa jemu dalam menunaikan ibadah dan dalam pembagiannya terdapat penyucian bagi sisi-sisi yang beraneka macam dan sudut-sudut yang berbeda dari tabiat kemanusiaan dan sesuai dengan segala perangai dan tingkatan yang ada di dalamnya.

pada dasarnya segala bentuk muamalat adalah mubah.Namun ibadah kepada Allah SWT tidak hanya kita lakukan dengan menaati perinta-Nya dan menjauhi larangan-Nya saja. Untuk itu. muamalat dilakukan atas dasar sukarela. Istilah muamalah mengacu kepada suatu ibadah dengan cara berbuat dan beramal baik sesama manusia lewat berbagai macam cara. serta berkah Allah selalu menyertaimu. muamalat dilakukan atas dasar pertimbangan mendatangkan manfaat dan menghindari madharat dalam hidup masyarakat 4. Hal ini sering kita sebut muamalah. sehingga hal ini termasuk ibadah hablum minallah. Hukum muamalat Islam mempunyai prinsip yang dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. muamalat dilaksanakan dengan memelihara nilai keadilan. Orang yang terjun dalam bidang usaha jual beli harus mengetahui hukum jual beli agar dalam jual beli tersebut tidak ada yang dirugikan. suatu ucapan yang mengagungkan dan membesarkan nama Allah SWT. semoga kamu selamat. Kita juga harus berbuat baik terhadap sesama manusia. kecuali yang ditentukan lain oleh Al quran dan sunah Rasul 2. Sedangkan ketika mengakhiri shalat kita mengucapkan salam ³Assalamu¶alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh´. Contoh muamalah sangat lekat dalam kehidupan sehari-hari. Allah juga telah mengatur bagaimana hubungan yang seharusnya antara sesama manusia. Pada saat kita memulai ibadah shalat. menghindari unsur-unsur penganiayaan unsur-unsur pengambilan kesempatan dalam kesempitan Islam juga mengenal sistem ekonomi yang berlandaskan syariat Islam yang mengharamkan riba¶ sehingga tidak membebani orang-orang yang kurang mampu. sistem ekonomi ini dikenal dengan sebutan sistem ekonomi syariah atau sistem ekonomi muamalah. Allah Maha Besar. seperti shalat. Salah satu yang berkaitan dengan sistem ekonomi muamalah adalah jual beli. bahkan pada saat kita menunaikan ibadah yang bersifat hablum minallah. baik dari pihak penjual . yaitu menjaga hubungan baik dengan sesama manusia. melakukan takbiratul ihram. kita melafadzkan takbir ³Allahu Akbar´. Ucapan ini dapat diklasifikasikan sebagai ucapan ibadah kepada sesama manusia karena salam tersebut ditujukan kepada sesama muslim. rahmat. Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak dapat hidup tanpa adanya manusia lain. Istilah ini sangat berkaitan erat dengan hablum minannaas. tanpa mengandung unsur-unsur paksaan 3.

teladan yang baik. Jual beli hukumnya mubah. tawaddu¶.´(QS An Nisa : 29) Contoh-contoh tersebut memperlihatkan bahwa masalah muamalah sangatlah penting.maupun pihak pembeli. pemaaf. Beliau memiliki kecerdasan emosi dan sosial yang tinggi dan sudah sepatutnya menjadi contoh bagi umat muslim untuk berkehidupan di masyarakat. yang memang beliau diutus oleh Allah ke muka bumi sebagai uswatun hasanah. Artinya. janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang bathil. Seharusnya kita dapat megkategorikan mana yang masalah ibadah dan mana yang masalah muamalah. Sikap jujur. Seperti firman Allah SWT yang artinya sebagai berikut: ³Hai orang-orang yang beriman. Kita harus bijak dalam pola pikir dan mengambil tindakan agar masalah-masalah umat muslim dapat terselesaikan. hal tersebut diperbolehkan sepanjang suka sama suka. Teladan yang sempurna dalam mengamalkan nilai-nilai muamalah dalam ajaran Islam dalam kehidupan sosial adalah rasulullah Muhammad SAW. kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantara kamu. dan pemikirannya yang rasional sudah sepatutnya menjadi tolak ukur kita dalam mengamalkan nilai-nilai muamalah ke dalam kehidupan sosial kita sehari-hari. Bukan justru mencampuradukkan kedua hal yang berbeda ini yang akan menimbulkan suatu masalah. . ramah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->