P. 1
Statistik Dan Probabilitas 1

Statistik Dan Probabilitas 1

|Views: 633|Likes:

More info:

Published by: Faisal Agung Waskito on Apr 23, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2013

pdf

text

original

Statistik dan Probabilitas

Kuliah 1 Prodi Teknik Sipil Unsoed

analisis. ‡ Banyak hal di dalam rekayasa (engineering) berkaitan dengan data sehingga pengetahuan statistik sangat penting bagi perekayasa (engineer). ‡ Statistik berhubungan dengan pengumpulan. dan penggunaan data untuk pengambilan keputusan. penyajian. datadata hujan. debit. . dan perancangan produk dan proses. Contoh: data-data test beton dalam pelaksanaan pekerjaan bangunan gedung.Statistik dan Teknik Sipil ‡ Teknik sipil sebagaimana cabang ilmu rekayasa (engineering) lainnya selalu berhubungan dengan data dalam setiap pekerjaannya. pemecahan masalah. dan iklim dalam perencanaan bangunan-bangunan air.

memungkinkan terjadi kesalahan dalam pengambilan keputusan. . sehingga pengetahuan mengenai teori peluang (probabilitas) mutlak diperlukan dalam melakukan metode-metode statistika inferensia. ‡ Pengambilan kesimpulan dari statistik inferensia yang hanya didasarkan pada sebagian data saja menyebabkan sifat tak pasti.Statistika inferensia ‡ Statistika inferensia mencakup semua metode yang berhubungan dengan analisis sebagian data (contoh) atau juga sering disebut dengan sampel untuk kemudian sampai pada peramalan atau penarikan kesimpulan mengenai keseluruhan data induknya (populasi).

Jenis penarikan hubungan (reasoning) Hukumhukum fisik Populasi Jenis reasoning Perancangan Produk Statistik Inferensi Sampel .

Pengumpulan data untuk kepentingan rekayasa (engineering) ‡ Studi Retrospective. Biasanya pengumpulan data dilakukan oleh petugas di lapangan. Seringkali harus dilakukan testing hypothesis secara statistik untuk mendukung keputusan tersebut . Perekayasa berusaha supaya perubahan terhadap proses dilakukan sesedikit mungkin. ‡ Studi Observasi. Studi ini mendasarkan pelaksanaannya pada data-data historis. mengamati hasilnya. lalu membuat inferensi atau keputusan tentang variabel mana yang bertanggung jawab terhadap hasilnya. Perekayasa dengan sengaja melakukan perubahan-perubahan terhadap variable terkontrol di dalam sistem atau proses. Studi ini mendasarkan pelaksanaannya pada pengamatan oleh perekayasa (engineer) pada data-data di lapangan. ‡ Desain eksperimen.

yaitu resiko yang terkait dengan keputusan yang dibuat. .Model Probabilitas ‡ Model probabilitas membantu menghitung resiko yang terlibat dalam statistik inferensi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->