I.

A. GARIS

UNSUR UNSUR SENI RUPA

Garis merupakan unsur yang paling elementer di bidang Seni Rupa. Dengan hanya meletakkan posisi mata pensil di atas kertas dan selanjutnya digerakkan, maka jejak mata pensil itu akan menghasilkan garis. Oleh karenanya ada yang menyatakan bahwa garis adalah hubungan dua buah titik atau jejak titik-titik yang bersambungan atau berdempetan. Oleh karena itu garis dapat muncul secara rapi atau dapat juga muncul bergigi, bintik-bintik dan sebagainya, arah garis dapat menimbulkan garis lurus, garis lengkung, garis zig-zag. dan garis dapat berposisi tegak, datar, dan melintang.

B. RAUT

Raut adalah tampang, potongan, bentuk suatu objek. Raut dapat terbentuk dari unsur garis yang melingkup dengan keluasan tertentu sehingga membentuk bidang. Raut juga berarti perwujudan atau perawakan dari suatu objek, dalam hal ini raut berarti bangun, atau dalam pengertian lain raut sering dipahami atau dikenal sebagai bentuk atau bidang. Penampilan raut dapat berujud sebagai (1) Raut Geometris, seperti segi tiga, segi empat, lingkaran. (2) Raut Organik atau Biomorfis seperti raut yang terbentuk dari lengkungan-lengkungan bebas. (3) Raut Bersudut berarti raut yang terbentuk dengan banyak sudut atau berkontur garis zig-zag. (4) Raut Tak Beraturan, adalah jenis raut yang terbentuk secara kebetulan seperti tumpahan cat atau semburan cat dan sebagainya.

C. WARNA

Warna merupakan unsur rupa yang memberikan nusansa bagi terciptanya karya seni, dengan warna dapat ditampilkan karya seni rupa yang menarik dan menyenangkan. Melalui berbagai kajian dan eksperimen, jenis warna diklasifikasi ke dalam jenis Warna Primer, Warna Sekunder, Warna Tersier.

1

dan sebagainya. batu. Gelap terang dalam gambar dapat dicapai melalui teknik arsir yaitu teknik mengatur jarak atau tingkat kerapatan suatu garis atau titik. Goresan pensil yang keras dan tebal akan memberi kesan gelap sementara goresan pensil yang ringan-ringan akan memberi kesan lebih terang. Kita dapat menentukan halus kasarnya suatu permukaan juga dapat merasakan kualitas permukaan antara kertas. Dua bidang yang sama jenisnya misalnya lingkaran. kayu. cekungan. 2 . GELAP TERANG Gelap terang berkaitan dengan cahaya.D. jauh dan dekat. licin. artinya bidang gelap berarti tidak kena cahaya dan yang terang adalah yang kena cahaya. Sedangkan pada tektur semu kesan yang di tangkap oleh mata tidak sama dengan kesan yang di tangkap oleh perabaan. TEKSTURE Tekstur adalah sifat atau kualitas nilai raba dari suatu permukaan. E. F. kedalaman. unsur ruang adalah unsur yang menunjukkan kesan keluasan. berkerut. kain. Dalam tekstur visual boleh jadi kesan yang di tangkap oleh mata itu kasar akan tetapi sesungguhnya halus atau sebaliknya. kaca. Lingkaran besar akan memberi kesan luas sedangkan lingkaran kecil akan memberi kesan sempit. RUANG Dalam bidang seni rupa. oleh karena itu tekstur bisa halus. kasar. semakin rapat akan menghasilkan kesan semakin gelap demikian sebaliknya. akan memberikan kesan yang berbeda jika ukuran ke dua lingkaran itu berbeda. Jika ke dua lingkaran itu berimpit akan memberi kesan dekat akan tetapi jika diatur berjarak akan memberi kesan ruang yang jauh.

kriya. Kontribusi terpenting dari bentuk seni abad ke-20 adalah ditemukannya abstraksi yaitu seni yang tidak meniru benda-benda. walaupun ada tapi sedikit y Selalu mengutamakan orisinalitas 3 . Terminologi in pada dasarnya telah ditetapkan sebagai kecakapan seseorang yang mampu menguasai bidang kerupawanan. Kompetensi dasar yang harus dicapai bidang seni rupa adalah meliputi kemampuan memahami dan berkarya lukis. Seni modern mengedepankan ide-ide dan cara berpikir baru terhadap bermacam-macam hal. lukis. Macam ± macam seni rupa : y Seni modern juga dikenal dengan istilah avant-garde merupakan istilah dimana aturan-aturan dalam seni tradisional dikesampingkan dalam rangka mengembangkan ide-ide baru dan semangat percobaan. teknik-teknik material artistik dan bahkan ruang lingkup dan definisi dari seni itu sendiri. Merupakan sarana ekspresi diri senimannya Tidak mengatasnamakan institusi politik ataupun religius. MACAM MACAM SENI SENI RUPA Seni rupa merupakan salah satu cabang kesenian. serta kemampuan memahami dan berkarya atau membuat sarana multimedia. kemampuan memahami dan berkarya grafis . grafis. Seni modern dapat dirujuk terhadap karyakarya yang tercipta kira-kira dari tahun 1860 sampai 1970 walaupun beberapa ahli tidak setuju.kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan memanfaatkan unsur rupa sebagai salah satu wujud yang diklasifikasikan ke dalam bentuk gambar. dan multimedia.kerajinan tangan. Ciri Khusus y y y y Cenderung terdapat abstraksi Bahan-bahan pembuatan beragam. kemampuan memahami dan membuat patung.II. Seni modern yang karyanya mucul lebih baru disebut seni kontemporer. patung. tidak terikat hanya pada minyak kanvas.

pekerja atau orang lain. dll. komik. mainan. Seni tradisional biasanya hanya mengacu pada suatu kebudayaan tertentu dan berbeda antara satu dengan yang lain. lebih dari estetika Dianggap naïf karena tidak mengindahkan kaidah seni Bersifat impulsif. poster film. barang-barang industri. Istilah tersebut juga dapat merujuk kepada karya-karya seni rupa yang tercipta pada zaman sekarang Secara garis besar. Optic art Optic art menekankan oada permainan ilusi optic dari mata si pengamat. Ciri khusus y y y y y Bersifat distinktif. bungkus makanan. hanya spontanitas saja Tidak terpengaruh aliran dalam akademisi dan ruang lingkup seni murni y Seni Kontemporer atau seni masa kini merupakan suatu istilah yang digunakan untuk mengelompokkan gaya-gaya seni rupa yang sezaman dengan pengamat atau yang menjadi kecenderungan populer dan dipilih oleh para seniman dalam rentang waktu 50 tahun terakhir. walaupun terkadang bisa sama karena pengaruh kebudayaan. lebih dari estetika. Seni tradisional dibuat utamanya untuk kegunaan. Keragaman lokasi geografis dan keragaman jenis seni tradisional tidak memungkinkan untuk mendeskripsikannya secara keseluruhan.y Terdapat hubungan dengan teknologi modern y Seni tradisional dapat disebut dengan seni rakyat merupakan bentuk seni yang diproduksi oleh suatu kebudayaan tertentu oleh rakyat jelata. seni kontemporer dapat dibagi 2 yaitu pop art dan optic art - Pop art Popular art diaplikasikan dalam berbagai hal diantaranya kaleng minuman. antara kebudayaan satu dengan yang lain berbeda Mengutamakan kegunaan. optic art berkembang pada paruh kedua abad ke-20 4 .

SENI TARI Media ungkap tari adalah gerak. melodi dan notasi musik merupakan wujud sarana yang diajarkan. kemampuan memahami berperan di bidang casting kemampuan memahami dan membuat setting atau tata teknik pentas panggung dan penciptaan suasananya sebagai perangkat tambahan dalam membidangi seni teater. Gerak tari merupakan gerak yang diperhalus dan diberi unsur estetis. Jenis alat musik Barat antara lain terdiri dari piano. Media seni musik adalah vokal dan instrumen. drum.SENI MUSIK Unsur bunyi adalah elemen utama seni musik. gitar. Keindahan tari terletak pada bentuk kepuasan. dan terompet. Unsur lain dalam bentuk harmoni. gambang kromong. peraga dan penikmat atau penonton. Karakter musik instrumen dapat berbentuk alat musik Barat dan alat musik Nusantara/tradisional. dan kolintang serta arumba. seksopon. musik elektronik. gamelan. SENI TEATER Kompetensi dasar bidang seni teater mencakup kemampuan memahami dan berkarya teater. 5 . Gerak dalam tari berfungsi sebagai media untuk mengkomunikasikan maksudmaksud tertentu dari koreografer. rebana. baik dari koreografer. sintetiserr. flute. kebahagiaan. angklung. kecapi. kemampuan memahami dan membuat naskah. Jenis alat musik tradisional antara lain terdiri dari seruling.

warna merah campur warna kuning jadi warna orange. WARNA (PRIMER .III. TERSIER) WARNA PRIMER adalah warna yang tidak diperoleh dari pencampuran warna lain. kuning. 6 . warna biru campur warna merah jadi warna ungu atau violet. warna pokok atau dengan kata lain warna yang terbebas dari unsur warna-warna lain. SEKUNDER . misalnya warna biru campur warna kuning jadi warna hijau. WARNA SEKUNDER adalah pencampuran dari dua warna Primer. WARNA TERSIER adalah pencampuran dari dua warna sekunder. biru ). seperti ( merah.

SENI RUPA NUSANTARA Seni rupa nusantara adalah kumpulan dari ragam etnis kesenirupaan yg terdiri dari berbagai pelosok daerah di negeri ini.ukiran . ulos Batak.lukisan . misalkan ukiran .lukisan Bali. Tapis Lampung.patung Asmat.IV. dsb. 7 . patung .

V. yang lukisan pemandangannya dianggap lukisan realis terbaik dari gerakan ini. Salah atu bagian penting dari gerakan naturalis adalah pandangan Darwinisme mengenai hidup dan kerusakan yang telah ditimbulkan manusia terhadap alam. Sementara seniman realis yang terkenal adalah Gustave Courbet dan Jean François Millet. ALIRAN SENI RUPA NATURALISME : suatu bentuk karya seni lukis (seni rupa) dimana seniman berusaha melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata. perspektif. pewarnaan serta gelap terang dikerjakan seteliti mungkin. perbandingan. Salah satu perupa naturalisme di Amerika adalah William Bliss Baker. Perupa realis cenderung mengabaikan drama-drama teatrikal. bahkan tanpa menyembunyikan hal yang buruk sekalipun. dilema. maka susunan. 8 . subjek-subjek yang tampil dalam ruang yang terlalu luas. Perupa realis selalu berusaha menampilkan kehidupan sehari-hari dari karakter. Namun karya dengan ide realisme sebenarnya sudah ada pada 2400 SM yang ditemukan dikota Lothal. setepat ±setepanya. artinya disesuaikan dengan tangkapan mata kita. Realisme mendominasi dunia seni rupa dan sastra diPerancis. di dalam seni rupa adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Maknanya bisa pula mengacu kepada usaha dalam seni rupa unruk memperlihatkan kebenaran. tekstur. Penganut sastra realisme dari Perancis meliputi nama Honoré de Balzac dan Stendhal. REALISME di dalam seni rupa berarti usaha menampilkan subjek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari-hari tanpa tambahan embel-embel atau interpretasi tertentu. Supaya lukisan yang dibuat benar ± benar mirip atau persis dengan nyata. dan bentuk-bentuk klasik lainnya yang telah lebih dahulu populer saat itu. untuk mencapai tujuan Verisimilitude (sangat hidup). Inggris. dan objek. yang sekarang lebih dikenal dengan nama India. suasana. Pembahasan realisme dalam seni rupa bisa pula mengacu kepada gerakan kebudayaan yang bermula di Perancis pada pertengahan abad 19. dan Amerika Serikat di sekitar tahun 1840 hingga 1880.

kubus.film.lain. seperti patung suku bangsa Liberia. sebuah kelompok di Perancis yang dikenal dengan nama Teknik Trompe l'oeil. yang dikenal sebagai salah satu perupa realis terbaik. ukiran timbul (basrelief) bangsa Mesir. Kemudian pada abad 19. menyusun dan aneka tampak. yang mengenalkan bentuk geometri baru 9 . gambar ±gambar poster dan lain. Kubisme sebagai pencetus gaya nonimitative muncul setelah Picasso dan Braque menggali sekaligus terpengaruh bentuk kesenian primitif. Prinsip-prinsip dasar yang umum pada kubisme yaitu menggambarkan bentuk objek dengan cara memotong.Kejujuran dalam menampilkan setiap detail objek terlihat pula dari karyakarya RembrandtBarbizon School memusatkan pengamatan lebih dekat kepada alam. dan musik. deformasi. kelompokPreRaphaelite Brotherhood menolak idealisme pengikut Raphael yang kemudian membawa kepada pendekatan yang lebih intens terhadap realisme. KUBISME adalah sebuah gerakan modern seni rupa pada awal abad ke-20 yang dipelopori oleh Picasso dan Braque. dan topeng-topeng suku Afrika. sastra. Istilah emosi ini biasanya lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia. overlap. misalnya menempelkan potongan kertas surat kabar. terutama karya still life dan pemandangan. penyederhanaan. segiempat. lingkaran dan sebagainya) seniman kubisme sering menggunakan teknik kolase. Pelukis Matthias Grünewald dan El Greco bisa disebut ekspresionis. Di Inggris. EKPRESIONISME adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. arsitektur. adalah teknik seni rupa yang secara ekstrim memperlihatkan usaha perupa untuk menghadirkan konsep realisme. distorsi. kerucut. Juga pengaruh lukisan Paul Cezanne. bentuk ±bentuk karyanya menggunakan bentuk ±bentuk geometri (segitiga. transparansi. yag kemudian membuka jalan bagi berkembangnya impresionisme. Ekspresionisme bisa ditemukan di dalam karya lukisan. Gerakan ini dimulai pada media lukisan dan patung melalui pendekatannya masing-masing Pada kubisme.

Maka untuk selanjutnya dipakai istilah Kubisme untuk memberi ciri dari aliran seperti karya-karya tersebut. Wajah manusia atau kepala binatang yang diekspos sedemikian rupa. Louis Vauxelles (kritikus Prancis) setelah melihat sebuah karya Braque di Salon des Independants. Sementara itu. Ini membekas pada keduanya sehingga meneteskan aliran baru. sepintas terlihat dari samping dengan mata yang seharusnya tampak dari depan. Istilah "Kubis" itu sendiri. Gil Blas menyebutkan lukisan Braque sebagai bizzarries cubiques(kubus ajaib). Dengan memasukkan guntingan-guntingan kata atau kalimat yang diambil darisuratpaper colle. Pada 1908-1909 Kubisme segera mengarah lebih kompleks dalam corak yang kemudian lebih sistematis berkisar antara tahun 1910-1912. yaitu ruang dan waktu karena pola perspektif lama telah ditinggalkan. Kubisme mengalami fase Analitis yang dilanjutkan pada fase Sintetis. kabar kemudian direkatkan pada kanvas sehingga membentuk satu komposisi geometris.dengan mematahkan perspektif zaman Renaisans. Fase awal ini sering diberi istilah Kubisme Analitis karena objek lukisan harus dianalisis. Eksperimen tempelan seperti ini lazim disebut teknik kolase atau 10 . Dengan keberanian meninggalkan sudut pandang yang menjadi ciri khasnya untuk beranjak ke tingkat inovatif berikutnya. berkomenmtar bahwa karya Braque sebagai reduces everything to little cubes(menempatkan segala sesuatunya pada bentuk kubus-kubus kecil. Perkembangan karya kaum Kubis selanjutnya adalah dengan perhatian mereka terhadap realitas. berbeda pada fase Kubisme Sintetis. Henri Matisse menyebutnya sebagai susunan petits cubes (kubus kecil). Pada fase Kubisme Analitis ini. Semua elemen lukisan harus dipecahpecah terdiri atas faset-fasetnya atau dalam bentuk kubus. sedangkan setengahnya lagi dilihat dari belakang atau samping. Dalam tahap perkembangan awal. Bila pada pereiode analitis Braque maupun Picasso masih terbelenggu dalam kreativitas yang terbatas. para perupa sebenarnya telah membuat pernyataan dimensi keempat dalam lukisan. Kaum Kubis tidak lagi terpaku pada tiga warna pokok dalam goresan-goresannya. tercetus berkat pengamatan beberapa kritikus. Tema karya-karya mereka pun lebih variatif. Objek lukisan kadang-kadang setengah tampak digambar dari depan persis.

Konsep dasar fauvisme bisa terlacak pertama kali pada 1888 dari komentar Paul Gauguin kepada Paul Sérusier : "How do you see these trees? They are yellow. digantikan oleh pemahaman secara emosional dan imajinatif.Daftar Pelukis Kubisme :          Paul Cezane Pablo Picasso George Braque Metzinger Albert Glazez But Mochtar Moctar Apin Fajar Sidik Andre Derain FAUVISME adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang hendak dilukis. seperti yang terjadi dalam lukisan naturalis. Daun yang kemerahan? Tambahkan saja vermillion." Segala hal yang berhubungan dengan pengamatan secara objektif dan realistis." "Bagaimana kau menginterpretasikan pepohonan itu? Kuning. 11 . karena itu tambahkan ultramarine. Sebagai hasilnya warna dan konsep ruang akan terasa bernuansa puitis. this shadow. So. Warna-warna yang dipakai jelas tidak lagi disesuaikan dengan warna di lapangan. tetapi mengikuti keinginan pribadi pelukis. these red leaves? Put in vermilion. karena itu tambahkan kuning. Tidak seperti karyaimpresionisme. pelukis fauvis berpendapat bahwa harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut. Penggunaan garis dalam fauvisme disederhanakan sehingga pemirsa lukisan bisa mendeteksi keberadaan garis yang jelas dan kuat. Akibatnya bentuk benda mudah dikenali tanpa harus mempertimbangkan banyak detail. Lalu bayangannya terlihat agak biru. paint it with pureultramarine. rather blue. put in yellow.

aliran fauvisme menjadi tonggak konsep seni rupa modern berikutnya.Pengaruh awal dari aliran ini mungkin sekali didapat dari rintisan yang dimulai oleh karyakarya Paul Cezanne. Daftar pelukis fauvisme : y y Henri Matisse André Derain y y y y y y y y y y Georges Braque Albert Marquet Henri Manguin Charles Camoin Henri Evenepoel Jean Puy Maurice de Vlaminck Raoul Dufy Othon Friesz Georges Roua 12 . Paul Gauguin. namun karyanya menjadi acuan bagi pelukis muda yang nantinya akan menjadi pelukis fauvis. Gustave Moreau. Meskipun hanya berumur pendek. maupun Vincent van Gogh. Meskipun pelukis tersebut tidak melibatkan diri kepada gerakan fauvisme dan berbeda era dengan dimulainya aliran ini.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful