Rabu, 29 Agustus 2007

Bareh Randang
Bagi yang sering singgah ke Payakumbuh dan sekitarnya, mungkin tidak asing dengan makanan ini. Namanya Bareh Randang. Bareh randang merupakan salah satu makanan khas kota Payakumbuh disamping Batiah dan Gelamai. Makanan ini terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan beberapa bahan tertentu. Warnanya putih dan rasanya manis. Untuk mendapatkan sangat mudah, apalagi jika anda berkunjung ke Payakumbuh ada banyak penjual bareh randang dan makanan khas tradisional lainnya. Selain di Payakumbuh mungkin anda bisa mendapatkannya di Kota Padang, Bukittinggi dan kota-kota lainnya di Sumatera Barat.

Dadiah
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Dadih

Dadiah atau dadih adalah yogurt yang terbuat dari susu kerbau khas Minangkabau, Sumatra Barat. Dadiah difermentasi di dalam wadah dari bambu yang ditutup dengan daun pisang, yang telah dilayukan di atas api. Proses fermentasi ini selama sekitar 24 jam. Dadiah biasanya dikonsumsi sebagai sarapan pagi, dicampur dengan ampiang (sejenis kerupuk dari nasi) dan gula kelapa. Dadiah dapat juga dimakan dengan nasi panas dan sambal

Bika Si Mariana

Next>>

You can ask. dendeng lambok. If you are interested to buy the picture. terbuat dari campuran Tepung beras. add. yaitu: dendeng balado. Makanan yang dialas daun ini enak dimakan disaat panas.Personal Message) 4. or even give the positive critics. dan dendeng baracik. dendeng batokok. reproduced and/or used for commercial purposes without written permission from the copyright holder. Secara umum. correct the information of the description. Dendeng Balado Minangkabau Baru saja saya sadari bahwa di daerah Minangkabau. Makanan ringan yang enak yang unik cara memasaknya yaitu dimasak di bawah api dari kayu bakar dalam dua tembikar. . The copyright of this picture is belong to the photographer above. setidaknya ada empat jenis dendeng yang berhasil saya identifikasi.kelapa dan bahan lainnya.Description : Apakah anda tahu Bika? Bika adalah sejenis penganan atau makanan ringan khas di Sumatra Barat tepatnya di Agam. Your comments to the photograph are highly appreciated. This picture may not be copied. 3. please feel free to contact the photographer directly through Personal Message (menu: Member . 2. yang disebut dendeng hadir dalam begitu banyak versi. Di foto ini adalah salah satu tempat menjual bika yang berada di Koto Baru antara Padang Panjang dan Bukittinggi. Photographer : Rudi Gusteno (Rudi_silausumatra) Category : Food & Beverages Date Date Taken : 2007-12-24 : 2007-12-29 Posted Camera : Nikon Type : D40 District : Agam City : Koto Baru Country : Location : Event : Viewed : 2551 1.

pembuatan dendeng balado dimulai dengan pilihan daging yang bagus.dengan bumbu balado yang mendekati sempurna. dan langsung digoreng sampai garing. Ketiga jenis dendeng lainnya memakai lado mudo atau cabe muda yang masih berwarna hijau. Perbedaan proses itu membuat dendeng balado juga tampil dalam berbagai tingkat kerenyahan. di ranah . Ada yang mak nyuss. hasilnya adalah dendeng renyah yang langsung hancur di mulut . Ada yang renyah sekali. Disebut minyak tanak karena dihasilkan dari santan kelapa yang ditanak. Maaf kalau saya masih memakai istilah ³mendekati sempurna´. ada pula yang menumis sebentar bahan-bahan tadi dengan minyak tanak atau minyak kelapa. ada yang tanpa ketumbar. Aromanya pun berbeda. Kedua. hanya dendeng balado yang memakai cabe merah. dijemur sampai kering. di ³Kembang Goela´ tidak dipakai bawang merah yang didatangkan dari Sumatera Barat. Pada umumnya. bawang merah. kemudian digoreng. Pencarian Resep Dendeng Balado Minangkabau Yang Paling Lezat Dalam ³pencarian´ dendeng balado yang paling juara. Saya duga. lalu disiram dengan sambal berwarna merah. proses pembuatannya tidak tradisional. Tetapi. di dalam setiap jenis dendeng juga muncul berbagai varian. Harap dicatat. tetapi ada juga yang alot dan keras. dibumbui. Yang wajib ada dalam bumbu balado ini adalah garam. perasan jeruk nipis. Kadang-kadang. cabe merah. Cabe muda yang berwarna hijau ini tidak sepedas cabe yang sudah berwarna merah. tetapi langsung digoreng. lalu diiris tipis-tipis. daging diiris tipis (shaved) dengan mesin yang menghasilkan irisan setipis kertas. Lihat Resep Dendeng Balado Khas Minangkabau Jenis Dendeng Balado Minangkabau Pertama. Dagingnya direbus dengan bumbu-bumbu. Ada pula yang tidak dijemur dan tidak direbus. Setiap rumah makan di Sumatera Barat memiliki ciri-ciri dendengnya masing-masing. Sebagian memakai cara mengiris daging sapi tipis-tipis. Sekalipun ³penampakan´-nya mungkin sama. Standarisasi memang merupakan salah satu isu pelik dalam kuliner Indonesia. Dalam keadaan beku. tetapi masingmasing rumah makan di Sumatera Barat ternyata tidak membuat dendeng baladonya dengan ³pakem´ yang sama. Ada versi lain yang menambahkan bawang putih. Yang disebut dendeng balado biasanya adalah dendeng tipis yang digoreng garing. di ³Kembang Goela´. dari sisi sambal yang dipakai sebagai topping-nya. Soalnya. Versi lain justru tidak dijemur. Harus diakui. hasil akhirnya sungguh dahsyat. Setelah digoreng. Bumbunya sendiri berbeda-beda. Ada yang memakai ketumbar.baik yang di Jakarta maupun yang di Bali.Tetapi. ada yang biasa-biasa saja. Mungkin daging direbus dulu dalam bumbu-bumbu lengkap. lalu dibekukan. dari sisi dendengnya. akhirnya saya harus mengakui keunggulan sajian Restoran ³Kembang Goela´ .

dan garam. perasan jeruk nipis. lambok berarti lembab. Versi dendeng yang ketiga adalah dendeng lambok. Dendeng Minangkabau yang satu ini diperkenalkan kepada saya oleh JS-er Andrew Mulianto. Karena favorit dendeng batokok saya adalah dari Rumah Makan ³Mintuo´ di lintasan PadangSolok. lalu ditambah asam jawa yang dilarutkan dalam air. Bawang merah khas Minang inilah yang menjadi kunci keistimewaan dendeng balado. cabe muda yang dipakai sangat muda. Secara harafiah. Dalam bahasa Minang.adalah favorit saya. Mungkin karena ragamnya yang tidak jelas. lalu ditokok-tokok dengan batu agar seratnya pecah dan menjadi lebih tipis serta lebar. Sepanjang pengetahuan . Lado mudo dan bawang merahnya tidak digiling halus. Secara warna. Semua bumbu dan rempah itu dihaluskan. Ada juga yang dagingnya tidak dibakar atau dipanggang. daging panggang dilumuri dengan minyak tanak. jahe. Topping-nya adalah lado mudo. direndam selama dua jam dalam bumbu dan rempah yang cukup kaya. Di rumah-rumah makan lain. Ini membuat rasa bawang merah mencuat dengan indahnya. Daging sapi mentah.seimbang antara asam dan pedasnya. Jenis dendeng lain yang populer di Sumatera Barat adalah dendeng batokok. Di satu rumah makan. Daging mentah yang sudah direndam bumbu ini kemudian diiris-iris dengan ketebalan sekitar satu sentimeter. Di sana bawang merah Minang berukuran besar. Proses pembuatan dendeng yang satu ini memang harus ditokok-tokok. yaitu: bawang merah. Salah satu elemen pembeda dendeng lambok dari dendeng balado dan dendeng batokok adalah digunakannya tomat hijau sebagai bahan bumbu baladonya. ada dendeng batokok yang mengalami proses perebusan terlebih dulu. sehingga tingkat kepedasannya pun masih rendah.yaitu dendeng baracik . bawang putih. ditokok berarti dipukul dengan palu. bawang merah. Setelah matang dan sebelum gosong. sehingga masih tampak lebar-lebar bertaburan di atas dendeng. sehingga lebih mirip gulai. Lembaran-lembaran daging mentah ini kemudian dibakar di alas bara arang tempurung kelapa. dendeng batokok ³Mintuo´ juga tampil lebih cantik. lengkuas. bumbu pun ikut meresap ke dalam serat-serat daging. maka saya akan memakai referensi dendeng batokok yang fop markotop ini. Versi dendeng batokok goreng ini biasanya adalah jenis yang direbus sebelumnya. kunyit. dendeng lamboknya tampil mirip dendeng batokok plus tomat hijau. Dalam pengembaraan saya di ranah Minangkabau.sekalipun tidak sampai garing. daun jeruk nipis. dan garam. melainkan digoreng . Ketika menokok-nokok itu. Di rumah makan yang lain. saya melihat dendeng lambok dalam bentuk daging sapi rebus dalam bumbu balado yang agak berkuah. rasanya pun khas .Minang. Di ³Mintuo´ rumah makan yang terletak pada lintasan Padang-Solok. bawang merahnya berbeda dengan bawang merah di Jawa. hingga kini saya belum menemukan dendeng lambok yang dapat saya jagokan. Jenis dendeng terakhir . dendeng lambok inilah yang paling ³kacau´ atau paling banyak ragamnya.

Jika di daerah lain makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol atau jenang. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. dengan aroma daging layu dan ketumbar yang sangat khas. [sunting] Cara pembuatan galamai . atau sandung lamur di Jawa). Hajjah Emi merajang lado mudo. lamaknyo! Oleh: Bondan Winarto. Bila ada tamu yang memesan dendeng baracik. besarnya sekitar lima kali lima sentimeter. Anda harus berada di dapur untuk menikmati sensasi aroma dendeng yang digoreng dengan sedikit minyak tanak atau minyak kelapa. gula aren dan santan yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Bagian lemaknya juga memberi sensasi rasa yang sulit digambarkan. tetapi berukuran besar dan isinya berwarna kuning muda).kawasan penghasil teh terkenal. Hajjah Emi akan memotong-motong gajebo layu dengan ketebalan sekitar dua milimeter.dan kemudian dijemur sebentar agar layu. sang ayah mertua membuatkan dendeng khusus itu. ditaburi semua rajangan. Wisata Kuliner Galamai Dari Wikipedia bahasa Indonesia. lalu dikucuri dengan perasan asam sundai (mirip jeruk purut. Resepnya diperoleh dari ayah mertuanya. dendeng baracik memang eksklusif merupakan sajian di lepau nasinya. Dalam dapur yang panas dan penuh asap. dan tomat. dan memicunya untuk membuat dendeng baracik sebagai sajian juara di kedainya. ketika Emi muda sedang hamil. dekat Kayu Aro .antara lain ketumbar . Nomenklatur ini baru jelas maknanya bagi saya setelah nyelonong ke dapur untuk melihat bagaimana dendeng baracik itu dibuat. dendengnya dibuat dari potongan tebal daging bagian dada sapi (disebut gajebo di Minang. Tabiak salero! Sementara dendengnya digoreng. dendeng baracik hanya dapat dijumpai di satu lepau makan di lintasan Padang-Solok. Daging berbumbu yang sudah layu ini kemudian dibawa ke dapur. Tekstur dendengnya garing di luar. cari Galamai adalah salah satu makanan kecil dengan bahan dasar tepung beras ketan. Konon. lunak di dalam. proses pelayuan dendeng berlanjut.saya. Langsung diaduk dan dimakan dengan nasi hangat. bawang merah. Ternyata. tepatnya di Desa Talang. Menurut pemiliknya. Hajjah Emi. Sensasi kelezatan itu tidak pernah dilupakan Emi. Dendeng yang sudah digoreng setengah kering itu diletakkan di piring. tetapi tidak sampai kering. Bungkah-bungkah gajebo itu dilumuri bumbu . Hampir semua suku di Indonesia memiliki jenis makanan kecil ini. baracik berarti diracik. Onde mande. Secara harafiah.

kemudian diiris tipis dan di tokok alias dipipihkan agar serat dagingnya terpisah. Daging sapi pilihan ini memang dipukul-pukul terlebih dahulu sehingga menjadikannya lebih tipis dan empuk. bawang merah. Batokok berasal dari kata 'tokok' alias dipukul. Semua bumbu dan rempah itu dihaluskan. Ketagihan Dendeng Batokok! Eka Septia . jahe. Paduan bumbu khas Minang yang gurih pedas. dan garam.Kalau kangen dengan makanan yang satu ini. bisa bikin Anda ketagihan karenanya! Dendeng Batokok. . Kuliner asli ranah Minang ini cukup unik. Galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama. lengkuas. yak dilihat dari namanya mungkin masih ada beberapa orang yang tidak tahu mengenai kuliner yang satu ini.com Jakarta . perasan jeruk nipis. Daging sapi direndam dalam bumbu seperti bawang merah. ternyata bisa juga ditemui di Jakarta loh! daging sapi yang tipis ini memang menjadi ciri khasnya. Nah. daging yang sudah matang tadi diberi lado mudo (cabai hijau yang masih muda). Daging sapi yang sudah direndam tadi. Hasil dari masakan ini berbentuk makan yang bewarna hitam mengkilat dan terasa manis. kunyit. Makanan ini biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan dan pesta adat lainya atau menjelang hari raya.detikFood Share : Foto Sumber: Kompas. daun jeruk nipis.Tepung beras ketan dimasak bersama santan kelapa dengan menggunakan gula tebu atau gula aren dengan menggunakan kuali yang sangat besar. Saat menokok inilah bumbu pun ikut meresap ke dalam serat-serat dagingnya. lalu ditambah asam jawa yang dilarutkan dalam air. bawang putih. Lembaran daging yang sudah dipipihkan kemudian dibakar diatas arang tempurung kelapa hingga matang.

gulai tunjang (urat kaki kerbau atau sapi). gulai cangcang (tulang dan daging kerbau). Meskipun begitu. Sehingga masihtampak berupa lembaran cabai yang masih kasar di bagian atasnya. Nah. dan jengkol. dan lauk pauk khas Kapau. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. pedagang nasi kapau berjejer di Jalan Kramat Raya. Mereka juga menyediakan hidangan penutup seperti lemang dan bubur kampiun. ayam panggang. kalau sudah tak sabar mencicipi kelezatan dendeng batokok. mungkin rumah makan di bawah ini bisa Anda kunjungi bersama rekan-rekan siang ini Gulai Kapalo Ikan. ayam goreng hijau gulai ayam. dan sambal lado hijau. rendang ayam.dan garam yang sudah ditumbuk kasar. Warna kuningnya pun sangat menarik yang larut dari gilingan kunyit. tongkol balado. Jakarta Pusat. Dendeng Batokok ini banyak sekali penggemarnya. Gulai dicampur kacang panjang. Aromanya sangat segar hsil perpaduan dari beberapa lembar daun jeruk. teri balado. ayam panggang. dendeng balado. umumnya dikirim dari Bukittinggi dan Agam. di Jakarta tidak semua rumah makan Padang menyediakan menu spesial ini. Mendapatkan ikan kerapu di Padang tidak begitu sulit karna secara topography Padang adalah gudangnya spesies laut yang siap diolah dengan berbagai resep. cari Nasi Kapau ialah nasi ramas khas nagari Kapau. pakis. goreng belut.[1] [sunting] Pedagang Nasi Kapau Di Jakarta. Gulai usus (gulai tambunsu) campuran telur ayam dan tahu yang dimasukkan ke usus sapi (karena usus kerbau lebih keras). Lauk nasi Kapau lainnya berupa ayam goreng.[2] Gulai nangka tidak menggunakan banyak santan dan tidak terlalu kental. gulai ikan. Nasi Kapau Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Daging ikan kerapu terasa manis dilidah sebab ikan tersebut digulai selagi masih segar. terdiri dari nasi. Di samping gulai nangka. sambal. gulai tunjang. Dendeng Batokok ini rasanya pas disantap untuk mengawali minggu ini. Sumatra Barat. gulai babek (paruik kabau). rendang daging. hampir seluruh lauk nasi kapau terdiri dari masakan daging-daging. Beras nasi kapau harus bermutu tinggi. Rasa gurih-gurih pedas si daging bisa bikin Anda berkeringat di cuaca yang sedikit mendung ini. . gulai sayur nangka (cubadak). rebung.[1] Nasi kapau standar selalu dilengkapi gulai nangka ciri khas nasi kapau. masakan ini sangat gurih sekali karena syarat akan santan. rendang. dan ikan bakar. Beraneka macam kue serta lauk khas Minang seperti gulai tunjang. kol.

daun pandan sedikit garam. Biasa lemang dan tapai merupakan padanan yang cocok buat berbuka puasa Resep Bubur Kampiun . Kerupuk Pitalah kombinasi dg.disebut katupek Pitalah .Sedang kan "etek Ani " ibu penjual katupek ini sudah sangat terkenal(sejak lebih dr 30 thn yg lalu) rasa "Gulai Ketupat" yg sangat lezat(kombinasi Rebung muda.kota kecil dekat Padang Panjang juga terkenal dg. Panci-panci terlalu jauh dari jangkauan tangan mereka sewaktu melayani pembeli sehingga sendok gulai bertangkai panjang dari tempurung kelapa digunakan untuk menyendokan gulai ke piring makan pembeli.Di Bukittinggi.Etek Ani hanya berdagang pada hari Jumat di Pasar Padang Panjang & Minggu pagi di Pasar Pitalah. cari Artikel atau bagian artikel ini mungkin lebih cocok dipindahkan ke Wikibooks Lamang Lamang adalah beras ketan yang di masak dengan santan dan di masak dalam bambu muda .u/ ke Pitalah Minggu pagi bisa naik KA Wisata dr Stasiun KA P Panjang jam 7:30 . pedagang nasi kapau berada di Pasar Bawah. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. santan kelapa. Katupek sangat cocok sekali. kira2 15 menit sampai di stasiun Pitalah. Uni-uni (ibu-ibu) berdagang nasi kapau di dalam panci besar yang disusun-susun. Photographer : Fakhrudin TIEJA (Tieja) Category : Food & Beverages Date Taken : 2009-03-08 Date Posted : 2009-04-18 Camera : Sony Type : DSC-W30 District : Tanah Datar City : Country : Location : Pitalah-Padang Panjang Event : Viewed : 303 Lamang tapai Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Description : Katupek Pitalah adalah makanan asli Minangkabau (biasa u/sarapan pagi). di jaga jangan samapai ruas bambu ter bakar. Beras ketan di cuci bersihkan dulu dan di masukan kedalam ruas bambu muda yang terlebih dahulu di lapisi dalamnya degan daun pisang kemudian baru dituankan santan ke berasnya dan di bakar dengan bara api. Tapai adalah tape beras kertan hitam yang di buat dengan mempermentasikan beras ketan dengan ragi.krn berasal dari Pitalah .Nangka yg tidak muda sekali=istimewanya tidak hancur & Kol/Lobak). bahan utamanya adalah beras ketam putih.

Berikut ini disajikan cara membuat masing-masing bagian dari bubur kampiun khas Minang. Bahan: Kolak pisang : 10 buah pisang nangka 2½ gelas santan 7 sendok makan gula merah iris 1 sendok teh garam Bubur candil: 150 gram tepung ketan 1 sendok teh garam air kapur sirih secukupnya gula merah secukupnya Bubur sumsum : 250 gram tepung beras 1½ gelas santan 1 sendok teh garam 2 lembar daun pandan Ketan hitam : ½ liter ketan hitam ½ butir kelapa setengah tua. bubur candil. Angkat dan sisihkan. Angkat dan sisihkan. biarkan mendidih dan pisang empuk. bubur sumsum dan ketan hitam. Aduk rata dan cepat sampai matang. Untuk bubur sumsum Rebus air dan garam sampai mendidih lalu masukkan tepung beras yang sudah dicairkan dengan santan. Kalau sudah mengapung.Bubur kampiun adalah campuran yang terdiri dari: kolak pisang. Rebus pisang dan gula merah serta garam sampai agak empuk lalu masukkan santannya. garam dan air kapur sirih disiram dengan air suam-suam kuku lalu dibentuk bulat kecil dan direbus dengan air gula merah yang sudah mendidih. Untuk bubur candil Tepung ketan. . angkat dan sisihkan. diparut Caranya : Siapkan semua bahan.

Kemudian kukus kembali sampai ketan matang. Beberapa hari yang lalu si Riry bikin lapek bugis..Ketan Hitam Ketan hitam yang sudah direndam beberapa jam. kue pukis dll. Mungkin mesti telpon mama dulu buat nanyain gimana caranya biar santan pelapisnya bisa nempel di lapeknya. Dan isinya aku tambahin gonsengan kacang tanah yang diiris kasar. soalnya banyak pilihan lain sih. taruh ketan hitam yang ditaburi kelapa parut. lapek pisang. Jadi inget lapek bugis yang suka dibeli waktu di Lubuk alung dulu ama bapak-bapak penjual kacang goreng. karena lapeknya kurang santan pelapis. klepon. Ini aku kopiin resepnya dari si halamannya riry. Sayang hasilnya masih kurang memuaskan. lapek jagung (hmmm enak).. Category: Style: Special Consideration: Servings: Appetizers & Snacks Other Vegetarian 10pieces Description: Dulu sih waktu di Padang gak doyan banget ama yang ini. kalau pun ada rasanya kok ya kurang pas di lidah. kue mangkuak. jadilah aku pengen nyobain juga. Ingredients: adonan tepung : 150 gr tepung ketan hitam/putih 150 ml santan 1/2 sdt garam Isian kelapa : 125 gr kelapa parut 100 gr gula pasir 65 ml air 1/4 sdt garam 1/4 sdt vanila segenggam kacang tanah sangrai yang dicincang kasar . Soalnya waktu dikukus santannya malah jatuh ke air kukusan. bubur sumsum dan siram dengan kolak pisang. Pokoknya puas deh. dikukus sampai setengah masak. Penyajian: Dalam mangkuk. Lalu siram-siram dengan air mendidih (masih dalam kukusan) secukupnya (ini supaya ketan matangnya bagus). Sekarang disini gak ada yang jualan begitu.. bubur candil.. Tapi karena gak punya ketan hitam dan juga gak mau ngerusakin blenderku yang udah 4 kali ganti (gara-gara ngeblender daging) maka aku pake aja tepungnya tepung ketan putih.

begitu lezat disantap bersama dengan nasi putih ataupun lemang yang diberi cabai hijau. dan srikaya. campur semua bahan. ikan balado. dan didinginkan. usus telor. bebek goreng cabai hijau. pengunjung dapat juga mencampurnya dengan urap dan ikan bilis balado.000. nasi kapau. tutup adonan kembali hingga rapat dan bulatkan kembali 6. Untuk Isian kelapa (Unti). para pedagang selalu melakukan invosi terbaru masakan dalam memanjakan lidah pengunjung. Ada menu spesial yang tak ada di warung nasi kapau lain yakni. 5. masak hingga mendidih 2. Jika ingin mendapatkan kepuasan dalam mencicipi masakan inovasi warung Sabana-bana ini. Begitu juga dengan bubur kampiun yang menjadi masakan kas warung Padang di Kramat Raya. bubur sumsum. masak hingga air kering. Bungkus adonan dengan daun pisang. isikan dengan kelapa parut. dapat dibuktikan rasanya. sumber : http://riryelbechari. Terakhir tambahkan kacang tanah. Sumetera Barat ini. Lapek siap disajikan.. berfungsi sebagai pelapis lapek sebelum dibungkus.com/recipes/item/272 Banyak pilihan menu masakan Padang dalam memanjakan lidah pengunjung yang datang. kolak pisang.multiply. dan masakan khas Sumatera Barat. Ehm. lalu pipihkan. Kukus selama 30-40 menit 9.. Dengan hanya merogoh kocek sebesar Rp 8. Untuk adonan. pemilik warung nasi kapau Sabana-bana asal Bukit Tinggi.Santan kental : 150 ml santan kental 1/4 sdt garam Daun Pisang Directions: 1. menurut Haji Nazir. Sebut saja lemang bakar. pengunjung dapat menyantap lezatnya usus telor. Usus telor. ayam bakar dan ikan bakar. 7. pulut (ketan). bubur kampiun. Tak hanya itu. lipat ujuang atas dan bawahnya 8. Untuk santan kental. kolang-kaling. panaskan santan. tambusu. Campur tepung ketan dan santan sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan siap dibentuk. Seluruh masakan ditata sedemikian rupa sepanjang meja. bulatkan. didihkan santan dan garam hingga kental. (tidak lengket ditangan) 3. Bubur kampiun merupakan percampuran dari bermacam bubur. tambahkan garam. Siram adonan yang sudah siap dalam santan kental. gulai kikil atau gulai tunjang. yakni bubur candil. 4. Seperti yang dilakukan oleh Haji Nazir. Cara penyajiannya pun menggugah selera. Ambil adonan ketan. kemudian diberi kuah santan .

bubur kampiun Rp 8.000. ensiklopedia bebas Langsung ke: navigasi. Jakarta Pusat. Untuk satu porsi.000 ribu. Sate Padang Panjang dan Sate Pariaman. . es tebak menjadi minuman favorit pengunjung yang datang setiap malam minggu ataupun minuman wajib saat berbuka puasa. usus telor Rp 8. mengaku nasi kapau Jalan Kramat Raya selalu menjadi rujukan utama di saat pulang kerja. Perlu diketahui.000. begitu duduk seperti berada di kampung halaman ate padang Dari Wikipedia bahasa Indonesia. Untuk lemang bakar harganya Rp 10 ribu Rp 15 ribu. santan. harga yang dipatok para pedagang sekitar Rp 8. Keistimewaan lain yang terdapat pada masakan Padang yang dijual di sini adalah harganya yang murah. Sate Padang memakai bahan daging sapi dan lidah sapi dengan bumbu kuah kacang kental (mirip bubur) ditambah cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Harga yang diberikan tergantung dari ukuran lemangnya. Selain makanan. dan bebek cabai hijau Rp 20 ribu. Firdauz (39) salah satu karyawan perusahaan swasta yang berada di daerah Cikini. tersedia juga es tebak (es campur khas Minang) yang berisi aneka macam buahbuahan segar. cari Sate Padang Sate Padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian sate di Sumatra Barat. Menurut pria yang bermukim di daerah Bekasi ini.000.bergula merah. Bersama teman-temannya Firdauz selalu menunjuk warung nasi kapau Sabana-bana sebagai warung yang dipercaya untuk memberikan kenikmatan lidahnya. yaitu Sate Padang. Srikaya yang dimaksud di sini adalah semacam bubur yang dibuat dari telur. dan gula merah. Sementara itu masakan lain seperti gulai tunjang harganya Rp 8.

Sate Mak Syukur [1] di kota Padang Panjang sangat terkenal di Minangkabau sedangkan sate Ajo Laweh merupakan sate Pariaman yang terkenal. ditambah perkedel kentang dan dihidangkan panas-panas.Zein yang berada di antara deretan pertokoan Pasar Atas Bukittinggi. Berbagai makanan lainnya pun tersedia di pasar yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari ikon Jam Gadang. Selain di kota Padang Sumatra Barat. Salah satunya adalah Pisang Panggang. Makanan ringan merupakan makan olahan yang terbuat dari Pisang Batu. Kalau anda sempat berjalan-jalan dan berwisata ke Kota Bukittinggi-Sumatera Barat. kemudian dibakar. kemudian dikupas kulitnya. Proses pembuatannya pun cukup sederhana. dimulai dari memanggang pisang hingga matang dan lunak di keempat sisinya. M. setelah dibakar lalu dipenyet dengan alat yang sangat sederhana. Soto Padang adalah hidangan berkuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering. sebuah jajanan ringan sebuah jajanan yang semakin langka. Kalau tidak suka santan.Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah sate nya yang berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Nah pisang panggang sudah siap untuk disantap dalam kondisi hangat. Tinggal anda sendirilah yang akan menentukan. . Rasa kedua jenis sate ini juga berbeda. anda juga bisa mencicipi Pisang Panggang Kapik atau Pisang Penyet Ibu Jun. Sedangkan sate Padang mempunyai bermacam rasa perpaduan kedua jenis varian sate diatas. dan diletakkan di dalam piring dan siram dengan kuah santan dan kemudian susu kental manis. hidangan soto Padang juga mudah ditemukan di berbagai restoran Padang di penjuru dunia. dan disajikan dengan unti yang terbuat dari parutan kelapa dimasak dengan gula aren. bihun (mie dari tepung beras). jangan lupa mencicipi berbagai makanan khas dari kota yang terkenal dengan Jam Gadangnya ini. Pisang Kapik Ibu Jun ini termasuk salah satu makanan khas Minang.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful