Ideologi

Arti Ideologi
Idea : gagasan, konsep, pengertian dasar, cita-cita Logos : ilmu Secara harfiah, ideologi berarti ilmu mengenai pengertian dasar, ide. Definisi ideologi berkembang menjadi: suatu paham mengenai seperangkat nilai atau pemikiran yang dipegang oleh seorang atau sekelompok orang untuk menjadi pegangan hidup.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
‡ Menurut Patrick Corbett

Ideologi merupakan struktur kejiwaan yang tersusun oleh: 1. seperangkat keyakinan mengenai : a. penyelenggaraan hidup bermasyarakat beserta pengorganisasiannya, b. hakikat manusia dan alam semesta yang ia hidup di dalamnya, 2. 3. suatu pernyataan pendirian bahwa kedua perangkat keyakinan tersebut independen, dan suatu dambaan agar keyakinan-keyakinan tersebut dihayati dan pernyataan pendirian itu diakui

sebagai kebenaran oleh segenap orang yang menjadi anggota penuh dari kelompok sosial yang bersangkutan. y Menurut A.S. Hornby

Ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonomi dan politik atau yang dipegangi oleh seseorang atau sekelompok orang y Menurut Soejono Soemargono

Ideologi merpakan kumpulan gagasan, ide, keyakinan, kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis, yang menyangkut bidang: politik, sosial, kebudayaan, dan agama

Konsep Ideologi
Adanya sekumpulan gagasan yang tersusun secara sistematis dan diyakini kebenarannya kemudian diwujudkan didalam kehidupan nyata untuk dapat memberikan arah dan tujuan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

y y Bekal dan jalan seseorang untuk menemukan identitasnya. taat terhadap tuntutan ideologis itu. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami. Kekuatan yang mampu menyemangati dan mendorong seseorang untuk menjalankan kegiatan dan mencapai tujuan. Dalam ideology tertutup. y Orientasi dasar dengan membuka wawasan yang memberikan makna serta menunjukkan tujuan dalam kehidupan manusia. y y Norma norma yang menjadi pedoman dan pegangan bagi seseorang dalam melangkah dan bertindak. . menghayati. ideologi terdiri dari dua macam yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup. moral.Fungsi Ideologi y Struktur kognitif yaitu keseluruhan pengetahuan yang dapat merupakan landasan untuk memahami dan menafsirkan dunia dan kejadian kejadian dalam alam sekitarnya. dan budaya masyarakat itu sendiri. Nilai nilai dan cita citanya tidak dipaksakan dari luar. y Ideologi tertutup Ideologi terbuka merupakan suatu sistem pemikiran tertutup. betapapun besarnya perbedaan antara tuntutan berbagai ideologi yang hidup didalam masyarakat itu akan selalu ada tuntutan mutlak bahwa orang harus taat kepada elit yang mengembannya. Ideologi terbuka didasarkan bukan pada ideologis sekelompok orang. Macam macam Ideologi Berdasarkan sifatnya. y Ideologi terbuka Ideologi terbuka merupakan suatu sistem pemikiran terbuka. melainkan digali dan diambil dari harta kekayaan rohani. melainkan hasil musyawarah dan konsensus dari masyarakat tersebut. serta melakukan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma norma yang terkandung didalamnya.

Asal mula karya (Kausa Efisien) Yaitu PPKI sebagai pembentuk negara dan atas kuasa pembentuk negara yang mengesahkan Pancasila menjadi dasar negara yang sah sesudah dilakukan pembahasan dalm sidang-sidang BPUPKI maupun panitia semblan. Untuk mengetahui proses terjadinya Pancasila . Soekarno pada saat perumusan dasar negara Indonesia. Asal mula tidak langsung Asalmula tidak langsung. Asal mula Tujuan (Kausa Finalis) Yang menjadi asl mula tujuan adalah para anggota BPUPKI dan panitia Sembilan yang mentukan tujuan dirumuskannya pancasila sebelum ditetapkan sebagai dasar negara yang sah. . b. 4. Asal mula Bahan (Kausa Materialis) Asla mula bahan pancasila berasal dari kebiasaan/ adat istidat . Asal mula langsung Asal mula langsung pancasila atau asal mula terjadinya Pancasila sebagai dasar filsafat negara. Asal Mula Pancasila a. Asal mula pancasila dipakai sebagai dipakai sebagai nama ideologi bangsa yang berasal dari pidato lisan Ir. yaitu asal mula sebelum proklamasi kemerdekaan sebagai berikut. alas atau dasar sehingga secara harfiah pancasila diartikan sebagai dasar yang memiliki beragai lima unsur.Pancasila Pengertian Pancasila Pancasilaberdasarkan dari bahasa sansekerta yang merupakan bahasa kasta brahmana di india yaitu panca yang berarti lima dan syla yang artinya batu sendi. 2. 1. Dalam bahasa Indonesia pancasila diartikan sebagai susila yang mempunyai hubungan dengan moralitas . maka secara alamiah harus di tinjau berdasarkan proses kausalitas. Asal mula bentuk (kausa formalis) Pembentukan pancasila di muat didalam pembukaan UUD 1945 3.kepribadian dan pandangan hidup bangsa Indonesia sendiri. Secara kaulitas asal mula Pancasila dibedakan atas dua macam. Dalam pidato tersebut beliau memberi nama pancasila untuk istilahdasar negara yang di pakai oleh bangsa Indonesia.

Selanjutnya. Sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sebagai sumber tertib hukum maka Pancasila tercantum dalam ketentuan tertinggi yaitu Pembukaaan UUD 1945. pandangan hidup ini berfungsi sebagai : a. maka masyarakat indonesia yang ber-Pancasila selalu mengembangkan potensi kemanusiaannya sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam rangka mewujudkan kehidupan bersama menuju satu pandangan hidup bangsa dan satu pandangan hidup Negara yaitu Pancasila. .kerakyatan. kemudian dijabarkan lebih lanjut dalam pokok . yaitu berupa nilai-nilai adat istiadat. Proses Pembentukan Dasar Negara Pancasila Fungsi Pancasila y Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Pandangan hidup terdiri atas kesatuan rangkaian nilai . kerangka acuan baik untuk menata kehidupan diri pribadi maupun dalam interaksi antar manusia dalam masyarakat serta alam sekitarnya.dan keadilan yang telah ada dan tercemin dalam kehidupan sehari-hari bangsa Indonesia. serta hukum positif lainnya. sehingga negara Indonesia harus dibangun menjadi sebuah negara hukum. Oleh karena itu semua tindakan kekuasaan atau kekuatan dalam masyarakat harus berdasarkan peraturan hukum. 2) Nilai-nilai tersebut terkandung dalam pandangan hidup masyarakat sebelum bangsa ini membentuk negara.1) Unsur-unsur pancasila sebelum secara langsung di rumuskan menjadi dasar filsafat negara .serta nilai-nilai religious.nilai luhur yang merupakan suatu wawasan yang menyeluruh terhadap kehidupan itu sendiri.persatuan. 3) Apabila disimpulkan maka dapat diketahui bahwa asal mula pancasila secara tidak langsung sebagai asal mula bahan nilai-nilai pacasila. Juga berarti bahwa semua peraturan yang berlaku di negara Republik Indonesia harus bersumber pada Pancasila atau dengan kata lain. b. oleh karena itu dalam menempatkan Pancasila sebagai pandangan hidupnya.pokok pikiran yang meliputi suasana kebatinan dari UUD 1945. kemanusiaan. hukum pulalah yangberlaku sebagai norma di dalam Negara. penuntun dan aktivitas hidup serta kehidupan di segala bidang. Pancasila adalah sumber dari segaa sumber hukum. y Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia Pancasila sebagai dasar negara memberikan arti bahwa segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan ketatanegaraan Republik Indonesia harus berdasarkan Pancasila. yaitu terdiri atas nilai ketuhanan.

Nilai dasar. nilai dasar ideologi tersebut tertuang dalam pembukaan UUD 1945. Selain itu bahwa manusia menurut Pancasila memiliki kodrat sebagai mahkluk pribadi dan sebagai makhluk Tuhan yang Maha Esa.nilai yang baik dan benar.nilai Ketuhanan. Pancasila merupakan sumber semngat bagi UUD 1945.cita hukum bagi hukum dasar negara baik hukum dasar tertulis maupun tidak tertulis. Pancasila mengandung norma yang mengharuskan UUD 1945 mengandung isi yang mewajibkan pemerintah dan lain . kebijakan.nilai instrumen dalam suatu realisasi pengamatan yang bersifat nyata. serta nilai . Pancasila merupakan asas kerohanian tertib hukum Indonesia yang dalam Pembukaan UUD 1945 dijabarkan dalam empat pokok pikiran. yaitu Ketuhanan. yakni hakikat dari kelima sila pancasila. Pelaksana Pemerintah termasuk penyelenggara partai dan golongan fungsional. sehingga nilai .hak masyarakat.Nilai praksis. Pancasila sebagai dasar negara adalah merupakan sumber dari segala sumber hukum (sumber tertib hukum) Indonesia. tujuan. nilai instrumen ini merupakan penjabaran lebih lanjut dari nilai . Mewujudkan cita .nilai dasar dalam rangka penyesuaian dalam pelaksanaan nilai . dan bernegara. c. yakni merupakan arahan. b.nilai dasar ideologi Pancasila. serta aspirasi masyarakat.cita. b. berbangsa.Nilai instrumen. e. Persatuan. bahkan nilai Ketuhanan terjelma dalam bentuk moral dalam ekspresi kebebasan manusia. IPTEK.nilai Pancasila yang senantiasa berkembang dan selalu dapat dilakukakan perubahan sesuai dengan perkembangan zaman. dalam nilai dasar tersebut terkandung cita .kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dapat dirinci sebagai berikut : a. yakni merupakan realisasi nilai . dan Keadilan. dalam kehidupan sehari . contoh : GBHN.nilai Ketuhanan senantiasa menjiwai kehidupan manusia dalam hidup negara dan masyarakat. y Pancasila sebagai Ideologi terbuka Ideologi Pancasila mendasarkan pada hakikat sifat kodrat manusia sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Oleh karena itu dalam ideologi Pancasila mengakui atas kebebasan hak . Kemanusiaan.hari dalam bermasyarakat. Di dalam Pancasila sebagai Ideologi terbuka.lain penyelenggara negara termasuk para penyelenggara partai dan golongan fungsional memegang teguh cita .cita moral rakyat yang luhur. yaitu : a. d. Penyelenggara Negara. nilai praksis ini merupakan penjabaran nilai . sasaran serta lembaga pelaksanaannya. terkandung 3 nilai. Kerakyatan. strategi. Kebebasan manusia dalam rangka demokrasi tidak melampaui hakikat nilai . c. Sikap Positif terhadap pancasila sebagai Ideologi terbuka .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful