DATA MENURUT SKALA PENGUKURAN

a. Nominal, sifatnya hanya untuk membedakan antar kelompok. Contoh: Jenis kelamin, Jurusan dalam suatu sekolah tinggi (Manajemen, Akuntansi). b. Ordinal, selain memiliki sifat nominal, juga menunjukkan peringkat. Contoh: Tingkat pendidikan (SD, SMP, SMA), Skala perusahaan (besar, sedang).
STAIM Bandung
1

Waktu STAIM Bandung 2 . Interval. Rasio. selain memiliki sifat data interval. selain memiliki sifat data ordinal. Berat badan. Contoh: Tinggi badan. skala rasio memiliki angka 0 (nol) dan perbandingan antara dua nilai mempunyai arti. juga memiliki sifat interval antar observasi dinyatakan dalam unit pengukuran yang tetap.DATA MENURUT SKALA PENGUKURAN c. Contoh: Temperatur d.

dsb. STAIM Bandung 3 . penyaluran BOS sangat lancar.JENIS DATA MENURUT SIFATNYA a. biaya sekolah sangat mahal. Kualitatif Berupa label/nama-nama yang digunakan untuk mengidentifikasikan atribut suatu elemen Skala pengukuran: Nominal atau Ordinal Data bisa berupa numeric atau nonnumeric Misalnya prestasi siswa sangat meningkat.

Kuantitatif Mengindikasikan seberapa banyak (how many/diskret atau how much/kontinu) Data selalu numeric Skala pengukuran: Interval dan Rasio Misalnya rata-rata nilai matematika siswa 80. 99% siswa dinyatakan tamat dan lulus.000. biaya SPP perbulan Rp 100. dan sebagainya.-. STAIM Bandung 4 .JENIS DATA MENURUT SIFATNYA b.

permintaan (demand). Data Internal yaitu data yang menggambarkan keadaan/kegiatan di dalam suatu organisasi. b.JENIS DATA MENURUT SUMBERNYA a. dan sebagainya. data prestasi siswa. data siswa. misalnya tingkat daya beli masyarakat. Di dalam suatu sekolah. Bagi suatu sekolah. misalnya data guru. dan sebagainya. data keuangan. Data Eksternal yaitu data yang menggambarkan keadaan/kegiatan di luar suatu organisasi. perkembangan biaya sekolah. STAIM Bandung 5 .

Cross-sectional Data yaitu data yang dikumpulkan pada waktu tertentu yang sama atau hampir sama Contoh: Jumlah mahasiswa LPKIA TA 2005/2006.JENIS DATA MENURUT WAKTU PENGUMPULANNYA a. Jumlah perusahaan go public tahun 2006 b. Time Series Data yaitu data yang dikumpulkan selama kurun waktu/periode tertentu Contoh: Pergerakan nilai tukar rupiah dalam 1 bulan. Produksi Padi Indonesia tahun 1997-2006 STAIM Bandung 6 .

biasanya sudah dalam bentuk publikasi. Misalnya.JENIS DATA MENURUT CARA MEMPEROLEHNYA a. dll. b. Data Primer yaitu data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perseorangan langsung dari objeknya. sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain. BPS melakukan sensus penduduk tahun 2000 untuk memperoleh data penduduk. Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi. suatu perusahaan memperoleh data penduduk dari BPS. data perbankan dari BI. Misalnya. STAIM Bandung 7 .

IKHTISAR PEMBAGIAN DATA Data Menurut sifat Menurut sumber Menurut Cara memperoleh Menurut waktu pengumpulannya Kualitatif Kuantitatif Primer Sekunder Time series Cross section Internal Eksternal STAIM Bandung 8 .