POLA BILANGAN GANJIL DAN BILANGAN GENAP

A. Latar Belakang Kegiatan belajar yang sesuai dengan perkembangan dan perubahan paradigma pendidikan adalah kegiatan belajar yang mampu mensinergikan antara kecerdasan koognitif, afektif dan psikomotorik secara bersamaan. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang sedemikian dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang ada baik dilingkungan siswa, dilingkungan sekolah dan dilingkungan lain yang menunjang kegiatan belajar tersebut. Oleh sebab it u dibuatlah alat peraga yang diharapkan dapat membantu siswa dalam kegiatan belajar sesuai dengan materi ajar pada tingkat sekolah tersebut. Selanjutnya alat peraga tersebut akan lebih bermakna jika berhubungan langsung dengan kehidupan seharihari sehingga siswa dapat lebih mudah menangkap apa yang dipelajari tersebut. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika dimaksudkan agar kegiatan belajar yang berlangsung selama ini lebih berkualitas dan menghasilkan siswa yang menguasai materi secara optimal. Untuk menunjang kegiatan belajar sesuai dengan perkembangan ketiga aspek kecerdasan yaitu koognitif, afektif dan psikomotorik maka kami membuat alat peraga pembelajaran matematika pada materi pola bilangan ganjil dan genap dengan menggunakan media berupa kayu triplek, cat, dan alat tulis lain. Alat peraga yang kami buat diharapkan dapat membantu siswa memahami dengan baik konsep dan karakteristik materi yang disampaikan yaitu pola bilangan ganjil dan genap, selanjutnya guru sebagai pembimbing siswa akan lebih kreatif dalam menggunakan alat peraga sehingga meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa.

B. Tujuan Tujuan dari pembuatan alat peraga materi pola bilangan ganjil dan genap adalah : 1. Mempelajari materi pola bilangan ganjil dan genap. 2. Mempermudah siswa dalam memahami konsep materi pola bilangan ganjil dan genap. 3. Memberika alternatif lain dalam pembelajaran matematika pada materi pola bilangan ganjil dan genap. 4. Memahami konsep operasi hitung dan sifat-sifat bilangan pada pola bilangan ganjil dan genap.

Alat dan Bahan 1. 3. Bagi persegi utama tersebut menjadi 25 persegi kecil dengan ukuran 10x10 cm. 4. Bahan  Triplek  Kayu  Cat dengan 2 warna (hijau dan merah)  Kayu  Kertas D. . Buat persegi dengan menggunakan spidol dan penggaris pada triplek dengan ukuran 50x50 cm sebagai persegi utama. Potong dengan gergaji. Siapkan alat dan bahan. Alat  Bolpoin  Penggaris  Spidol  Gergaji  Lem  Perekat  Kuas  Paku 2. Cara Membuat Pola bilangan ganjil: 1. triplek dan alat lainnya.C. 2.

5. 7.5. dan 9 seperti pada formasi gambar disamping. 9 kolom kecil dan 16 kolom kecil dengan ukuran tiap kolom 5x5 cm. Beri warna merah pada kotak ganjil 1. 6. Beri warna hijau pada kotak ganjil 3 dan 7 sesuai formasi pada gambar disamping. 1. Kotak 2x2 . Buat persegi dengan ukuran 4 kolom kecil.

Kotak 3x3 3. Pola bilangan genap: 1. Kotak 4x4 8. Buat persegi panjang dengan mengguanakan spidol dan penggaris pada triplek dengan ukuran 50x60 cm sebagai persegi panjang utama. 9. Beri warna sesuai formasi warna pada persegi utama. . Beri perekat untuk kotak persegi yang kecil. 10.2. 2. Potong dengan gergaji. triplek dan alat lainnya. Siapkan alat dan bahan.

Beri warna merah pada kotak persegi genap 2. 5. Bagi persegi panjang utama tersebut menjadi 30 persegi kecil dengan ukuran 10x10 cm dengan menggunakan spidol. 6. 4. .3. Potong dengan gergaji. 12 kolom kecil dan 20 kolom kecil dengan ukuran tiap kolom 5x5 cm. 7. Buat persegi panjang dengan ukuran 6 kolom kecil. Beri warna hijau pada kotak genap 4 dan 8 sesuai formasi gambar disamping. 6 dan 10 seperti pada formasi gambar disamping.

9. Cara Penggunaan Pola bilangan ganjil: 1. Letakkan atau pasang Persegi pada dinding atau papan tulis agar siswa dapat melihat dengan jelas. Hitung jumlah kotak persegi tersebut. 2. 10. . Untuk pola bilangan ganjil siswa diminta menunjukkan bilangan ganjil yang pertama sesuai dengan jumlah kotak yang pertama. E.Kotak 2x3 Kotak 4x3 Kotak 4x5 8. Potong dengan gergaji. 3. 4. Beri perekat untuk persegi panjang yang kecil. Beri warna sesuai formasi warna pada persegi panjang utama. Siswa menunjukkan dengan arsiran yang ada pada kotak persegi utama.

. 2. 5.3.5 dan 7 serta bilangan ganjil 1. . 9.. dan 8.. Materi Pola Bilangan Salah satu cara untuk menuliskan pola bilangan adalah dengan bilangan -bilangan dalam pola tersusun mengikuti pola (aturan tertentu). 8. serta bilangan bulat 2. 3. . Siswa menunjukkan dengan arsiran yang ada pada persegi utama. 2.dan 10 dengan sebuah kotak persegi panjang kecil..7 dan 9 dengan sebuah kotak persegi kecil. Selanjutnya guru menunjukkan bilanagan genap 2 dan 4. Untuk bilangan ganjil yang ke2. Bilangan prima : 2.ke3 dan seterusnya sama.. Bilangan genap : 0.4. 4. Bandingkan dengan jumlah kotak persegi panjang utama. 5. Pola bilangan genap: 1. 16. 4. Bandingkan dengan jumlah kotak persegi utama. 11. Letakkan atau pasang Persegi panjang utama pada dinding atau papan tulis agar siswa dapat melihat dengan jelas. c. F.ke3. maka akan didapat pola bilangan genap serta mengetahui luas persegi panjang sama dengan jumlah bilangan bulat tersebut.4. Pasang kotak persegi kecil tersebut tepat didepan kotak persegi utama. 7. dan 6. 7. Bilangan ganjil : 1. b. . 7.4. Hitung jumlah kotak pada persegi panjang utama. 3. 6... e. Contoh: a. d. 3.. 4.. bilangan ganjil 1.. 6... 4. bilangan bulat 2.. 6.. 2. 1. bilangan ganjil 1..... Untuk pola bilangan genap siswa diminta menunjukkan bilangan genap yang pertama sesuai dengan jumlah kotak yang pertama. dan seterusnya sama. 2.6.. maka akan didapatkan pola bilangan ganjil serta mengetahui luas persegi tersebut.8. 4.3.5. bilangan bulat 2. 3 dan 5. Bilangan kuadrat : 0. Bilangan cacah : 0. 8.. Untuk bilangan genap ke2. Selanjutnya guru menunjukkan bilangan ganjil 1 dan 3.. . 3. 2.5.. Pasang kotak persegi panjang tersebut tepat didepan kotak persegi panjang utama. Pola bilangan ganjil dan bilangan genap Pola bilangan ganjil .6.

Pola bilangan ganjil dapat dinyatakan sebagai berikut: .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful