Surah Ar-Rahman (Arab: ‫ )الرحمنن‬adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an.

Surah ini ّْ tergolong surat makkiyah, terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pemurah berasal dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah SWT. kepada hamba-hamba-Nya, yaitu dengan memberikan nikmat-nikmat yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Ciri khas surah ini adalah kalimat berulang 31 kali Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?) yang terletak di akhir setiap ayat yang menjelaskan nikmat Allah yang diberikan kepada manusia.

Pokok-Pokok Isi

* Keimanan o Allah mengajar manusia pandai berbicara o Pohon- pohonan dan tumbuh-tumbuhan tunduk kepada Allah o Seluruh alam merupakan nikmat Allah terhadap ummat manusia o Manusia diciptakan dari tanah sedangkan jin dari api

* Hukum-hukum

Kewajiban mengukur, menakar, menimbang dengan adil.

* Lain-lain o Manusia dan jin tidak dapat melepaskan diri dari kekuasaan Allah s.w.t. o Banyak dari ummat manusia yang tidak mensyukuri nikmat Tuhan o Peristiwa tentang hal-hal yang akan terjadi dan hal-hal itu benar- benar terjadi seperti tentang Terusan Suez dan Terusan Panama.

(5) Dan tumbuh-tumbuhan dan pohon-pohonan kedua-duanya tunduk kep ada-Nya.SUMBER: * Meaning of the Name 'Ar-Rahman' along with the other 98 commonly used Names at GuidedWays.(1) Yang telah mengajarkan Al Qur'an.(2) Dia menciptakan manusia. * WIKIPEDIA *************************************** TERJEMAHAN: Surah Ar Rahman Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang.(8) .com * Ar-Rahman at Sacred Texts * Al-Rahman on Al-Islam.(6) Dan Allah telah meninggikan langit dan Dia meletakkan neraca (keadilan).SearchTruth.(3) Mengajarnya pandai berbicara.(7) Supaya kamu jangan melampaui batas tentang neraca itu.org * Ar-Rahman at Altafsir.com * onlineQuran Read the Quran online.(4) Matahari dan bulan (beredar) menurut perhitungan.com * Read Surah Ar-Rahman in many languages www. (Tuhan) Yang Maha Pemurah.

(29) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(30) Kami akan memperhatikan sepenuhnya kepadamu hai manusia dan jin.(19) Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.(12) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(13) Dia menciptakan manusia dari tanah kering seperti tembikar.(22) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(23) Dan kepunyaan-Nya lah bahtera-bahtera yang tinggi layarnya di lautan laksana gununggunung. (9) Dan Allah telah meratakan bumi untuk makhluk (Nya).Dan tegakkanlah timbangan itu dengan adil dan janganlah kamu mengurangi neraca itu.(31) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(32) .(11) Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.(17) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(18) Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu.(24) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(25) Semua yang ada di bumi itu akan binasa.(27) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(28) Semua yang ada di langit dan di bumi selalu meminta kepada-Nya.(15) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(16) Tuhan yang memelihara kedua tempat terbit matahari dan Tuhan yang memelihara kedua tempat terbenamnya.(10) Di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.(26) Dan tetap kekal Wajah Tuhanmu yang mempunyai kebesaran dan kemuliaan. Setiap waktu Dia dalam kesibukan.(20) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(21) Dari keduanya keluar mutiara dan marjan.(14) Dan Dia menciptakan jin dari nyala api.

maka lintasilah. (jin dan manusia) dilepaskan nyala api dan cairan tembaga maka kamu tidak dapat menyelamatkan diri (daripadanya).(50) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(51) Di dalam kedua surga itu terdapat segala macam buah-buahan yang berpasangan.(43) Mereka berkeliling di antaranya dan di antara air yang mendidih yang memuncak panasnya.(48) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(49) Di dalam kedua surga itu ada dua buah mata air yang mengalir.(44) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(45) Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. Dan buahbuahan kedua surga itu dapat (dipetik) dari dekat.(52) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(53) Mereka bertelekan di atas permadani yang sebelah dalamnya dari sutra.(35) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(36) Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti (kilapan) minyak.(33) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(34) Kepada kamu.(39) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(40) Orang-orang yang berdosa dikenal dengan tanda-tandanya. kamu tidak dapat menembusnya melainkan dengan kekuatan.(41) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(42) Inilah neraka Jahanam yang didustakan oleh orang-orang berdosa.Hai jemaah jin dan manusia.(46) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(47) kedua surga itu mempunyai pohon-pohonan dan buah-buahan.(37) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(38) Pada waktu itu manusia dan jin tidak ditanya tentang dosanya. jika kamu sanggup menembus (melintasi) penjuru langit dan bumi. lalu dipegang ubun-ubun dan kaki mereka.(54) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(55) .

tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.(62) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(63) kedua surga itu (kelihatan) hijau tua warnanya. (76) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(77) Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai kebesaran dan karunia.(70) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(71) (Bidadari-bidadari) yang jelita.(68) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(69) Di dalam surga-surga itu ada bidadari-bidadari yang baik-baik lagi cantik-cantik.(72) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(73) Mereka tidak pernah disentuh oleh manusia sebelum mereka (penghuni-penghuni surga yang menjadi suami mereka) dan tidak pula oleh jin.(66) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(67) Di dalam keduanya ada (macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.(74) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(75) Mereka bertelekan pada bantal-bantal yang hijau dan permadani-permadani yang indah.Di dalam surga itu ada bidadari-bidadari yang sopan menundukkan pandangannya.(60) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(61) Dan selain dari dua surga itu ada dua surga lagi.(58) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(59) Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula). putih bersih dipingit dalam rumah.(64) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(65) Di dalam kedua surga itu ada dua mata air yang memancar.(56) Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?(57) Seakan-akan bidadari itu permata yakut dan marjan.(78) .

Sedangkan nama-nama lain selain dari pada kata “ Allah “ apabila digabungkan penyebutannya dengan kata “ Allah “ tersebut bermakna sifat dari Tuhan swt yang menamakan diri-Nya sendiri dengan sebutan “ Allah “. Ar-Rahman dalam Al-Quran telah disebut berulangulang sebanyak lima puluh tujuh kali dan nama Ar-Rahim disebut sebanyak lebih dari sembilan puluh kali dan yang paling agung terdapat dalam surat AlFatihah yaitu sebanyak dua kali pada ayat pertama “ Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang “ dan pada ayat ke tiga “ Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang “ Diantara dua ayat tersebut diselingi dengan satu ayat pujian Tuhan swt terhadap diri-Nya sendiri “ Segala Puji Bagi Allah Tuhan Seru Sekalian Alam. Ar-Rahman dalam Al-Quran telah disebut berulangulang sebanyak lima puluh tujuh kali dan nama Ar-Rahim disebut sebanyak lebih dari sembilan puluh kali dan yang paling agung terdapat dalam surat AlFatihah yaitu sebanyak dua kali pada ayat pertama “ Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang “ dan pada ayat ke tiga “ Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang “ Diantara dua ayat tersebut diselingi dengan satu ayat pujian Tuhan swt terhadap diri-Nya sendiri “ Segala Puji Bagi Allah Tuhan Seru Sekalian Alam “ Sebagaimana yang telah disampaikan pada kajian sebelumnya bahwa diantara nama-nama yang diperkenalkan Tuhan swt sebagai nama-Nya.Ar-Rahman dan Ar-Rahim adalah dua nama yang diperkenalkan Allah swt sebagai nama-Nya yang utama dan dengan nama-nama itu Allah swt memuji diri-Nya sendiri sebagai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. “ Allah “ adalah nama yang paling utama bagi bagi Tuhan swt. serta dengan nama itu juga Tuhan swt memerintahkan kepada setiap hamba untuk memuji dan memohon kepada-Nya dengan doa-doa kebaikan. Kemuliaan nama Allah. Ibnu Abbas ra dalam Fathu al-Bari mengatakan bahwa kata Ar-Rahman dan ArRahim ini berasal dari kata yang diserap dari kata “ rahmah “ dimana hakikat makna kata Ar-Rahim lebih lembut dari pada hakikat makna kata Ar-Rahman walau penyampaiannya lebih cendrung disebut secara Bergandengan atau disebut bersamaan dalam satu ayat Kemuliaan nama Allah. . sehingga tidak ada perselisihan terhadap hakikat makna dari kata “ Allah “ selain untuk Tuhan swt.

sehingga melalui sifat kepengasihan ini. Ar-Rahim merupakan sifat kelanjutan dari sifat Ar-Rahman dimana sifat Ar- . malaikat dan makhluk-makhluk yang lainnya Sebagai contoh. maka kata Ar-Rahman dan Ar-Rahim merupakan salah satu sifat yang utama bagi Allah swt dari banyak sifat yang diambil dari nama-nama-Nya. sesungguhnya dua sifat ini pada Allah swt mempunyai perbedaan hakikat makna dan pembuktian yang sangat nyatanya dari keduanya yaitu : Ar-Rahman atau Kepengasihan Allah swt terhadap makhluk tidak memandang tingkat ketaatan makhluk dalam menjalankan perintah-Nya. Sebagai sifat. iblis. Pengingkaran terhadap hak hidup atas makhluk tanpa hak. Walau sifat Ar-Rahman dan Ar-Rahim cendrung disebut secara bersamaan. sesuai dengan tujuan penciptaannya merupakan pengingkaran langsung terhadap hak penjaminan yang telah diberikan langsung oleh Allah swt dan pengakuan terhadap hak hidup sebagai hak dasar dari setiap makhluk merupakan suatu ibadah yang apabila dilakukan karena Allah swt akan mendapat imbalan dan penghargaan yang benilai tinggi di sisi-Nya. dengan sifat kepengasihan Allah swt inilah seekor induk hewan menyusui anak-anaknya dan membesarkannya dan dengan sifat kepengasihan itu juga seorang ibu menyusui dan membesarkan anakanaknya. Ar-Rahman yang berarti Maha Pengasih dan Ar-Rahim yang berarti Maha Penyayang juga bisa difahami sebagai hakikat dari sifat kebijaksanaan dari Allah swt itu sendiri. Allah swt membuktikan bahwa Dia sebagi Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Menguasai menjamin hak hidup sebagai hak dasar bagi setiap makhluk yang diciptakan-Nya. namun dalam pemahamannya. Sehigga Allah swt mengasihi setiap makhluk yang telah diciptakan-nya secara merata baik itu manusia atupun hewan. dimana kasih dan sayang Allah swt itu diberikan secara merata kepada seluruh makluk di dunia ini sebagai konsekuensi dari penciptaan yang dilakukan-Nya sebagai Tuhan Yang Maha Pencipta. tumbuhan.Sehingga dari pemahaman tersebut.

lebih berarti doa dan harapan terhadap makna yang dikandung dengan kesempurnaan kedua sifat itu terhadap Zat yang memiliki sifat keduanya. walau secara syariat penyebutan dengan penggabungan keduanya sebagai sebuah rangkaian yang berarti Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Sehingga kepengasihan terhadap makhluk yang tanpa disempurnakan dengan sifat sayang-Nya bisa saja dimaknai dengan penghukuman Allah swt dan kepengasihan yang disertai dengan sifat sayang merupakan penganugrahan yang bermakna lebih baik dari penghukuman itu.Rahim ini diberikan sebagai bentuk penyempurnaan dari sifat Ar-Rahman atau kesempurnaan sifat kepengasihan Allah swt terhadap makhluk yang telah diciptaka-Nya. Jadi Ar-Rahman dan Ar-Rahim merupakan salah satu sifat yang utama pada Allah swt yang diambil dari sekian banyak nama yang mensifati-Nya. . Kesempurnaan tersebut merupakan apresiasi dari nilai ketaatan dan nilai ketundukan makhluk dalam menjalankan perintah yang telah diberikan Allah swt. dimana Ar-Rahman dan Ar-Rahim berasal dari satu kata turunan “ rahmah “ yang difahami secara bertingkat dengan pengertian bahwa sifat Ar-Rahim merupakan penyempurnaan dari sifat Ar-Rahman sehingga hakikat makna dari sifat Ar-Rahim sudah meliputi makna dari sifat Ar-Rahman itu sendiri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful