Zat Psikotropika
Pengertian, Macam, dan Pengaruhnya

Pengertian .Adalah zat atau bahan baik alami maupun sintetis yang dapat mempengaruhi pikiran atau sistem saraf.

ilusi.Pemakaian psikotropika disertai dengan timbulnya halusinasi (mengkhayal). gangguan cara berpikir. perubahan alam perasaan dan dapat menyebabkan ketergantungan serta mempunyai efek stimulasi (merangsang) bagi para pemakainya .

Golongan Psikotropika .

maka dia akan menginginkan dosis yang semakin lama semakin besar. Konsumsi terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan dapat menyebabkan kematian. Obat Psikoaktif .Adalah obat yang digunakan dalam ilmu kedokteran jiwa untuk mengobati penyakit mental dan saraf. Orang yang ketagihan obat jenis ini.

Adalah obat yang berfungsi untuk menenangkan orang yang sedang depresi. Obat-obat yang termasuk depresan adalah opiat (yang termasuk alami) Depresan .

yaitu : y Heroin y Morfin y Metadon y Barbiturat Depresan Sintesis .Adalah depresan yang dibuat secara sintesis.

Heroin . jika tidak menggunakan heroin setiap 4-6 jam maka akan merasakan mual. Penggunaannya dengan cara disuntikkan. dan demam. seperti menghilangkan rasa sakit. Jika overdosis dapat menyebabkan kematian. nyeri di lambung. keringat dingin. yang menyebabkan pengguna mengalami rasa senang yang luar biasa. muntah-muntah. Pada pecandu.Memberikan sensasi.

Morfin . kebingungan. perasaan bahagia yang berlebihan.Menyebabkan rasa lesu. ngantuk. dan gangguan sistem pernapasan.

Merupakan obat kedua yang paling banyak menyebabkan kecanduan setelah heroin. Metadon . Diberikan kepada pengguna heroin yang sedang diobati untuk mengurangi kerasnya gejala-gejala pecandu heroin yang sedang diobati.

Barbiturat (Pil Tidur) . Orang yang ketagihan akan mengalami gejala seperti demam dan kejang-kejang. Konsumsi terus-menerus dapat menyebabkan tidur selama-lamanya.Memberikan efek menenangkan dan tidur lelap.

Adalah zat yang dapat meningkatkan fungsi berbagai organ tubuh melalui efeknya terhadap sistem saraf pusat Stimulan .

serta dapat juga meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah.Dapat membuat orang lebih aktif. maksudnya mempercepat reaksi badan dan memberikan perasaan tersedianya tenaga yang tidak terbatas. Efek Stimulan .

dapat menyebabkan paranoia yang mengarah pada perilaku agresif. Contoh lain adalah STP. meskalin. DMT. Halusinogen .Adalah zat yang dapat menimbulkan halusinasi bagi si pemakai. Contohnya LSD (Lisergic Acid Diethylamide). dan psilosibin.

Jika dikonsumsi saat tenang. Euforia . Contohnya adalah mariyuana dan ganja.Adalah obat yang dapat menyebabkan perasaan nyaman atau gembira. namun jika dalam kondisi gelisah. dapat menyebabkan panik yang berlebihan. terasa nikmat. menyebabkan orang mabuk dan kacau.

Ciri Pecandu NAPZA Ciri Fisik dan Ciri Dini Pada Anak .

Mata merah y Mulut kering y Bibir berwarna kecoklatan y Perilakunya tidak wajar y Bicaranya kacau y Daya ingatnya menurun y Ciri Fisik .

dan suka menentang orang tua Suka membolos dengan alasan tidak jelas Ciri Dini Pada Anak .y y y y y y y y Anak menjadi pemurung dan penyendiri Wajah anak pucat dan kuyu Terdapat bau aneh yang tidak biasa di dalam kamar Matanya berair dan tangannya gemetar Napasnya tersengal dan susah tidur Badannya lesu dan selalu gelisah Mudah tersinggung. marah.

Gangguan Sistem Saraf .

Penderita tidak dapat merespon berbagai serangan.Kelainan pada neuron-neuron di otak. atau tumor) Epilepsi . bahkan terkadang otot-otot berkontraksi secara tak terkontrol. Disebabkan karena kerusakan otak (bisa saat lahir. infeksi. kelainan. kecelakaan.

Ditandai dengan berkurangnya kemampuan dalam mengingat. Alzheimer . menyerang orang yang telah berumur 65 tahun. Biasanya.Hilangnya kemampuan dalam aktivitas sehari-hari.

Merupakan Iritasi pada Neuron yang disebabkan infeksi. keracunan. kekurangan vitamin. atau karena obat Neuritis .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful