BAB I PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Manusia mempercayai bahwa tingkah laku mereka dibangun tidak saja atas perbuatanperbuatan yang sifatnya emosional, akan tetapi juga dari bekerjanya faktor-faktor intelek yang menyebabkan adanya pengawasan yang seksama terhadap sambutan-sambutan dari stimuli-stimuli yang emosional. Benarlah bahwa banyak sambutan yang dilakukan oleh manusia diarahkan pada berpikir dan memutuskan secara obyektif; namun demikian ada waktu-waktunya dalam kehidupan hampir semua orang di mana dorongan dan nafsu yang bersifat emosional itu hampir sepenuhya mempengaruhi cara kita berpikir dan bertingkah laku. Juga sering sekali tingkah laku kita sangat dikendalikan oleh perhatian dan keinginan yang datangnya tiba-tiba, di mana jika ada sangat sedikit perhatian diberikan untuk memberi alsan lebih kuat dan lebih jauh mengantarkan terpenuhinya hasil dari kegiatan itu. Namun emosi banyak memberi pengaruh pada tingkah laku, tetapi tiadalah merupakan penentuan sikap tunggal terhadapnya. Emosi bisa diartikan sebagai situasi stimulasi yang melibatan perubahan pada tubuh dan wajah, akivasi otak, penilaian kognitif, perasaan subjektif, dan kecenderungan melakukan suatu tindakan yang dibentuk seluruhnya oleh peraturan ± peraturan yang terdapat dalam suatu kebudayaan. Kita sebagai manusia harus tahu betapa pentingnya kemampuan merasakan dan mengekspresikan emosi kita, serta betapa pentingnya kemampuan mengenali emosi yang ditunjukkan oleh orang lain. Emosi adalah jantung dan jiwa pengalaman manusia. Apabila kita tidak merasakan emosi, dalam beberapa hal hidup kita memang akan menjadi lebih mudah. Tetapi dalam beberapa hal lagi, tentu saja tidak mudah. Karena emosi sangat lekat hubungannya dengan perasaan manusia. Istilah emosi sendiri menurut Daniel Goleman (1995), seorang pakar kecerdasan emosional, memaknai emosi sebagai suatu kegiatan atau pengelolaan pikiran, perasaa, nafsu, keadaan mental yang hebat dan meluap ± luap dalam diri manusia.

tidak disadari dan tanpa diniatkan. Karena emosi berkaitan erat dengan perasaan manusia dan berwujud dalam berbagai ragam ekspresi yang ada. membahas tentang emosi pada diri manusia. Tiba-tiba saja seseorang mengalami emosi tertentu. Manusia tidak bisa berniat untuk takut saat pergi ke hutan.Dari mana kata emosi berasal? Kata emosi adalah kata serapan dari bahasa inggris. bahwa manusia mempunyai kadar ketergantungan emosi yang cukup besar. Karena itulah. yakni µemotion¶. . manusia akan merasakan emosi yang kuat. Dalam kamus. Karena biasanya sebelum manusia melakukan gerak reflek atas respon yang diterimanya. Manusia tidak akan pernah lepas dari emosi. Pengambilan kebijakan dan langkah politik atau dalam masalah ekonomi pun berbahaya jadinya jika kita tidak bisa mengendalikan emosi yang meletup ± letup. Kemunculan emosi biasanya spontan. maka spontan saja dia mengalami emosi. Karena sangat berpengaruhnya emosi pada diri manusia itulah. Misalnya Anda merasakan perasaan yang kuat dan menyenangkan saat bersama seseorang. Dan itu sebagai motivasi untuk melakukan respon tersebut. emosi cinta Emosi sendiri amat sangat berperan pada diri manusia. Manusia tidak akan bisa meniatkan untuk mengalami emosi tertentu. kita perlu untuk mempeljari emosi dalam diri kita. Misalnya seseorang bertemu orang yang sama sekali belum pernah ditmuinya. Sesuai dengan yang sudah dijelaskan. Tidak cuma hal ± hal seperti itu. Manusia baru sadar mengalami sebuah emosi setelah emosi itu telah dialaminya. mungkin Anda menganggap diri Anda sedang dalam keadaan emosi. Karena itu banyak ditemukan kasus ± kasus kejahatan dikarenakan tidak bisa mengendalikan emosi sesaat. kata µemotion¶ digunakan untuk menggambarkan perasaan yang kuat akan sesuatu dan perasaan yang sangat menyenangkan atau sangat mengganggu. Jenisnya. psikologi sebagai ilmu yang mempelajari tentang manusia dan seluruh elemen yang membangunnya.

RUMUSAN MASALAH - Pengertian emosi dan jenis ± jenis emosi yang ada dalam diri manusia. Pengaruh emosi terhadah perilaku dan perubahan fisik.B. . TUJUAN Mengetahui dan memahami pengertian dari emosi juga jenis ± jenis nya. Mengetahui faktor ± faktor yang mempengaruhi emosi. Memahami pengaruh emosi terhadap perilaku dan perubahan fisisiologi manusia. Faktor ± faktor yang mempengaruhi emosi. C.

parasaan (feelings) adalah pengalaman disadari yang diaktifkan baik oleh perangsang eksternal maupun oleh bermacam-macam keadaan jasmaniah. Emosi juga sebagai suatu kegiatan atau pengelolaan pikiran. is an affective experience that accompanies generalized inner adjustment and mental and physiological stirredup states in the individual. . akivasi otak. Jadi. keadaan mental yang hebat dan meluap ± luap dalam diri manusia (Daniel Goleman. dapat disimpulkan bahwa emosi adalah suatu respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus. Emosi bisa juga diartikan sebagai situasi stimulasi yang melibatan perubahan pada tubuh dan wajah. .1995). perasaan. emosi adalah sebagai suatu keadaan yang terangsang dari organisme mencakup perubahan perubahan yang disadari. yang mendalam sifatnya dari perubahan perilaku. nafsu. Chaplin (1989) membedakan emosi dengan perasaan. penilaian kognitif. Dari beberapa pernyataan tokoh ± tokoh diatas. Sedangkan menurut Crow & Crow (1958). and that shows it self in his evert behaviour" .BAB II PEMBAHASAN Apakah emosi itu ? Kenapa emosi bisa mempengaruhi manusia ? bagaimana proses pembentukan dan faktor ± faktor yang berpengaruh di dalam emosi ? Kata emosi adalah kata serapan dari bahasa inggris. kata µemotion¶ digunakan untuk menggambarkan perasaan yang kuat akan sesuatu dan perasaan yang sangat menyenangkan atau sangat mengganggu (#####). perasaan subjektif. Menurut Chaplin (1989) dalam Dictionary of Psychology. dan kecenderungan melakukan suatu tindakan yang dibentuk seluruhnya oleh peraturan ± peraturan yang terdapat dalam suatu kebudayaan (######). emosi adalah "an emotion. emosi adalah warna afektif yang kuat dan ditandai oleh perubahan -perubahan fisik. yakni µemotion¶. Dalam kamus.

Misalnya. melupakan masalah yang sedang dihadapi dan sebagainya. Selain itu. rasa bangga juga tercetus saat seseorang dipuji karena kelebihan yang dimilikinya oleh orang lain. orang itu akan memberitahu berita tersebut ke orangtuanya. Misalnya. mereka mudah terlupa dan seterusnya mungkin meninggi diri atau sombong. Rasa bangga Apabila seseorang terasa dihormati / dihargai oleh orang lain atau bila ia mencapai apa yang diharapkan seperti merangsang mereka meluahkan apa yang me mbuat mereka merasa bangga dan memberi kesempatan berbagi rasa bangga. Kalau dapat mereka tidak mau bertemu dengan kesedihan. Simpati berarti perasan belas kasihan atau perhatian terhadap sesuatu hal yang . Perasaan senang membuat seseorang merasa tenang. sahabat. Diantaranya adalah : 1. kemarahaan dalam kamus hidup mereka. Simpati Perasaan simpati adalah perasaan yang baik dan perasaan ini ada di dal m diri setiap a individu. bersemangat. Bila seseorang gembira. 3. Terkadang. Perasaan bangga seharusnya dikontrol agar tidak mendatangkan dampak buruk terhadap diri sendiri. Perasaan bangga juga dapat membawa ke efek negatif. 2. apabila seseorang itu terlampau berbangga dengan dirinya.Emosi yang sering terlihat pada diri manusia ada berbagai macam Tetapi bisa disimpulkan menjadi enam belas jenis. ketakutan. bila seseorang terlalu senang. Sebagai contoh. perasaan bangga juga dapat tercetus saat seseorang berhasil melakukan sesuatu hasil usahanya sendiri. Semua manusia inginkan kegembiraan. Gembira Semua manusia inginkan kegembiraan. mereka melahirkan rasa senang dan mendorong mereka berbicara tentang sesuatu yang mereka sukai. tetangga dan sebagainya. mereka akan menangis karena terlalu gembira. kekhuatiran. seseorang akan merasa bangga bila diri mereka dipuji karena memiliki bakat. puas dan gembira. bila seseorang mendapat hasil cemerlang di dalam ujian.

mengirim hewan peliharaan ke klinik hewan jika hewan itu sakit dan sebagainya. perasaan simpati juga terjadi terhadap binatang dan tumbuhan. obat hilangkan rindu adalah bertemu dengan orang yang dirindu itu. mukanya akan kemerah-merahan. Perasaan simpati atau belas kasihan ini ditampilkan dalam perbuatan seperti memberi hewan makan. maka perasaan rindu pada orang itu mulai timbul. Anda akan merasa simpati ketika teman anda ditimpa musibah dan Anda akan kasihan kepadanya lalu mencoba untuk mengurangi masalah yang dihadapi oleh teman Anda itu. Rindu Emosi rindu adalah suatu perasaan yang selalu kita dengar. bila seseorang merasa malu. Rindu adalah perasaan yang menyiksa bagi beberapa orang. Perasaan simpati biasanya berlangsung terhadap hal-hal sedih atau kecelakaan. Dampak positifnya adalah perasaan malu dapat mencegah seseorang dari melakukan hal melampaui batas. Malu Setiap manusia memiliki perasaan malu baik pria atau wanita. Selain perasaan simpati terhadap sesama manusia. 4. . memalukan. kepala tertunduk. Perasaan simpati dihasilkan bila seseorang itu melihat atau merasakan akan kesedihan yang dialami oleh individu lain. Perasaan ini membuat manusia menyadari pentingnya perilaku yang baik dan menghindari melakukan sesuatu yang dikatakan memalukan. Misalnya. Perasaan ini muncul saat orang yang disayang tidak ada di depan mata. merka mungkin mengalami kesulitan dalam berbagai hal seperti berhadapan dengan orang banyak. 6. Ada orang yang mengatakan. diam dan terkadang lari dari hal yang memalukan itu. Di dalam ajaran agama islam juga menyuruh agar setiap manusia menjaga serta belas kasihan terhadap hewan. tidak yakin membuat sesuatu hal dan sebagainya. Bila orang yang disayang itu berjauhan. perasaan malu harus dikontrol dengan baik agar ia tidak mendatangkan dampak negatif di dalam diri. Biasanya. menjatuhkan martabat dan sebagainya. Justru. Sedangkan efek negatifnya adalah ketika perasaan malu dalam diri seseorang terlampau malu tidak bertempat. Perasaan ini terkait dengan hubungan sesama manusia.terjadi. Perasaan malu memiliki dampak positif dan negatif. Ini membantu mereka mengontrol tingkah laku mereka sendiri.

Takut Takut adalah perasaan terancam. bertemu teman-teman dan sebagainya dapat melupakan sejenak perasaan sedih itu. 9. .7. Marah Marah adalah emosi yang hadir bersama emosi yang lain seperti kecewa. jantung berdegup kencang dan suara menjadi kuat. Sekarang ini banyak kita baca dan kita lihat berbagai insiden yang melibatkan emosi marah. rasa tidak dihargai. Bila ini yang terjadi. takut berbicara hadapan takut melihat ular. tidak diterima dan khawatir. Dalam konteks fisiologis. takut pada ketinggian. 8. tubuh kita menggeletar. tertekan. takut. tersinggung. suatu motivasi ingin memastikan keamanan diri dari aspek fisik dan psikologis. Ketakutan seseorang berbeda dengan ketakutan individu yang lain. Apapun. Membuat aktivitas seperti berolahraga. anjing. menggelisahkan atau muncul sebagai akibat penderitaan karena luka atau sakit. Kemarahan yang kita tunjukkan ini kadangkala sulit untuk kita kawal sampai adanya perlakuan-perlakuan negatif yang kita sendiri tidak berarti untuk melakukannya. Bila kita marah seluruh tubuh kita bereaksi terhadap rangsangan emosi tersebut. kemarahan itu sebenarnya dapat dikontrol dan dikelola dengan baik. institusi yang berhubungan dengan manajemen marah banyak dibuat. Sedih Emosi sedih akan timbul bilamana seseorang dihadapkan pada kondisi yang mengecewakan. Justru. Emosi sedih bisa membuat seseorang merasa tertekan dan murung. anjing. Ada yang takut melihat ular. dia harus mengontrol perasaan itu dengan sebaiknya. Terjadinya ketegangan mental akan memunculkan rasa takut. Di negara barat. ketika seseorang merasa sedih. Bentrokan emosi tersebut menyebabkan kita marah. Tidak seperti negara asia yang masih lagi terbelenggu dengan perasaan malu untuk menemui konselor atau psikatri untuk meluahkan pendaman mereka akibat rasa marah. maka kita harus bersikap rasional karena ia dapat mengundang hal yang buruk. malu. takut berbicara depan orang ramai dan sebagainya. orang banyak dan sebagainya. takut pada ketinggian.

Kecewa juga dapat hadir ketika orang yang kita percaya menipu diri kita. belajar menahan perasaan khawatir dan bertindak proaktif untuk menunjukkan sesuatu yang terbaik.10. perasaan sedih akan berangsur hilang dari hari ke hari. 11. Seseorang akan berusaha untuk tidak dianggap bersalah dengan berakhlak sebaik mungkin dan jika kesalahan tetap atau sudah dilakukan. Rasa bersalah Ada bila seseorang melakukan sesuatu yang dianggap keluar dari standar tingkah laku yang baik. Kecewa Perasaan kecewa timbul ketika sesuatu yang kita inginkan tidak tercapai. sebenarnya ia membantu seseorang berusaha mengambil langkah menghindari diri dari menghadapi masalah. 12. Biasanya. Kita akan menangis atau bermurung ketika bersedih. suatu yang alami seorang berhati-hati agar tidak 'terkena' apa yang yang ia geli. Setelah kecewa. Perasaan ini harus dihormati dan bantu mereka mencari sebab mengapa mereka berperasaan begitu. 13. . Geli Biasanya dikaitkan dengan makanan. bau dan pandangan. Cemas Asalkan tidak keterlaluan. perasaan ini merangsang seseorang meluahkan perasaan dan menyadari agar berusaha untuk tidak mengulangi pada waktu yang lain. kita mungkin akan bangkit dari kekecewaan dan bangkit menebus kekecewaan itu.

detak jantung akan bertambah dan terkadang badan akan menggigil dan jiwa juga akan ikut tertekan.14. Misalnya. seseorang akan merasa cemburu ketika orang lain lebih hebat atau dipandang tinggi dibandingkan dirinya. Emosi adalah ekspresi dari manusia sendiri. Maka akan timbul perasaan cemburu pada diri kita. Stress Satu kondisi gangguan emosi. Mereka juga mengalami perubahan sikap seperti mudah marah. Bila seseorang mengalami stress. Misalnya. lesu. ketika pacar kita dekat dengan orang lain. mereka akan menunjukkan tanda-tanda dan perubahan fisik seperti sakit. letih dan sebagainya. pastilah manusia mempunyai sebuah penyebab atau faktor untuk memunculkan emosinya. Perasaan cemburu timbul saat seseorang merasa tidak sebanding dengan orang lain. Saat terkejut. Beberapa faktor yang memperngaruhi emosi diantaranya sebagai berikut : . Cemburu Cemburu adalah suatu perasaan yang ada di dalam diri setiap manusia. bosan. tidak m ampu mengelola diri. 16. Sehingga pasti ada yang bisa merubah atau mengarahkan bagaimana emosi seseorang. 15. terlalu kurus atau gemuk. pemikiran dan fisik seseorang. Sehingga. Terkejut Seseorang bila dia menduga sesuatu akan terjadi tetapi yang terjadi itu adalah tidak terduga maka akan membuat dia merasa terkejut dan akibatnya akan membuat dia merasa terkejut dan akibatnya jiwa akan tertekan. selalu berpandangan negatif. hilang pertimbangan dan sebagainya. Emosi adalah sesuatu yang sudah dimiliki sosok manusia sejak lahir. Cemburu juga terjadi jika orang yang kita sayangi atau cintai dekat dengan orang lain. hilang keceriaan diri.

5. Ada yang pola asuhnya menurut apa yang dianggap terbaik oleh dirinya sendiri saja. 2. . peran jenis maupun tuntutan social yang berpengaruh pula terhadap adanya perbedaan karakteristik emosi diantara keduanya. Ketika usia semakin tua. dampaknya jejak rasa takut dan sikap terlalu wapada yang ditimbukan dapat berlangsung seumur hidup. dalam hal ini tidak menutup kemungkinan seseorang yang sudah tua. sehingga ada yang bersifat otoriter. memanjakan anak. dan merupakan bagian dari genetik yang mempunyai kekuatan hebat dalam rentang kehidupan manusia. Namun demikian. Perbedaan pola asuh dari orang tua seperti ini dapat berpengaruh terhadap perbedaan perkembangan emosi seseorang. pengaruhnya terhadap kondisi emosi. tetapi ada juga dengan penuh cinta kasih. Hingga tahap tertentu masing-masing individu memiliki kisaran emosi sendiri-sendiri. Temperamen merupakan bawaan sejak lahir. Usia Perkembangan kematangan emosi yang dimiliki seseorang sejalan dengan pertambahan usianya. Hal ini dikarenakan kematangan emosi dipengaruhi oleh tingkat pertumbuhan dan kematangan fisiologis seseorang. acuh tak acuh. 3. sehingga mengakibatkan penurunan. Pola Asuh Orang Tua Pola asuh orang tua terhadap anak bervariasi.1. Kejadian-kejadian traumatis tersebut dapat bersumber dari lingkungan keluarga ataupun lingkungan di luar keluarga. Temperamen Temperamen dapat didefinisikan sebagai suasana hati yang mencirikan kehidupan emosional kita. Jenis Kelamin Perbedaan jenis kelamin memiliki pengaruh yang berkaitan dengan adanya perbedaan hormonal antara laki-laki dan perempuan. 4. Pengalaman Traumatik Kejadian-kejadian traumatis masa lalu dapat mempengaruhi perkembangan emosi seseorang. kadar hormonal dalam tubuh juga berkurang.

Ketidak seimbangan tubuh ini sering mempunyai akibat yang tidak terduga pada perkembangan emosi. Hormonhormon tertentu mulai berfungsi sejalan dengan perkembangan. Tidak jarang hubungan ini menimbulkan konflik atau gangguan pada seseorang.kondisi emosinya masih seperti orang muda yang cenderung meledak-ledak. Sehingga dapat menyebabkan rangsangan di dalam tubuh peserta didik dan seringkali menimbukan masalah rangsangan didalam diri seseorang dan seringkali menimbulkan masalah dalam perkembangan emosinya. Memperkuat semangat. Dampak fisiologis pun akan terasa karena emosi mempunyai hubungan langsung juga dengan otak manusia. Perubahan Interaksi Interaksi antar sesame dalam suatu kelompok biasanya sangat intens serta memiliki solidaritas yang tinggi. Dibawah ini adalah beberapa contoh tentang pengaruh emosi terhadap perilaku individu di antaranya sebagai berikut: a. 6. Perubahan Jasmani Perubahan jasmani ditunjukkan dengan adanya pertumbuhan yang sangat cepat dari anggota tubuh. Melemahkan semangat. Faktor yang sering menimbulkan masalah emosi pada masa ini adalah hubungan cinta dengan lawan jenis. khususnya kelainan anggota fisik. apabila timbul rasa kecewa karena kegagalan dan sebagai puncak . Tidak setiap orang dapat menerima perubahan kondisi tubuh seperti ini. Lebih-lebih perubahan tersebut menyangkut perubahan kulit yang menjadi kasar dan penuh jerawat.. apabila orang merasa senang atau puas atas hasil yang telah dicapai. Lalu apakah emosi berkaitan atau mempunyai dampak terhadap keadaan fisiologis manusia ? Apakah emosi juga mempengaruhi perilaku manusia ? Karena emosi itu sendiri berkaitan dengan perasaan dan pikiran manusia. tentu saja emosi bisa mempenarui perilaku manusia. Hal tersebut dapat diakibatkan karena adanya kelainan-kelainan di dalam tubuhnya. Kelainan itu dapat terjadi akibat dari pengaruh makanan yang banyak merangsang terbentuknya kadar hormonal. b. 7. Pada taraf permulaan pertumbuhan ini hanya terbatas pada bagian-bagian tertentu saja yang mengakibatkan postur tubuh menjadi tidak seimbang.

Liur: mengering kalau takut atau tegang 7. Otot: ketegangan dan ketakutan menyebabkan otot menegang atau bergetar (tremor) 10. . apabila terjadi rasa cemburu dan iri hati.dari keadaan ini ialah timbulnya rasa putus asa (frustasi) c. Pencernaan: mencret-mencret kalau tegang 9. d. Pernapasan: bernapas panjang kalau kecewa 5. Bulu roma: berdiri kalau takut 8. baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap orang lain. Reaksi elektris pada kulit: meningkat bila terpesona 2. Pupil mata: membesar mata bila marah 6. Terganggu penyesuaian social. Peredaran darah: bertambah cepat bila marah 3. apabila sedang mengalami ketegangan emosi dan bisa juga menimbulkan sikap gugup (nervous) dan gagap dalam berbicara. Menghambat atau mengganggu konsentrasi belajar. Denyut jantung: bertambah cepat bila terkejut 4. e. Suasana emosional yang diterima dan dialami individu semasa kecilnya akan mempengarui sikapnya dikemudian hari. Sedangkan perubahan emosi terhadap perubahan fisik (jasmani) antara lain : 1. Komposisi darah: komposisi darah akan ikut berubah karena emosional yang menyebabkan kelenjar-kelenjar lebih aktif.

BAB III PENUTUP D. . KESIMPULAN Emosi adalah suatu respons terhadap suatu perangsang yang menyebabkan perubahan fisiologis disertai perasaan yang kuat dan biasanya mengandung kemungkinan untuk meletus. Emosi adalah sesuatu hal yang juga mempunyai peran untuk bisa mempengaruhi manusia.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful