P. 1
Sistem Politik Demokrasi

Sistem Politik Demokrasi

|Views: 2,662|Likes:

More info:

Published by: Oxy Firnando ギタリスト on Apr 24, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2013

pdf

text

original

Sistem Politik Demokrasi

Disusun oleh : Oxy Firnando 1001081026

.Pengertian Demokrasi ‡ Secara Bahasa / Etimologis Berasal dari bahasaYunani yaitu Demokratia yang berarti kekuasaan rakyat.

formal dan subtantive. .Pengertian Demokrasi ‡ Secara Istilah / Terminologi Segi pemikiran politik.

contemporary doctrine .Classical Aristotelian theory 2.medieval theory 3.Pengertian Demokrasi ‡ Secara Istilah / Terminologi Tiga tradisi pemikiran politik: 1.

. Segi Subtantive menunjuk pada demokrasi dalam 4 bentuk.Pengertian Demokrasi ‡ Secara Istilah / Terminologi Segi Formal menunjuk pada demokrasi dalam arti system pemerintahan.

Pengertian Demokrasi ‡ Secara Istilah / Terminologi 4 bentuk demokrasi berdasarkan Segi Subtantive: 1. titik berat pada manusia mengembangkan kekuasaan dan kemampuan. 4. bahwa tidak dapat mencapai partisipasi yang demokratis tanpa perubahan lebih dulu dalam keseimbangan social dan kesadaran social. menitikberatkan pada perlindungan terhadap tirani. Perubahan social dan partisipasi demokratis perlu dikembangkan secara bersamaan karena satu sama lain saling ketergantungan. melihat keseimbangan partisipasi masyarakat terhadap beban yang berat dan tuntutan yang tidak dapat dipenuhi. . 2. 3.

Tidak sewenang-wenang.Sistem Politik Demokrasi Menurut Huntington. Sistem politik demokrasi yaitu merupakan system pemerintahan dalam suatu negara yang menjalankan prinsip demokrasi. system politik dapat dibedakan dari system politik demokrasi dan non demokrasi. . kekuasaan yang tidak terbatas dan mengutamakan kepentingan umum untuk keadilan.

Pelaku-pelaku Sistem Politik Demokrasi ‡ Kita semua atau warga negara. . ‡ Perwakalian di legislatif. ‡ Semua elemen yang menjalankan system pemerintahan.

.Landasan Hukum ‡ Pembukaan UUD 45 alinea ke 4 dan Ps 1 ayat (2) sebelum dan sesudah amandemen.

‡ ‡ ‡ ‡ ‡ . Selain itu Presiden dibantu oleh menteri-menteri. Sistem ini jelas dalam UUD 45 dengan adanya Pemilihan Umum. Presiden dibantu oleh wakil Presiden. baik sebelum dan sesudah diamandemen. ‡ Sistem perwakilan.Sendi-sendi Pokok Sistem Politik Demokrasi Berbentuk republik (Ps 1 ayat (1) Ide kedaulatan rakyat (Ps 1 ayat (2)) Negara berdasar atas hukum (Ps 1 ayat (3)) Pemerintahan berdasarkan konstitusi Pemerintahan yang bertanggung jawab. ‡ Sistem pemerintahan Presidensiil. dan Presiden memegang kekua-saan pemerintahan menurut UUD. Hal ini jelas pada makna negara berbentuk republik. untuk memilih wakil rakyat di DPR/D dan DPD. Masalah pertanggung jawaban pemerintah dalam hal ini Presiden kepada siapa dan bagaimana serta waktu penyampaian pertanggung jawaban tidak diatur dalam UUD 45.

Terima Kasih .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->