P. 1
OPTIMISASI (MATEK) (2)

OPTIMISASI (MATEK) (2)

|Views: 140|Likes:
Published by _tuxter

More info:

Published by: _tuxter on Apr 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/17/2012

pdf

text

original

TUGAS KELOMPOK MATEMATIKA EKONOMI

OPTIMISASI

OLEH KELOMPOK 7 : AVISTO VERO (1010532081) DISMITA ANGGRAINI (1010531036) FEBBI MANORA (06953037) HANISA EKA PUTRI (06953055) NIA SELPIA RISHA (1010533053) REZI RIZTA AULIA (1010533048) RENI VIOLINDA .S (06953025) VANNY HERDIANA (06953026)

AKUNTANSI 3

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS

2010

dan tidak ada maksimum terhingga bila domainnya adalah himpunan bilangan riil yang non-negatif. yang berarti nilai ekstrem. Namun.OPTIMISASI Secara ekonomi. dalam konsep matematika. Fungsi umum:  Ekstrem Relativ dan Absolut y Keterangan gambar: ‡ Gambar (a) merupakan fungsi naik sempurna. istilah kolektif untuk maksimum dan minimum adalah ekstremum. C ‡ Titik akhir C dapat merupakan O (a) x titik minimum yang merupakan minimum absolut dalam rentang fungsi ini. dalam arti setiap titik menggambarkan ekstrem hanya di daerah yang berdekatan dengan titik itu saja. y ‡ Titik D dan E dalam gambar (b) merupakan contoh dari D ekstrem relatif. istilah optimisasi berkaitan dengan memaksimumkan sesuatu (seperti memaksimumkan laba perusahaan) atau meminimumkan sesuatu (seperti meminimumkan biaya untuk produksi output tertentu. E O (b) x .

Mi i sebelah kanannya. Dalam gambar (a ). c. titik koordinat dan disebut sebagai titik stasi ner. = f (x) J O (a ) x O (b) x Titik J dan titik K merupakan titik belok (inflecti n point). untuk mendapatkan  ¨  §¦¥  © ©  ¡  relatif jika derivatif berubah tanda dari positif menjadi negatif dari ke sebelah kanannya. titik K merupakan titik maksimum dari fungsi derivatif g (x). Jadi. tetapi nilai stasioner mungkin merupakan ekstrem relatif atau titik belok. Ada dua jenis titik belok. dan menyebut K = g (x) arakteristik utama dari .Uji Ji pada i if p dari fungsi pada l if adalah . Sedangkan dalam gambar (b ). akan merupakan: a. Dengan demikian. fungsi derivatif (sebagai lawan dari fungsi primitif atau dasar) mencapai nilai ekstrem. mempunyai tanda yang sama sebagai nilai stasi ner (stati nary val e) dari y (atau dari fungsi f ). Tidak maksimum relatif maupun minimum relatif bila baik di sebelah kiri maupun di sebelah kanan titik Nilai merupakan nilai kritis (critical val dari . Maksi sebelah kiri titik b. titik J merupakan titik minimum dari fungsi derivatif f (x). yaitu maksimum dan minimum. arena itu. titik belok adalah bahwa pada titik tersebut. suatu ekstrem relatif harus merupakan nilai stasioner. maka nilai fungsi deriv ti pert . berubah tanda dari negatif ke positif dari sebelah kiri ke £¤£ ¢ relatif jika bila .

Sedangkan dalam daerah x = 2. dan untuk x >6. atau bukan kedua-duanya. dan kemudian menggunakan uji derivatif pertama untuk menentukan apakah setiap nilai stasioner tersebut merupakan maksimum relatif. diperoleh  untuk x < 6 . nilai fungsi f (2) = 40 merupakan untuk x < 2. prosedurnya haruslah mula-mula mendapatkan nilai stasioner dari fungsi tersebut dimana syarat f (x) = 0 terpenuhi. kita terapkan fungsi derivatif kuadrat sama dengan nol dan menghasilkan persamaan kuadrat Dengan memfaktorkan (factoring) polinom tersebut atau dengan menggunakan rumus kuadrat. diperoleh untuk x > 2. Contoh soal 1. dan maksimum relatif. kita cari fungsi derivatif yaitu Untuk memperoleh nilai kritis.   .maksimum atau minimum relatif dari fungsi tertentu. . kita dapatkan sepasang akar (solusi) sebagai berikut: [ dimana [ dimana arena Dalam daerah fungsi     dan dan  ] ] . Tentukan ekstrem relatif dari fungsi Jawaban: Pertama. kedua nilai x tersebut adalah nilai kritis yang dicari. jadi nilai merupakan minimum relatif. yatu nilai-nilai x yang memenuhi syarat .

Grafik fungsi ini berbentuk kurva U.Gambar: y 50 ± 40 ± 30 ± 20 ± 10 ± x -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 2. maka nilai stasioner sedangkan  . Carilah ekstrem relatif dari fungsi biaya rata-rata AC = Jawaban: Derevatifnya adalah   .5 = nilai kritis misalnya   Akar persamaannya: Mencari nilai-nilai derivatif arena AC =  dan  . yang menggambarkan minimum relatif.  persamaan linear = 2. . sehingga minimum relatif yang telah didapat juga merupakan minimum absolut. yaitu fungsi linear.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->