TUGAS KELOMPOK MATEMATIKA EKONOMI

OPTIMISASI

OLEH KELOMPOK 7 : AVISTO VERO (1010532081) DISMITA ANGGRAINI (1010531036) FEBBI MANORA (06953037) HANISA EKA PUTRI (06953055) NIA SELPIA RISHA (1010533053) REZI RIZTA AULIA (1010533048) RENI VIOLINDA .S (06953025) VANNY HERDIANA (06953026)

AKUNTANSI 3

FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS ANDALAS

2010

Namun. yang berarti nilai ekstrem.OPTIMISASI Secara ekonomi. istilah kolektif untuk maksimum dan minimum adalah ekstremum. dan tidak ada maksimum terhingga bila domainnya adalah himpunan bilangan riil yang non-negatif. E O (b) x . dalam arti setiap titik menggambarkan ekstrem hanya di daerah yang berdekatan dengan titik itu saja. istilah optimisasi berkaitan dengan memaksimumkan sesuatu (seperti memaksimumkan laba perusahaan) atau meminimumkan sesuatu (seperti meminimumkan biaya untuk produksi output tertentu. dalam konsep matematika. y ‡ Titik D dan E dalam gambar (b) merupakan contoh dari D ekstrem relatif. Fungsi umum:  Ekstrem Relativ dan Absolut y Keterangan gambar: ‡ Gambar (a) merupakan fungsi naik sempurna. C ‡ Titik akhir C dapat merupakan O (a) x titik minimum yang merupakan minimum absolut dalam rentang fungsi ini.

tetapi nilai stasioner mungkin merupakan ekstrem relatif atau titik belok. suatu ekstrem relatif harus merupakan nilai stasioner.Uji Ji pada i if p dari fungsi pada l if adalah . titik koordinat dan disebut sebagai titik stasi ner. berubah tanda dari negatif ke positif dari sebelah kiri ke £¤£ ¢ relatif jika bila . Ada dua jenis titik belok. akan merupakan: a. fungsi derivatif (sebagai lawan dari fungsi primitif atau dasar) mencapai nilai ekstrem. dan menyebut K = g (x) arakteristik utama dari . Tidak maksimum relatif maupun minimum relatif bila baik di sebelah kiri maupun di sebelah kanan titik Nilai merupakan nilai kritis (critical val dari . maka nilai fungsi deriv ti pert . Maksi sebelah kiri titik b. c. titik K merupakan titik maksimum dari fungsi derivatif g (x). Sedangkan dalam gambar (b ). Jadi. yaitu maksimum dan minimum. mempunyai tanda yang sama sebagai nilai stasi ner (stati nary val e) dari y (atau dari fungsi f ). Mi i sebelah kanannya. titik belok adalah bahwa pada titik tersebut. = f (x) J O (a ) x O (b) x Titik J dan titik K merupakan titik belok (inflecti n point). Dalam gambar (a ). arena itu. untuk mendapatkan  ¨  §¦¥  © ©  ¡  relatif jika derivatif berubah tanda dari positif menjadi negatif dari ke sebelah kanannya. titik J merupakan titik minimum dari fungsi derivatif f (x). Dengan demikian.

dan kemudian menggunakan uji derivatif pertama untuk menentukan apakah setiap nilai stasioner tersebut merupakan maksimum relatif. dan maksimum relatif.maksimum atau minimum relatif dari fungsi tertentu. diperoleh untuk x > 2. Tentukan ekstrem relatif dari fungsi Jawaban: Pertama. Sedangkan dalam daerah x = 2. kedua nilai x tersebut adalah nilai kritis yang dicari.   . nilai fungsi f (2) = 40 merupakan untuk x < 2. jadi nilai merupakan minimum relatif. diperoleh  untuk x < 6 . kita dapatkan sepasang akar (solusi) sebagai berikut: [ dimana [ dimana arena Dalam daerah fungsi     dan dan  ] ] . atau bukan kedua-duanya. Contoh soal 1. prosedurnya haruslah mula-mula mendapatkan nilai stasioner dari fungsi tersebut dimana syarat f (x) = 0 terpenuhi. kita cari fungsi derivatif yaitu Untuk memperoleh nilai kritis. yatu nilai-nilai x yang memenuhi syarat . dan untuk x >6. kita terapkan fungsi derivatif kuadrat sama dengan nol dan menghasilkan persamaan kuadrat Dengan memfaktorkan (factoring) polinom tersebut atau dengan menggunakan rumus kuadrat. .

5 = nilai kritis misalnya   Akar persamaannya: Mencari nilai-nilai derivatif arena AC =  dan  .  persamaan linear = 2.Gambar: y 50 ± 40 ± 30 ± 20 ± 10 ± x -1 0 1 2 3 4 5 6 7 8 9 2. yaitu fungsi linear. yang menggambarkan minimum relatif. Carilah ekstrem relatif dari fungsi biaya rata-rata AC = Jawaban: Derevatifnya adalah   . maka nilai stasioner sedangkan  . . Grafik fungsi ini berbentuk kurva U. sehingga minimum relatif yang telah didapat juga merupakan minimum absolut.