SISTEM PEMERINTAHAN KOMUNIS

Oleh : Primadhani S.G (X5 / 17) Ratna Ekawati (X5 / 18) (X5 / 25) Sri Rejeki R.Y Tiara Rosavena S (X5 / 28) (X5 / 30) Yogi Adi H

. Penganut faham ini berasal dari Manifest der Kommunistischen yang ditulis oleh Karl Marx dan Friedrich Engles. sebuah manifes politik yang pertama kali diterbitkan pada 21 Februari 1848.Pengertian Komunis Komunisme adalah sebuah ideologi. teori mengenai komunis pernah menjadi salah satu gerakan yang paling berpengaruh dalam dunia politik.

dalam perkembangan selanjutnya. dalam suasana yang menganggap bahwa kaum buruh dan pekerja tani hanyalah bagian dari produksi dan yang lebih mementingkan kesejahteraan ekonomi. muncul beberapa faksi nternaldalam komunisme antara penganut komunis teori dengan komunis revolusioner yang masing-masing mempunyai teori dan cara perjuangannya yang saling berbeda dalam pencapaian masyarakat sosialis untuk menuju dengan apa yang disebutnya sebagai masyarakat utopia. Akan tetapi.Sejarah Komunisme Komunisme pada awal kelahiran adalah sebuah koreksi terhadap faham kapitalisme di awal abad ke19an. .

 Komunisme juga kurang menghargai individu.  Anti-kapitalisme Ciri pokok kedua adalah :  Sifatnya yang kurang menghargai manusia sebagai individu. jadilah ia rongsokan tidak berguna seperti rongsokan mesin. .  Orang komunis menganggap Tuhan tidak ada.Ciri-ciri ajaran komunisme Adapun ciri pokok pertama ajaran komunisme adalah :  Sifatnya yang ateis.  Manusia itu seperti mesin. rusak. Kalau sudah tua. terbukti dari ajarannya yang tidak memperbolehkan ia menguasai alatalat produksi.

Struktur pemerintahan daerah di Cina pada dasarnya terdiri dari tiga tingkat pemerintahan resmi provinsi. Pengaruh yang paling langsung terhadap Komunisme Cina. . secara relatif masih merupakan sistem politik baru. kabupaten.Komunisme di RRC Republik Rakyat Cina yang secara resmi diproklamasikan pada tanggal 1 Oktober 1949. dan dasar. dan sejarah Partai Komunis Cina sendiri sebelum tahun 1949. komunisme Soviet. yaitu lingkungan revolusioner.

Sistem pemerintahan Cina: a. Bentuk negara adalah kesatuan yang terdiri atas 23 provinsi b. Menggunakan sistem unikameral. e. Kekuasaan yudikatif dijalankan secara bertingkat kaku oleh Pengadilan Rakyat di bawah pimpinan Mahkamah Agung Cina . Bentuk pemerintahan adalah republik dengan sistem demokrasi komunis. sedangkan kepala pemerintahan adalah perdana menteri d. Kekuasaan yudikatif (Badan kehakiman). Kepala negara adalah presiden. Lembaga negara tertinggi adalah Konggres Rakyat Nasional yang bertindak sebagai badan legislatif (biasanya didominasi oleh Partai Komunis Cina). f. c.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful