P. 1
PERTUMBUHAN IKAN

PERTUMBUHAN IKAN

|Views: 3,856|Likes:
Published by achmad_nurdin

More info:

Published by: achmad_nurdin on Apr 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/21/2015

pdf

text

original

PERTUMBUHAN IKAN

Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran panjang atau berat dalam suatu waktu, akibat terjadinya pembelahan sel secara mitosis yang disebabkan oleh kelebihan jumlah input energi dan asam amino yang berasal dari makanan.

Pengelompokkan sel dalan suatu jaringan :
1. Bagian yang dapat diperbaharui yaitu kelompok sel yang mempunyai kemampuan membelah secara mitosis sangat cepat 2. Bagian yang dapat berkembang 3. Bagian yang statis. Pertumbuhan pada ikan bersifat Autocatalytic yaitu pertumbuhan yang terjadi semakin cepat yang disebabkan oleh hasil pertumbuhan.

Faktor-faktor yang menentukan Faktorpertumbuhan
1. Faktor luar yang meliputi :
- Makanan (kualitas dan kuantitas) - Kimia perairan (kekeruhan, 02, C02 , pH, alkalinitas, NH3, H2S) - Suhu perairan ; Di daerah yang bermusim 4 suhu optimum untuk pertumbuhan adalah sebelum & sesudah musim panas. Pada waktu ini disebut musim pertumbuhan. Sedangkan di daerah Tropis suhu pada umumnya optimum

2. Faktor dalam (faktor ini sukar dikontrol) - Faktor seksual, pada waktu terjadi kematangan
gonad pertama kali pertumbuhan menjadi lambat karena energi digunakan untuk pembuatan sarang, pemijahan dan penjagaan keturunan. - Umur, umur ikan antara 3 -5 pertumbuhan cepat, ikan tua pertumbuhan lambat, karena energi digunakan untuk pemeliharaan tubuh & pergerakan. - Penyakit, terutama penyakit yang menyerang sistem pencernaan atau organ vital, sehingga energi digunakan untuk penyembuhan.

Gambar kurva pertumbuhan pada ikan

Kurva pertumbuhan (Sigmoid)

Titik infleksi adalah titik yang merupakan perubahan dari fase penaikan ke fase perlambatan pertumbuhan.

1. Kecepatan pertumbuhan Mutlak adalah perubahan ukuran panjang atau berat diantara dua umur(tl-t2)/tahun atau ukuran rata-rata pada umur tertentu. 2. Kecepatan pertumbuhan Nisbi adalah persentase pertumbuhan pada tiap interval waktu atau perbedaan ukuran pada waktu akhir interval dengan ukuran pada awal interval dibagi ukuran pada awal interval h = Wt - Wo WO

h = Kecepatan pertumbuhan nisbi Wo = berat awal interval Wt = berat akhir interval

3. Kecepatan pertumbuhan exponensial Jenis pertumbuhan pada ikan adalah Allometrik & isometrik: - pertumbuhan allometrik atau heterometrik adalah perubahan bentuk kecil seperti panjang sirip dan tingkat kegemukan, tetapi morfologi seperti induknya jadi perubahan ini bersifat sementara yang berhubungan dengan tingkat kematangan gonad. - Pertumbuhan isometrik atau isogenik adalah perubahan secara terus menerus secara proporsional dalam tubuhnya.

Relasi Panjang Berat
Berat dapat dianggap sebagai suatu fungsi dari panjang

W= c L n
Log W = Log c = n log L (persamaan linier)
w = berat, L = panjang, c dan n = konstanta Nilai c antara 1,2 - 4,0 umumnya antara 2,4 - 3,5 (Carlander­1969 )

Bila n = 3 maka pertumbuhan ikan tidak berubah bentuk jadi pertambahan panjang ikan sebanding dengan pertambahan beratnya maka pertumbuhan demikian disebut pertumbuhan isometrik Bila n iebih besar atau lebih kecil dari 3 dinamakan pertumbuhan allometrik Bila n kurang dari 3 maka ikan tersebut kurus, jadi pertambahan panjang lebih cepat dari pertambahan berat. Bila lebih dari 3 maka ikan tersebut gemuk, jadi pertambahan berat lebih cepat dari pertambahan panjang.

End of slide

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->