P. 1
gagap balita

gagap balita

|Views: 25|Likes:
Published by Imelda Maharani

More info:

Published by: Imelda Maharani on Apr 25, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2011

pdf

text

original

balita-anda Top of Form

• •

Terurut Topik

Terurut Waktu
balita-anda@balit Cari


Bottom of Form RE: [balita-anda] Masalah Gagap Dini Febrina Tue, 30 Oct 2007 16:52:33 -0800 Ini ada artikel jadul (dari milis BA jg).

Pernah jg di diskusiin di milis ini katanya utk mengatasi gagap cari penyebabnya dulu, bisa krn: 1. Lingkungan tempat tinggal yg bising (jalan raya, kendaraan lalu lalang atau deket airport) 2. Sering ditakut-takutin 3. Anak belum selesai ngomong udah di sela atau diledekin. 4. kurang percaya diri....

Gagap dan Ragam Gangguan Bicara Tgl: 04/09/2002 12:47 WIB

Sekitar 4 persen anak dan 1 persen orang dewasa memiliki kelaianan bicara yang parah. Kelainan bicara pada usia remaja dapat merongrong kepercayaan diri anak.

Banyak pemimpin. ia dapat mengucapkan kalimat pendek yang susunannya belum benar. disusul kata kedua pada umur 1 tahun. atau mencoba mengucapkan kalimat berupa suara yang tidak jelas artinya. dan ia dapat mengucapkan kalimat terdiri dari 2 kata. Antara 16-17 bulan. . Bahasa Bayi Menurut dr.Anak dapat mogok bicara jika terus mendapat ejekan kala gagap-gugup menyerang. kelemahan bicara tidak berhubungan langsung dengan keberhasilan hidup. perbendaharaan kata mencapai 50 kata. baru pada umur 11 bulan manusia kecil untuk pertama kalinya dapat mengucapkan kata pertama yang benar.A(K). kemampuan bicara terus melaju dan pada umur 21 bulan.Hardiono D. Pada usia 18 bulan. ia sudah dapat menguasai 7-20 kata jargoning menjadi lebih matang yang ditandai munculnya kata yang benar diantara kata yang tidak benar. kata "saya". Masih menurut dr. Dapat terdengar pula immature jargoning yaitu anak berbicara dalam bahasa yang aneh. Ia sudah menggunakan kata "saya"' kamu walaupun seringkali belum tepat. Pada umur 30 bulan. Antara 12-15 bulan terdengar munculnya kata-kata baru sebanyak 4-6 kata. "kamu" sudah benar. Walau demikian. kalangan professional yang memiliki gangguan bicara. pengusaha. Sp. Mereka tetap dapat berkomunikasi dan hidup normal. Pada umur 3 tahun ia menguasai 250 kata dan dapat membentuk kalimat terdiri dari 3 kata. Hardiono. Semakin tidak nyaman semakin parah kondisinya. Pusponegoro.

Gagap Menginjak dewasa tidak semua orang telah memperoleh kemampuan bahasa dengan baik. tetapi menghasilkan vocal yang keluar . maksudnya... kesulitan bahasa seperti yang di alami Aries bikin gregetan. Keterlambatan bicara terjadi pada 3-15% anak. Tiga puluh persen diantara anak yang mengalami keterlambatan ringan akan sembuh sendiri. terutama yang abstrak. dan merupakan kelainan perkembangan yang paling sering terjadi. kalimat yang runut dan mulus. Sebanyak 1% anak uang mengalami keterlambatan bicara tetap tidak dapat bicara. Kesulitan yang ia alami sering disebut gagap (stuttering). Ibarat mobil. lidah. Bagi yang mendengar. Bila seorang anak terlambat mencapai tahapan unit bahasa yang sesuai untuk umurnya. untuk menghidupkan mesinnya ia harus menyalakan starter lebih lama. bibir sehingga mulutnya dapat mengeluarkan rentetan kata. Asal bicara saja sepertinya mudah.Pada umur 4 tahun ia mulai bertanya mengenai arti suatu kata. Tapi bagi Aries sendiri merasakan bagaimana frustasinya mengendalikan pita suara. "Mmmmmm . Wasapada adanya gangguan bicara pada anak Ia sarankan tetap diwaspadai." begitula setiap kali Aries sang ketua di sebuah organisasi kala membnuka argumentasi. Ia dapat bercerita dan menggunakan kalimat terdiri dari 4-5 kata. tetapi 70% diantaranya akan mengalami kesulitan berbahasa. kurang pandai atau berbagai kesulitan belajar lainnya.

Aphasia adalah gangguan bahasa yang disebabkan oleh kerusakan bagian otak yang . Mereka yang menderita aphasia mengucapkan dengan cepat atau berhenti bukan pada tempatnya. Aphasia adalah gangguan bicara dimana orang mengalami kesulitan memahami apa yang diucapkannya. gigi. tertahan semua di kerongkongan. kita harus mengkoordinir banyak otot dari berbagai bagian tubuh termasuk pita suara. Gagap atau orang Inggris menyebutnya stammering merupakan kelainan yang kompleks dan dapat berdampak pada kemampuan bicara dengan cara yang beragam. Sebagian orang yang gagap malah lebih parah. Ketika kita bicara. Gagap adalah masalah gangguan bicara yang mempengaruhi kepasihan bicara. mulut dan system pernapasan. Sebagian orang mungkin mengalami ganguan hanya pada bunyi-bunyian tertentu seperti sulit mengucapkan hurup "l" atau "r". tekanan dan ejaan yang tepat kiranya tidak mudah. tidak ada satu suara pun yang keluar.dengan kecepatan. atau menahan bunyi tunggal ditengah kata (misal begggggini). Pokoknya. Mereka yang mengalami kesulitan ini ditandai pengulangan bagin pertama dari kata yang hendak diucapkannya (seperti mmmmakan). Cadel Gagap hanyalah salah satu jenis kelainan bicara. Ada juga yang mengalami kekusutan (cluttering) bicara atau disebut aphasia. Normalnya semua kerja organ tersebut dapat berfungsi simultan serta otomatis. kalimat yang ia ucapkan bikin orang bertanya ulang "apaan?".

Dislalia menurut hematnya termasuk gangguan komunikasi verbal yang sangat mudah diselesaikan. Perkembangan anak bisa terganggu bila persoalan yang kelihatan sepele tersebut tidak segera diatasi. gangguan ini bisa ditanggulangi asal saja perilaku yang keliru-seperti ngedot. Jakarta. Kalau ukuran normal yang digunakan adalah 140 kata (terdiri dari dua suku) per menit. semuanya akan teratasi dengan sendirinya. kalau anak itu kuat. kepala klinik Bina Wicara Vacana Mandira. Pernah menyimak balita mulai bicara. atau menjulur-julurkan lidah-dihentikan. Hal ini terjadi mungkin akibat kecelakaan. Kelainan lainnya disebut dislasia. Ia akan mengucapkan kata "tati" yang dimaksud kaki." Seperti anak gagap yang makin gagap jika tegang. gangguan artikulasi itu akan hilang dengan sendirinya. Sebagian lainnya sulit menemukan kata yang tepat ketika bicara. Sebagian orang menamakan kejadian ini "cadel." Dislasia juga disinyalir terkait dengan kecepatan mengucapkan vocal. "Khususnya pada anak-anak yang mempunyai kepribadian kurang kuat. tumor atau stroke. mengisap jari. Bahkan pada banyak anak. anak dislalia juga bisa menjadi gagap bila mendapat "serangan". sesuai dengan perkembangan usia. "Jadi buat banyak anak-anak dislalia.mengendalikan kemampuan bicara. psikis maupun sikap sosialnya bagus. Bahkan tanpa terapi khusus." saran Ki Pranindyo HA. Anak-anak dislalia kecepatan irama bicaranya di bawah hitungan normal. maka . Sebagian penderita malah tidak memiliki kemampuan bicara sama sekali.

" ucap Pranindyo. Biasanya selama lima detik anak itu bisa mendapatkan 15-17 kata "pa-ta-ka". Anak dislalia biasanya bahkan kurang dari 100 kata per menit. Bicara orang macam ini cenderung sangat cepat. kecepatannya kurang dari itu. Dipengaruhi pula oleh stress atau gugup kala berdebat dengan orang lain. Tes umum yang biasa diterapkan di tempat praktiknya adalah dengan meminta anak untuk mengucapkan "pa-ta-ka". Keturunan Banyak teori mengemuka bagaiaman orang dapat mengidap berbagai gangguan bicara. "Tentu ada toleransi dari ukuran normal. NSA juga mengatakan adanya hubungan antara gagap dengan bawaan atau keturunan dan lebih meyerang laki-laki ketimbang wanita. Kalau dihitung ritmenya mungkin 160 kata per menit. adanya hubungan antara gagap dengan kemampuan otak mengkoordinasikan ucapan. "Bahkan pernah ada yang cepat sekali sampai 175 kata per menit. tetapi pada anak dislalia pasti kurang dari itu. Tetapi beberpa peneliti mengatakan tidak menemukan adanya hubungan . 130 pun masih normal. Menurut the National Stuttering Association (NSA). kadang tidak bisa diikuti oleh lawan bicaranya. Ada juga orang-orang yang mempunyai ritme jauh melebihi angka normal.anak dislalia bila dites." kata Pranindyo.

penyebab dan mencarikan jalan pengobatannya. Latihan rileksasi juga dapat membantu. Beberapa penderita gagap disebabkan adanya ganguan pendengaran masa kanakkanak. Penanganan Mereka yang mengalami gangguan bicara baiknya segera hubungi dokter atau spesialis gangguan bahasa. Gagap tidak ada kaitannya dengan kecerdasan dan dapat disembuhkan. Sebagain akan sembuh dengan mengunjungi ahli terapi. Sebagain anak yang mengalami gagap akan hilang dengan sendirinya. dan mengontrol posisi badan. Motivasi yang kuat. Berlatih mengambil dan mengeluarkan napas dengan tenang dan teratur.dengan perlakuan orang tua pada anaknya. kesabaran yang tinggi serta dukungan keluarga. Merekam ucapan sendiri dan mendengarkannya kembali juga dapat ditempuh. Tetapi hanya mereka yang mengalami gangguan bicara saja yang merasakan bagaimana prustasinya mengendalikan mulut bicara. Ucapan pendengar seperti "pelan-pelan" atau "coba . yang lainnya karena alasan gangguan fisik khususnya bagian otak. Mungkin latihan dan penanganan yang dapat dilakukan adalah dengan melatih pernapasan. Gagap atau gangguan bicara lainnya dapat menimbulkan ketidak nyamanan dalam komunikasi untuk kedua pihak. Mereka akan melakukan analisa jenis ganguan. Sebanyak 75 persen mereka yang gagap akan hilang ketika menginjak dewasa. pendengar dan pembicara. Dengan melatih otot agar lebih santai ketika bicara. teman dan lingkungan pergaulan kiranya banyak membantu menyembuhkan gangguan bicara.

tenang" seringkali tidak menyelesaikan. dari berbagai sumber) Kemampuan berbahasa pada balita sangat terlambat bila : Bayi tidak mau tersenyum sosial sampai 10 minggu Bayi tidak mengeluarkan suara sebagai jawaban pada usia 3 bulan Tidak ada perhatian terhadap sekitar sampai usia 8 bulan Tidak bicara sampai usia 15 bulan Tidak mengucapkan 3-4 kata sampai usia 20 bulan sumber : http://www.bangsaku. So.com Subject: [balita-anda] Masalah Gagap Dear parents.com/article/articleview/2732/1/2 <http://www.com/article/articleview/2732/1/2> ________________________________ From: Chlarrissa [EMAIL PROTECTED] Sent: Tue 10/30/2007 17:05 To: balita-anda@balita-anda. (marzuki umar sa'abah. Bagaimana mengatasi masalah gagap pada anak usia 5 . bagi anda penderita mulailah sampaikan keinginan anda pada lawan bicara bagaimana agar pembicaraan jadi lebih santai. Demikian juga pendengar. sabar menyimak dengan perhatian penuh akan memberi kesempatan pada mereka melewati masa-masa sulit.bangsaku.

If you receive this email in error. mohon sharingnya.com Info balita: http://www.com Peraturan milis.yahoo. Chlaris __________________________________________________ Do You Yahoo!? Tired of spam? Yahoo! Mail has the best spam protection around http://mail. Any unauthorized use of the contents is expressly prohibited. Finally. please contact us. email ke: [EMAIL PROTECTED] <<winmail.dat>> IMPORTANT The contents of this email and its attachments are confidential and intended only for the individual or entity named above. email ke: [EMAIL PROTECTED] menghubungi admin. PT Astra Honda Motor accepts no liability for any damage caused by any virus transmitted by this email.com -------------------------------------------------------------Beli tanaman hias. Please note that any views or opinions presented in this email are solely those of the author and do not necessarily represent those of the company and should not be seen as forming a legally binding contract without express written confirmation. .toekangkeboen. http://www.tahun ? Mungkin ada yang bisa kasih info.balita-anda. Thanks. then delete the email. the recipient should check this email and any attachments for the presence of viruses.

http://www.com/balita-anda@balita-anda.com Peraturan milis. email ke: [EMAIL PROTECTED] • [balita-anda] Tanya les privat Baca etc fithri Purwanti Devi ○ RE: [balita-anda] Tanya les privat Baca etc Mardiana  RE: [balita-anda] Tanya les privat Baca etc Sari.-------------------------------------------------------------Beli tanaman hias.html .mail-archive. Fiana Amanda  RE: [balita-anda] Tanya les privat Baca etc ika  [balita-anda] Masalah Gagap Chlarrissa   RE: [balita-anda] Masalah Gagap Dini Febrina Re: [balita-anda] Masalah Gagap tprahayu  Re: [balita-anda] Masalah Gagap Chlarrissa  ○ • Top of Form RE: [balita-anda] M 0C978215D4423C Re: [balita-anda] Masalah Gagap tprahayu RE: [balita-anda] Tanya les privat Baca etc fithri Purwanti Devi Kirim email ke Dini Febrina Bottom of Form http://www.balita-anda.toekangkeboen.com/msg193402.com Info balita: http://www. email ke: [EMAIL PROTECTED] menghubungi admin.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->