Perbedaan Antara Fiqih dan Syariah oleh Muhammad Faiz Firdaus, 1006759302

Judul : ³Fiqih dan Syariah´ Penulis: Ahmad Sarwat, Lc

Syariah Secara bahasa syariah berasal dari kata syara¶ yang berarti menjelaskan dan menyatakan sesuatu. Menurut istilah, syariah berarti aturan atau undang-undang yang diturunkan Allah untuk mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, mengatur hubungan sesama manusia, dan hubungan manusia dengan alam semesta. Syariah mengatur hidup manusia sebagai inividu, yaitu hamba Allah yang harus taat, tunduk, dan patuh kepada Allah. Ketaatan, ketundukan, dan kepatuhan kepada Allah dibuktikan dalam bentuk pelaksanaan ibadah yang tata caranya diatur sedemikian rupa oleh syariah Islam.

Dewasa ini, umat Islam semakin menyadari mengenai pentingnya ilmu keislaman atau yang lazim disebut dengan syariah. Ada beberapa faktor yang mendorong umat Islam untuk mengetahui syariah, antara lain :

1. Syariah merupakan bagian dari identitas keislaman seseorang Seorang muslim dengan seorang non-muslim dapat dibedakan berdasarkan apa yang diketahuinya mengenai ajaran Islam serta diyakini keberadaannya.

2. Allah SWT mewajibkan setiap muslim belajar syariah Seorang muslim yang telah aqil baligh memiliki kewajiban untuk mempelajari Islam beserta seluruh komponennya.

3.Syariah adalah kunci untuk memahami Al Quran dan As Sunnah Seorang Muslim wajib memahami dua buah perkara yang merupakan warisan dari Nabi Muhammad SAW, yaitu Al Quran dan As Sunnah. Untuk dapat memahami kedua perkara tersebut, maka syariah adalah kunci utamanya.

Amaliyah : fiqih hanya membahas hukum-hukum praktis (amal) perbuatan manusia dari masalah ibadah. Ulama kemudian membagi bidang garapan fiqih menjadi dua. bukan ilmu logika. kalau kita tidak bisa mem bedakan manakah di antara perbuatan itu yang termasuk bagian Islam atau bukan? Oleh karena itu. sunnah.Ilmu : Ia merupakan ilmu yang memiliki objek dan kaidah tertentu.4. Penjelasan definisi : . Jika kita temui istilah fiqih di masa generasi pertama Islam maka yang dimaksud adalah ilmu agama. Objek Pembahasan Fiqih Fiqih merupakan hukum-hukum yang mengatur hubungan manusia dengan Penciptanya. komitmen dan konsisten dalam memeluk agama Islam. tentu kita tahu bahwa kita wajib menerima Islam secara kaaffah. ijma¶. Tapi bagaimanakah kita bisa menjalankan Islam secara kaaffah. Setelah Islam datang nama fiqih digunakan untuk ilmu agama karena tingkat kemuliaannya dibanding ilmu-ilmu lain. ijma. tidak lain. qiyas dan dalil-dalil yang ada. syariah sangat dibutuhkan untuk menjadi umat Islam yang Kaaffah. muamalah. Fiqih Makna fiqih secara bahasa adalah memahami. Sedangkan ilmu agama yang dimaksud di masa itu adalah ilmu yang terkait dengan Al Quran dan Sunnah Rasulullah SAW. . 1.Hukum-hukum syariat : hukum-hukum ini bersifat syariat yang diambil Al Quran. . Definisi Fiqih Ilmu yang membahas membahas hukum-hukum syariat bidang amaliyah (perbuatan nyata) yang diambil dari dalil-dalil secara rinci. Fiqih menurut orang Arab adalah pemahaman dan ilmu. Allah. antar manusia baik secara individu atau kelompok masyarakat dan antar negara. matematika. . Menjadi umat Islam yang Kaaffah bisa tanpa syariah Sebagai muslim yang baik.Yang diambil : fiqih dalah kesimpulan hukum-hukum bersifat buku hasil ijtihad ulama yang bersumber dari Al Quran. sunnah. fisika. Bidang ibadah . qiyas. tidak sepotong-potong. Jadi fiqih tidak membahas masalah keyakinan atau ilmu kalam atau ilmu aqidah.

Beberapa Keistimewaan Fiqih Islam : 1. hubungan dengan dirinya sendiri. hubungan manusia dengan Allah sebagai Tuhan satu-satunya. Islam hanya mewajibkan Shalat lima kali sehari semalam. kaffarat (denda) akibat kesalahan yang dilakukan. fiqih bersumber dan berorientasi kepada wahyu Allah. 2. jika tidak mampu duduk. Fiqih mencakup semua tuntutan kehidupan Dibanding dengan hukum-hukum lain. zakat. Fiqih dan Syariah (Cetakan Kedua). Sumber Fiqih adalah wahyu Allah Berbeda dengan sumber undang-undang buatan manusia (ahkam wadl¶i) yang bersumber dari akal dan nalar manusia. Bidang muamalat. jamak. Jakarta: DU Center. shalat qasar. Ahmad. dan lain -lain. Juga ada keringanan dalam puasa. boleh dilakukan dengan duduk. 2003. Jika tidak mampu dilakukan dengan berdiri. Daftar Pustaka Sarwat Lc. dan hubungan dengan masyarakat. qadla. Hukum-hukum fiqih tidak memberatkan Sebaliknya. 3. fiqih memberikan kemudahan dan keringanan kepada manusia. . Al Quran dan Sunnah. fiqih memiliki keistimewaan bahwa ia mencakup tiga hubungan manusia. maka dengan berbaring. Dan keringanan lain terkait dengan tayammum.2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful