HANDOUT

Materi kuliah TIF31713 Sistem Operasi Jaringan

Disusun oleh :

Bambang Sugiantoro, MT,CompTIA
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2010
Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

0

KATA PENGANTAR

Handout ini diterbitkan khusus sebagai acuan mahasiswa yang mengambil Sistem Operasi Jaringan pada program studi Teknik Informatika UIN sunan Kalijaga Yogyakarta. Pada kesempatan penyusun merasa bersyukur telah dapat merevisi ulang modul, dan mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak jurusan yang telah memberi kepercayaan kepada kami, serta yang telah memberikan bantuan dalam penyusunan dan pemantapan handout system operasi jaringan Tentu saja, modul ini belumlah sempurna. Dengan hati terbuka penyusun akan menerima segala kritik dan saran dari siapa saja yang berkenan demi perbaikan modul ini. Semoga modul ini berguna dalam proses pendidikan di Prodi Teknik Informatika UIN sunan Kalijaga Yogyakarta.

Yogyakarta, Januari 2010 PENYUSUN

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

1

Modul I SEKILAS LINUX dan INSTALASI SISTEM OPERASI JARINGAN
A. TUJUAN Setelah melakukan praktikum, praktikan diharapkan mampu : 1. Mengetahui sekilas tentang Linux (Ubuntu) 2. Paham dan bisa menginstal Ubuntu secara mandiri 3. Setiap komputer mahasiswa telah terinstal linux (Ubuntu) B. DASAR TEORI a. Sistem Operasi Linux Sistem operasi linux diciptakan pertama kali oleh seorang mahasiswa Universitas Helsinki di Finlandia yang bernama Linus Torvald. Sistem operasi yang diciptakan tersebut berbasis mesin Unix. Sistem operasi linux adalah sistem operasi pertama yang benar-benar gratis, sehingga kita bisa secara bebas mengkopinya, karena linux berlisensi GNU Public License. Berbagai kelebihan yang ada pada Linux telah mampu menggeser kepopuleran Windows, diantaranya :
o o

kelengkapan software pendukung dalam setiap paket linux dan juga gratis!!! Tak mengenal virus, kalaupun ada itu adalah mallicianous script, kita bisa dengan mudah menghapusnya dengan merubah script kode atau dengan modifikasi kernel. Terbukti handal dan powerfull dalam jaringan dan pemrograman. Open source, sehingga kita bisa memodifikasi source code program yang ada. Sistem operasi linux tidak mengenal adanya drive seperti pada windows, namun semua di

o o

baca sebagai file. File system pada linux tersusun seperti dibawah ini: / : hierarki tertinggi dalam file system linux /root : berisi manajemen dan konfigurasi dari root /etc : berisi file-file program yang bisa di konfigurasi /home: berisi data user (biasa). /dev : berisi device yang terintall, contoh : hda1,hda2,tty1,consol,md3. /mnt : tempat file mount dari device yang bukan ber-file system linux. /media: device yang bersifat removeable, contoh : cdrom, hda1,floppy.
Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

2

/initrd : konfigurasi awal saat inisialisasi saat boot. /lib : library untuk aplikasi terinstall /proc : berisi file yang dibutuhkan oleh kernel /usr : berisi file yang dijalankan baik dalam bentuk biner ataupun script. .......... b. Persiapan Instalasi. 1. siapkan cd salah satu distro linux, misal : Ubuntu. 2. Catat spesifikasi komputer anda (Space hardisk, RAM, Processor, VGA dll) 3. Space hardisk minimal : 2 Gb (2048 Mb) untuk file system dan 2x ukuran RAM untuk swap memory. Partisi bisa memakai Partition Magic untuk me resize ulang hardisk. 4. Ubah first boot device adalah CD-Rom dan second boot device adalah Hardisk (HDD-0), melalui setting pada BIOS. c. Instalasi Ubuntu: 1. Booting CD, pilih install from CD,tekan enter untuk mulai instalasi 2. Pilih bahasa Instalasi (English (English)).

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

3

3. Pilih Date dan Time Zone, dengan memilih node pada zone yang dipilih.

4. Pilih jenis keyboard (default: American English)

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

4

5. Isi registrasi data user.

6. Untuk partisi, pilih Mannualy edit partition table Hardisk pada linux dikenal sebagai file yang disimpan pada /dev Hardisk #1 : /dev/hda Partisi#1 : /dev/hda1 Partisi#2 : /dev/hda2 Partisi#x : /dev/hdax Hardisk #2 : /dev/hdb Partisi#1 : /dev/hdb1 Partisi#2 : /dev/hda2 Partisi#x : /dev/hdax Misal saat me-resize dengan partition magic dihasilkan : /dev/hda3 sebagai unpartitioned space (partisi kosong) sebesar 3GB. Buat dua partisi : / dan swap (gunakan edit dan new). Misal / sebesar 2.5 GB format ext3, dan 500MB sebagai swap.

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

5

Catat Spesifikasi computer kamu. Pilih install untuk memulai instalasi. Sebutkan ekstensi paket instalasi linux dan bagaimana cara menginstallnya! Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 6 . live CD ? 3. Instalasi GRUB (dual booting). Open source. Sebutkan 5 distro Linux dan kelebihannya. Video. C. 8. agar bisa belajar di rumah (distro bebas)! 6. (Procc. Hardisk. 4. Installah Linux. kernel. Memory. Apakah yang dimaksud dengan : GNU.7.) 2. FileSystem. Apakah itu GNOME dan KDE? Dan apakah perbedaannya? 5. Tugas 1.

DASAR TEORI a. Mempelajari utilitas dasar pada sistem Linux. hak dan ijin. 1. B. Pada Linux terdapat dua (2) mode untuk menjalankan berbagai aplikasi. dan Anda pada saat ini sedang berada pada direktori aktif user biasa (paling belakang $). 4.Modul II COMMAND LINE DAN ADMINISTRASI SISTEM A. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 7 . aplikasi ditampilkan dalam mode grafis dan tertata pada panel menu. Ini diasumsikan bahwa anda login sebagai user himatif (paling depan). TUJUAN Setelah melakukan praktikum. Mampu menggunakan text editor pada consol base. Konsep manajemen user dan group Pada sistem Unix diterapkan konsep yang membedakan seorang user dengan user lain. 3. Mampu menangani user-user dan service pada sistem operasi Linux. Command Line dan Administrasi pada Linux. 2. Graphical mode : dikenal XWindow. Jika Anda telah berada pada terminal maka Anda dapat dikatakan akan bekerja pada Shell. Terminal mode : tempat untuk menjalankan aplikasi yang tidak ada pada graphical mode. Pemberian nama login bertujuan untuk memberikan identitas pada tiap identitas agar dapat memiliki file. b. Dimana setiap user memiliki privasi yang didasarkan atas proses login. dengan nama (hostname) mesin Anda adalah himatif-mania. Shell adalah nama aplikasi dimana Anda dapat berinteraksi dengan mesin Anda. praktikan diharapkan mampu : 1. Mengenalkan perintah-perintah pada administrasi sistem Linux 2.

Jadi yang sering di pakai dalam pemberian perintah adalah mode user biasa yang tetap dinotasikan dengan $. bisa digantikan dengan perintah sudo (super user Do). Dalam Ubuntu super user(root) jarang digunakan. Contoh : Riza. Secara umum user (pengguna) di sistem Linux dapat dibagi menjadi dua. Bagi user biasa. SSH Dalam sistem Linux.direktori dan proses sendiri. Danang. seorang user dibatasi oleh ijin akses yang berbeda-beda. Login root digunakan dalam pengelolaan suatu administrasi sistem. Super User (root). memiliki hak akses penuh. Kosha Aplikasi. yaitu : 1. Beberapa hal penting berkaitan dengan user dan group antara lain : · · · · · · · · Pendaftaran nama login Pembekuan nama login user Penghapusan nama login user Pembuatan group baru Pembagian group Pengaturan direktori home pengamanan file-file password dan lain – lain User biasa. Dalam Linux user ini mempunyai simbol # 2. nama login dapat digunakan untuk memasuki sebuah shell yang disiapkan sistem melalui proses autentifikasi password dan melakukan pekerjaan-pekerjaan dalam sistem tersebut. Ordinary User. FTP. Contoh : IP (Internet Protocol) Service. Contoh : cron. squaremail. memiliki keterbatasan dan hak terhadap sistem. Contoh : MySQL. nama login dapat diberikan pada : · · · · Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 8 . Dalam Linux user ini mempunyai simbol $. Untuk perintah yang biasa dijalankan dalam kondisi root. tidak terbatas terhadap sistem . squid Device. karena Ubuntu tidak mengenalkan root dengan maksud untuk meningkatkan sekuritas pada sistem itu sendiri.

$ cd . Perintah Dasar Pertama masukkah ke mode konsole / terminal.. Bisa juga untuk menampilkan isi suatu file. touch mv -f -i -v $ mv –f coba /opt/ $ mv –i coba /opt/ $ mv –v coba /opt/ $ cp [lama] [baru] 9.. mkdir rmdir (direktori) rm (file) -v -f -i $ rmdir –v dir $ rmdir –f dir $ rmdir –i dir $ touch /home/text. user@himatif:~$ No 1.txt $ mv [lama] [baru] 6. Bisa juga untuk mengganti nama file/folder Pindah secara paksa Pindah dengan interaktif (mencegah overwritten) Verbose mode Meng-copy file dari sumber ke tujuan baru $ cd /home/user/ $ cat /etc/passwd/ $ ls /home/ $ ls –a /home/ $ ls –R /home/ $ ls –l /home/ $ mkdir [direktori] $ mkdir /home/user/dir $ rmdir dir 2. 5. Perintah cd (Change Directory) cat ls (LiSt) Parameter . Sintax Keterangan Pindah direktori satu tingkat diatasnya (direktori sebelumnya) Pindah ke direktori /home/user Menampilkan isi direktori /etc/passwd. Menampilkan daftar isi /home/ Menampilkan seluruh isi dalam direktori termasuk yang di-hidden (ditandai dengan titik) Menampilkan isi pada /home termasuk isi sub folder dari /home Menampilkan isi berikut informasi file/folder Membuat direktori kosong Membuat direktori dir di /home/user/ Menghapus direktori dir Verbose mode (menampilkan status) Menghapus secara paksa (force) Menghapus secara interaktif Membuat file kosong text.txt di /home Memindah file antar direktori. 7. LANGKAH PRAKTIKUM a. cp (copy) Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 9 .C. 3. /[direktori]/. /[direktori]/ /[direktori]/ -a -R -l 4..

Sintak yang digunakan : chmod -[parameter] [hak kepemilikan] [. dan hak grup. Mengubah kepemilikan file sampai ke semua file yang ada dalam sub direktori Verbose mode Seperti –v. dan menjalankan file tersebut). setiap file atau direktori memiliki hak kepemilikan yang berbeda. dimana diatur menurut hak User. yaitu dengan memberikan tanda – untuk mengurangi/menghapus atribut dan dengan menggunakan tanda + untuk menambah atribut file. x (execution. Lihat dibawah tabel 12.untuk mengurangi. tetapi yang ditampilkan hanya file yang dapat diubah kepemilikannya. dan a. yaitu user yang berada satu group dengan user aktif) o ( other. Dalam Linux. chgrp Sama dengan chown Sama dengan chown $ sudo chgrp parameter user_baru /home/test. yaitu hak untuk menulis ulang file tersebut. antara lain : 1) Dengan ekspresi huruf. Jika chown untuk user. chmod Chmod Mengubah permisi pada file atau folder. yaitu hak mengeksekusi.atau +] [Hak Akses] [namafile] Untuk hak kepemilikan terbagi atas tiga yaitu : · · · u ( User. yaitu hak untuk membaca file tersebut ). yaitu pemilik file atau user yang sedang aktif ) g (Group. chown (change owner) Parameter Sintax $ sudo chown parameter user_baru /home/test. menimpa atau mengganti isi file tersebut ) r ( read. 10 · · Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta .txt Sama dengan chown yaitu mengubah kepemilikan suatu file.txt Keterangan Mengubah hak kepemilikan suatu file. yaitu user yang tidak dalam satu group dengan user aktif ) Jika ingin mengubah semua. maka chgrp untuk pengubahan group.No. Perintah 10. -R -v -c 11. Ada dua cara untuk menggunakan Command Line chmod. tanpa spesifikasi bisa dengan menggunakan a+ untuk menambah semua. Untuk hak akses terdiri atas tiga command yaitu : · w (write. hak owner.

Mengubah hak akses : user@himatif:~$ sudo chmod u+x belajar. menulisi ( w ). dengan format x00. rw.txt Dengan perintah ls -l. Contoh : -rw-rw-r-. jika direktori berisi “d”.1 user user 0 Jun 21 02:39 belajar.à other hanya memiliki hak membaca ( r ) saja. menulisi ( w ). r-.1 user user 0 Jun 21 02:39 belajar. rw. dapat diuraikan menjadi : · rw (untuk user ) maka jika dioktalkan akan menjadi 400+200 +000= 600 11 Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta .txt 2) Dengan mode Oktal Untuk mengubah ke mode oktal.txt Pada file pertama berarti bahwa belajar.à group memiliki hak akses untuk membaca ( r ). akan didapatkan hasil seperti dibawah : Bandingkan baris pertama tersebut dengan diatasnya.menunjukan file. (x satuan) Sedangkan untuk hak kepemilikan memiliki format sebagai berikut : · · · Untuk menentukan nilai hak akses kita harus merubah x dengan hak aksesnya dan kemudian ditambahkan.txt. akan terlihat bahwa pada hak akses pada permision user (u) terdapat tambahan x user@himatif:~$ ls -l -rw-rw-r-. dengan format x0. (x ratusan ) group.1 user user 0 Jun 21 02:39 belajar. sintaks yang digunakan sama seperti jika kita langsung menuliskan hak akses . tetapi diubah ke bentuk bilangan : · · · r à read diubah ke angka 4 w à writte diubah ke angka 2 x à executable diubah ke angka 1 user.à user memiliki hak akses untuk membaca ( r ). dengan format x.txt memiliki hak akses sebagai berikut: · · · · . (x puluhan) other.Untuk lebih jelasnya contoh : Pada kasus dibawah atribut file sebelum diubah adalah : user@himatif:~$ ls -l -rw-rw-r-.

...... Nama login berada pada group yang terdapat pada /etc/group Langkah-langkah dalam memanagemen user..(untuk other) maka jika dioktalkan akan menjadi 4+0+0 = 4 Kemudian ditambahkan akan didapat = 644 Jadi jikalau kita ingin mengubah hak kepemilikan file informatika...txt a.....· · rw. sebuah nama login dianggap sah dalam suatu sistem apabila : 1.... Password dalam bentuk terenskripsi (tidak terbaca) berada dalam file /etc/shadow 3......txt menjadi rw-rw-r--... Melihat beberapa user dalam sistem : cat /etc/passwd root:x:0:0:root:/root:/bin/bash bin:x:1:1:bin:/bin:/sbin/nologin ....... Data-data terdapat pada file /etc/passwd 2. Manajemen User Pada Ubuntu Linux. baris terakhir dari tampilan di atas : user:x:500:100:user himatif :/home/user:/bin/bash Keterangan : user = nama login untuk user tertentu x = password yang telah dideskripsi (disimpan dalam file /etc/shadow) 500 = nomor UID (User ID) 100 = nomor GID (Group ID) user himatif = nama login atau komentar /home/user = direktori home untuk user user /bin/bash = default shell yang digunakan Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 12 ... yang kita ketikkan adalah : user@himatif:~$ chmod 644 coba.... nobody:x:99:99:Nobody:/:/sbin/nologin user:x:500:100:user himatif :/home/user:/bin/bash Misal..(untuk group) maka jika diubah ke oktal akan menjadi 40+20+00 =640 r-....

digunakan untuk menghapus sebuah user 3. digunakan untuk menampilkan informasi group dari user yang sedang login 8. useradd. users. digunakan untuk merubah password sebuah user 5. passwd. usermod. groups. kita membuat password untuk login ke user : user@himatif:~$ sudo passwd user1 Tampilan berikutnya memasukkan password yang kita inginkan. digunakan untuk menghapus sebuah group 9. groupadd. useradd Berfungsi untuk menambah sebuah group. groupdel. digunakan untuk memodifikasi data-data user 4. utilitas tersebut antara lain : 1. New password : Re-enter new password : Password changed Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 13 . digunakan untuk memodifikasi data-data group Keterangan : 1.Sistem Linux telah menyiapkan beberapa utilitas yang merupakan utilitas pengubah file-file diatas. digunakan untuk menampilkan user yang login 6. dilanjutkan dengan verifikasi password : Changing password for user1. passwd Setelah membuat user. userdel. digunakan untuk menambah user baru 2. groupmod. digunakan untuk menambah sebuah group 7. letak file : /usr/sbin/groupadd sintaks : groupmod [-d gid [-o]] [-n group_name ] group keterangan : -g : nomor GID (Group ID) -n : nama group Sintaksnya : useradd -D [-g group] [-b base] [-s shell] [-f inactive] [-e expire] Contoh penggunaan : user@himatif:~$ sudo useradd user1 2.

groupdel Berfungsi untuk menghapus group yang ada letak file : /usr/sbin/groupdel sintaks : groupdel group user@himatif:~$ sudo groupdel informatika Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 14 ... Bisa juga dikombinasikan dengan angka. userdel Berfungsi untuk menghapus user dari sistem. $ groups 5. groupadd Berfungsi untuk menambah group yang ada letak file : /usr/sbin/groupadd sintaks : groupadd group user@himatif:~$ sudo groupadd informatika 6. groups Digunakan untuk menampilkan informasi group yang sedang login sintaks : groups [OPTION]. Jika kita membuat password terdiri dari misalnya 3 karakter saja. [USERNAME].Perlu kita ketahui bahwa UNIX memberlakukan password minimal 6 karakter dan dalam huruf abjad jika kecil maka kecil semuanya atau besar maka besar semuanya.. maka sistem akan memberikan warning seperti ini : BAD PASSWORD: it's WAY too short 3.. user@himatif:~$ sudo userdel user1 4.

... Ditandai dengan hilangya tulisan pada pojok kiri bawah................... Banyak sekali text editor yang terdapat pada unix................. TUGAS 1.... user2 : . salah satunya vi...... Melakukan pencarian kata sesuai dengan karakter yang dicari..... Mencopy sebanyak x baris Melakukan Paste............. Terlebih dahulu tekanlah tombol Escape atau tekan huruf “i “.... Editor File pada console (vi) Pengenalan editor pada linux dimaksudkan agar praktikan terbiasa dengan pengeditan filefile konfigurasi secara mudah secara text mode....... ini berarti kita bekerja pada mode write.b.................................. Sintaks : .............. untuk menyisip karakter......... Dipilihnya vi sebagai bahan praktikan karena kemudahannya... kita harus masuk ke mode Command.......... Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 15 .......... Buatlah dua user dengan dengan nama sesuai dengan keinginan anda ................................. Ø Berilah password untuk kedua user tersebut sesuai dengan keinginan anda...... Melakukan penghapusan sebanyak x baris Menampilkan nomer baris Menuju baris ke x Melihat file bantuan/ tutorial Bergerak setengah layar ke bawah Bergerak setengah layar ke atas Mencari suatu kata Mengganti suatu kata Terkadang file yang akan kita kerjakan tidak mau berjalan sesuai perintah – perintah di atas....txt Selanjutnya.. Maka kita dapat menambahkan option ! yang artinya bersifat memaksa.... b......................................... Ø Ubahlah group dari user1 sama dengan user2.. Beberapa sintaks pada mode command vi. Menyimpan dan keluar dari text editor................. User1 : ....... Command :w :wq /[karakter] x yy p x dd : set number : x : help Ctrl + d Ctrl + f /[kata] atau ?[kata] : %s/[string asli]/[string baru]/g Fungsi Menulis atau menyimpan hasil pekerjaan kita........... Untuk menandai pada pojok kiri bawah ada tulisan “insert” ataupun “replace”.... 2. Untuk menyimpan file..... Masuk ke terminal.... D....... Tekanlah escape sekali lagi dan kita telah masuk mode command....................... Dari konsole lakukan beberapa perintah berikut : #vi [namafile] à #vi data......... a...................

..................................... Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 16 .....................................txt agar user memiliki semua hak.............................txt pada direktori /home/user1/ Isi file : ............................................ Ø buatlah hka akses file1.........................dan other hanay bisa membaca........................ group hanya bisa membaca dan mengeksekusi........Ø buatlah file dengan nama file1............ Sintaks:................

: Protokol yang berjalan pada sistem operasi Machintosh. b. Dapat mendesain jaringan. DASAR TEORI Network atau jaringan dalam bidang komputer dapat diartikan dua atau lebih komputer otonom yang dihubungkan dengan media transmisi/komunikasi dengan menggunakan suatu standarisasi sehingga dapat saling berinteraksi dan berkomunikasi. Telnet ( untuk melakukan control remote / menjalankan komputer secara remote ) dan lain-lain. o TP (Twisted Pair ) = Kabel yang terdiri atas 4 pasang yang saling berpilin. FTP (untuk transfer data secara umum). : Protocol yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows®. Dalam TCP/IP terdapat protokol-protokol kecil yang menangani suatu model transfer data tertentu antara lain : SMTP ( untuk transfer mail ). Protokol Jaringan adalah suatu standart yang harus saling dimengerti oleh satu komputer dan komputer lain agar dapat saling berkomunikasi. 1. 1) TCP/IP : TCP/IP merupakan protokol yang digunakan hampir seluruh sistem operasi dan merupakan standart umum dari internet. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 17 . Yang meliputi antara lain : a. Desain Jaringan dan perangkat network. Media Transmisi o Koaxial Cable : Bentuk seperti cabel TV. Mengerti dan memahami perangkat keras dan kegunaannya. TUJUAN 1.Modul III KONSEP JARINGAN DAN TCP/IP A. Memahami konfigurasi alamat IP suatu host pada jaringan. B. Jaringan tersusun atas beberapa host yang terhubung melalui perangkat jaringan. 2) NetBIOS 3) AppleTalk 4) IPX 5) NETBUI : Protocol ini merupakan standart yang dikembangkan oleh IBM. 2. Protokol Jaringan . : Protokol yang digunakan oleh NetWare. 4. 3. Memahami konsep dan dasar-dasar jaringan.

Kabel ini ada 2 macam : UTP (Unsheald Twested Pair) dan STP (Sheald Twested Pair). Topologi Bus. Konsentrator dapat berupa switch ataupun hub. Pada topologi ini. Apabila ada suatu host yang mati maka keseluruhan jaringan akan terputus juga. Konfigurasi fisik dari host yang terhubung dapat dibedakan atas beberapa macam antara lain : a. c. perbedaannya carilah referensinya sendiri atau tanyakan pada assisten. Router. kenyataannya NIC inilah yang dikenali oleh jaringan. Data dapat bergerak bebas sepanjang kabel. sehingga coallision data lebih kecil. Switch. Sistem akan terputus apabila media transmisi utama terputus. bukan komputernya. Pada sistem ini digunakan metode token passing yaitu metode dimana data dikirim secara berputar melalui node ke node sampai data terkirim ke host yang dituju.data yang melewati media transmisi dapat langsung menuju ke host yang dituju tanpa melewati host yang lain. d. Alat-alat yang berguna menghubungkan antara segmen-segmen kabel LAN. terdapat sebuah kabel pusat ( biasanya berupa kabel koaxial) sebagai media transmisi utama. hal ini berakibat pada besarnya coallision yang terjadi sehingga kinerja berkurang. pada umumnya UTP lebih banyak digunakan. Terganggunya sebuah host tidak mempengaruhi sistem secara keseluruhan. b. Topologi Ring. NIC (Network Interface Card ) merupakan perangkat jaringan yang memiliki MAC address. Bridge. Topologi Star. o Fiber Optic = Kabel yang tersusun atas serat optic. Sangat sederhana. Kartu Jaringan / NIC. Data yang mengalir pada media transmisi berjalan satu arah. HUB. Tipe jaringan ini menggunakan konsentrator untuk mengkoneksikan keseluruhan node. Biasanya media transmisi Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 18 . Reapeter. c.

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 19 . · · · LAN Card untuk kabel UTP modem untuk kabel telepon dan kabel FO ( Fiber Optic ) WNIC untuk kabel Wave Lan 2) Layer IP Layer ini menangani pengalamatan suatu host ( Komputer ) dalam jaringan.menggunakan kabel UTP. Solusinya adalah membuat suatu standarisasi bahasa. 2. Layer ini menghubungkan perangkat keras pada komputer dengan perangkat lunaknya. dengan semakin banyaknya sistem operasi yang berkembang dan semakin beragamnya aplikasi yang ada. Apabila suatu node terganggu. Tentunya diperlukan suatu standar komunikasi antara satu komputer dangan komputer yang lain. jaringan secara keseluruhan tetap dapat berjalan. Hal ini sama pada dunia komputer. Hal ini tentunya tidaklah mudah apabila jaringan itu terdiri atas banyak aplikasi dan sistem operasi yang berlainan platform. Konsep TCP/IP (Transmision Control Protocol/Internet Protocol) Tujuan utama dari pembuatan suatu jaringan adalah agar satu komputer dengan komputer lain dapat saling berkomunikasi. Maka dari itu dibuatlah standarisasi komunikasi jaringan salah satunya Transmision Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) TCP/IP tersusun atas empat layer : 1) Layer Network Interface Adalah layer yang berhubungan dengan media (perangkat keras). Hal ini sama dengan membayangkan banyak orang yang berbeda-beda bahasa tetapi memiliki kepentingan yang sama. Dan hal ini dilakukan dengan menggunakan IP Address.

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 20 . agar setiap komputer dalam suatu jaringan dapat saling berkomunikasi maka setiap komputer tersebut harus memiliki pengenal. a.3) Layer TCP Layer ini menangani pengalamatan suatu service (port) pada suatu host. Pengaturan IP address Seperti diterangkan diatas. Manusia lebih familier dengan bilangan desimal. 4) Layer Aplication. Bilangan Biner Sebelum mengenal IP. Sedangkan apabila ingin mengubah bentuk biner ke bentuk desimal dapat lakukan dengan cara seperti dibawah : Biner Desimal 1 128 1 64 0 32 0 16 1 8 0 4 1 2 1 1 1 + 2 + 0 + 8 + 64 + 128 = 203 b. 203 : 2 = 101 sisa bagi 1 101 : 2 = 50 sisa bagi 1 50 : 2 = 25 sisa bagi 0 25 : 2 = 12 sisa bagi 1 12 : 2 = 6 sisa bagi 0 6 : 2 = 3 sisa bagi 0 3 : 2 = 1 sisa bagi 1 Jadi bentuk biner dari 203 adalah 11001011 ( dihitung dari belakang ). Contoh pengubahan bentu desimal ke biner. pengubahan bilangan kebentuk biner sangat diperlukan. Untuk melakukan subnetting (diterangkan dibawah). hal ini dikarenakan perbedaan pembacaan antara manusia dengan komputer. 3. IP Address. sedangkan komputer lebih familiar dengan bilangan biner. Mengapa hal ini dilakukan ?. Dalam konsep TCP/IP pengenal untuk masing-masing komputer digunakan IP address. alangkah lebih baiknya dahulu mengenal bagaimana mengubah bentuk bilangan dari angka desimal ( basis bilangan 10 ) ke bentuk Biner (basis bilangan 2). Layer yang berhubungan langsung dengan aplikasi yang berjalan pada host.

Hal ini selayaknya rumah dimana network ID menunjukkan nama jalan dan host ID menunjukkan nomor rumah. karena ada perbedaan broadcast.2.1 ( Kelas C ) dapat diartikan sebagai berikut : Network ID = 192. Range Oktet pertama Panjang Network ID Panjang Host ID Network Prefix Network Maksimum Host Maksimum Contoh : IP 192.255. Untuk menghitung sebuah network dari sebuah IP dapat dilakukan dengan cara mengembalikan bentuk Desimal IP ke bentuk biner. xxxxxxxx . C.255. B.11111111. Network ID dan host ID setiap kelas IP komputer akan saling berbeda.168.y. xxxxxxxx atau 255.0. Untuk Network ID dan Host ID tidak boleh diset pada nomor 255 (semua bit diset 1).IP address ada dua macam yaitu IPv4 ( 32 bit ) dan IPv6 ( 128 bit ).255.11111111.y x.0.1 Selain dengan cara diatas ada cara penulisan IP yang menggunakan Network Prefiknya.168.255 Apabila dihitung secara desimal standart maksimum untuk IP address adalah 255. Network ID menunjukkan alamat dari jaringannya dan Host ID menunjukkan banyak dari host yang ada. Sebagai contoh untuk menunjuk IP 192. Untuk saat ini yang banyak digunakan adalah type 32 bit. xxxxxxxx .255 atau jika dibinerkan menjadi 11111111. Pengalokasian IP address untuk kelas A.z z 8 16 24 127 16348 2097152 16777214 65534 254 - Kelas E 248-255 1111 - 21 .xxx dapat digunakan bentuk 192.168. dan biasanya ditulis dalam 4 kelompok bilangan.1/24.0 Host ID = 192.168.0.255. karena IP tersebut digunakan untuk broadcast ke jaringan.z y. jadi format maksimum dari IP adalah 255.0. Pada kenyataannya walaupun komputer telah memiliki IP address. Dan dilakukan operasi AND pada networknya dan netmasknya.x w. xxxxxxxx .xxx. yaitu bilangan yang menyatakan panjang networknya. D dan E.11111111 Dari format diatas terdiri atas dua bagian yaitu network ID dan Host ID.x. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Kelas A Kelas B Kelas C Kelas D 0-127 128-191 192-233 224-247 0 10 110 1110 w w. belum tentu dapat saling berkomunikasi.

11111111.10101000.255 network = 192.168.Hal ini dilakukan juga apabila ingin melakukan subnetting.168.168.0.255.168.1 11000000.00000000 (Net Mask ) 22 .0 11000000.255 Untuk memecah network selanjutnya lakukan penambahan 1 byte pada netmasknya.0.127 network = 192.168.128 Sehingga dapat diambil 2 network dari network 192.128 – 192.0 – 192.0.0.0 broadcast = 192.0. 11111111. yaitu metode memecahmecah IP menjadi beberapa jaringan kecil. Pengkabelan/Desain Jaringan Untuk pengkabelan alat-alat yang dibutuhkan antara lain : 1) Kabel UTP (RJ45) 2) Conector RJ-45 3) Crimping (Tang untuk memasang kabel UTP dengan conector RJ-45).168.11111111.127 2) IP range 192.0 dan 192.11111111.11111111.10101000. LANGKAH PRAKTIKUM Praktikum akan membahas beberapa hal yang berkaitan dengan desain jaringan dan IP addressing yang meliputi : 1.0 ubah dengan menambah 1 byte.128.168.0.0.255.0 yaitu network 192.0.0. Subnetting tujuan utamanya adalah memperkecil jumlah network sehingga tidak terjadi trafik pada jaringan dan upaya penghematan IP global.00000000 255.128 broadcast = 192. dengan spesifikasi dari network yang terbentuk adalah : 1) IP range 192. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 255.168.255.00000000.00000000.168.0.11111111.0. C.0.168.128 dari netmask diatas maka network yang didapat adalah 192.0.168. Contoh : 192.168.00000000 (Network ) Apabila ingin membuat suatu subnet dari jaringan diatas dapat dilakukan dengan mengubah netmasknya dengan menambah satu bit pada netmasknya.168.11111111.0 11111111.00000001 ( IP Address ) AND 192.255.255. Contoh : 11111111.0.10000000 255.255.168.

Urutan warna standar pada kabel RJ45 : Pin 1 2 3 4 5 6 7 8 Warna1 P/O O P/H B P/B H P/C C Warna 2 HJ K B M HTM O C GREY Susunan warna kabel 1 yang sering dipakai di Indonesia Pemasangan kabel dan conector memiliki dua aturan antara lain : a. Pemasangan type Straight. Dimana Kedua ujung memiliki urutan kabel yang berbeda. maka IP address adalah alamat dari rumah tersebut yang digunakan sebagai sarana identitas terhadap lingkungan. Sehingga jikalau si A mau mengirimkan surat Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 23 . Pemasangan type Cross Standart ini berdasarkan atas EIA/TIA-568A. Antara satu ujung dengan ujung yang lain memiliki urutan kabel yang sama. Standart ini berdasarkan atas EIA/TIA-568B. Konfigurasi IP Address pada suatu LAN (Local Area Network) Fungsi IP address adalah memberikan suatu identitas kepada host agar dikenali oleh jaringan. Digunakan sebagai penghubung antara beberapa host dengan menggunakan perangkat penghubung seperti switch. hub dan reapeter. Dari Pin 1(TD+) 2 (TD-) 3(RD+) 4 5 6(RD-) 7 8 Warna P/O O P/H B P/B H P/C C Pin 3(TD+) 6(TD-) 1(RD+) 4 5 2(RD-) 7 8 Ke Warna P/H H P/O B P/B O P/C C 2. Dari Pin 1(TD+) 2 (TD-) 3(RD+) 4 5 6(RD-) 7 8 Warna P/O O P/H B P/B H P/C C Pin 1(TD+) 2(TD-) 3(RD+) 4 5 6(RD-) 7 8 Ke Warna P/O O P/H B P/B H P/C C b. Fungsi dari kabel berjenis ini adalah sebagai penghubung antara host secara langsung (Host to Host). Seperti halnya rumah.

231.255. dan apabila network atau host direboot ulang maka konfigurasi akan kembali ke standar sebelumnnya. yang lagi ditaksir si A.1 Mask:255. Mask : Merupakan Netmask dari jaringan kita. $ sudo ifconfig eth0 Link encap:Ethernet HWaddr 00:14:85:2D:61:6A inet addr:192.0.168.8 KiB) TX bytes:468 (468.255 Mask:255.1 Bcast:192.168.0.0 inet6 addr: fe80::214:85ff:fe2d:616a/64 Scope:Link UP BROADCAST RUNNING MULTICAST MTU:1500 Metric:1 RX packets:118 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0 TX packets:6 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0 collisions:0 txqueuelen:1000 RX bytes:38724 (37. Dengan sintaks secara umum : $ sudo ifconfig [nama device] [ipaddress] netmask [netmask dari network] broadcast [broadcast network].255 Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 24 .231.1.0 b) Interrupt:177 Base address:0x6000 lo Link encap:Local Loopback inet addr:127.212 broadcast 192. Bcast : Merupakan alamat broadcast cari jaringan.0. sedangkan lo menyatakan loopback dengan IP 127.0 inet6 addr: ::1/128 Scope:Host UP LOOPBACK RUNNING MTU:16436 Metric:1 RX packets:13 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0 TX packets:13 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0 collisions:0 txqueuelen:0 RX bytes:784 (784.1.tanda putus ke si B. maka surat tersebut dapat dipastikan tidak akan sampai ke si C. Cek dahulu apakah eternet (eth0) telah diberi IP. a. IP Address di suatu network tidak boleh sama. Badan ini berhak memberikan pengaturan IP address pada Linux dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu cara permanen dan cara tidak permanen.0. Selain parameter diatas ada ada beberapa informasi yang sangat perlu antara lain : · Hwaddr : Merupakan informasi yang menyatakan identitas khusus dari kartu jaringan yang kita miliki. badan yang berwenang menangani pengaturan IP address adalah IANA ( Internet Assigned Numbers Authority). dalam hal ini jaringan kita ada pada class C. Cara ini dilakukan apabila IP address dari host hanya akan digunakan secara temporer saja.0 b) eth0 Pada tampilan diatas menyatakan peralatan LAN Card.168.0.0 b) TX bytes:784 (784.0.168. · · $ sudo ifconfig eth0 192. Perintah yang digunakan adalah ifconfig.0.168. Cara Tidak permanen.0. pada setiap kartu jaringan selalu beda. yang memiliki IP address 192.255.0.

123.......... # ping 192....255..168....... RX bytes:1815420 (1....168.0. 3 received.. # The loopback network interface auto lo iface lo inet loopback # The primary network interface auto eth0 iface eth0 inet static network 192..123..168..7) 56(84) bytes of data...0..7 ping statistics --3 packets transmitted.168.168..255..168..168.7 PING 192...168..123..1 Mask:255.....0 Dari file tersebut hal yang harus ada dan perlu diedit adalah : · · · · · lo eth0 address gateway = Device loopback = device ethernet 0 = Alamat network jaringan.7 root@edubuntu:~# ping 192. see interfaces(5). Selanjutnya restartlah network anda..7: icmp_seq=1 ttl=64 time=0.168.......d/networking start $ sudo /etc/init. For more information....0..168.123.. Yaitu pada /etc/network/interfaces. 0% packet loss. Lakukan checking dengan tool ifconfig......168.255.0.121 ms --...231.. = Alamat gateway jaringan.7 Mb) TX bytes:1815420 (1...d/networking stop Lakukan prosedur ICMP (ping) pada IP kita.....123. $ sudo /etc/init.. apakah telah berjalan.255..212 Bcast:192.....0 broadcast 192...0 . 64 bytes from 192...0.168.255 Mask:255..192.861 ms 64 bytes from 192.231.231.3 netmask 255.123...Cek lagi apakah telah berubah : $ sudo ifconfig eth0 Link encap:Ethernet HWaddr 00:02:44:5C:56:5A inet addr:192.. lo Link encap:Local Loopback inet addr:127.0 .7 Mb) b....7: icmp_seq=2 ttl=64 time=0. $ sudo vi /etc/network/interfaces # This file describes the network interfaces available on your system # and how to activate them.106 ms 64 bytes from 192.168..255 address 192. Pengubahan dari IP dengan cara permanen dapat dilakukan dengan mengedit file konfigurasinya. netmask = Alamat netmask dari type jaringan.123.7: icmp_seq=5 ttl=64 time=0.123.. time 2999ms Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 25 ..7 (192..... Cara Permanen..0..

subnet 192.168. selanjutnya melakukan konfigurasi pada server.conf Selanjutnya melakukan konfigurasi pada filenya.conf atau $ sudo cp -v /usr/share/doc/dhcp3-server/examples/dhcpd.3-6ubuntu7 Common 3.252.231.231. } host tetap1 { hardware ethernet 00:50:bf:9f:7c:64.3-6ubuntu7 DHCP Jika paket telah tersedia.255.255.0. sebagai berikut : Cek dahulu paket yang diperlukan telah tersedia : user@himatif:~$ sudo dpkg -l |grep dhcp ii dhcp3-client Client ii dhcp3-common files used by all the dhcp3* packages ii dhcp3-server server for automatic IP address assignm 3. bisa dengan mengetikan script pada file tersebut atau dengan mengedit file tersebut dengan konfigurasi disesuaikan. option routers 192.0.231.1.231. host tetap { hardware ethernet 00:e0:4c:01:27:8a. ignore client-updates. sesuai dengan range yang kita tentukan. fixed-address 192.254. salinlah contoh file konfigurasi dhcp ke folder /etc $ sudo cp -v /usr/share/doc/dhcp/examples/dhcpd. } } Selanjutnya jalankan daemon dari DHCP $ sudo /usr/sbin/dhcpd3 Selanjutnya setting pada client.3.conf /etc/dhpcd.0 { range 192.41. komputer client akan diberi IP oleh server sesuai dengan konfigurasi yang kita buat.168.2 192. ddns-update-style interim. DHCP merupakan salah satu cara pemberian suatu IP pada host dengan cara client server. 2) IP diberikan sesuai dengan konfigurasi.168.168.231. dimana kita telah menentukan suatu Host dengan IP tertentu.3-6ubuntu7 DHCP 3. fixed-address 192.0 netmask 255.168.168.0. Hal ini ditentukan dengan MAC address. Langkah-langkahnya. ubah konfigurasi propertiesnya menjadi DHCP.231. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 26 . Setting DHCP ( Dinamic Host Cinfiguration Protocol ).dengan cara System—Administration—Networking.conf /etc/dhcp3/dhcpd. Pemberian IP dapat dilakukan dengan dua cara : 1) IP diberikan oleh server secara random.

..example. default-lease-time 600..org". Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 27 .255...conf · Cari bagian ini .188.. INTERFACES="" .168.org.255.168. ns2.example.. setting dhcp 2 Diasumsikan eth0 adalah interface untuk kartu network Jangkauan Alamat IP: 192. . 202.conf /etc/dhcp3/dhcpd.1..Untuk client windows yang perlu disetting adalah Network Propertiesnya : Gunakan Obtain an IP address automatically. option domain-name "example.0. Lakukan pinging pada network.0 Server DNS: 202.conf_backup gksudo gedit /etc/dhcp3/dhcpd..1 sudo apt-get install dhcp3-server sudo cp /etc/default/dhcp3-server /etc/default/dhcp3-server_backup gksudo gedit /etc/default/dhcp3-server · Cari baris ini .100 ke 192.5 Domain: mydomain.0. dan Obtain DNS server address automatically. max-lease-time 7200. · · Ganti dengan baris berikut INTERFACES="eth0" Simpan berkas yang telah disunting sudo cp /etc/dhcp3/dhcpd.org.net Alamat Gateway: 192.133.168.188.0. # option definitions common to all supported networks..0.200 Subnet Mask: 255. option domain-name-servers ns1.

...........5... · Catat berapa host yang aktif : ............26 10....200.30..5................ # A slightly different configuration for an internal subnet.....................5...example...........0..........255.............example.. option routers 192................................ #subnet 10... 202......org".133...5.188...........5..... # default-lease-time 600..............................org.........188....................... Untuk IP address 127....................· Ganti dengan baris berikut #option definitions common to all supported networks........224 { # range 10.......example.31.168....................0.................... # option domain-name "internal......... option domain-name "mydomain............255............. #default-lease-time 600.... #max-lease-time 7200......... networknya : ...................... BCAST : ............... Broadcast : ..................... Catatlah beberapa informasi untuk network anda.5.............org.........0 { range 192....... # max-lease-time 7200..255....0.......1.. # option routers 10..5... subnet 192... Lakukan pinging pada broadcast anda............... #} .255.......2.... option broadcast-address 192............. · Ganti dengan baris berikut # A slightly different configuration for an internal subnet.net".... default-lease-time 600..........................1.... · · · · IPADDR :..168.......................................................................0 netmask 255............ · Cari bagian ini ..............0.. 2...... 28 Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta ...............example.. Berapa MAC address dari NIC anda : ........0. #option domain-name "example..... 1............ # option broadcast-address 10...1 tentukan · · · subnetmask : ..0.......... #option domain-name-servers ns1................ max-lease-time 7200..org.................168......5....100 192..........2..... LEMBAR KERJA...........168......5. ns2.................. 4............org".................................internal...........255..........0 netmask 255....168........5... } · Simpan berkas yang telah disunting sudo /etc/init.......5.............................................. Hwaddr : ... 3................................... MASK : ............. option domain-name-servers 202. # option domain-name-servers ns1...1......d/dhcp3-server restart D.

.......................... Dengan kelompok anda.......................................... + ........ .......... Apakah kita dapat meng-crimping kabel UTP tetapi tidak memakai semua kabelnya dalam konektor dan bisa dipakai dalam jaringan? Jika Ya..... Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 29 ..................· Catat No Ipnya......... 7................ Catat apa yang terjadi ! 6.................. buatlah 2 network yang berlainan........................ dan lakukan : · Lakukan pinging pada semua host teman anda............................(Mana yang vcc.. 5..............dll)............. maka jelaskan dan gambarkan........... ................. ground. Tugas anda carilah masingmasing fungsi tiap urutan kabel tersebut –untuk susunan straight-............. Pada kabel UTP terdapat 8 kabel dengan warna yang berbeda. .......

DASAR TEORI 1. Sedangkan jika kita menggunakan OpenSSH. karena jika kita menggunakan program telnet untuk mengakses server dari jauh akan mengakibatkan data/perintah yang kita kirim bisa dilacak atau dibaca oleh orang lain. Mengakses melalui FTP client. kita menggunakan OpenSSH karena terbukti OpenSSH merupakan proyek GNU yang terjamin keamanannya dan bersifat gratis. Melakukan konfigurasi SSH server 3. Melakukan konfigurasi SSH client 4. peserta diharapkan mampu: 1. Mengkonfigurasi FP server 6. Dalam praktikum ini. antara lain untuk melakukan pemeliharaan sistem dan administrasi user maupun grup serta untuk melakukan pengamatan dan pengawasan mesin dari jauh. SSH SSH server merupakan suatu program aplikasi yang berfungsi untuk melakukan remote server untuk suatu keperluan. akan terlebih dahulu diacak (dienkripsi) sehingga paket data akan terkirim secara biner. Memahami tentang SSH server 2. B. paket data akan diuraikan kembali sehingga bisa terbaca oleh sistem. semua paket data yang akan dikirim oleh mesin. Dikatakan aman. TUJUAN Setelah melaksanakan praktikum. 2.Modul IV TRANSFER DATA A. Setelah tiba di server. FTP Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 30 . Memahami cara kerja FTP 5.

Namun demikian transfer file dilakukan melalui port 20. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 31 . Ketika client menghubungi ftpd. maka ftpd akan membuat jalur koneksi melalui port 21 sehingga user bisa mengirimkan perintahnya melalui port ini. yaitu FTP daemon yang berfungsi sebagai server yang melayani permintaan client.FTP (File Transfer Protocol) adalah protokol yang digunakan untuk transfer file antara dua host yang terdapat dalam jaringan. FTP adalah nama dari program client yang akan menghubungi ftpd.

txt. user@himatif:~$ sudo dpkg -l | grep ssh ii openssh-client an rlogin/rsh/rcp repla ii 4. . . C. suara. setiap pemakai dapat menggunakan FTP untuk mengakses sebuah host tanpa harus mempunyai account di dalam host tersebut. gambar. seperti berikut ini: Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 32 .tar. Pemakaian anonymous FTP dengan memasukkan login dengan nama user anonymous dan passwordnya dapat berupa alamat mail atau guest atau tanpa password (tergantung dari host yang dituju). asks user for a passphrase for ssh- 2) Lakukan editing pada file /etc/ssh/sshd_config. File ini dapat dibuka melalui text editor. termasuk file terkompresi seperti . file-file ini merupakan file yang berbentuk text dengan ekstensi . dengan cara ketikkan perintah berikut ini: user@himatif:~$ sudo vi /etc/ssh/sshd_config 3) Perintah tersebut diatas akan menampilkan isi dari file /etc/ssh/sshd_config. SSH a. ssh-askpass-gnome 4. LANGKAH PRAKTIKUM 1.gz. dll.2p1-7ubuntu3 under X.zip. Hanya user tertentu saja yang menggunakan FTP. yaitu dengan cara login dengan nama user dan password yang sudah didaftarkan sebelumnya. Jenis-jenis file pada FTP site: 1) File text. Konfigurasi SSH Server 1) Pastikan paket openssh sudah terinstal pada saat installasi Linux. yaitu: Anonymous FTP.2p1-7ubuntu3 Secure shell client.Di dalam pemakaian FTP. yang termasuk jenis ini adalah file program. dikenal dua macam hak akses bagi pemakai. 2) File binary.

0 Protocol 2 # HostKeys for protocol version 2 HostKey /etc/ssh/ssh_host_rsa_key HostKey /etc/ssh/ssh_host_dsa_key #Privilege Separation is turned on for security UsePrivilegeSeparation yes # Lifetime and size of ephemeral version 1 server key KeyRegenerationInterval 3600 ServerKeyBits 768 # Logging SyslogFacility AUTH LogLevel INFO # Authentication: LoginGraceTime 120 PermitRootLogin yes StrictModes yes Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 33 .user@himatif:~$ sudo vi /etc/ssh/sshd_config # Package generated configuration file # See the sshd(8) manpage for details # What ports. IPs and protocols we listen for Port 22 # Use these options to restrict which interfaces/protocols sshd will bind to #ListenAddress :: #ListenAddress 0.0.0.

rhosts and ~/.ssh/known_hosts for RhostsRSAAuthentication #IgnoreUserKnownHosts yes # To enable empty passwords. change to yes (NOT RECOMMENDED) PermitEmptyPasswords no # Change to yes to enable challenge-response passwords (beware issues with # some PAM modules and threads) ChallengeResponseAuthentication no # Change to no to disable tunnelled clear text passwords #PasswordAuthentication yes # Kerberos options #KerberosAuthentication no #KerberosGetAFSToken no #KerberosOrLocalPasswd yes #KerberosTicketCleanup yes Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 34 .RSAAuthentication yes PubkeyAuthentication yes #AuthorizedKeysFile %h/.ssh/authorized_keys # Don't read the user's ~/.shosts files IgnoreRhosts yes # For this to work you will also need host keys in /etc/ssh_known_hosts RhostsRSAAuthentication no # similar for protocol version 2 HostbasedAuthentication no # Uncomment if you don't trust ~/.

anda bisa menghilangkan tanda pagar (#) pada kalimat #RSAAuthentication yes 7) Jika sudah selesai. 6) Jika anda menghendaki penggunaan autentikasi menggunakan metode RSA (Standard Keamanan Amerika).net # Allow client to pass locale environment variables AcceptEnv LANG LC_* Subsystem sftp /usr/lib/openssh/sftp-server UsePAM yes 4) Pada kalimat port 22.# GSSAPI options #GSSAPIAuthentication no #GSSAPICleanupCredentials yes X11Forwarding yes X11DisplayOffset 10 PrintMotd no PrintLastLog yes KeepAlive yes #UseLogin no #MaxStartups 10:30:60 #Banner /etc/issue. hilangkan tanda pagar (#). hilangkan tanda pagar (#) pada kalimat #PermitRootLogin yes. ketikkan perintah berikut ini: Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 35 . 5) Jika anda menghendaki bisa melakukan remote server sebagai root. 8) Untuk menjalankan openssh server. simpan hasil pekerjaan anda.

1 3) Jika anda belum pernah melakukan koneksi ke server dengan user. Menggunakan Perintah OpenSSH 1) Pada konsol.123.1 (192.168. pastikan paket openssh sudah terinstall pada sistem anda. ketikkan perintah sebagai berikut: [nama_user@himatif ~]$ ssh username@192. Konfigurasi SSH Client.123.d/ssh start 9) Untuk menjalankan secara otomatis pada saat komputer dinyalakan. selanjutnya fingerprint anda ke server akan disimpan oleh sistem. Pada sisi client.d -n ssh defaults b.d/ root@himatif:/etc/init. c.d# update-rc. login sebagai user nama_user: Login: nama_user Password: <password_user> 2) Pada konsol.168. anda tidak perlu melakukan konfigurasi. Are you sure you want to continue connecting (yes/no)? 4) Jawablah dengan mengetikkan y (yes).1)' can't be established. ketikkan perintah berikut ini: user@himatif:~$ cd /etc/init. anda akan mendapat pertanyaan seperti berikut ini: The authenticity of host '192.user@himatif:~$ sudo /etc/init. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 36 . Untuk menggunakan openssh pada komputer anda. anda hanya tinggan menggunakannya saja. RSA key fingerprint is 08:b4:86:52:e6:0b:36:9c:53:f2:1f:c1:90:90:21:53.168.123.

168.1 's password: 6) Isikan password user.168.1 's password: <isikan_passwd_user> 4) Jika password anda disetujui.168. akan keluar tampilan seperti berikut ini: Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 37 . ketikkan perintah berikut ini: [nama_user@himatif ~]$ ssh <IP server> perintah [nama_user@himatif ~]$ ssh 192.168. anda akan langsung ditanyakan password anda. selanjutnya anda bisa mengoperasikan server seperti layaknya anda mengoperasikan PC anda sendiri sebagai user user. login sebagai user user: Login: nama_user Password: <password_user> 2) Jika anda ingin mengetahui isi direktori pada server. Tampilannya adalah sebagai berikut: [nama_user@serverssh ~]$ d.123.1' (RSA) to the list of known hosts. Mengoperasikan SSH Tanpa Login Untuk melakukan ssh ke server tanpa melalui login langkahnya adalah sebagai berikut: 1) Pada konsol.231.123. akan tampil permintaan pengisian password. 5) Jika pada server terdapat user user. seperti berikut ini: nama_user@192.Warning: Permanently added '192.1 ls /home/ 3) Selanjutnya. isikan password yang dikehendaki: nama_user@192.123.

sxw Bab VII mail server.168.sxw bus bus. Adapun caranya adalah sebagai berikut: 1) Pada konsol.png e.123.sxw problem.png daftar Desktop diburn INBOX.168. Mengirim File Dengan SCP Scp merupakan perintah pengiriman file/data pada openssh secara terenskripsi. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 38 .sxi mbox modul praktikum jaringan.sxw modul sistem operasi (bab I).1 's password: Adobe Photoshop 7. loginlah sebagai user user: Login: user Password: <password_user> 2) Jika anda ingin mengirim file ke server. ketikkan perintah berikut ini: [student@himatif ~]$ scp -r file himatif@192.doc login php. file akan dikirim dengan terenskripsi.0 bab I tcpip.123.123.168.[user@himatif ~]$ ssh 192. sehingga data/file yang terkirim lebih aman.1:/home/ 3) Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini: himatif@192.sxw login.sxw bab iv web server.psd Login.1 ls /home/ himatif@192.txt ring.sxw bab iv DNS.Trash ksl. pada home direktori student.1 's password: 4) Jika password anda disetujui.123.168.jpg linux1.

conf. Konfigurasi vsftpd 1) Pastikan paket FTP sudah terinstal pada saat installasi Linux: user@himatif:~$ sudo dpkg -l | grep ftp ii ftp 0.4.3MB/s 00:00 2.deb 3) File yang harus dikonfigurasi untuk menjalankan vsftpd adalah /etc/vsftpd.0.conf. FTP a.5 manual page to get a full idea of vsftpd's Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 39 .conf: user@himatif:~$ vi /etc/vsftpd.conf.4-0ubuntu4 The Very Secure FTP Daemon 2) Jika belum terinstall lakukan installasi source deb dari cd dengan perintah: user@himatif:~$ dpkg -i nama_paket. This sample file # loosens things up a bit. Berikut contoh konfigurasi /etc/vsftpd.conf # # The default compiled in settings are fairly paranoid.file 100% 40KB 1. # Please see vsftpd.5 for all compiled in defaults. to make the ftp daemon more usable.17-16 The FTP client ii lftp 3. # # READ THIS: This example file is NOT an exhaustive list of vsftpd options. # Please read the vsftpd.conf # Example config file /etc/vsftpd.deb Atau user@himatif:~$ apt-get install nama_paket.0-1 Sophisticated command-line FTP/HTTP client p ii vsftpd 2.

allowed by default if you comment this out). # if your users expect that (022 is used by most other ftpd's) #local_umask=022 # # Uncomment this to allow the anonymous FTP user to upload files. #local_enable=YES # # Uncomment this to enable any form of FTP write command. # # # Run standalone? vsftpd can run either from an inetd or as a standalone # daemon started from an initscript. you will # obviously need to create a directory writable by the FTP user. anonymous_enable=YES # # Uncomment this to allow local users to log in. except vsftpd will listen on an IPv6 socket # instead of an IPv4 one. This only # has an effect if the above global write enable is activated. Also. #write_enable=YES # # Default umask for local users is 077. #listen_ipv6=YES # # Allow anonymous FTP? (Beware . listen=YES # # Run standalone with IPv6? # Like the listen parameter. You may wish to change this to 022. This parameter and the listen parameter are mutually # exclusive. #anon_upload_enable=YES Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 40 .# capabilities.

connect_from_port_20=YES # # If you want. dirmessage_enable=YES # # Activate logging of uploads/downloads. The default is shown # below.log # # If you want. #idle_session_timeout=600 Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 41 . you can have your log file in standard ftpd xferlog format #xferlog_std_format=YES # # You may change the default value for timing out an idle session. xferlog_enable=YES # # Make sure PORT transfer connections originate from port 20 (ftp-data). you can arrange for uploaded anonymous files to be owned by # a different user. Note! Using "root" for uploaded files is not # recommended! #chown_uploads=YES #chown_username=whoever # # You may override where the log file goes if you like. #xferlog_file=/var/log/vsftpd.# # Uncomment this if you want the anonymous FTP user to be able to create # new directories. #anon_mkdir_write_enable=YES # # Activate directory messages .messages given to remote users when they # go into a certain directory.

Turn on the below options to have the server actually do ASCII # mangling on files when in ASCII mode. Not enabling it. #data_connection_timeout=120 # # It is recommended that you define on your system a unique user which the # ftp server can use as a totally isolated and unprivileged user. Apparently # useful for combatting certain DoS attacks. #async_abor_enable=YES # # By default the server will pretend to allow ASCII mode but in fact ignore # the request. #ascii_upload_enable=YES #ascii_download_enable=YES # # You may fully customise the login banner string: #ftpd_banner=Welcome to blah FTP service. ASCII support allows a denial of service # attack (DoS) via the command "SIZE /big/file" in ASCII mode. vsftpd # predicted this attack and has always been safe. #deny_email_enable=YES Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 42 . reporting the size of the # raw file. Not # recommended for security (the code is non-trivial). may confuse older FTP clients. #nopriv_user=ftpsecure # # Enable this and the server will recognise asynchronous ABOR requests. # Beware that on some FTP servers. # however.# # You may change the default value for timing out a data connection. # ASCII mangling is a horrible feature of the protocol. # # You may specify a file of disallowed anonymous e-mail addresses.

If chroot_local_user is YES. This directory is used # as a secure chroot() jail at times vsftpd does not require filesystem Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 43 . #chroot_list_enable=YES # (default follows) #chroot_list_file=/etc/vsftpd. then this list becomes a list of # users to NOT chroot().banned_emails # # You may restrict local users to their home directories. so there is a strong case for enabling it. This is disabled by # default to avoid remote users being able to cause excessive I/O on large # sites. #ls_recurse_enable=YES # # # Debian customization # # Some of vsftpd's settings don't fit the Debian filesystem layout by # default. # # This option should be the name of a directory which is empty. #chroot_local_user=YES # # You may specify an explicit list of local users to chroot() to their home # directory. These settings are more Debian-friendly. Also. some broken FTP clients such as "ncftp" and "mirror" assume # the presence of the "-R" option.chroot_list # # You may activate the "-R" option to the builtin ls. See the FAQ for # the possible risks in this before using chroot_local_user or # chroot_list_enable below.# (default follows) #banned_email_file=/etc/vsftpd. the # directory should not be writable by the ftp user. However.

# access.d/vsftpd start 6) Jika dilakukan perubahan konfigurasi. rsa_private_key_file=/etc/ssl/private/ssl-cert-snakeoil.pem # # This option specifies the location of the RSA key to use for SSL # encrypted connections. rsa_cert_file=/etc/ssl/certs/ssl-cert-snakeoil. maka service harus direstart untuk memberi instruksi agar service membaca ulang konfigurasi yang telah diubah dengan perintah sebagai berikut: user@himatif:~$ /etc/init.d/vsftpd stop Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 44 .d/vsftpd restart 7) Sedangkan untuk menghentikannya secara penuh dengan perintah berikut: user@himatif:~$ /etc/init. pam_service_name=vsftpd # # This option specifies the location of the RSA certificate to use for SSL # encrypted connections. 5) Menjalankan dan menghentikan service vsftpd. untuk menjalankannya digunakan perintah berikut: user@himatif:~$ /etc/init.key 4) Pengaksesan FTP server dengan user yang sudah terdaftar akan ditempatkan langsung secara default ke masing-masing user home direktori. secure_chroot_dir=/var/run/vsftpd # # This string is the name of the PAM service vsftpd will use.

Using binary mode to transfer files.1:himatif): user 331 Please specify the password.231. akan muncul prompt FTP.231. Remote system type is UNIX. ftp> ? Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 45 .231. Jika login berhasil.168.168.1).1 Connected to 192. 220 (vsFTPd 1.231. Password: 230 Login successful.1 (192. Pemanggilan FTP client dapat dilakukan dengan perintah: # ftp <target_IP_atau_host> [student@himatif student]$ ftp 192. sebelumnya client harus melakukan koneksi dengan server FTP.0) Name (192. Untuk mengetahui perintah apa saja yang digunakan.b.168.168. ftp> Masukkan nama user dan passwordnya untuk login.2. ketikkan perintah ?. Menggunakan FTP Server Untuk melakukan transfer file.

Secara default format transfer file adalah text. Tetapi bila file yang ditransfer adalah binary maka harus ditransfer dalam format binary (jika tidak.Format file yang akan ditransfer bisa dalam bentuk format text maupun binary. mungkin file yang ditransfer akan rusak). ftp> binary 200 Switching to Binary mode. ftp> Untuk melihat isi remote host (FTP server). dapat digunakan perintah berikut: ftp> ls Dan untuk melihat isi current direktori host lokal digunakan perintah: ftp> !ls Untuk mendownload sebuah file dari FTP server digunakan perintah: ftp> get nama_file Dan untuk mendownload banyak file: ftp> mget * Untuk mengirim file ke FTP server digunakan perintah: ftp> send nama_file Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 46 . ketikkan perintah ascii. Dan untuk transfer file dalam bentuk text. harus diberikan perintah binary. ftp> ascii 200 Switching to ASCII mode. Sedangkan untuk melakukan transfer file dalam format binary.

Perintah open close/disconnect quit user bin/binary asc/ascii get/mget Keterangan koneksi ke FTP server menutup FTP session menutup FTP session dan keluar kirim username yang baru set tipe transfer file ke binary set tipe transfer file ke ascii download file tunggal atau multi file Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 47 .atau ftp> put nama_file Dan untuk mengirim banyak file ftp> mput * Untuk keluar dari prompt FTP dan memutuskan koneksi dengan FTP server digunakan perintah ftp> exit atau ftp> quit atau ftp> bye Berikut akan disampaikan sedikit lagi tentang perintah-perintah yang ada dalam FTP.

put/mput hash prompt ls delete/mdelete cd mkdir upload file tunggal atau multi file menampilkan atau menyembunyikan progress bar mematikan atau menghidupkan prompt pertanyaan untuk multi file melihat daftar file/direktori pada FP server menghapus file tunggal atau multi file pindah direktori pada FTP server membuat direktori pada FTP server Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 48 .

.......................................................... Bagaimana cara membuat dan menampilkan pesan/ banner pada waktu login ke SSH server? ................ Bagaimana cara membatasi jumlah user yang dapat login ke FTP server pada waktu yang bersamaan? .......................................................................................... Bagaimana cara mendownload suatu file yang terletak pada suatu directory tertentu yang berlainan host menggunakan SCP? ................................................................... 6...................................................................... LEMBAR KERJA 1................. Bagaimana cara login ke SSH server menggunakan user login yang berbeda? ................................................................................... ... Bagaimana cara mengirimkan (upload) suatu file local ke dalam suatu directory tertentu pada host yang berlainan menggunakan SCP? ................................. Bagaimana cara untuk membatasi waktu idle login pada FTP (misal 5 menit)! ........D............. 3................................................................................................................................................................................................................................................................................ Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 49 ........................................................................................................ 4............... 2............... 5.....

pemakaian program dan pemakaian resource secara bersama-sama oleh client. Salah satu program yang menjebatani Linux(Ubuntu) dengan Windows adalah Samba. Memahami cara kerja NFS 3. 2. dsb. SAMBA Samba adalah aplikasi UNIX yang berjalan di server yang menjembatani Linux (sistem operasi UNIX like) dengan berbagai macam sistem operasi seperti M$ Windows. 2. Sehingga samba memungkinkan Ubuntu berkomunikasi dengan Windows. Samba merupakan aplikasi Unix yang memanfaatkan protokol SMB (server massage block). maka diperlukan sebuah program yang menjembatani sehingga semua mesin dapat saling berhubungan satu sama lain. OS/2. Samba bertujuan untuk melakukan sharing data. TUJUAN 1. NFS (Network File System) Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 50 . Daemon ini melayani permintaan nameserver dan memberikan respon yang sesuai.Modul V SHARING E. daemon yang memberikan informasi kepada client tentang nama-nama komputer dalam jaringan dan membantu client untuk browsing dalam network neighbourhood. Memahami cara kerja SMB 2. Jika dalam suatu jaringan terdapat berbagai sistem dengan berbagai macam platform. Nmbd. Dapat membuat sharing data maupun printer F. DASAR TEORI 1. daemon yang memberikan layanan sharing file dan printer dalam sebuah jaringan yang menggunakan protokol smb. Aplikasi samba terdiri dari 2 daemon (program yang menetap dalam memori) yaitu: 1. Smbd. Solaris.

NFS (Network File System) adalah aplikasi yang bertujuan agar komputer dapat melakukan mounting file atau data komputer lain dalam jaringan sehingga seakan-akan berada dalam disk komputer lokal. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 51 . NFS menggunakan storage (direktori) pada server yang seakan-akan storage tersebut berada pada disk lokal di masing-masing komputer yang me-mount-nya. sehingga bisa digunakan untuk men-sharing data dan menjalankan program aplikasi secara bersama-sama.

G. SAMBA i.conf Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 52 .conf . Mengecek Instalasi $ dpkg -l |grep <nama_aplikasi> contoh : $ dpkg -l |grep samba Apabila di komputer anda sudah terinstal program samba maka akan muncul : user@himatif :~$ dpkg -l |grep samba ii samba LanManager-like file and printer server fo ii samba-common Samba common files used by both the server a 3. Jadi silahkan anda menginstal dengan menggunakan cd installer yang berisi paket program samba. Mengkonfigurasi c. user@himatif :~$ updatedb user@himatif :~$ locate samba Apabila tidak muncul berarti komputer anda belum terinstal program samba. untuk mencari lokasi program samba gunakan locate samba.22-1ubuntu3 Jika sudah terinstall. tapi sebelum itu gunakan updatedb untuk mengupdate database.0.22-1ubuntu3 a 3. LANGKAH PRAKTIKUM 1. ii. yang letaknya di folder /etc/samba/ jadi silahkan anda masuk ke folder tersebut dan gunakan program vi untuk mengkonfigurasi file smb. Konfigurasi pada Ubuntu Konfigurasi samba terdapat pada file smb.0.

conf melalui program vi .asli Lalu kita konfigurasi ulang file smb.conf merupakan konfigurasi dari program samba.conf dengan mengganti seperti di bawah berikut : # vi /etc/samba/smb. Kalau melihat isi dari file smb.conf.conf.conf [global] workgroup = HIMATIF #harus sama dengan yang ada di windows security = share Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 53 .asli Setelah itu kita masuk ke file smb.Isi dari file smb.conf karena ada bagian yang kita perlukan untuk setting printer. tersebut caranya : $ cp /etc/samba/smb.conf merupakan konfigurasi dari program samba dan kita sudah menggandakannya ke dalam smb. terlihat bahwa isi dari file smb. untuk menyederhanakan kita akan merubahnya tetapi sebelumnya kita copy dulu isi file smb.conf di atas terlihat sangat banyak.conf /etc/samba/smb.

Klik kanan Local Area Network pilh Properties Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 54 . Masuk ke Control Panel > klik network connection 2.d/samba start d. Konfigurasi Pada Windows 1.conf [data] Public =yes Path = /home/data browseable = yes writable = no guest ok = yes 5.Setelah itu kita restart caranya : user@himatif :~$sudo /etc/init. Ubuntu sebagai server 4.d/samba start Setelah program samba dijalankan. Tambahkan konfigurasi berikut pada file smb. kemudian simpan konfigurasi tersebut. user@himatif :~$ vi /etc/samba/smb.d/samba stop user@himatif :~$sudo /etc/init. Kemudian di restart user@himatif :~$sudo /etc/init. pastikan bahwa firewall dalam keadaan mati.d/samba stop user@himatif :~$sudo /etc/init. 3.conf .

Klik kanan Drice C: pilih sharing Dan rubahlah nama file sharing dengan “coba” 7. Klik kanan Local Area Network pilh Properties 5. Klik my computer g. Lakukan mounting user@himatif :~$ smbmount //<nama komputer>/<nama share> /mnt/samba -U WinUser -P WinUserPass Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 55 . Lalu pada Ubuntu. Sharing File 4. buat direktori di folder /mnt Contoh /mnt/samba user@himatif :~$ mkdir /mnt/samba 8. Setelah itu akan terlihat seperti dibawah ini Pastikan File and Printer Sharing for Microsoft Network sudah di pilih 1. Klik kanan icon mycomputer > Pilih Properties 4.atau 3. Windows sebagai server Silahkan anda tentukan apa yang ingin di share misalkan Drive c: f.

0. Restart Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 56 .7 (ro) #<tujuan> 3.168.123.123.7-3ubuntu2 2. Cek instalasi # dpkg -l | grep nfs ii libnfsidmap1 An nfs idmapping library ii nfs-common NFS support files common to client and serve ii nfs-user-server User space NFS server 0.168.Win>/<nama share> /mnt/samba -U WinUser -P WinUserPass contoh : user@himatif :~$ smbmount //user1/coba /mnt/samba -U user1 -P motauaja 9.7-3ubuntu2 1. masuk ke folder /mnt/samba user@himatif :~$ cd /mnt/samba 2. NETWORK FILES SYSTEM 8) Server 1.8-1 1.3 (rw) #<sumber> /media/tesnfs 192.atau user@himatif :~$ smbmount //<Nomor IP komp. Konfigurasi [root@himatif ~]# vi /etc/exports /home/dan 192.0.

Menjalankan service pendukung [root@himatif ~]# /etc/init.168.deny Portmap:ALL lockd:ALL mountd:ALL rquotad:ALL statd:ALL 6. 192.12 rquotad: 192.231.231.231.12 statd: 192.231.30 5.11.deny /etc/hosts.168.231.12 mountd: 192.deny befungsi untuk melakukan pemblokiran akses ke server terhadap semua IP yang ada. Buat folder baru [root@himatif ~]# mkdir /mnt/nfs Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 57 .168.168.231. Langkahnya adalah sebagai berikut : [root@himatif ~]# vi /etc/hosts.168.11.12 1.11.allow lockd: 192.168. Konfigurasi /etc/hosts.231. Langkahnya adalah sebagai berikut : [root@himatif ~]# vi /etc/hosts.168. 192. Cek file eksport [root@himatif ~]# showmount -e 192. 192.231.168.allow /etc/hosts.168.231. Konfigurasi /etc/hosts.[root@himatif ~]# service nfs restart 4.11.allow berfungsi untuk mengizinkan IP mana saja yang bisa terhubung ke server.d/portmap start 9) Client 1. 192.

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 58 .

0. kemudian sharinglah direktori tersebut dengan komputer Window$. Buatlah sebuah direktori seperti di atas dengan nama cobanfs.168. kemudian sharinglah dengan komputer Linux teman anda? Bagaimana konfigurasinya pada server dan pada client? Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 59 . Lakukan mounting [root@himatif ~]# mount -t nfs <IP tujuan>:/home /mnt/nfs Contoh : [root@himatif ~]# mount -t nfs 192. Pastikan ipchains dan / atau iptables dalam keadaan off apabila belum lakukan seperti berikut : [root@himatif ~]# chkconfig –level35 ipchains off [root@himatif ~]# chkconfig –level35 iptables off H. dengan menggunakan konfigurasi pada samba? (Linux sebagai server). LEMBAR KERJA 3) Buatlah sebuah direktori di dalam /opt dengan nama cobasamba.2.2:/home /mnt/nfs 3. Bagaimana konfigurasinya pada Linux dan pada Window$? 5.

Cara yang paling sederhana untuk proses mapping alamat IP dengan nama host adalah menggunakan file host yang berisi tabel alamat IP vs nama host. bukan google. ftp. 192. Bila tidak dibuat DNS maka manusia pasti akan kesusahan untuk mengingat alamat-alamat IP seperti 202. DASAR TEORI 1. maka lembaga tersebut wajib memiliki sebuah DNS server agar dapat memberitahukan ke seluruh dunia tentang domain yang dipegangnya.or.231. Tapi coba bayangkan kita harus mengetikkan nomer IP dari host yang akan kita hubungi . Komputer dapat berinteraksi dengan komputer lainya dengan menggunakan pengalamatan Internel Protocol Address yang terdiri dari 32 bit ( sebenarnya secara protokol. dan angka-angka. Sebagai insan informatika :-).5. File host tersebut harus dikopi ke semua komputer jaringan agar semua komputer dapat mengenali satu sama lain dengan menggunakan namanya bukan alamat IP-nya. download dan banyak lagi.168. mulai dari Browsing.1 .168. menggunakan MAC address dari ethernet card dari komputer kita ).com !!! . 202.com !!. Sehingga nama tersebut mudah untuk diingat oleh pengguna internet. TUJUAN 1. yang ada hanya 202.30.78. bukan yahoo. Pengertian DNS Domain Name System (DNS) merupakan suatu jenis sistem yang melayani pemetaan IP Address ke FQDN (Fully Qualified Domain Name) dan dari FQDN ke IP Address.30. Oleh Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 60 .168.id. merupakan hal biasa jika selalu menggunakan internet dalam kegiatan sehari-hari dan secara tidak langsung kita menggunakan DNS. cek mail. Di Unix / Linux ada di /etc/hosts sedang di microsoft WindowS ada di \WINDOW$\HOSTS. Fungsi utama dari sebuah sistem DNS adalah menerjemahkan nama-nama host (hostnames) menjadi nomor IP (IP address) atau sebaliknya.12 . Fungsi lainnya adalah memberikan suatu informasi tentang suatu host ke seluruh jaringan internet. Kita diharuskan menghapal berpuluh-puluh kumpulan angka.167.Modul VI DNS SERVER A. Mengkonfigurasikan DNS pada server dan kelompoknya B. Mengenal dan mempelajari Domain Name System (DNS) 2.7. Apabila sebuah lembaga ingin memiliki suatu domain tersendiri misalnya saja kslupnyk. Penggunaan DNS meliputi banyak hal. Cukup memusingkan bukan. DNS merupakan salah satu cara untuk menerjemahkan alamat host (nama komputer) ke bentuk IP address dan sebaliknya dari bentuk FQDN (Full Qualified Domain Name) ke bentuk IP address.

maka setiap komputer yang terhubung dalam network harus mendefinisikan siapa server DNS-nya (192.id. Dan kita dapat berbrowsing-ria. apakah telah terpetakan atau belum. Apabila host pernah mengakses salahjurusan. ssh. nslookup. Named inilah yang akan menjawab query-query dari resolver.com dan menyimpan pada chache. BIND dapat anda install dan konfigurasikan pada sebuah PC dalam jaringan kantor atau rumah anda yang selanjutnya kita sebut sebagai DNS Server.com dapat kita akses tanpa pusing-pusing harus menghapalkan IP Address.com. · Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 61 . Sampai modul ini ditulis versi yang telah dirilis adalah 9. DNS diimplementasikan dengan menggunakan software yang bernama BIND ( Barkeley Internet Name Domain). Sisi server BIND adalah sebuah daemon yang disebut named.com.7). DNS Server pada umumnya menggunakan BIND (Berkely Internet Name Domain). maka browser akan menanyakan pada DNS server local letak dari host yang mengelola name server dari DNS salahjurusan. · Browser melalui DNS server local mengontak DNS yang mengelola salahjurusan.231.com. BIND ini memiliki dua sisi yaitu sisi client dan sisi resolver.7 . Pada Linux.karena itu diciptakanlah DNS dan yahoo. · Apabila belum diakses maka DNS server local akan mengontak root server (. dan seterusnya server yang ada diatasnya akan melakukan komtak pada sub dari domain dibawahnya sampai salahjurusan. Jika anda memilih sebuah PC sebagai DNS Server dengan alamat IP 192. Secara defaults. Komputer yang tidak mendefinisikan siapa server DNS-nya tidak dapat memanfaatkan penamaan DNS. dig.168. Pada sistem operasi Linux. Resolver ini bertugas menanyakan tentang informasi nama domain yang dikirimkan ke sisi server.2. host. Cara Kerja DNS DNS bekerja berdasarkan query ( baik berupa ping.com diketahui data-datanya. browse. 2.168.2. BIND telah terinstall pada kebanyakan distro. maka DNS server local pernah mengakses maka IP Address dari salahjurusan.231.com akan diambil. · DNS server local akan menanyakan pada cache. Sebagai contoh : · Jikalau kita ingin mengakses salahjurusan. Root server akan mengontak server yang bertanggung jawab atas domain .). email dll ) atas permintaan ke suatu host.

namadomain search namahost. A (Address) Digunakan untuk memetakan suatu hostname ke suatu IP Address. Fungsi resolver tersebut adalah fungsi yang paling sederhana yang sebaiknya minimal dijalankan di sever proxy. Disamping itu juga kita memberitahukan di bawah domain mana mesin yang kita gunakan disamping kemampuan untuk mencari domain.conf Proses yang paling sederhana dari DNS adalah fungsi resolve atau hanya perantara untuk menayakan ke server DNS di Internet atau IntraNet. Di bawah ini adalah contoh isi dari file /etc/resolv.conf domain namahost. Struktur dasar DNS File /etc/resolv.conf yang digunakan pada server (juga dapat kita gunakan pada client jika dibutuhkan ) : # /etc/resolv.conf. CNAME (Canonical Name) Digunakan untuk menyatakan sebuah alias atau nickname dari suatu host. name server mana di Internet yang akan ditanyakan untuk memetakan nama host / domain ke alamat IP.3.namadomain nameserver <ip_address server dns> Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 62 . PTR (Pointer) Digunakan untuk meletakan IP Address ke hostname. MX (Mail Exchange) Digunakan untuk mengarahkan e-mail untuk suatu host atau domain ke host yang berfungsi sebagai mail server. · · · · 4. Tanpa mempunyai otoritas penuh sebagai nameserver yang sesungguhnya. Untuk menjalankan fungsi resolver yang harus diset adalah file /etc/resolv. File ini akan memberitahukan mesin linux. Struktur TLD (Top Level Domain) COM : Digunakan Untuk Perusahaan Komersial EDU : Digunakan Untuk Lembaga Pendidikan ORG : Digunakan Untuk Organisasi Non-Komersial MIL : Digunakan Untuk Organisasi Militer GOV : Digunakan Untuk Lembaga Pemerintah · NS (Name Server) Digunakan untuk menyatukan “Authoritative Name Server” yang mengelola domain.

conf Di dalam file ini berisi informasi letak direktori yang menyimpan file-file domain atau zone file. Untuk mengetahui apakah sudah lengkap semua.Perintah tersebut mendefinisikan awal dari suatu zone. minimum Keterangan : · · · · · · · SOA : Strart of Authority merupakan perintah yang hanya digunakan oleh primary DNS. Minimum_number : mendeklarasikan nilai default Time To Live untuk semua resource pada zone file. email_admin. serial refresh_number. Retry_number : mendeklarasikan beberapa SNS menunggu pengulangan pengecekan terhadap PNS bila PNS tidak memberikan respon pada saat proses refresh. Serial_number : nomor seri dari zone file. ketikkan perintah pada konsole : dpkg -l |grep <nama_software> Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 63 . File /etc/bind/namafile @ IN SOA name.server. Instalasi Software yang kita gunakan adalah BIND seperti yang telah kita bahas di atas tadi.conf domain himatif. LANGKAH PRAKTIKUM 1. Biasanya menggunakan format berbentuk yyyymmddhhmm (Y: tahun. Software tersebut sudah diinstalkan oleh para Linuxer Informatika. C.contoh: # vi /etc/resolv. M: bulan.name.1 File /etc/bind/named. refresh expire_number.org nameserver 192. D : tanggal.168.123.org search himatif. m: menit) Refresh_number : mendefinisikan selang waktu yang diperlukan oleh Secondary Name Server untuk memeriksa perubahan zone file pada Primary Name Server. ( serial_number. Nameserver : nama domain yang anda buat dilayani oleh server DNS. h: jam. expire minimum_number). Terdapat juga Zone Statement untuk mendeklarasikan zone file domain kita dan Reserve DNS Zone yang dipergunakan untuk mengkonfigurasikan server DNS sebagai name server untuk IP ke Host dari suatu alokasi address.server. Expire_number : mendeklarasikan berapa lama zone file dipertahankan pada SNS apabila SNS tidak bisa maka ia akan melakukan penghapusan.

himatif.127".conf Editlah file /etc/named. // // Please read /usr/share/doc/bind9/README. 2. file "/etc/bind/db.in-addr.org" { type master. *BEFORE* you customize // this configuration file. file "/etc/bind/db.2-2ubuntu1 9. // // If you are just adding zones. }. and for // broadcast zones as per RFC 1912 zone "localhost" { type master.conf.conf di komputer anda dengan editor yang tersedia. zone "0.X ii libbind9-0 BIND9 Shared Library used by BIND 9. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 64 . // be authoritative for the localhost forward and reverse zones. file "/etc/bind/db.in-addr.org".conf // This is the primary configuration file for the BIND DNS server named.local include "/etc/bind/named. Abaikan kode-kode yang di atas dan langsung menuju ke bawah dengan menambahkan : user@himatif:~$ sudo vi /etc/bind/named.255". zone "127. }.3. please do that in /etc/bind/named. }. zone "255. // prime the server with knowledge of the root servers zone ".maka akan muncul software yang terinstall sebagai berikut : user@himatif:~$ sudo dpkg -l | grep bind9 ii bind9-host Version of 'host' bundled with BIND 9. file "/etc/bind/db. }. file "/etc/bind/db.0".gz for information on the // structure of BIND configuration files in Debian. file "/etc/bind/db.arpa" { type master.in-addr.Debian.root".options". zone "himatif.conf. }.3. }.arpa" { type master.local"." { type hint. Konfigurasi file /etc/bind/named.2-2ubuntu1 Apabila belum muncul seperti yang di atas berarti BIND belum terinstall dan segera hubungi asistenmu.arpa" { type master.

himatif. kemudian editlah kedua file tersebut dengan isi sebagai berikut : user@himatif:/$ sudo vi /etc/bind/db. host.org $TTL 86400 $ORIGIN himatif. Retry .168.192.192. dapat kita ganti sesuai dengan IP komputer masing-masing.org. }. and to the root domain. An exception list should be specified. root-delegation-only exclude { "DE".local".1 root. dan juga ping.123 $TTL 86400 @ IN SOA himatif. // zone "net" { type delegation-only. }. www. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 65 . ( . }.123 . 200609212315 28800 14400 3600000 86400 ) himatif.org. user@himatif:/$ sudo vi /etc/bind/db.123".org.org. Refresh .org. Refresh . we have now introduced the "root-delegations-only" feature which applies delegation-only logic to all top level domains.himatif.192. Expire . 200609212315 28800 14400 3600000 86400 ) IN IN NS A himatif. // // // // // // // // // From the release notes: Because many of our users are uncomfortable receiving undelegated answers from root or top level domains. Retry . PENGECEKAN DNS Setelah kita menyelesaikan tahapan-tahapan konfigurasi DNS. Minimum 1 IN IN NS PTR Di atas dituliskan angka 22. Serial . ( .himatif.192. kita akan mengecek apakah DNS yang telah kita buat dapat berjalan dengan baik. 192. }. @ IN SOA himatif. and any other top level domains from whom undelegated responses are expected and trusted. other than a few for whom that behaviour has been trusted and expected for quite some length of time. 3. include "/etc/bind/named. // zone "com" { type delegation-only. Serial . Ada tiga perintah untuk mengujinya yaitu : dig.168.168. Konfigurasi file /etc/bind/ Masuklah pada direktori /etc/bind/ kemudian buatlah file db.org dan db.org. Minimum 4.in-addr.168.zone "123. including "MUSEUM" and "DE".conf.org. file "/etc/bind/db.arpa" { type master.123. Expire . root.org.himatif.himatif. "MUSEUM".168.

123. himatif.. WHEN: Fri Sept 15 13:26:02 2006 Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 66 . status: NOERROR..168.arpa domain name pointer himatif.168.. Query time: 81 msec . ping nama domain user@himatif:~$ ping himatif.org has address 192.038 ms --.org ping statistics --3 packets transmitted.1 Ataupun: user@himatif:~$ host 192.1) .1 1.opcode: QUERY. ANSWER: 1. AUTHORITY: 1.168.168. QUESTION SECTION: .1): icmp_seq=1 ttl=64 time=0.1) 56(84) bytes of data.123..123.org (192.org (192.org..org.1#53(192. 86400 IN A 192.123. global options: printcmd .1 .arpa domain name pointer www.123.043 ms 64 bytes from himatif. c. 3 received.168.1): icmp_seq=2 ttl=64 time=0.2-P3 <<>> himatif. AUTHORITY SECTION: himatif.org.org.168.123.168. host nama domain atau nomor IP user@himatif:~$ host himatif.2.org.org (192.org . 64 bytes from himatif.192..org. ANSWER SECTION: himatif..123. 86400 IN S ping himatif.in-addr.041/0.org .org (192. dig nama domain user@himatif:~$ sudo dig himatif.himatif.038/0. flags: qr aa rd ra.123.044 ms 64 bytes from himatif. ADDITIONAL: 0 .168. <<>> DiG 9.168..123.123.007 ms b.org himatif. Got answer: .in-addr. IN A . 0% packet loss.a. time 1999ms rtt min/avg/max/mdev = 0. . himatif. id: 33322 .. QUERY: 1.org.168.044/0. ->>HEADER<<. SERVER: 192.123.. 1.192.168. himatif.1): icmp_seq=3 ttl=64 time=0.org PING himatif.

3 192.168.168.6.1.1.1 192.3.5. LEMBAR KERJA Lakukan percobaan sebagai berikut: 1. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 67 .4 192.3 192.net Dua.168.6.5 Domain uinsuka.x.1 192. uinsuka. Kemudian lakukan konfigurasi server DNS.168.168.1.5 2.168. uinsuka.168.1.net.4 192.2 192.5. sebagai server adalah komputer dengan IP 192.2 192.6.168.168.168.5 192.1.168. Untuk melakukan percobaan ini perhatikan konfigurasi penomoran IP untuk jaringan dengan 30 komputer berikut ini: 1 Kelompok = 5 Orang Vertikal 192.168.3.4.168.4.168.2 192.3.168.5.x.168.168.5.5 192.3 192.168.2. 192.1.4. 192.x.4.4 192.net lima.6.168.3 192.2 192.168.168.net empat.x.1. uinsuka.3 192.1 192. dengan domain uinsuka.168. 192.168.6.1.168.3.5 192.3 192.net tiga.168.3 192.168.168.2.2.5.2 192.net. 192.net.2.4 192.1 192.4 192.168.4.5.4.168.uinsuka.net.168.2.168.1 192.1.168.168.1.168.1.168.1.168.6.2 192.net pada tiap komputer dengan IP 192.1.x.x.5 192.2 192.2.4 192. Sedangkan pada masing-masing jaringan diberi nama host sesuai tabel berikut: IP 192.168. 3.168.5 192.3.168.1 192.168.168.net Yang perlu diingat!!!. 192.168.D.3.1 192.4 192.

conf yang secara default instalasi pada Ubuntu ada pada /etc/apache2/httpd. karena hal-hal yang lebih lanjut akan dibahas pada langkah kerja. yaitu layanan informasi berbasis web. Web server merupakan inti dari server-server di internet. Konfigurasi apache sepenuhnya dengan mengunakan file. Konfigurasi pada pada modul ini hanya bersifat mendasar saja. Apache pertama kali didesain pada sistem Unix. DASAR TEORI Web server merupakan server yang menangani komunikasi data pada internet melalui jalur world wide web atau html (Hyper Text Markup Language). Beberapa direktive Konfigurasi. karena sebagian besar permintaan layanan komunikasi berupa HTTP (Hypertext Transfer Potocol). File utama dalam konfigurasi apache adalah httpd. 11) Memahami cara kerja dan dapat melakukan konfigurasi pada web server ( apache ). 12) Praktikan dapat melakukan proses upload halaman web ke server. 7. tetapi pada versi berikutnya apache dapat dijalankan pada mesin Windows NT. dan host tersebut menagggapi dengan mengirimkan informasi yang kita butuhkan berupa kode-kode html yang akan diubah kebentuk halaman web oleh browser kita. Pada kenyataannya apabila kita mengakses internet maka layanan yang banyak kita gunakan adalah web service.conf Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 68 . TUJUAN 10) Memahami konsep dan fungsi dari Web Server. Layanan http dapat dilakukan karena kita melakukan request pada host yang ada di internet.Modul VII WEB SERVER ( APACHE ) 6.

Konfigurasi apache sebagai web server biasa J. 5. Direktive ServerRoot "/etc/apache2" Merupakan direktive yang mengatur letak dari direktori standart dari Apache. Semua file-file user diletakkan disini.html. Alamat email ini berfungsi untuk kontak apabila ada user yang menemui kendala dengan server. Pembuatan web secara personal K.Beberapa hal dasar dari setting apache antara lain : 1. Tetapi cara pengaksesan harus dengan format = Nama Domain: Nomor Port 3. Sebagai contoh apabila ada user yang ingin mengakses domain kita. Direktive ServerAdmin root@localhost Direktive ini berfungsi memberikan informasi mengenai alamat email dari admin server. Jadi user tidak perlu mengetikkan nama file index dari web site kita. Direktive Listen 80 Berfungsi menentukan port dimana apache berjalan. 8. 4.domain-kita”. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 69 . standar global web server berjalan pada port 80. Direktive DirectoryIndex index. Beberapa direktive lainnya dapat dilihat dan dipelajari pada banyak how-to. 2. secara otomatis apache akan meload file yang ada dan tercantum pada DirectoryIndex-nya. Direktive DocumentRoot "/var/www/html/" Merupakan konfigurasi untuk root dokumen dari user-user yang menggunakan server. Direktive tersebut dapat diubah sesuai keinginan.html index.var Direktive yang mengatur otomatisasi dari halaman indek dari web. Apabila Apache dikompilasi secara tidak standart maka perlu dilakukan pengisian pada direktive ini. tetapi dapat juga diganti dengan port lain ( selama belum terpakai ). Pembatasan Akses dengan password. LANGKAH PRAKTIKUM Pada praktikum kali ini akan dicoba beberapa hal yang berkaitan dengan konfigurasi pada web server secara umum antara lain : I. dia hanya perlu mengetikan “www.

html <html> <title>Apache2</title> <body> Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 70 . $ sudo touch /var/www/index. Selanjutnya pada file carilah kata “DocumentRoot” pada defaultnya terletak pada /etc/apache2/sites-enabled/000-default.html $ sudo vi /var/www/index. Letak dari dokumen dapat diganti sesuai dengan keinginan asalkan tidak melanggar hak permission. Karena kita memerlukan DNS dalam menyeting web server. 4) Konfigurasi Sebagai web server biasa.asli Selanjutnya restart daemon atau server web anda. $ sudo /etc/init.d/apache2 stop $ sudo /etc/init.d/apache2 start Selanjutnya membuat file html sederhana untuk menguji apakah web server kita telah berjalan dengan baik. script tersebut menunjukkan letak dari direktori dimana kita meletakkan file-file html. cp /etc/apache2/sites-enabled/000-default /etc/apache2/sites-enabled/000-default.Langkah-langkahnya dipaparkan satu persatu seperti dibawah ini : Attention : Sebelum melakukan konfigurasi ada baiknya cek terlebih dahulu server DNS anda. Attention : Sebelum melakukan konfigurasi buatlah backup file aslinya.

org. ketikan localhost jika memang belum ada web server Untuk selanjutnya cobalah akses web server teman anda yang dengan cara yang sama. Pengaksesan dari personal home pahe dengan penambahan ~nama user dibelakang domain.conf edit sehingga menjadi seperti ini : <IfModule mod_userdir. Personal Home page. Cek pada /etc/apache2/mods-enabled/userdir. Personal home page adalah web server dimana setiap user dari sistem memiliki perbedaan pada direktori root tetapi masih dalam satu domain. Contoh himatif.c> #UserDir public_html --> asli #UserDir disabled root --> asli UserDir direktoriweb UserDir enabled himatif #<Directory /home/*/public_html> --> asli Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 71 .conf $ sudo vi /etc/apache2/mods-enabled/userdir.org/~informatika.<b><h2>Page ini untuk mencoba web server dengan Apache2 </h2></b> </body> </html> Selanjutnya adalah melakukan testing pada web server anda menggunakan web browser anda dengan mengetikan nama dari domain anda misal himatif.

<Directory /home/*/direktoriweb> AllowOverride FileInfo AuthConfig Limit Options MultiViews Indexes SymLinksIfOwnerMatch IncludesNoExec </Directory> </IfModule> Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 72 .

html $ sudo vi index. Dan buat direktori dibawah home/user dengan nama direktoriweb.d/apache2 stop $ sudo /etc/init. $ sudo useradd linux $ sudo mkdir /home/linux/direktoriweb Demi keamanan dan agar dapat diakses dari luar maka perlu merubah hak akses dari direktori user.d/apache2 start Langkah selanjutnya buatlah user baru ataupun apabila telah ada dan dibuat dapat juga dengan menggunakan user tersebut.Restartlah daemon dari httpd $ sudo /etc/init. $ sudo chmod 755 /home/linux Selanjutnya buat file index.html pada direktori /home/user/direktoriweb $ sudo mkdir /home/linux/direktoriweb $ sudo touch /home/linux/direktoriweb/index.html <html> <title> Home page linux </title> <body> <b><h2> Tes Home Page Linux </h2></b> </body> </html> Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 73 .

Selanjutnya masuk ke root direktori user tersebut. Personal home page dengan http autentikasi Pada dasarnya apabila tidak dilakukan perubahan pada hak askes maka web server kita dapat di akses melalui host dan oleh siapapun.Selanjutnya coba kembali personal web server kita pada web browser dengan mengetikan nama.htpasswd linux password : ******** Re-type password : ******** Dari command diatas dapat diterangkan sebagai berikut : Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 74 .domain/~user. Pertama-tama tentukan dulu user yang akan diberi pembatasan autentikasi. teta. Systak umum dari htpasswd : #htpasswd [option] [nama user] $ sudo htpasswd -c . $ cd /home/linux/direktoriweb Membuat password dengan htpasswd (tool yang digunakan khusus untuk membuat dan mengatur autentikasi pada server apache).org/~linux.Fungsi dari pembuatan autentikasi adalah sebagai pembatasan akses web server dari luar dengan cara pemberian akses pada user tertentu dengan proteksi berupa password. Contoh: himatif.

Langkah selanjutnya adalah lakukan restarting pada daemon apache anda.htpasswd : merupakan nama file ( tanda titik (.).htaccess AuthName "Mencoba Autentikasi Web server dengan htaccess" AuthType Basic AuthUserFile /home/linux/direktoriweb/.htaccess ?! Sebenarnya file tersebut dapat diubah dengan nama lain tetapi harus juga mengubah default dari /etc/httpd/conf/httpd.htpasswd : nama command -c : merupakan option dari htpasswd untuk membuat autentikasi baru. option yang lainnya dapat dilihat pada man page htpasswd . Selanjutnya kemudian buatlah file .d/apache2 stop $ sudo /etc/init.htaccess $ sudo vi .d/apache2 start Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 75 .htaccess pada direktori yang sama yaitu /home/linux/ direktoriweb : $ sudo touch /home/linux/direktoriweb/.htpasswd require user linux :wq Pertanyaannya adalah mengapa harus membuat file .htaccess .conf pada direktive AcessFileName . $ sudo /etc/init. merupakan tanda bahwa file tersebut berupa file hidden ) linux : nama dari user yang diberi pembatasan akses.

Sekarang cobalah membuka melalui web browser anda dengan mengetikan : himatif. bukalah browser dan ketik url kita : Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 76 .org/~linux Jikalau dari GUI.

Buatlah file index. f. $ cd /var/www/webku $ sudo vi index. Lakukan browsing ke localhost. Pindahkanlah DocumentRoot pada /var/www/webku.Alamat web pribadi kita Box Autentikasi 9. Buat file berikut : Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 77 .html pada direktori /var/www/webku/.html <html> <title> Halaman Webku </title> <body> Ini halaman web yang baru </body> </html> 6. 7. LEMBAR KERJA e.

...........................php atau localhost/info.php atau serverwebanda/info.... dan ketikkan alamat : IPanda/info............. ?> Selanjutnya bukalah browser anda......php <? phpinfo().............$ cd [DocumentRoot anda] $ sudo vi info.........php Catat apa yang terjadi : ...... Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 78 ...

11. Smtp (simple mail transfer protocol) bertugas Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 79 . 10. akan tetapi e-mail merupakan media yang tepat sebagai komunikasi yang dapat menggantikan media surat konvensional. TUJUAN Tujuan dari praktikum adalah : 8.Sebenarnya hal ini bukan semata trend seater atau life style saja. 9.Modul VIII MAIL SERVER 10. E-mail merupakan protokol dimana setiap user dapat saling berinteraksi melalui media surat elektronik. Praktikan dapat melakukan konfigurasi mail server. Praktikan mampu memahami langkah kerja dari mail server. Praktikan dapat melakukan konfigurasi mail client dan web mail. Mail Transfer Agent Jika diperhatikan pada gambar. Sudah menjadi suatu keharusan bahwa sebuah perusahaan apabila tidak ingin dikatakan ketinggalan zaman maka perusahaan tersebut harus memiliki kontak person sebuah email. Komunikasi antar server tersebut mebutuhkan standar protokol dan pada TCP/IP protokol yang digunakan adalah protokol smtp dan pop3. seorang user dapat melakukan aktivitas mengirim dan menerima e-mail kesebuah server yang mengelola e-mailnya dan apabila user tersebut mengirimkan e-mail maka mail server user tersebut akan melakukan kontak secara elektronik dengan mail server dari alamat e-mail si penerima pesan. DASAR TEORI Perkembangan Internet yang pesat menjadikan e-mail sebagai salah satu aplikasi populer saat ini.

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 80 . Selain itu ada juga Qmail yang terkenal handal dan tangguh. Jika ada email yang ingin masuk maka server smtp mengontak port 25 smtp dari server penerima dan mengirimkan email tersebut dengan menggunakan “ simple SMTP command “. pop3 bertugas mengambil email dari server smtp dan memasukkan dalam direktori mail dari user. Jika penguna membaca e-mail langsung dari server maka protocol pop3 tidak akan digunakan.mengirimkan email dari pengirim kepada penerima. Cara kerja POP3. biasanya telah disertakan program paket untuk MTA antara lain postfix. Sedangkan pop3 (post office protocol) adalah protokol yang menangani proses pengambilan e-mail dari Internet. Karena sebenaranya komunikasi untuk e-mail hanya menggunakan protocol smtp. Pada sistem operasi Linux. POP3 bekerja sebagai client. dan Postfix. Jadi pop3 tidak tergantung pada komputer tertentu atau program DNS tetapi lebih kepada pengaksesan secara domain. Pop3 pada umumnya digunakan untuk mengambil e-mail dari smtp yang bertanggung jawab kemudian mengantarkan keprogram mail client dari sembarang komputer. Cara kerja SMTP Server smtp menggunakan port default 25 untuk mengirim dan menerima e-mail.

Yang juga harus diperhatikan adalah isu keamanan mail server dari gangguan keamanan dan hole-hole yang memungkinkan user yang tidak berhak mengaksesnya. dan Postfix. mail server tersebut memiliki celah keamanan yang baik. postfix merupakan program yang mengimplementasikan Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 81 . Web mail adalah salah satu cara dimana teknologi web yang terkenal user friendly dan berbasis GUI (Graphic User Interface) diintegrasikan dengan teknologi e-mail. Ketiga mail server tersebut merupakan produk open source yang pada kenyataannya banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk membangun sistem komputerisasi mereka. Selain itu dengan web mail. bahkan perusahaan-perusahaan dotcom dunia yan notabene perusahaan profit ternyata banyak yang menggunakan mail server tersebut. Selain itu email server yang baik akan mampu mengirim email dalam jumlah besar dan tidak rentak terhadap kehilangan data. hingga saat inipun server-server mail berbasis Linux masih sangat baik untuk digunakan.Web Mail. Mencari email server yang tangguh dan sesuai kebutuhan merupakan suatu keharusan. Bahkan pada saat ini kemampuan produk-produk open source ternyata unjuk kerjanya lebih bagus dari produk-produk komerisal. user dapat mengakses email dari manapun sepanjang terkoneksi dengan internet. Banyak pilihan mail server open source yang dapat digunakan dan telah terbukti kehandalannya antara lain postfix. Mail Server ( postfix ) Telah menjadi fakta bahwa Mail Server pada awalnya dibangun untuk sistem operasi Linux. User tidak lagi direpotkan dengan pengaturan smtp yang akan dipakainnya karena hal tersebut telah diambil alih oleh script-script yang dibuat pada web mail tersebut. Qmail. Pada saat ini telah banyak program paket web mail yang dapat diintegrasikan dengan MTA dan beberapanya bersifat freeware antara lain Squerreilmail dan Sqwebmail. Hal ini bukanlah suatu yang mengejutkan karena selain bisa didapat dengan cost yang rendah. sehingga user lebih mudah dalam melakukan aktivitas pengiriman dan penerimaan email. Mail server yang baik belum tentu merupakan produk-produk komersial. postfix merupakan server mail yang sangat populer dan hampir setiap distro Unix dan Linux menyertakannya sebagai standart MTA.

RFC1892 ( Multipart / Report ) 12. RFC1893 ( Mail System Status Codes ) 13. RFC823 ( Internet Host Requirement ) 6. RFC2033 ( Local Message Transmission Protocol ) Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 82 . RFC1894 ( Delivery Status Notifiation ) 14. RFC1891 ( SMTP Delivery Status Notification ( 11. RFC822 ( Internet mail header format ) 5. RFC821 ( Simple Mail Transfer Protocol . postfix tersusun atas beberapa protokol standart untuk Unix sistem antara lain : 3. RFC1985 ( SMTP Service Extension for Remote Message Queue Starting ) 15. Hal lain yang menjadi pertimbangan adalah konfigurasi yang digunakan merupakan standart untuk mail server. RFC1869 ( SMTP Service Extension ) 8. RFC2045 ( MIME ) 7. RFC1870 (SMTP Size Extension ) 10.SMTP) 4. RFC1652 ( SMTP 8BITMIME Extension ) 9.kebutuhan umum fasilitas routing antar jaringan.

...cf $ sudo vi /etc/postfix/main. Apabila belum ada maka buatlah user terlebih dahulu.... gdm:x:111:115:Gnome Display Manager:/var/lib/gdm:/bin/false admin:x:1000:1000:admin.12............ LANGKAH PRAKTIKUM Praktikum akan membahas beberapa hal antara lain : 13) konfigurasi mail server.cf myhostname = himatif...... karena akan digunakan juga sebagai user mail. $ cat /etc/passwd root:x:0:0:root:/root:/bin/bash . Sebelum melakukan konfigurasi untuk mail server.:/home/user:/bin/bash Pada keterangan diatas terdapat user “user” yang akan digunakan sebagai user pada server mail...........org myorigin = $myhostname Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 83 ..... Selanjutnya cek paket yang diperlukan oleh postfix apakah telah terdapat pada sistem telah tersedia : $ sudo dpkg -l | grep postfix Apabila paket tersedia selanjutnya melakukan beberapa konfigurasi pada beberapa file konfigurasinya...... Hal yang utama adalah setting pada main.............:/home/admin:/bin/bash user:x:1001:1000:user. cek dahulu apakah ada user selain root pada sistem..

.. User dapat melakukan aktifitas mengirim dan menerima email melalui layanan web.....0..com dan sejenisnya...0. user tidak perlu melakukan konfigursai setiap akan checking mail.. $ sudo netstat -tulapn Active Internet connections (servers and established) Proto State tcp LISTEN Recv-Q Send-Q Local Address PID/Program name 0 0 0. Web mail merupakan suatu email client berbasis web....0:2049 Foreign Address 0.0.. 14) Konfigurasi pada web mail.Setelah proses instalasi kemudian jalankan daemon dari postfix..... 220 himatif.0:* Apabila sudah terlihat...... Connected to localhost... tcp LISTEN 0 0 0..0.0.. Escape character is '^]'.0:25 11755/master 0.0. selamat server mail anda telah berjalan.... $ sudo telnet localhost 25 Trying 127. mail....0..0..google.com.0..0:* .......... user hanya perlu melakukan login dan semua telah diatur secara otomatis oeh web mail.0. kemudian lakukan testing apakah mail server kita telah berfungsi. Layanan ini begitu populer karena kompatibilitas yang baik.....1.. Web mail telah banyak digunakan oleh potral-portal besar seperti yahoo. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 84 ....... Pertama periksalah apakah port 25 dimana smtp server berjalan digunakan..org ESMTP Postfix (Ubuntu) ^] ==========> ini dengan menekan ctrl + ] telnet> quit Apabila telah tampil seperti tampilan diatas.....

$ sudo vi /etc/apache2/sites-available/webmail <VirtualHost *> ServerAdmin admin@himatif. Selanjutnya konfigurasi file pada httpd. apabila masih berupa file tarbal lakukan unkompresi pada file.conf agar Dokumen Root dari web diarahkan ke direktori squerreilmail.log combined ServerSignature On </VirtualHost> :wq Kemudian buat file simboliknya dan restartlah apache server Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 85 .himatif.org ServerName mail.org DocumentRoot /var/www/squirrelmail <Directory /var/www/squirrelmail> Options Indexes FollowSymLinks MultiViews AllowOverride AuthConfig Order allow.Langkah-langkah yang perlu dilakukan : kopikan file dari squirrelmail kedirektori yang dikehendaki.deny allow from all </Directory> ErrorLog /var/log/apache2/error-webmail.log LogLevel warn CustomLog /var/log/apache2/access-webmail.

$ sudo ln -s /usr/share/squirrelmail/ /var/www/squirrelmail $ sudo ln -s /etc/apache2/sites-available/webmail /etc/apache2/sites-enabled/mail $ sudo /etc/init. Cek dahulu service-service tersebut.0. maka jalankanlah service tersebut. Untuk imaps merupakan suatu daemon yang berfungsi sebagai penghubung antara pop3 dengan aplikasi web. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 86 . Setelah service berjalan maka langkah selanjutnya adalah melakukan configurasi pada web mail.8Courier Mail Server .IMAP Jikalau belum tersedia lakukan instalasi. $ sudo sysv-rc-conf Apabila dalam keadaan off. $ sudo dpkg -l | grep imap ii courier-imap 13ubuntu5 server ii courier-imap-ssl 13ubuntu5 over SSL 3. Smtp merupakan layanan yang berfungsi sebagai server yang menangani proses pengiriman e-mail sedangkan pop3 merupakan server yang menangani proses pengambilan email dari server ke client yang melakukan request.8Courier Mail Server .0.IMAP 3. Untuk penyetingan smtp telah dilakukan pada sub bab diatas. dalam hal ini html.d/apache2 restart Selanjutnya adalah mengkonfigurasi smtp dan pop3 dan imaps yang akan digunakan oleh web server. Langkah pertama lakukan cecking pada file-file yang diperlukan yaitu imaps dan pop3. oleh karena itu yang akan dilakukan adalah melakukan setingan pada pop3 dan imaps. Selanjutnya jalanan service dari imap dan ipop3.

Themes 6. Set pre-defined settings for specific IMAP servers C Turn color on S Save data Q Quit Command >> Akan tampil menu dari konfigurasi squirrelmail.4. Folder Defaults 4.$ cd /var/www/squirrelmail/config/ $ sudo . Server Settings 3. Address Books 7./conf.php (1. Command >> 2 General ------- Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 87 . Message of the Day (MOTD) 8. Plugins 9.pl SquirrelMail Configuration : Read: config. Languages D. Database 10. General Options 5. Selanjutnya lakukan konfigurasi pada domainnya. Organization Preferences 2.0) --------------------------------------------------------Main Menu -1.

Update SMTP Settings : localhost:25 R Return to Main Menu C. Update IMAP Settings : localhost:143 (other) B.com]: himatif. Sendmail 2.com. your email address is jdoe@myorg.1. Invert Time : false 3. [example. Sendmail or SMTP : SMTP A. Domain : example. Turn color on S Save data Q Quit Command >> 1 The domain name is the suffix at the end of all email addresses. Command >> 3 You now need to choose the method that you will use for sending messages in SquirrelMail.com 2.com.org Kemudian tentukan jenis dari server yang digunakan. SMTP Your choice [1/2] [2]: 2 Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 88 . If for example. then your domain would be myorg. 1. You can either connect to an SMTP server or use sendmail directly.

org 2. Update SMTP Settings : localhost:25 H. SMTP Authentication : none 8. SMTP Port : 25 6..... 9..Selanjutnya setting untuk server imap......... Delimiter : detect B. Sendmail or SMTP : SMTP SMTP Settings ------------4... Domain : himatif... IMAP Port : 143 . IMAP Server : localhost 5.. POP before SMTP : false 7.. 1. Hide IMAP Server Settings Command >> R Lakukan setting sesuai dengan server masing-masing kemudian setting pada smtp...... Command >> a 1... SMTP Server : localhost 5....org 2.. Domain : himatif. Invert Time : false 3.. Secure SMTP (TLS) : false Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 89 . Invert Time : false 3... Sendmail or SMTP : SMTP IMAP Settings -------------4..

Lakukan beberapa hal berikut : L. 5. 5) Cobalah konfigurasi mail server sehingga dapat diakses walaupun malalui jaringan lain. Jelaskan! Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 90 . g. Hide SMTP Settings command >> s command >> q Langkah terakhir adalah melakukan proses checking dari web browser. Sebutan paket-paket atau services apa saja yang berperan dalam mail server pada praktikum yang anda lakukan. LEMBAR KERJA Dengan kelompokmu cobalah buat 2 buah domain dengan masing-masing domain memiliki mail server secara tersendiri. 10. Kemudian ketikkan url dari mail server kita. Cobalah saling mengirim email antara user-user yang berbeda domain. Bagaimana cara kerja dari mail server. 13. Cobalah setting mail client pada jaringan lain. Update IMAP Settings : localhost:143 (other) H.A.

Buatlah laporan installasi dan konfigurasi portal webmail (selain squirremail) yang banyak terdapat diinternet (MTA bebas). Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 91 .2.

DASAR TEORI Router merupakan sebuah konfigurasi pada jaringan komputer yang bertugas untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda. 3. Mengirimkan pengiriman informasi (paket data) dari satu komputer ke komputer lain dimana kedua komputer tersebut berada pada dua jaringan yang berbeda (internetwork).Modul IX ROUTING A. Praktikan dapat memahami konsep router Praktikan dapat melakukan percobaan setting router pada mesin Linux B. Penentuan jalur yang paling optimal. Selain tugas pokok tersebut. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 92 . Router mempunyai dua tugas pokok : 1. Mesin Linux dapat kita konfigurasikan menjadi sebuah mesin router. Mengirimkan paket data antar dua jaringan fisik yang berbeda. beberapa hal yang dapat dikerjakan oleh router adalah : 1. 2. 2. Membatasi lalu lintas paket data dari / ke beberapa alamat jaringan. Mengubah alamat asal sehingga seakan-akan paket data tersebut berasal dari sebuah alamat yang berbeda dengan pengirim aslinya. TUJUAN 1. 2.

Jika host tujuan terletak dijaringan yang sama atau terhubung langsung. dapat dijalankan di PC bekas tanpa harddisk dengan harga ± Rp. dapat dikompilasi ulang bahkan ditambahkan modul-modulnya jika diinginkan. Expandable. 5. 2. router berkonsultasi dengan tabel routing yang dimilikinya. Router ini yang kan mengatur pengiriman IP selanjutnya. Klasifikasi Algoritma Routing Algoritma routing dapat dibedakan berdasarkan PC-nya. antara lain : 1. PC Router yang mempunyai 1 NIC dan mempunyai 2 atau lebih network address. 3.000.. maka perubahan pada tabel routing harus dilakukan oleh operator jaringan sehingga perubahan tidak dapat terjadi secara langsung. 3. Sebagai gambaran harga Router Cisco 2501 bisa mencapai Rp. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 93 . Router Dedicated (buatan pabrik). Mudah dikonfigurasi.4.000. Fleksibel. sehingga jika terjadi perubahan susunan router. hingga sampai ke tujuan.10. karena dijalankan disebuah PC maka masih dimungkinkan untuk penambahan alat. Keuntungan menggunakan router dengan PC Linux : 1. misalnya : Cisco. Algoritma routing untuk host (berada di PC host) Proses routing yang dilakukan oleh host cukup sederhana. Menurut tipenya algoritma routing dibedakan sebagai berikut: 1. 2. Algoritma routing untuk router (berada di PC router) Dalam menentukan pilihan arah pelewatan IP datagram. 4.1.-. Jika tidak. PC Router yang minimal mempunyai 2 NIC (Network Interface Card)dan menjalankan program yang mengatur routing paket. IP datagram akan dikirim default ke gateway-nya/router. Jenis router yang digunakan: 1.000. Berfungsi sebagai BOOTP atau DHCP server yang memberikan alamat IP dan konfigurasi lainnya ke seluruh komputer pada jaringan anda. Routing static atau dinamic Static berarti routing tabel secara manual. karena sifatnya yang opensource maka banyak orang yang telah menganalisa dan mengotak-atik source codenya untuk membenahi bugs dan kekurangannya. 3COM dan Cabletron. 2. IP datagram akan dikirim langsung ke tujuan.000. bagi yang telah terbiasa dengan perintah shell. Baynetworks. Stabil.. Murah.

Hal ini dicapai melalui “link state broadcast” sehingga semua router memiliki informasi yang sama. Setelah sekian iterasi akan diketahui jalur terbaik untuk menuju ke beberapa router tujuan. Decentralized berarti router tersebut hanya mengetahui link cost ke router berikutnya yang terhubung langsung dengan dirinya. Algoritma Link State (Djikstra's algorithm) dan distance vektor. 5. router memiliki kemampuan menentukan rute. memungkinkan data menuju ke suatu tempat lewat beberapa jalur yang berada secara bersamaan. router-router membentuk tingkatan berdasarkan posisinya terhadap backbone network. Sehingga semua router hanya berkomunikasi dengan routeryang terhubung langsung dengan dirinya. Hierarchical routing. Intradomain dan interdomain Algoritma Intradomain hanya mampu bekerja dalam satu domain saja. Routing Global dan Decentralized Global berarti semua router memiliki informasi lengkap mengenai link cost dan topologi jaringan. Router inteligent. Single Path dan Multi Path Algoritma Single Path. Perubahan tersebut terjadi berdasarkan algoritma routing yang digunakan. Algoritma Interdomain dipakai untuk mencari rute antar domain. Algoritma Multi Path. Flat dan Hierarchical Flat routing semua router adalah ujung dari router yang lain.Dinamic berarti tabel routing dapat berubah melalui update berkala dan sebagai respon terhadap perubahan link cost. iterasi berlanjut sampai tidak ada lagi pertukaran informasi antar router dan iterasi akan berhenti dengan sendirinya. Algoritma yang digunakan adalah “link state”. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 94 . Algoritma Distance Vektor. untuk mendapatkan jalur terbaik dilakukan penghitungan dari suatu router ke router lainnya. 4. konsep topologi jaringan dan link cost diketahui oleh semua router yang ada. 6. host memiliki kemampuan menentukan rute. 2. Host-inteligent dan Router Inteligent Host-inteligent. Algoritma yang digunakan adalah “ Distance Vektor “. sehingga diperoleh routing tabel untuk router tersebut. 7. hanya memperbolehkan data melewati satu jalur untuk menuju ke tujuan akhir. Algoritma Link State. 3.

255.255. Dapat dilihat broadcast dan netmask sudah dikonfigure secara dafault.255.168.local Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 95 . 2. eth0:2.123.C.0 iface eth0:2 inet static address 192.168.255.local $ sudo vi /etc/rc. Bila kita ingin memberikan IP secara permanen.4 netmask 255.0 iface eth0:1 inet static address 172.0 $ sudo ifconfig eth0:2 192.168.123.0 $ sudo ifconfig eth0:1 172. dst sesuai dengan network yang ada.255.231.110. Sekarang kita bekerja pada PC router. Kita dapat membuat IP alias dengan menggunakan perintah : $ sudo ifconfig eth0 192.255.16. Apabila network direstart maka IP tersebut akan hilang.255.16. kita dapat melihat hasilnya dengan perintah ifconfig.7 netmask 255.255. 1.255. Kemudian restart lah network tersebut.3 netmask 255. For more information. kita lakukan dengan menggunakan perintah berikut : $ sudo vi /etc/network/interfaces # This file describes the network interfaces available on your system # and how to activate them. 1 komputer bertugas sebagai router dan komputer lain sebagai host.255.4 netmask 255. Tapi IP alias hanya bersifat sementara. Pada masing-masing host dalam 1 network. LANGKAH PRAKTIKUM Pada praktikum kali ini kita akan mengkonfigurasi router di dalam PC (PC router).231.255. 3. see interfaces(5). setting pada /etc/rc.0 Setelah selesai. buatlah IP address dengan mengedit konfigurasi eth0 Attention !! : buatlah agar antara satu IP network berbeda dengan IP network lainnya 4. Buatlah kelompok network yang mempunyai IP network tertentu.110.3 netmask 255. eth0:1. dengan memberikan nama device eth0.255.0 agar setingan tetap berjalan setiap kali komputer dinyalakan. buatlah IP dari masing-masing network yang saling berhubungan.168. 5.7 netmask 255. # The loopback network interface auto lo iface lo inet loopback # The primary network interface auto eth0 iface eth0 inet static address 192.

168. ping-lah IP address pada network yang berbeda.local # This script is executed at the end of each multiuser runlevel. Pada host network (komputer selain router). ifconfig eth0 up ifconfig etho:1 up ifconfig eth0:2 up exit 0 6. ketikkan perintah berikut : $ sudo route add default gw 192. Untuk menghapusnya. Nilai default (isi) dari file tersebut adalah 0 (nol). Pada salah satu komputer pada network. lakukan perintah berikut : $ sudo route del default gw 192. lakukan pengubahan agar isi menjadi 1 (forward). Atau dengan perintah berikut : $ sudo echo "1" > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward atau dengan membuatnya secara permanen sebagai berikut: $ sudo vi /proc/sys/net/ipv4/ip_forward 1 8.168.123.#!/bin/sh -e # rc. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 96 . Kemudian kita menyetting konfigurasi pada file : /proc/sys/net/ipv4/ip_forward. # In order to enable or disable this script just change the execution # bits.123. Kita dapat melihat hasilnya dengan perintah route. Untuk mengetest apakah router tersebut berhasil kita setting atau tidak. Kita dapat melihat tabel routing dengan perintah: $ sudo route -n 7. # By default this script does nothing. kita diharuskan menge-route-kan network tersebut ke router.4 Gateway tersebut merupakan IP address yang terdapat di router sesuai dengan IP network. dengan menggunakan text editor seperti vi. 9.4 10. # Make sure that the script will "exit 0" on success or any other # value on error.

5 192.168.2 192. sebaiknya menambahkan default gateway ke 192.3 192.6.168.168.10.3 192.168.5. Untuk melakukan percobaan ini perhatikan konfigurasi penomoran IP untuk jaringan dengan 30 komputer berikut ini: 1 Kelompok = 5 Orang Vertikal 192.2.5.168.168.4 192.3 192.5 192.2 192.168.5 192.6.1 mempunyai IP Aliasing sebagai berikut: IP 192.168.168.3 192.1.5 Dengan komputer ber-IP 192.1 192.168.4 192.2.2.168.1 192.4.10.10.1 192.1.6.1 192.4.168.3 192. Apakah kegunaan dari file /proc/sys/net/ipv4/ip_forward pada router? Sebutkan nilainya agar router dapat berjalan? 4.1 192.4.168.168.5 192.4.2 192.3.5 192.168.168.6.168.1 192.5.168.x.2.2 192.10.168.3. buatlah konfigurasi default gateway (router) secara permanen? Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 97 .168.1 192.2.4 192.1 192.4.168.D. Di dalam file /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-eth0.1.1 192.1.1 192.168.168. Bagaimana caranya? 3.168.x.1 IP Aliasing 192.6.3 192.2 192.6 2.168.168.3 192.168.x.1 192.168.5.2 192. Komputer-komputer selain 192.168.168.1 192.1.3.10.3.168.168.4 192.3.168.168.168.3.5.10. LEMBAR KERJA 1.168.1.168.5.4 192.4 192.168.168.4.1.2.4 192.168.1.168.2 192.6.168.168.5 192.168.168.

firewall bertujuan untuk menjaga lan dari “api” akses yang tidak diinginkan dari internet. TUJUAN 1.Modul X FIREWALL DASAR A. yaitu packet filter (filtering firewalls) dan proxy servers. B. Firewall adalah suatu cara untuk membatasi informasi yang dibolehkan masuk dan keluar dari jaringan lokal kita. akan kita temui satu persoalan baru. Menurut istilah konstruksi bangunan. Hampir senada dengan istilah awalnya. Mahasiswa dapat melakukan konfigurasi iptables. 3. Pengertian Firewall Pada saat PC kita berhubungan satu sama lain. 2. 2. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 98 . baik dari orang-orang yang tidak berhak maupun dari komputer lain yang mengandung virus. Mengapa diberi nama firewall? Mungkin itu pertanyaan yang pertama kali muncul ketika membaca suatu artikel tentang keamanan. baik di Windows. 5. Mahasiswa dapat mengenal jenis-jenis firewall. 4. masing-masing dibagi dalam dua sub tipe. mahasiswa diharapkan mendapatkan informasi tentang bagaimana firewall dan pengaturannya dengan iptables. dan akses LAN ke Internet hanya melalui firewall. yaitu bagaimana agar kita tidak kedatangan “tamu tak diundang”. Linux maupun Sistem Operasi apa saja. Dengan praktikum dalam modul ini. Untuk itulah kita buat firewall. Mahasiswa dapat memahami konsep dan cara kerja firewall. Lalu apa itu firewall? Firewall atau “dinding api”' merupakan suatu cara melindungi sistem. Dari tiap-tiap tipe firewall tersebut. host firewall terhubung ke Internet dan LAN lokal kita. Umumnya. Jenis-Jenis Firewall Terdapat dua firewall dasar pada Linux. Mahasiswa dapat mengetahui fungsi dari firewall. Disamping agar pengguna lan tidak sembarangan mengeluarkan “api” aksesnya ke Internet. Dengan kata lain firewall dibuat untuk membatasi antara dua dunia (LAN dan Internet). firewall adalah sebuah struktur yang dibuat untuk mencegah penyebaran api. DASAR TEORI 1.

Dalam modul ini kami akan menjelaskan tentang firewall menggunakan packet filter. Chains tersebut tersusun kurang lebih sebagai berikut: Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 99 . packet filtering ditanamkan pada kernel (sebagai suatu modul kernel. atau hal lain yang lebih kompleks. Firewall proxy servers dibagi dua sub tipe : · · Sedangkan untuk proxy dijelaskan dilain bab. Standard. paket tersebut diteruskan ke tujuannya). Apakah paket tersebut di-DROP (misal dengan menghapus paket tersebut). yaitu sama-sama mengubah informasi header paket data.1. 3. Ketiga chains tersebut adalah input. atau digabungkan ke dalam kernel) yang dimulai sejak masih ber-versi 1. Masquerading. Daftar-daftar ini disebut “firewall chains” atau “chains”. · b. dan memutuskan tindakan apa yang dilakukan terhadap paket tersebut. Namun bedanya router hanya mengubah informasi TTL dan Checksum-nya.a. Gambaran untuk packet filter ini hampir sama dengan apa yang dikerjakan oleh router. namun software firewall proxy akan secara transparan akan meneruskannya ke keluar. Packet Filtering Firewalls Packet filter adalah sebuah software yang memeriksa header dari packet ketika paket tersebut lewat. Firewall packet filter di bagi dalam dua sub tipe : · Forwarding. ACCEPT (misal. client terhubung pada satu port tertentu dan kemudian proxy meneruskannya ke keluar melalui port yang lain. firewall ini berfungsi untuk meneruskan paket atau tidak berdasarkan filter yang diberikan. Perjalanan Paket Melintasi Filter Terdapat tiga daftar aturan pada tabel filter. firewall ini akan menulis ulang alamat sumber dan tujuan. output dan forward. dengan firewall ini client tidak menggunakan port khusus. Transparent. namun untuk packet filter akan mengubah destination dan source address dari paket. sehingga seolah-olah jika ada paket yang datang dari jaringan lokal dalam akan dikirimkan ke luar jaringan dengan menggunakan alamat IP komputer yang bertindak sebagai firewall packet filter. Pada Linux. 4.

yang berisi aturan/kebijakan umum tentang tindakan terhadap suatu paket. Sekedar mengingatkan kernel adalah “jantung” sistem operasi yang terus berada pada memori sejak komputer booting hingga komputer dimatikan. chains policy biasanya akan men-DROP paket tersebut. begitu seterusnya. Pada kebanyakan sistem.Ketika paket melewati salah satu chains. Jadi chains sebenarnya merupakan daftar aturan-aturan. Sehingga aturan apapun yang kita tentukan akan hilang pada saat terjadi rebooting.x sampai dengan kernel terbaru. namun demikian terdapat beberapa cara agar aturan-aturan yang telah kita buat dapat dikembalikan pada saat Linux booting. Packet Filtering Firewalls Dengan Iptables Iptables merupakan paket program yang disertakan secara default oleh banyak distro bersama dengan kernel versi 2. 5.4. maka chains akan dilihat untuk menentukan “takdir” dari paket tersebut. Jika menurut chains paket tersebut harus di-DROP maka paket akan dihapus. Tiap aturan mengatur tindakan apa yang akan dilakukan terhadap sebuah paket berdasarkan header dari paketnya. Jika aturan pertama tidak cocok dengan header paket maka akan dilanjutkan dengan aturan berikutnya. begitu juga sebaliknya jika menurut chains paket tersebut di-ACCEPT maka paket tersebut akan melanjutkan perjalanannya. Aturan-aturan ini dimasukkan dan dihapus pada tabel packet filtering yang terdapat pada kernel. antara lain : Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 100 . Pada iptables nantinya kita akan banyak berhubungan dengan aturan-aturan (rules) yang menentukan tindakan apa yang akan dilakukan terhadap sebuah paket. Hingga apabila tidak ada lagi aturan yang sesuai dengan header paket maka kernel akan melihat pada chains policy.

3. untuk menyimpan aturan-aturan yang telah ditentukan dalam sebuah file. $ sudo dpkg -l | grep iptables ii iptables Linux kernel 2. c. d. Menyalakan dan Mematikan Service Iptables Sebelum praktikum dimulai alangkah baiknya megecek dahulu installasi iptables pada komputer Anda. Misal mengetikkan semua aturan pada /etc/rc/local. LANGKAH PRAKTIKUM Pada praktikum kali ini kita akan belajar menggunakan iptables untuk menyaring paket yang masuk.3-2ubuntu4 Anda harus mengaktifkan IP_FORWARDING. karena banyak sekali yang bisa digali dari perintah iptables. Menolak paket berdasarkan protokol dan port. Menolak semua paket yang masuk atau keluar. keluar dan melewati komputer kita. menyalakan dan mematikan iptables. Menyiapkan. Merubah kebijakan umum chains.d/iptables start Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 101 . dan iptables-restore. f. Melihat daftar aturan pada chains. g.· Menggunakan perintah iptables-save. Menghapus aturan pada chains. Sedangkan yang akan kita pelajari adalah sebagai berikut: a. Harap dipahami bahwa perintah dibawah ini merupakan perintah dasar. b. h. untuk memanggil file aturan yang telah dibuat. C. · Meletakkannya pada sebuah skrip yang akan berjalan pada saat inisialisasi Linux. e. 1. dengan cara memberi nilai '1' pada file ip_forward $ sudo echo "1" > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward atau dengan mengeditnya sebagai berikut: $ sudo vi /proc/sys/net/ipv4/ip_forward Kemudian untuk menyalakan service-nya adalah sebagai berikut: $ sudo /etc/init.4+ iptables administration to 1. Menyiapkan. Menyimpan dan mengembalikan aturan pada chains. Menolak paket berdasarkan alamat IP.

Atau
$ sudo service iptables start

Sedangkan untuk mematikan service iptables perintahnya adalah sebagai berikut:
$ sudo /etc/init.d/iptables stop

Anda juga dapat mematikan lalu menyalakan kembali (restart) service tersebut dengan perintah:
$ sudo /etc/init.d/iptables restart

2. Melihat Daftar Aturan Pada Chains Sebelum melakukan penyaringan paket pada sistem, kita terlebih dahulu melihat aturan apa saja yang telah / sedang berjalan dan policy (kebijakan umum) dari suatu chains. Perintah berikut contoh hasilnya adalah sebagai berikut:
$ sudo iptables -L Chain INPUT (policy ACCEPT) target prot opt source RH-Firewall-1-INPUT all -Chain FORWARD (policy ACCEPT) target prot opt source RH-Firewall-1-INPUT all -Chain OUTPUT (policy ACCEPT) target prot opt source

destination anywhere anywhere

destination anywhere anywhere

destination

3. Menolak Semua Paket Yang Masuk / Keluar Untuk menolak semua paket yang masuk ke dalam sistem, maka kita perlu menambah aturan ke dalam chains input untuk men-DROP semua paket, sehingga perintahnya adalah:
$ sudo iptables -A INPUT -j DROP

Selanjutnya coba hubungi komputer bersangkutan (dalam hal ini alamatnya 192.168.195.1 atau salahjurusan.com) dari komputer lain, misal dengan program ping, maka akan muncul hasil berikut setelah Anda menekan CTRL+C
$ sudo ping 192.168.123.1 PING 192.168.123.2 (192.168.123.2) 56(84) bytes of data. --- 192.168.123.2 ping statistics --3 packets transmitted, 0 received, 100% packet loss, time 2032ms

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

102

Sedangkan jika Anda ingin menolak semua paket keluar dari sistem, maka mirip dengan perintah diatas hanya saja chainnya diganti dengan OUTPUT, efeknya tidak jauh berbeda.
$ sudo iptables -A OUTPUT -j DROP

Untuk penolakan yang lebih “sopan” Anda dapat menggunakan aksi (-j) REJECT, misal:
$ sudo iptables -A OUTPUT -j REJECT

Maka hasil ping ke komputer yang bersangkutan akan tampak sebagai berikut:
$ ping 192.168.123.2 PING 192.168.123.2 (192.168.123.2) 56(84) bytes of data. ping: sendmsg: Operation not permitted ping: sendmsg: Operation not permitted ping: sendmsg: Operation not permitted --- 192.168.123.2 ping statistics --3 packets transmitted, 0 received, 100% packet loss, time 5013ms

4. Menolak Paket Berdasarkan Alamat IP Tentunya jika kita memakai perintah sebelumnya akan sama halnya dengan filter tanpa lubang, karena tidak ada paket yang bisa masuk ke siatem. Untuk lebih spesifik kita dapat menyaring berdasarkan alamat ip. Misalkan ada sebuah komputer beralamat ip 192.168.195.11 yang selalu mengganggu komputer kita, untuk menyiasatinya kita bisa menggunakan perintah berikut:
$ sudo iptables -A INPUT -s 192.168.123.11 -j DROP

Opsi -s diatas berarti source atau sumber paket. Jika kita lihat pada daftar list chains akan muncul hasil sebagai berikut.
$ sudo iptables -L Chain INPUT (policy ACCEPT) target prot opt source DROP all -- 192.168.123.11 Chain FORWARD (policy ACCEPT) target prot opt source Chain OUTPUT (policy ACCEPT) target prot opt source

destination anywhere

destination

destination

Selain dengan menggunakan alamat IP, Anda juga dapat menggunakan nama domain (ingat kembali DNS!!) (walaupun hal ini sebenarnya tidak disarankan) dan subnet (contoh : 192.168.231.0/24). Misalkan Anda tidak ingin paket yang berasal dari www.xxx.com masuk ke

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

103

komputer Anda, dan Anda tidak tahu alamat IP-nya maka Anda dapat menggunakan perintah sebagai berikut:
$ sudo iptables -A INPUT -s www.xxx.com -j DROP

Demikian halnya pula dengan chains OUTPUT, bedanya disini adalah opsi -s (source) diganti dengan -d (destination). Gunanya misalkan Anda tidak ingin orang mengakses www.saru.com maka dapat menerapkan aturan sebagai berikut:
$ sudo iptables -A OUTPUT -d www.saru.com -j DROP

5. Menolak Paket Berdasarkan Protokol Dan Port Protokol yang biasa digunakan diantaranya adalah UDP, TCP dan ICMP. TCP (Transfer Control Protocol) digunakan oleh Web Server, File Server, Proxy Server, dll. UDP (User Datagram Protocol) digunakan oleh dns dan snmp. Sementara ICMP (Internet Control Message Protocol) digunakan oleh perintah ping dan traceroute. Untuk daftar protocol yang lebih lengkap Anda dapat melihatnya dalam file /etc/protocols.
$ sudo cat /etc/protocols

Contoh kasus, misalkan Anda ingin sebuah server dns hanya menerima paket data dengan protokol UDP maka Anda dapat mengetikkan peintah berikut:
$ sudo iptables -A INPUT -p tcp -j DROP $ sudo iptables -A INPUT -p icmp -j DROP

Jika Anda mengetikkan perintah diatas, maka Anda tidak bisa melakukan ping, dan semua jenis service dengan protokol icmp dan tcp akan di-DROP, kecuali DNS dan SNMP (karena menggunakan protokol UDP). Selain dengan nama protokol Anda juga dapat memasukkan nomor dari protokol tersebut (bisa Anda lihat dalam /etc/protocols).
iptables -A INPUT -p <no_protokol> -j DROP

Untuk lebih spesifik kita bisa menambahkan nomor port dari protokol yang ingin kita DROP. Sekedar mengingatkan semua service pada server mengikat satu nomor port. Web Server pada port 80 (ada juga yang memakai port 8080), Ftp Server pada port 21, Ssh Server mengikat port 22, dst. Misal kita ingin server bisa digunakan untuk semua service kecuali browsing maka anda bisa menggunakan perintahnya, sebagai berikut:
$ sudo iptables -A INPUT -p tcp --dport http -j DROP

Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

104

anywhere DROP tcp -. tentunya kita berikan opsi -A (add/menambahkan). misalkan pada daftar aturan terdapat aturan sebagai berikut: $ sudo iptables -L Chain INPUT (policy ACCEPT) target prot opt source DROP tcp -. jika kita ingin menambahkan sebuah aturan. yaitu dengan melihat nomor urut aturan. iptables -A INPUT -p <no_protokol> --dport <no_port> -j DROP Jadi perintah diatas ekivalen dengan $ sudo iptables -A INPUT -p 6 --dport 80 -j DROP Daftar nomor port beserta nama service yang berjalan pada port tersebut dapat dilihat dalam /etc/services. 6.anywhere Chain FORWARD (policy ACCEPT) Target prot opt source Chain OUTPUT (policy ACCEPT) target prot opt source destination anywhere anywhere tcp dpt:http anywhere destination destination Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 105 .anywhere DROP icmp -. misalkan aturan seperti berikut: $ sudo iptables -A INPUT -p tcp -j DROP Maka untuk menghapus aturan tersebut diatas kita dapat menggunakan opsi D (delete/hapus). Menghapus Semua Aturan Untuk menghapus semua aturan pada semua chains maka kita dapat menggunakan opsi F sebagai berikut: $ sudo iptables -F 2. Mengganti Opsi –A Dengan D Pada berbagai contoh diatas. kita juga bisa menggunakan nomor port. Menghapus Aturan Setidaknya terdapat tiga cara untuk menghapus aturan pada chains. Menghapus Berdasarkan Urutan Aturan Selain kedua cara diatas ada yang lebih mudah lagi. sebagai berikut: $ sudo iptables -D INPUT -p tcp -j DROP 3.Selain dengan nama service yang berada pada port tersebut. 1.

Menyimpan Dan Mengembalikan Aturan Setelah Anda membuat aturan-aturan yang Anda tentukan maka Anda dapat menyimpannya ke dalam sebuah file dengan perintah : iptables-save > /direktori/nama_file $ sudo iptables-save > /root/aturanku File aturan akan dibuat pada direktori tersebut. ketikkan perintah berikut : iptables-restore < /direktori/namafile $ sudo iptables-restore < /root/aturanku Dimana perintah diatas akan mengembalikan semua setting yang telah Anda buat ke dalam tabel firewall pada kernel.192. Untuk mengaktifkannya kembali pada firewall..11 dpt:http Chain FORWARD (policy ACCEPT) target prot opt source destination anywhere anywhere tcp destination Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 106 .168. Apabila anda ingin file firewall yang tersimpan tersebut aman (tidak dapat dibuka oleh user lain).123. semua aturan akan tetap terjaga.192. Misal terdapat daftar aturan sebagai berikut..).168. Anda juga dapat meletakkan perintah diatas pada file /etc/rc. 7. $ sudo iptables -L Chain INPUT (policy ACCEPT) target prot opt source DROP all -.123. anda dapat menempatkannya pada direktori /root/ dan anda berikan permission 600 (ingat kembali permission pada Perintah Dasar!!.11 DROP tcp -.local agar setiap start-up Linux. 8.Dan kita ingin menghapus aturan untuk men-DROP paket icmp agar bisa di-ping dari komputer lain maka kita dapat gunakan perintah sebagai berikut: iptables -D INPUT/OUTPUT <no_urut_chains> $ sudo iptables -D INPUT 3 Angka 3 didapat dari urutan aturan didalam daftar tersebut pada chains INPUT. Merubah Kebijakan Umum Chains Kebijakan umum dijalankan ketika paket yang melalui firewall tidak memenuhi kriteria yang ada pada suatu chain.

Jika Anda belum terbiasa.4 192.1. walaupun sebenarnya banyak perbedaan.168.3 192.6.168.168.168.168.3.1 192.5.3 192.1. Dalam persepsi firewall ini berarti membuat policy menjadi DROP dan kemudian menentukan aturan paket seperti apa saja yang diperbolehkan masuk (ACCEPT).5 192.2.2.168.2. Administrator jaringan yang mahir.5.4.4 192.1 192.2 192.4 192.3.231.168.168.4 192.168.5 192.5 192.168.6.4.2.4 192.Chain OUTPUT (policy ACCEPT) target prot opt source destination Policy untuk semua chain diatas adalah ACCEPT.168.168. Untuk melakukan percobaan ini perhatikan konfigurasi penomoran IP untuk jaringan dengan 30 komputer berikut ini: 1 Kelompok = 5 Orang Vertikal 192.5.3 192.2 192.5.231.2 192.168.4.4.168.168.168.168.168. Pada keamanan jaringan komputer terdapat dua prinsip dasar.5 192. 2. biasa menggunakan prinsip pertama.2 192.3 192.2 192.3. Menutup Semua Pintu Akses Masuk Dan Membuka Hanya Yang Diperlukan.168.168. Anda bisa menggunakan prinsip kedua.22 maka paket tersebut akan diACCEPT. 1.1 192.168.168.4.3 192. jadi jika terdapat paket yang masuk ke sistem yang bersangkutan dan berasal dari 192.3. karena alamat 192.2 192. Membuka Semua Pintu Akses Masuk Dan Menutup Hanya Yang Diperlukan.2.168. Dalam persepsi firewall ini berarti membuat policy menjadi ACCEPT dan kemudian menentukan aturan paket seperti apa saja yang ditolak (DROP).168.168.168.1.3.1 192.22 tidak ditentukan secara eksplisit pada daftar aturan.4 192.168.3 192. LEMBAR KERJA 1.1 192. D.5.168. Untuk mengubah kebijakan diatas caranya adalah dengan mengedit file /etc/sysconfig/iptables dan mengubah kebijakan ACCEPT menjadi DROP untuk prinsip pertama dan merubah DROP menjadi ACCEPT untuk prinsip kedua. Sekilas kedua hal diatas tampak sama. sehingga mengikuti kebijakan umum.168.1 192.1.168.6.6.5 107 Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta .6.1.168.5 192. Policy ini berkaitan erat dengan desain keamanan jaringan.168.

tidak dapat mengakses ke luar jaringan lainnya.1 192.10.1 192. 192.2? 5.1 192.1.1 192.168.168.3.10.1. Komputer-komputer selain 192. sebaiknya menambahkan default gateway ke 192.1.168.168. 192.10. 192. Kemungkinan itu sebagai contoh adalah sebagai berikut: o o dari komputer 192.168.1.2 apakah dapat menerima hasil ping ke 192.10.3.168.168. adapun percobaan konfigurasi adalah sebagai berikut. 4.1.168.1 mempunyai IP Aliasing sebagai berikut: IP 192.168.1 IP Aliasing 192.168.168.1. Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 108 .5.10.:D).5 192.3.6.168.2. Kemudian lakukan konfigurasi iptables (firewall) pada tiap komputer dengan IP 192. 192.168. Lewatkan semua permintaan dari dalam ke luar.168.168. sebagai contoh 192.2. Ijinkan pihak luar mengakses layanan HTTP pada jaringan kelompok Anda.10.10.x.2 192.168.1? dari komputer 192.3 192.168.5.1 192. (konfigurasi ini sama untuk komputer dengan IP tersebut) o o o Menghentikan ping yang datang dari luar.1 192.1.Dengan komputer ber-IP 192. Silahkan Anda melakukan percobaan dengan beberapa kemungkinan.168.6.168.168.168.4.0.3 apakah dapat mengakses HTTP server di alamat 192.168. 192.x.1.1 (ingat kembali tentang router.168..10.4.168.4 192.168.10.x. Silahkan buat kesimpulan.1. 3.6 2.168.1. dan tuliskan di lembar kerja Anda untuk beberapa hal berikut ini: o o o o o Apakah yang dimaksud dengan -A INPUT ? Apakah yang dimaksud dengan -A OUTPUT ? Apakah artinya -j ACCEPT ? Apakah artinya -j DROP ? Tuliskan perintah konfigurasi iptables agar dari jaringan dalam.

Daftar Pustaka [1] Diktat Sistem Operasi Jaringan 2009. M.T.wikipedia. Departemen Teknik Informatika UNS Surakarta [2] http://en.org/wiki/Network_operating_system Sistem Operasi Jaringan Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 109 . Bambang Sugiantoro.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful