P. 1
Makalah Penjernihan Air

Makalah Penjernihan Air

|Views: 1,087|Likes:
Published by Dian Aditama

More info:

Published by: Dian Aditama on Apr 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/22/2013

pdf

text

original

BAB I A. Latar Belakang Air adalah salah satu sumber kehidupan makhluk hidup yang tinggal dibumi.

Tanpa air tidak akan mungkin kehidupan di bumi ini akan bisa berjalan. Semua makhluk hidup mulai dari hewan,tumbuhan hingga manusia,semua membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Bagi hewan dan manusia air sangat berguna untuk mengalirkan zat-zat makanan yang terlarut dalam darah untuk diedarkan keseluruh tubuh. Tanpa ada nya air hewan dan juga manusia akan mati karena kekeringan. Kekeringan ini juga bisa terjadi pada tumbuhan. Tumbuhan memerlukan air untuk mengangkut zat zat makanan yang diperlukan oleh tumbuhan yang dibawa dari dalam tanah ke seluruh tubuh tumbuhan. Air ini kemudian digunakan untuk mendukung proses fotosintesis. Dimana hasil fotosintesis ini akan menghasilkan energi dan oksigen yang sangat berguna bagi seluruh makhluk hidup di bumi. Seperti halnya dengan hewan dan manusia,tumbuhan bisa mati jika tidak di a air. Air sendiri da merupakan hal yang bersifat wajib bagi seluruh makhluk. Karena semua makhluk di bumi mengandung unsur air didalam tubuhnya. Itulah yang menyebabkan kenapa air adalah komponen yang paling penting bagi kehidupan.

B. Landasan Teori

Air merupakan sumber kehidupan yang tidak dapat tergantikan oleh apa pun juga. Tanpa air manusia, hewan dan tanaman tidak akan dapat hidup. Air di bumi dapat digolongkan menjadi dua, yaitu : 1. Air Tanah Air tanah adalah air yang berada di bawar permukaan tanah. Air tanah dapat kita bagi lagi menjadi dua, yakni air tanah preatis dan air tanah artesis. 2. Air Tanah Preatis Air tanah preatis adalah air tanah yang letaknya tidak jauh dari permukaan tanah serta berada di atas lapisan kedap air / impermeable.

Contoh air permukaan seperti laut. danau. Air Permukaan Air pemukaan adalah air yang berada di permukaan tanah dan dapat dengan mudah dilihat oleh mata kita. b. Air Tanah Artesis Air tanah artesis letaknya sangat jauh di dalam tanah serta berada di antara dua lapisan kedap air. danau. rawa. Manfaat . C. dan lain sebagainya. Air permukaan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu : a. sungai.3. kali. Contohnya seperti air laut yang berada di laut. Perairan Darat Perairan darat adalah air permukaan yang berada di atas daratan misalnya seperti rawa-rawa. sungai. Perairan Laut Perairan laut adalah air permukaan yang berada di lautan luas. empang. Tujuan D. dan lain sebagainya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->