Sel tumbuhan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas Belum Diperiksa Langsung ke: navigasi, cari Sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. Sel tumbuhan adalah penggerak dari suatu tumbuhan itu sendiri. Sel tumbuhan cukup berbeda dengan sel organisme eukariotik lainnya. Fitur-fitur berbeda tersebut meliputi:
• •

Vakuola yang besar (dikelilingi membran, disebut tonoplas, yang menjaga turgor sel dan mengontrol pergerakan molekul di antara sitosol dan getah. Dinding sel yang tersusun atas selulosa dan protein, dalam banyak kasus lignin, dan disimpan oleh protoplasma di luar membran sel. Ini berbeda dengan dinding sel fungi, yang dibuat dari kitin, dan prokariotik, yang dibuat dari peptidoglikan. Plasmodesmata, merupakan pori-pori penghubung pada dinding sel memungkinkan setiap sel tumbuhan berkomunikasi dengan sel berdekatan lainnya. Ini berbeda dari jaringan hifa yang digunakan oleh fungi. Plastida, terutama kloroplas yang mengandung klorofil, pigmen yang memberikan warna hijau bagi tumbuhan dan memungkinkan terjadinya fotosintesis. Kelompok tumbuhan tidak berflagella (termasuk konifer dan tumbuhan berbuga) juga tidak memiliki sentriol yang terdapat di sel hewan.

• •

Daftar isi
[sembunyikan]

Tipe sel
• Sel Parenkim - Sel ini memiliki fungsi untuk menyokong berdirinya tumbuhan, juga merupakan dasar bagi semua struktur dan fungsi tumbuhan. Sel parenkim memiliki dinding primer yang tipis, dan sitoplasma yang sangat fungsional. Sel ini hidup saat dewasa, dan bertanggung jawab terhadap fungsi biokimia. Sel kolenkim Sel skelerenkim

• •

[sunting] Tipe jaringan

○ ○ ○ Parenkim .berperan dalam pengangkutan di dalam tubuh tumbuhan Jaringan tanah . tidak memiliki dinding sekunder.sel Arabidopsis • • • Jaringan epidermis . . Kolenkim . dapat berkembang menjadi jaringan tumbuhan yang lebih terspesialisasi. Sklerenkim . bergabung untuk menyokong bagian tumbuhan yang sedang tumbuh. dan penyokong struktur. penyimpanan makanan. menyokong bagian tumbuhan yang tidak tumbuh.Dinding primer tipis.jaringan paling luar yang membungkus tumbuhan Jaringan pengangkut .Dinding primer yang tebal.melakukan fotosintesis.Dinding sekunder tebal.

Nah. jenis sel ditemukan dalam daun dan memiliki banyak kloroplas untuk .com/biology/plant.http://www.purchon. Anda mungkin akan bertanya bagaimana sel ini adalah khusus untuk fungsinya.htm Berikut ini adalah diagram sel palisade mesofil tumbuhan: Sel mesofil palisade Saya telah menggarisbawahi label yang perlu Anda ketahui tentang dalam warna hijau.

akar biasanya bawah tanah dan karena itu dalam gelap sehingga fotosintesis tidak akan mungkin bahkan jika sel-sel akar itu mengandung klorofil. Jika hanya ada satu jenis pigmen fotosintesis yang Anda harapkan semua tumbuhan hijau menjadi warna yang sama persis hijau. kita menyebutnya daun !!!!! Kau tahu bahwa tidak ada klorofil dalam sel-sel di akar karena Anda tahu bahwa akar TIDAK hijau. Pigmen fotosintetik Klorofil a Klorofil b Klorofil c Chlorophyllides Xantofil Karotin Mereka semua warna sedikit berbeda. kuninghijau. Semua paragraf terakhir benar-benar jelas: jadi harus jelas bahwa diagram berikut menunjukkan sel tumbuhan meskipun tidak mengandung kloroplas. Anda mungkin mendengar tentang "klorofil" yang diperlukan untuk fotosintesis. Berikut ini adalah "akar rambut" sel: Osmosis dan pembengkakan . Fotosintesis Tanaman dapat menggunakan energi cahaya untuk mengubah karbon dioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. Fotosintesis terjadi di bagian tumbuhan yang berwarna hijau. Zat warna abu-abu sebenarnya merupakan produk rusak dari klorofil. Warna yang Anda akan melihat biru-hijau. tetapi Anda akan perlu tahu tentang hal ini ketika Anda mulai "A" Level biologi kursus Anda. Kromatografi Lapis Tipis (KLT) adalah cara terbaik untuk membuktikan bahwa ada lebih dari satu jenis klorofil. Untuk melakukan hal ini mereka harus memiliki klorofil. Hal ini karena ada beberapa pigmen fotosintetik yang berbeda dan tanaman yang berbeda memiliki jumlah yang berbeda dari masing-masing satu dan mereka tidak semua warna yang sama.fotosintesis. hijau. Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini untuk ujian GCSE Anda. Kloroplas Kloroplas mengandung pigmen fotosintetik. oranye dan bahkan abu-abu. Bagaimanapun. tetapi mereka tidak. kuning. Hal ini dimungkinkan untuk memisahkan pigmen dari daun dengan menggunakan teknik yang disebut "kromatografi".

" pemeriksa Miskin tua akan harus memberikan tanda. Sebenarnya penguji ingin memberikan tanda. (Lihat saya Osmosis Page jika Anda lupa tentang hal ini. [Lebih lanjut tentang Hewan Sel] [Mitosis] [Lebih lanjut tentang Tanaman Sel] Terakhir direvisi: 10 November 2006.) Air lewat dari daerah konsentrasi air yang tinggi (tanah basah) melalui membran semipermeabel (membran sel) ke daerah konsentrasi air yang lebih rendah (sitoplasma). Pemeriksa untuk bertanya kepada anda apa yang khusus tentang sel ini. Mereka menempatkan diagram seperti ini di kertas ujian (mungkin tanpa label) dan kemudian bertanya "Bagaimana sel ini khusus atau diadaptasi untuk fungsinya?" Anda akan menuliskan "Ini memiliki area permukaan besar untuk mempercepat penyerapan air dan garam mineral dari tanah. Memberikan bahwa tanah lembab. tetapi hanya jika Anda tahu jawaban yang benar. Seperti sel-sel ini berkembang mereka menyerap air dengan osmosis dan rambut dapat didorong antara partikel tanah. Yang paling penting untuk diingat tentang rambut akar adalah bahwa mereka meningkatkan luas permukaan antara akar dan tanah: ini diperlukan untuk penyerapan air dan garam mineral. Hal ini membuat sel bombastis. [Biologi Revisi GCSE] [Windows Revisi AIDS] [Ilmu Pencarian] [darah] [Hewan & Tanaman Sel] [Central Nervous System] [Kloroplas] [A Diet Seimbang] [Respirasi] [Genetika] [The Ginjal] [Otot] [ Virtual laboratorium: protein test] [Flash Revisi Bantuan] Cari dalam database definisi ilmu . adalah mungkin bagi air untuk masuk ke akar rambut dengan osmosis.Osmosis sangat penting dalam sel-sel rambut akar.

id/images?client=firefox-a&rls=org.co.mozilla:enUS:official&channel=s&hl=id&q=sel+tumbuhan&um=1&ie=UTF8&source=univ&ei=3lStTL6MovBceurrNkN&sa=X&oi=image_result_group&ct=title&resnum=1&ved=0CB0Qs AQwAA&biw=1024&bih=408 .Lihat kamus yang lebih detail Google Terjemahan untuk:PenelusuranVideoEmailTeleponObrolanBisnis Tentang Google TerjemahanMatikan terjemahan instanPrivasiBantuan ©2010Business ToolsTentang Google TerjemahanBlogCeritakan kisah AndaPrivasiBantuan http://www. Lihat Hak Cipta Lihat Pernyataan Privasi Simak Baca secara fonetik Kamus . All rights reserved.wikipedia.org/wiki/Sel_tumbuhan Merekomendasikan halaman ini ke teman Nigel D Purchon Copyright © 1997 .google.Suara sekarang dalam pemilihan abadhttp://id.2000 Desain Gondar.

sel tumbuhan Ditulis oleh Ameilia Siregar pada 04-10-2010 Data observasi dengan menggunakan mikroskop cahaya pada sediaan sel daun tumbuhan (Elodea sp) dan sel epitel pipi manusia diperoleh hasil sesuai Tabel 2.2. Perbedaan Sel Tumbuhan Dan Hewan 11. Valesneria Sel epitel pipi Sitoplasma Ada Ada Inti/nukleus Ada Ada Kloroplas Ada Tidak ada Dinding sel Ada Tidak ada Membran sel Ada Ada Dari Tabel 2. Tabel 2.1 Dari Crayonpedia Langsung ke: navigasi. Perbandingan sel Elodea dan sel epitel pipi No 1 2 3 4 5 Bagian sel Elodea. sel hewan. cari http://www.4.org/materi_kimia/biologipertanian/struktur-dan-fungsisel/perbedaan-sel-tumbuhan-dan-selhewan/Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan Kata Kunci: perbedaan sel. yaitu bagian-bagian yang dijumpai pada sel Elodea dan epitel pipi (sebutkan!) Demikian juga kalian .chem-istry.2. Hydrilla.2 kalian dapat mengetahui persamaan antara sel hewan dan sel tumbuhan.

kloroplas. Perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan Ciri Sel Tumbuhan Dinding sel Tetap Bentuk sel Ada Butir plastida Fotosintesis Asal energi Vakuola besar (Sentral) Vakuola Tidak ada Sentriol Tidak ada Flagel partner-pub-8468 FORID:11 Sel Hewan Tidak ada Bervariasi Tidak ada Makanan Lisosom Ada Ada UTF-8 Top of Form Cari Artikel Go Bottom of Form . Demikian juga adanya dinding sel pada sel Elodea menjadikan bentuk selnya lebih jelas dibandingkan pada sel pipi.3. Gamet jantan pada hewan mempunyai flagel. Jika kalian amati secara cermat. Dengan adanya kloroplas pada sel Elodea maka tumbuhan ini dapat mensintesis makanannya sendiri melalui proses fotosintesis. tetapi berasal dari makanan. dan inti sel Elode terletak di pinggir dekat ke dinding sel. sedangkan pada pada tumbuhan tingkat tinggi tidak berflagel. Dalam sel hewan. karena ukuran vakuolanya kecil. yaitu bagian-bagian yang dijumpai pada sel Elodea tetapi tidak dijumpai pada sel epitel pipi. Organel ini tidak dijumpai pada sel tumbuhan. Apabila kita mengamati reproduksi seksual pada sel hewan dan sel tumbuhan maka pada saat proses pembelahan sel terdapat adanya sentriol dekat inti sel hewan.3. Tabel 2. kita dapat menyebutkan perbedaan antara sel tumbuhan dan sel hewan. Berdasarkan pengamatan dan keterangan tersebut. sedangkan pada sel hewan tidak teramati adanya vakuola sentral. Hal ini disebabkan dibagian tengah dari sel tumbuhan terdapat adanya vakuola besar yang terletak di tengah-tengah sel (disebut vakuola sentral). Perbedaan kedua makhluk hidup tersebut dapat dilihat pada Tabel 2. Organel ini umumnya tidak terdapat pada sel tumbuhan. organel yang disebut lisosom (karena ukurannya kecil maka tidak dapat diamati dengan mikroskop cahaya) berfungsi mencerna makanan yang diabsorbsi oleh sel. Karena sel hewan tidak mempunyai kloroplas (plastid) maka tidak dapat melakukan fotosintesis sehingga energi yang diperolehnya bukan dari cahaya matahari.dapat mengetahui ciri-ciri khas tumbuhan.

0 feed . Sel hewan . Anda dapat mengirimkan komentar .Artikel ini termasuk kategori: Struktur dan Fungsi Sel dan memiliki 0 Komentar sejauh ini . atau taut balik dari situs pribadi . Anda dapat mengikuti perkembangan artikel melalui RSS 2.

Vesikel golgi s. Dinding sel d. Retikulum endoplasma halus r. Membran plasma c. Vakuola 3. Membran tilakoid e. Kloroplas 2. Amilum f. Nukleus a. Plasmodesmata b. Badan golgi .Berikut ini adalah gambar struktur sel tumbuhan Keterangan: 1. Vakuola q.

b. Vesikel kecil bermembran l. Nukleus p. Ribosom Berikut adalah gambar struktur sel hewan Bagain-bagian sel hewan dan fungsinya a. Membran Sel Berfungsi untuk mengatur pertukaran zat. . Sitoplasma k. Retikulum Endoplasma Berfungsi sebagai sintetis dan transportasi berbagai macam zat kimia. Nukleus Berfungsi sebagai tempat pengendalian aktivitas sel. Mitokondrion (mitokondria) i. Retikulum endoplasma kasar m. Pori-pori nukleus n. c. Tonoplas h. tempat AND yang berfungsi sebagai faktor keturunan.g. Membran inti o. tempat menerima rangsang. sebagai pelindung. Peroksisoma j.

Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti (adapula yang menyebutnya sebagai selaput inti). Lisosom Berfungsi sebagai tempat mencerna bahan-bahan dari luar sel dan bahan yang tidak dipakai dari dalam sel.d. j. Dengan adanya plasmodesmata. plasmodesmata juga berperan dalam transport protein dan RNA duta dari sel ke sel lain. Badan Mikro Berfungsi mengandung enzim katalase dan oksidasi disebut perolisisum. Ribosom Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya sintesa protein. Mitokondria Berfungsi sebagai tempat respirasi aerob. yang mengandung enzim untuk daun asam glioksiat disebut pada tumbuhan. h. 2. sel tumbuhan dapat berkomunikasi dengan sel lainnya. Selain berperan dalam komunikasi antar sel tumbuhan. e. sel tumbuhan memiliki struktur yang sama dengan sel hewan. Kompleks Golgi Berfungsi untuk merakit mikro molekul yang kaya karbohidrat. Plasmodesmata (tunggal: plasmodesma) Merupakan pori-pori penghubung yang terletak pada dinding sel. i. Sentrosom Berfungsi sebagai peran dalam pembelahan sel yaitu pada pergerakan kromatin. Plastida . Beberapa struktur eksklusif itu antara lain adalah: 1. dan adapula struktur yang dimiliki hewan tetapi tidak dimiliki tumbuhan. Tetapi ada beberapa struktur yang secara eksklusif dimiliki tumbuhan. Secara umum. Sentriol Berfungsi untuk mengontrol pembentukan benang-benang gelondong selama pembelahan sel. f. Sel tumbuhan termasuk sel eukariotik. g.

Vakuola ini diselimuti oleh membran tonoplas. Ada beberapa sel hewan khususnya hewan bersel satu. 2007). 3. Protoplasmanya hanya dilindungi oleh membran tipis yang tidak kuat.mozilla:enUS:official&channel=s&um=1&ie=UTF8&source=univ&ei=bVqtTO7iKoS3cYCJ2cIN&sa=X&oi=image_result_group&ct=title&resnu m=1&ved=0CCIQsAQwAA&biw=1024&bih=408 http://www.co.google. tumbuhan mampu berfotosintesis. yang menyebabkan warna hijau. Kloroplas memiliki pigmen bernama klorofil. Vakuola ini berperan untuk menjaga turgor dan menyimpan cadangan makanan. Sementara vakuola pada sel hewan cenderung kecil. Umumnya berbentuk segi enam. sel tumbuhan akan tampak tersusun rapi dan memiliki bentuk tetap.doc Sel hewan tidak memiliki dinding sel.Plastida dapat berdifferensiasi. protein dan terkandung lignin (zat kayu). Selain itu. Vakuola yang besar Vakuola pada sel tumbuhan besar. bahkan tidak ada. (Anonymous. Untuk mengakses dan mendownload tugas kuliah ini selengkapnya anda harus berstatus Paid Member http://www. Dinding sel tumbuhan tersusun dari selulosa. adapula organel yang dimiliki oleh sel hewan. Sentriol berperan dalam pemisahan kromosom pada tahap anafase.contohskripsitesis. Hal ini dikarenakan sel tumbuhan memiliki dinding sel. 4. yaitu sentriol. selnya terlindungi oleh . tetapi tidak dimiliki oleh sel tumbuhan. Dengan adanya kloroplas ini. Dinding sel Bila dilihat lewat mikroskop.id/images?q=sel+hewan&hl=id&client=firefox-a&rls=org. salah satunya menjadi kloroplas. yang bentuknya tidak tetap. Berbeda dengan hewan.com/backup/Tugas%20Kuliah/Pengamatan%20sel.

Bagian paling besar pada sel hewan adalah nukleus. Terdapat dua macam vakuola. Secara umum sel hewan tidak memiliki vakuola. Dalam satu sel hewan terdapat dua sentriol. misalnya pada Amoeba dan Paramaecium. Jika ada vakuola. Pada beberapa jenis hewan bersel satu ditemukan adanya vakuola. ukurannya sangat kecil. Saat pembelahan sel. Kedua sentriol ini terdapat dalam satu tempat yang disebut sentrosom. tiap sentriol memisahkan diri menuju kutub yang berlawanan dan memancarkan benang-benang gelendong pembelahan yang akan menjerat kromosom.cangkok yang kuat dan keras. . dijumpai misalnya pada Euglena dan Radiolaria. Cangkok tersebut umumnya tersusun atas zat kersik dan pelikel. yaitu vakuola kontraktil (alat osmoregulasi) dan vakuola non kontraktil (penyimpan makanan).

Plasmodesmata .Dikotil 7.

.

Tumbuhan dapat dibedakan atau dibagi menjadi dua macam. . yaitu tumbuh-tumbuhan berbiji keping satu atau yang disebut dengan monokotil / monocotyledonae dan tumbuhan berbiji keping dua atau yang disebut juga dengan dikotil / dicotyledonae.