P. 1
kecelakaan akibat kerja

kecelakaan akibat kerja

|Views: 470|Likes:
Published by faisalkurniawan

More info:

Published by: faisalkurniawan on Apr 26, 2011
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

KECELAKAAN AKIBAT KERJA

Kecelakaan tidak terjadi kebetulan, melainkan ada sebabnya. Oleh karena itu dapat dicegah, asal kita cukup kemauan untuk mencegahnya. Oleh karena itu pula sebab-sebab kecelakaan harus diteliti dan ditemukan, agar untuk selanjutnya demgan usaha-usaha koreksi yang ditujukan kepada sebab itu kecelakaan dapat dicegah dan tidak terulang kembali. Untuk analisa sebab-sebab kecelakaan akibat kerja hanya ada dua golongan penyebab. Golongan pertama adalah faktor mekanis dan lingkungan, yang meliputi segala sesuatuselain manusia. Golongan kedua adalah manusia itu sendiri yang merupakan sebab kecelakaan. Contoh analisa sebagai beriku : seorang pekerja mengalami kecelakaan disebabkan oleh kejatuhan benda tepat mengenai kepalanya, sesungguhnya ia tidak harus mendapat kecelakaan itu, seandainya ia mengikuti petunjuk untuk tidak berjalan di bawah alat angkut barang, jadi sebabnya dalam hal ini adalah faktor manusia. Faktor mekanis dan lingkungan dapat pula dibagi-bagi menurut keperluan untuk maksud apa. Misalnya di perusahaan-perusahaan sebab-sebab kecelakaan dapat disusun menurut pengolahan bahan, mesin pengerak dan pengangkat, jatuh di lantai dan tertimpa benda jatuh, pemakai alat-alat atau perkakas yang dipegang dengan tangan, menginjak atau terbentur barang, luka-luka bakar oleh benda pijar, dan pengangkutan. Kira-kira sepertiga dari kecelakan-kecelakaan yang menyebabkan kematian dikarenakan jatuh, baik dari tempat yang tinggi, maupun jatuh di tempat yang datar. Accident proneness adalah kenyataan bahwa untuk pekerja-pekerja tertentu terdapat tanda-tanda kecendrungan untuk mengalami kecelakaan-kecelakaan. Disini jelas betapa pentingnya faktor manusia dalam terjadinya kecelakaan akibat kerja. Memang ada orang-orang yang bersifat sembrono, asal saja, semaunya, terlalu lambat, masa bodoh dan lain-lain, sehingga mereka itu mempunyai kecendrungan untuk celaka. Seorang pekerja yang terlalu lamban tidak sesuai untuk pekerjaan yang memerlukan kegesitan, hingga akhir iaa celaka. Namun juga tergesa-gesa, pekerja demikian ada kemungkinan terjatuh atau terlindas kendaraan.

Oleh karena itu pula sebabsebab kecelakaan harus diteliti dan ditemukan. yang meliputi segal sesuatu selain manusia. Oleh karena itu kecelakaan dapat dicegah. asal kita cukup kemauan untuk mencegahnya. Golongan pertama adalah faktor mekanis dan lingkungan. Golongan kedua adalah manusia itu sendiri yang merupakan sebab kecelakaan.KECELAKAAN AKIBAT KERJA Kecelakaan tidak terjadi kebetulan. agar untuk selanjutnya dengan usahausaha koreksi yang ditujukan kepada sebab itu kecelakaan dapat dicegah dan tidak terulang kembali. melainkan ada sebabnya. Untuk analisa sebab-sebab kecelakaan akibat kerja hanya ada dua golongan penyebab. Contoh analisa sebagai berikut : seorang pekerja mengalami kecelakaan disebabkan oleh kejatuhan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->