Tips & Trik Memulai Usaha Cetak Foto Digital

Teknologi Kamera Digital yang disandang oleh pesawat handphone sekarang ini berdampak positif kepada dunia Cetak Foto Digital. Hal ini jelas sekali terlihat dengan begitu maraknya counter handphone yang melengkapi tempat usahanya dengan Jasa Cetak Foto Digital. Dengan melihat peluang besar tersebut diatas, maka sudah saatnya kita melirik dan memulai untuk membuka Usaha Cetak Foto Digital ini. Anda tertarik dengan Usaha Cetak Foto Digital ini?, jika Ya, maka : Berikut ini saya telah merangkum hal-hal yang perlu anda persiapkan guna kesuksesan anda dalam memulai, menjalankan dan kemudian mengelola Usaha Cetak Foto Digital anda dengan Sukses : Artikel ini saya buat dari pengalaman saya pribadi dalam hal cetak foto digital yang memang telah saya jalani mulai tahun 2003 silam. Alhamdulillah pengalaman demi pengalaman, Try.. try... and error kerap sekali menghampiri usaha saya. Permasalahan-permasalahan yang timbul dengan pelanggan hampir tiap saat saya temui, dan itu semua Alhamdulillah telah mampu membesarkan hati saya dalam hal bagaimana untuk sukses dalam usaha cetak foto dogotal ini. Nah, dalam artikel ini, saya terketuk hati untuk setidaknya menyumbangkan pikiran-pikiran dan/atau pengalaman-pengalaman saya tentang bagaimana menjalankan usaha cetak foto digital ini. Oke, sekian basa-basi dari saya (kepanjangan juga kayaknya kurang baik lah.. malah bikin anda jadi Boring... yah.. khan?!.. tapi kalo toh artikel ini kurang kumplit dan masih ada kepenasaranan dari anda tentang permasalahan-permasalahan teknis untuk mengelola usaha cetak foto digital, maka : Silahkan JANGAN SUNGKAN-SUNGKAN untuk menghubungi saya di : 0852-234-963-47 (SMS Only).

_ A. Keperluan Alat/Mesin dan Bahan 1. 1 (satu) Unit Komputer lengkap dengan Software / Program pendukungnya Saya sarankan menggunakan Komputer dengan Processor Pentium 4. Hal ini dimaksudkan karena karga Komputer dengan spesifikasi tersebut tidak terlalu mahal. Software / program yang biasa digunakan untuk keperluan cetak foto digital adalah Adobe Photoshop dan Corel Draw. Walaupun untuk jaman sekarang ini banyak sekali software-software instant yang jika dilihat sepintas lebih bagus kinerjanya dari kedua software yang saya sebutkan diatas, tetapi saya merekomendasikan untuk menggunakan dan mempelajari lebih detail program Adobe Photoshop dan Corel Draw (karena memang itulah empu-nya program grafis desain yang dengan mudah untuk

.000.(tergantung daerah/kota dimana anda tinggal ) 2.500. lho. karena sudah terbukti manjur. hasil cetak bagus dan perawatan mudah (sesuai pengalaman saya.. kira-kira harga di pasaran sekitar Rp. Untuk sebuah Personal Komputer.) Harganya sekarang ini kira-kira Rp. Saya merekomendasikan pake-lah Printer Epson R230.SUDAH termasuk pake sistem Tinta Infus (tergantung kota anda juga sih).000..500. 2. ini dia yang juga kebutuhan pokok bagi setiap insan yang hendak buka usaha cetak foto digital. 1 (satu) Unit Mesin Printer Nah. 1.bisa kita pelajari di banding program-program lain se-kelasnya).

ge.. saya cuman merekomendasikan.Oh.. bagi anda karyawan CHROMA INK jangan ke. untuk keperluan tinta infusnya saya pake Merk CHROMA INK. so. saya sejauh ini belum pernah bermasalah dengan macetnya tinta-lah. Karena terbukti bagus. sebagian tinta nggak keluar lah.. ya. Alhamdulillah.er-an . dll... ini bukan promosi lho.

yah.. Trims. .. But makasih karena produk anda saya acungin jempol.

.

Ini cuma rekomendasi. Ini juga bukan promosi . menggandakan foto mereka yang telah jadi.3.Glossy Photo Paper Jenisnya banyak baget yang beredar dipasaran. Tapi saya lebih memilih Merk Spectra yang 20 lembar ukuran A4 (210 x 297 mm). untuk jaga-jaga kalo-kalo ada pelanggan kita yang mau me. 4. .re-pro. 1 (satu) Unit Mesin Scanner Mesin yang satu ini penting lho. Kertas Foto . memperbesar.saya tak dibayar se-peser-pun oleh Spectra punya.

ya atur sendiri yang mana yang lebih penting untuk yang duluan di beli.pun anda sudah dapet Kamera Digital MPIX yang 5 MegaPixel atau bisa juga sebagai pengganti kamera digital anda beli aja WebCam yang 5 MegaPixel kira-kira harganya + Rp. Harganya dulu beli sekitar Rp. untuk point ini bisa anda tangguhkan karena tidak berhubungan langsung dengan usaha cetak foto pelanggan yang kebanyakan mereka dah bawa sendiri fotonya dari rumah mereka masing-masing.000. Insya Allah saya akan membantu se-mampu saya. 600. tapi tak ada salahnya untuk membeli kamera digital / webcam ini jika kondisi modal anda mencukupi). 1 (satu) Unit Card Reader (USB 2.Kalau saya sekarang ini memakai Scanner Merk Cannon (CanoScan 3000 ex). 200.. ya sekitar Rp. Harga Kamera Digital untuk kualitas standar di-pasaran sudah semakin murah. 600.000.(seebnarnya. Ngak ada rugi dan salah-nya khan? tos masih tetep berhubungan dengan kegiatan usaha anda ini.. Perangkat yang satu ini saya sarankan harus juga tersedia guna memudahkan pelanggan kita dalam mentransfer data foto dari Memory Card mereka ke komputer .5.0 All in One Card Reader).000. yaitu sedikit-sedikit nerima orderan Foto di tempat anda. Kamera Digital atau WebCam Ini adalah tambahan peralatan yang saya rasa pantas untuk anda pertimbangkan untuk dibeli. jika anda ingin mengembangkan Usaha Cetak Foto Digital ini menjadi lebih luas. pokoknya.. Jika bingung nentuin pilihan silahkan nanya-nanya saya aja yah di 0852-234-963-47 (SMS Only). 6. baik foto close-up pun foto pas foto kilat 10 menit.

. maksudnya kita bisa mencolokkan semua jenis Card Reader yang sekarang sedang berkembang di masyarakat. Karena handphone-handphone sekarang sudah standar ada perangkat bluetooth-nya untuk media penyambung data dengan komputer anda.s/d Rp.000.000. 40. Harganya ya sekitar Rp. Silahkan cek-cek aja di toko komputer di daerah/kota anda. Saya sarankan memilih Card Reader yang Super Kumplit. Harganya sekitar Rp. 7. 80.(tergantung qualitas & merk dan juga tempat dimana anda tinggal ). BlueTooth Ini juga musti anda pertimbangkan untuk membelinya. 40.000.kita.- .. dari Jenis Card Reader yang ukuran besar sampai yang terkecil (seperti Card Reader yang dipasang di handphone-handphone keluaran terbaru).

40. InfraRed Reader Untuk melayani konsumen/pelanggan kita yang koneksi handphone-nya cuma lewat infraRed. sebagai Hub cadangan kalo-kalo banyak pelanggan dalam satu waktu yang pada bawa flashdisk dalam nyimpen datanya .000. Harga sekitar Rp.- 9.8. maka kita sudah selayaknya membeli InfraRed Reader ini. Sambungan HUB untuk USB / USB Hub Peralatan yang satu ini juga penting lho.

maka untuk jenis Usaha Cetak Foto Digital ini sangat cocok jika dibuka di tempat yang banyak kalangan remaja-nya. jangan bersatu dengan ruangan pribadi anda yang lainnya karena ini akan menimbulkan rasa canggung. Tempat Usaha Untuk Tempat Usaha Cetak Foto Digital. Menurut pengamatan saya. perkantoran dan umum. DAN Alangkah baiknya jika anda memiliki kemampuan mengetik.B. maka ada beberapa pilihan yang bisa anda ambil. mahasiswa. Keperluan Tempat dan Sarana pendukungnya 1. INGAT. jika kondisi keuangan anda belum memungkinkan untuk menyewa tempat di tempat strategis sebagaimana saya sebutkan diatas. Contohnya : Anda dapat menyewa tempat usaha di dekat sekolahan baik SD. Tetapi. yang tentunya disesuaikan dengan kondisi anda sekarang ini. SMP pun SMU dan dekat Universitas. maka anda-pun dapat membuka usaha cetak foto digital ini mulai dari rumah anda sendiri (dengan menyisihkan sedikit ruangan khusus untuk keperluan / servis / layanan cetak foto digital). kurang bebas dan risi bagi pelanggan anda. Intinya buatlah ruangan terpisah dari ruangan pribadi / ruangan keluarga anda untuk membuat pelanggan anda menjadi . maka usaha cetak foto digital ini digabung dengan jasa pelayanan pengetikan tugas-tugas baik untuk anak sekolah.

Pamplet / Brosur / Spanduk Ini merupakan sarana cukup penting yang akan menunjang kesuksesan usaha cetak foto digital anda. Sehingga memudahkan calon pelanggan untuk melihat contoh-contoh foto hasil cetakan di tempat usaha anda. sisipkan / berikan brosur tersebut kepada dia (pelanggan). sehingga jika ada pelanggan anda yang berkunjung. cobalah untuk belajar membuat selebaran kertas berisi informasi singkat. Pemasangan Spanduk yang menarik di depan tempat usaha anda juga salah-satu trik manjur untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa benar di tempat tersebut ada dan bisa untuk melakukan cetak foto digital. . Penempelan Contoh-contoh Foto Hasil Cetak di tempat Usaha anda Ini adalah sangat berguna untuk meyakinkan calon pelanggan agar merasa yakin dengan Pelayanan Jasa Cetak Foto Digital milik anda. entah dia akan menyimpannya di meja ruangan utama rumah.lebih leluasa ketika menggunakan jasa cetak foto digital di tempat anda. Nah itu merupakan teknik praktis untuk usaha anda karena ada kemungkinan brosur tersebut dibaca orang lain. Saya yakin. 2. padat dan jelas tentang usaha cetak foto digital anda. Sedikit-sedikit. Lalu sebarkan di tempat umum dengan cara bijak dan tidak mengganggu tempat / fasilitas umum yang ada. Pembuatan Brosur yang nantinya di pajang di dalam keranjang kecil di tempat usaha anda juga merupakan salah-satu alternatif lain untuk bisa anda lakukan. pelanggan yang baik dan bijak akan membawa brosur tersebut sampai rumah. Silahkan tempelkan hasil-hasil cetak foto di tempat usaha anda sewajarnya (misalnya di dinding). 3. atau mungkin dia membuangnya di jalan.

Pembukuan Frame Foto / Bingkai Foto Walau di dalam handphone sendiri sebenarnya sudah ada fasilitas frame. lalu anda mem-buku-kan-nya ke dalam sebuah Display Book.4. Sehingga calon pelanggan akan dengan mudahnya untuk memilih-milih bingkai foto yang mereka inginkan untuk menghiasi foto yang akan mereka cetak. tapi tak ada salahnya dan sangat saya rekomendasikan bagi anda untuk mengoleksi sebanyak mungkin bingkai foto yang cantik dan lucu. .

400 bingkai foto pilihan saya.400 file siap pakai dalam format Psd Adobe Photoshop. untuk keperluan ini saya telah menyediakan Frame / Bingkai Foto 1.Nah. dengan mode transparant yang akan sangat bermanfaat untuk mendukung suksesnya usaha cetak foto digital anda. Silahkan KLIK DISINI untuk melihat-lihat dulu koleksi 1. .

Printer. seperti Adobe Photoshop dan Corel Draw. Jika anda sendiri yang akan mengelola usaha cetak foto digital ini. Barang-barang seperti Komputer. sebagaimana yang telah saya sebutkan diatas. Kelola Sistem Keuangan sebaik mungkin Yuk kita mulai belajar mengelola keuangan dari hasil usaha cetak foto digital yang sedang kita jalankan. Tetapi jangan pernah membuat pelanggan anda kecewa. D. karena ke-semua feature telah tersedia complete di kedua program tersebut. Penutup Saya rasa se-gitu-dulu-aja-deh. Insya Allah saya akan memberikan jawaban se-mampu ke-ilmuan saya. karena yang akan terjadi adalah kebalikan dari semua yang saya bicarakan di paragraph ini. Dan ini tentunya memerlukan biaya. INGAT. Untuk mengatasi hal ini bisa saja anda melakukan servis untuk barang-barang tersebut atau jika barang tersebut memang sudah tidak layak pakai bisa saja menggantinya dengan yang baru. maka sudah se-yogyanya anda mulai bertekad untuk mau belajar / mempelajari program-program komputer yang memang sangat erat sekali hubungannya dengan cetak foto digital. Pelanggan yang puas dengan jasa anda akan menceritakan pengalaman puasnya tersebut kepada orang lain tanpa campur tangan anda / tanpa anda suruh / anda dibayar oleh anda. saya rasa programprogram lain belum begitu terlalu penting. dan ini merupakan mesin iklan otomatis yang bekerja terus menerus dan gratis. Maju mundur-nya usaha cetak foto digital sangat dipengaruhi oleh banagimana kwalitas/ kemampuan operator dalam menjalankan/ memberikan hasil akhir yang memusakan untuk semua pelanggan yang datang. Sumber Daya Manusia Yang satu ini adalah 'ngak bisa terpisahkan dari usaha cetak foto digital anda. Dalam kaitannya dengan Sumber Daya Manusia untuk menjalankan Usaha Cetak Foto Digital. Jika anda mengalami kendala dalam mempelajari kedua program tersebut. hal-hal yang bisa saya bagikan untuk Tips & Trik Memulai . INGAT: Pelanggan adalah Raja. Ikuti keinginannya selama tidak merugikan dan atau tidak memudharatkan anda. Cukup dua aja yang musti anda pahami. yaitu akan menjadi Boomerang bagi usaha anda. saya yakin 1 atau 2 tahun kemudian akan mengalami penyusutan kwalitas dan atau penurunan kinerja dari yang seharusnya. dll.C. silahkan JANGAN sungkan-sungkan untuk menghubungi saya di nomor 0852-234-963-47 (SMS Only). Kita bisa menyisihkan hasil usaha untuk keperluan pemeliharaan alat dan atau pembelian bahan baku di masa yang akan datang. E. maka ada point penting yang menurut saya jangan sampai ter-abaikan oleh anda (untuk suksesnya usaha anda ini). yaitu Sikap / prilaku anda terhadap pelanggan. maka dari itu sebaiknya anda menabung / menyisihkan hasil usaha kita khusus untuk biaya perawatan / pembelian mesin.

se-mampu ke-ilmuan saya.Usaha Cetak Foto Digital bagi anda semua. Sukses untuk Usaha Mandiri anda. 11 Nopember 2010 AyahAma . Kamis. Tasikmalaya. Insya Allah saya akan memberikan jawaban terbaik. silahkan JANGAN sungkan-sungkan untuk langsung menghubungi saya di nomor 0852234-963-47 (SMS Only). Jika anda memiliki pertanyaan seputar pengelolaan teknis Usaha Cetak Foto Digital. Semoga bermanfaat.