ANALISIS SKL MATA PELAJARAN

Mata Pelajaran : Sejarah SMA/MA
No SKL Mapel Tingkatan Ranah Materi Pokok

1

Memahami ruang lingkup ilmu sejarah

C2

Pengertian dan ruang lingkup ilmu sejarah

2

Menggunakan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

C4

Prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah

Menganalisis masa pra-aksara 3 dan masyarakat aksara pada masyrakat Indonesia

C4

Tradisi sejarah dalam masyarakat Indonesia masa praaksara dan masa aksara

Menganalisis kehidupan awal masyarakat di Indonesia 4 meliputi peradaban awal, asalusul dan persebaran manusia di wilayah nusantara/Indonesia

C4

Kehidupan awal masyarakat Indonesia

masa Islam. Hindu-Buddha. serta asal usul dan persebaran manusia di Indonesia C4 2. agama.negara tradisional .3 Asal-usul dan persebaran manusia di kepulauan Indonesia Menganalisis perkembangan bangsa Indonesia pada masa Negara tradisional.Menganalisis kehidupan awal. peradaban manusia Indonesia dan bangsa-bangsa lain di 5 dunia. 6 dan sistem pemerintahan masa Hindu-Buddha.2 Peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia 2. proses interaksi antara tradisi lokal. dan Islam di Indonesia C4 Perjalanan bangsa Indonesia pada masa negara . meliputi perkembangan budaya.

dan lahirnya Undang-Undang Dasar 1945 C4 Sejarah dunia yang mempengaruhi sejarah Bangsa Indonesia dari abad ke-18 sampai dengan abad ke-20 C4 Perjuangan bangsa Indonesia sejak proklamasi hingga lahirnya Orde Baru . 7 demografi. sosial. revolusi Amarika.Menganalisis kesejarahan masa kolonial Hindia Belanda (pengaruh Barat) meliputi perubahan ekonomi. revolusi Rusia) terhadap perubahan sosial. serta politik dan masa kolonial Jepang yang meliputi perubahan sosialekonomi. ekonomi. dan politik di Indonesia Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945. terbentuk Negara Kesatuan 9 Republik Indonesia. politik C4 Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan pendudukan Jepang Menganalisis pengaruh berbagai revolusi politik dan sosial di dunia (Revolusi 8 Perancis.

kerajaan-kerajaan Islam. cita-cita terbentuknya Negara merdeka dan sebagainya C4 Pengaruh paham baru dan peristiwa penting di dunia terhadap pergerakan nasional.Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia mulai masa kerajaan-kerajaan HinduBuddha. Peristiwa Andi Azis. PRRI. Inggris. Pemerintahan Pendudukan Jepang. Pemnerontakan DI/TII. RMS. Peristiwa PERMESTA. Menganalisis perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan dan persatuan NKRI darii ancaman disintegrasi 9 bangsa. antara lain Peristiwa Madiun 1948. meliputi politik (lahirnya gerakan pendidikan dan nasionalisme). permerintahan colonial 10 Belanda. dan Gerakan G-30-S/PKI C4 Pemberontakan dan pergolakan masa pasca kemerdekaan .

19451967). dan masa peralihan ke masa Reformasi(1998 – sekarang) C4 Perjuangan sejak Orde Baru sampai dengan masa reformasi Menganalisis perkembangan ilmu pengetahuan dan 9 teknologi sesudah Perang Dunia II sampai dengan pertumbuhan teknologi mutahir C4 Perkembangan sejarah dunia sejak Perang Dunia II sampai dengan perkembangan mutakhir . masa Demokrasi Pancasila (Orde Baru.Menganalisis perkembangan masyarakat Indonesia sejak Proklamasi sampai dengan masa Orde Baru. meliputi Masa Pemerintahan Demokrasi 9 Terpimpin (Orde baru. 19671998). dan masa Reformasi.

.

3.2.4 Mendeskripsikan perkembangan penulisan sejarah.Mendeskripsikan kondisi masyarakat praaksara.1. Ilmu.3 Mendeskripsikan pengertian periodisasi. 1.1.3. 1.1 Mendeskripsikan proses perkembangan sosial. dan fakta sejarah. 1. kisah.2 Mendeskripsikan hakikat sejarah sebagai peristiwa. kronik. dan penulisan sejarah. Mengidentifikasi sumber sejarah.3.2 Mendeskripsikan proses perkembangan manusia purba di Indonesia 2. 1.3. dan Seni.S SKL MATA PELAJARAN Tahun Analisis : 2010/2011 Penjabaran pada KD 1.2.1.1. dan kebudayaan manusia purba di Indonesia Kelas / Semester X/1 X/1 X/1 X/2 .2 Menjelaskan tradisi sejarah praaksara dan aksara 1. bukti.1.1.1 Mendeskripsikan Pengertian Ilmu Sejarah. 1. 1.2. 1. Menjelaskan tahapan penelitian ilmu sejarah.3 Menganalisis jejak sejarah di dalam foklor .2. 1. rekreatif sejarah dalam kehidupan sosial masyarakat. ekonomi.3.4 Mengidentifikasi kegunaan edukatif.1 Mendeskripsikan proses muncul dan berkembangnya manusia di Indonesia 2.1. 2. 1.4.2. Menjelaskan jenis-jenis sejarah. 1.1.Mendeskripsikan prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan. kronologi. inspiratif.1.

2.5 Menganalisis proses interaksi antara tradisi lokal. HinduBuddha. dan India terhadap kebudayaan Indonesia 2.3. 2. X/2 1.2 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia 1.Hoabin. kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia 1.1 Mendeskripsikan pusat peradaban kuno di dunia.3 Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Islam terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia 1.4 Menganalisis perkembangan kehidupan negara-negara.1 Mendeskripsikan pengaruh kebudayaan Dong son.2.1 Mendeskripsikan kebudayaan Bascon . dan Islam di Indonesia XI/1 .2.1 Menganalisis pengaruh perkembangan agama dan kebudayaan Hindu-Buddha terhadap masyarakat di berbagai daerah di Indonesia 1.

2 Menganalisis pengaruh revolusi industri di Eropa terhadap perubahan sosial.1 Menganalisis peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan pembentukan pemerintahan Indonesia 1. ekonomi.1 Membedakan pengaruh Revolusi Prancis. dan kehidupan sosial budaya masyarakat di Indonesia pada masa kolonial 2. dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia 3. dan politik di Indonesia XI/2 1.2. demografi.1 Menganalisis perkembangan pengaruh Barat dan perubahan ekonomi.3 Menganalisis proses interaksi Indonesia-Jepang dan dampak pendudukan militer Jepang terhadap kehidupan masyarakat di Indonesia XI/2 3.2 Menganalisis perkembangan ekonomi-keuangan dan politik pada masa awal kemerdekaan sampai tahun 1950 Xll /1 . Revolusi Amerika.

PRRI.4 Menganalisis perkem¬bangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia dalam upaya mengisi kemerdekaan Xll /1 . DI/TII.2.3 Menganalisis perjuangan bangsa Indonesia dalam memperta¬hankan kemerdekaan dari ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan (antara lain: PKI Madiun 1948. G-30-S/PKI) 1. RMS. Andi Aziz.2 Menganalisis hubungan antara perkembangan paham-paham baru dan transformasi sosial dengan kesadaran dan pergerakan kebangsaan Xl /2 1. Permesta.

3 Menganalisis perkembangan politik dan ekonomi serta perubahan masyarakat di Indonesia pada masa reformasi Xll /1 3. April 2011 Nama Mahasiswa Mara Dwi Prasetyo/IPS /2A/S2/UNINDRA .2 Menganalisis proses berakhirnya pemerintah Orde Baru dan terjadinya reformasi 2.2 Menganalisis perkembangan mutakhir sejarah dunia Xll /2 Jakarta.1 Menganalisis perkembangan pemerintahan Orde Baru 2.2.1 Menganalisis perkem¬bangan sejarah dunia dan posisi Indonesia di tengah perubahan politik dan ekonomi internasional setelah Perang Dunia II sampai dengan berakhirnya Perang Dingin 3.

NPM.2010737129 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful