A.

Konstruksi Masa Depan Ilmu dan Teknologi Perkembangan ilmu pengetahuan tidak lepas dari perkembangan

teknologi terhadap kehidupan manusia. Kehadiran iptek merupakan penanda adanya proses pembangunan yang tengah berlangsung, dan dapat

mempengaruhi atau meningkatkan tatanan hidup masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik. Perbaikan dan peningkatan kehidupan masyarakat dengn ilmu pengetahuan dan teknologi ini selanjutnya akan mengarah pada perubahan sosial dan budaya. Dampak yang dihasilkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang diuraikan berikut ini Dampak positif: Kemajuan di bidang pendidikan dengan berkembangnya kesempatan belajar serta bertambahnya tenaga ahli dan terampil Munculnya bentuk-bentuk integrasi formal di bidang politik, pemerintahan, hukum dan ekonomi Kemudahan komunikasi dan transportasi sehingga masyarakat yang tempat tinggalnya berjauhan dapat bertemu dan berbicara setiap saat dengan mudah. Etos kerja tradisional yang hanya menggantungkan diri kepada nasib berubah menjadi etos kerja yang dinamis, ulet, optimis dan terencana. Dampak negatif: Unsur-unsur adat makin memudar,terutama yang berhubungan dengan religi dan kepercayaan

Ikatan kerabat dan keluarga luas semakin melemah dan bergeser hanya ke keluarga inti Pengetahuan tradisional. misalnya pengobatan tradisional semakin terlupakan Moral masyarakat mengalami degradasi karena orang akan begitu mudah memproduksi barang dan jasa tanpa memikirkan efek negatifnya Budaya asing semakin mudah masuk sehingga dapat meunturkan kecintaan terhadap budaya lokal. Menurut Amiruddin (2010) Dampak positif dan dampak negatif dari perkembangan teknologi untuk masa depan adalah : 1. karena kemajuan Teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Dalam bidang informatika dan komunikasi .Memberikan banyak kemudahan. serta sebagai cara baru dalam melakukanaktifitas manusia. pemerintah di suatu negara harus membuat peraturanperaturan atau melalui suatu konvensi internasional yang harus dipatuhi oleh pengguna Teknologi (Hastuti. Khusus dalam bidang teknologi. Perkembangan teknologi memang sangat diperlukan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasiinovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini. 2009) Oleh karena itu untuk mencegah atau mengurangi akibat negatif kemajuan teknologi. Kemajuan Teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini. Namun manusia tidak bisa menipudiri sendiri akan kenyataan bahwa teknologi mendatangkan berbagai efek negatif bagi manusia (Hastuti. 2009).

 Dampak positif :  Lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru melalui internet  Berkomunikasi jarak jauh dengan telepon atau handphone  Mendapatkan layanan bank dengan mudah. Melalui internet kita dapat memperoleh informasi tentang tes psikologi dan bahkan dapat memperoleh layanan tes psikologi secara langsung dari internet  Kecemasan Teknologi seperti kerusakan komputer melalui virus.  Dampak negatif :  Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan pihak tertentu untuk tujuan tertentu  Kerahasiaan alat tes semakin terancam. kehilangan berbagai file penting dalam komputer 2. Bidang ekonomi dan industri  Dampak positif :  Pertumbuhan ekonomi semakin tinggi  Terjadinya industrialisasi  Produktifitas dunia industri semakin meningkat .

 Tekanan kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi globalisasi akan melahirkan generasi yang disiplin. Di bidang kedokteran dan kemajuan ekonomi mampu menjadikan produk kedokteran menjadi komoditi  Dampak negatif :  Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan  Sifat konsumtif sebagai akibat kompetisi yang ketat pada era globalisasi akan juga melahirkan generasi yang secara moral mengalami penurunan 3. Bidang sosial budaya  Dampak positif :  Perbedaan kepribadian pria dan wanita.  Meningkatnya rasa percaya diri. tekun dan pekerja keras  Dampak negatif :  Penurunan moral di kalangan warga masyarakat. Salah satunya besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai pemimpin. khususnya di kalangan remaja dan pelajar .

 Kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja semakin menigkat. semakin lemahnya kewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat  Pola interaksi antar manusia yang berubah. Kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tangga golongan menengah ke atas telah merubah pola interaksi keluarga 4. Bidang pendidikan  Dampak positif :  Munculnya media massa. Bidang pendidikan juga mencetak generasi yang berpengetahuan tinggi tetapi mempunyai moral yang rendah. Misalnya dengan ilmu komputer yang tinggi maka seseorang dapat memasuki sistem perbankan . yang memudahkan siswa dan gutu dalam proses pembelajaran  Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka  Dampak negatif :  Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak kriminal. khususnya media elektronik sebagai sumber ilmu dan pusat pendidikan  Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru.

Diakses Maret 2011) . (http://teknologi. Teknologi dan Masa Depan Peradaban.kompasiana.com/2010/11/29 . Meddy. 2010. (http://terminaltechno.ac.uns.F.DAFTAR PUSTAKA Amiruddin. (http://lenijuwita. diakses Maret 2011) Danial. diakses Maret 2011) Hastuti. Potensi Teknologi dan Komunikasi.com/terapan/2010/09/04/teknologi-dan-masadepan-peradaban/ . Dampak Kemajuan Teknologi terhadap Peradaban MANUSIA . N.. 2010. 2009.id/2009/12/08/dampakkemajuan-Teknologi-terhadap-peradaban-MANUSIA/ .blog.wordpress.