CONTOH-CONTOH VISI, MISI dan PROGRAM KERJA

ASTRA 2000
VISI ASTRA 2000 : No. Pernyataan 1. Market Domestic Leader and Global Player 2. Growth Profitability 3. Efficient (Hemat) Cost Satisf (Cermat) Indikator Keberhasilan 5-5-50: The big 5 in 5 year with asset $ 50 Billion Better than closest competitor Leadership dan disiplin

POS INDONESIA
VISI PT POS INDONESIA : Senantiasa berupaya untuk menjadi penyedia sarana komunikasi kelas dunia, yang peduli terhadap lingkungan, dikelola oleh SDM yang professional, sehingga mampu memberikan layanan terbaik bagi masyarakat serta tumbuh dan berkembang sesuai dengan konsep bisnis yang sehat. MISI PT POS INDONESIA : Menyediakan sarana komunikasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat dan pemerintah guna menunjang pembangunan nasional serta memperkuat kesatuan dan keutuhan bangsa dan negara Mengembangkan usaha yang bertumpu pada peningkatan mutu pelayanan melalui penerapan IPTEK tepat guna untuk mencapai kepuasan pela nggan serta memberikan nilai tambah yang optimal bagi karyawan, pemegang saham, masyarakat dan mitra kerja.

LEARNING FORUM
VISI LEARNING FORUM : Sebuah model keunggulan internasional, memudahkan perubahan dalam belajar, menghasilkan orang yang kreatif, berpendidikan, bertanggung jawab, berpartisipasi dalam masyarakat global.

maka ITSAR memiliki misi sebagai berikut : 1. Mengkonsolidasikan kekuatan yang jelas Kita perlu mengetahui berapa banyak kekuatan yang ada yang siap melaksanakan visi ini. ataukah ada hambatan yang memerlukan penanganan yang cepat. Sistem monitoring situasi. 2. Ajang bagi kader untuk mempraktekkan dan menyempurnakan skill -skill yang telah dilatihnya Dalam suatu bentuk kegiatan yang berfrekuensi sering. Membangun media informasi yang bertujuan : a. Mempersatukan potensi setiap basis-basis dakwah yang dapat dipersatukan hingga menjadi suatu kekuatan yang padu dan unggul untuk menjadi motor penegak risalah Islam sebagai rahmatan lil alamin . Mempersiapkan suatu : ´Model sistem keunggulan regional yang mengefektifkan dan mengefisiensikan pembinaan pribadi Muslim yang berkomitmen terhadap Islam dan Harakah Islamiyahµ Yang siap untuk diaplikasikan pada basis-basis dakwah yang membutuhkannya 2. kontrol dan evaluasi Perlu ada suatu mekanisasi yang efektif guna mengetahui bagaimana proses pergerakan organisasi saat itu. mengukuhkan peran dan eksistensi ITSAR dengan sasaran utamanya adalah basis-basis dakwah yang telah tergabung dalam ITSAR . apakah lancar-lancar saja. Berperan aktif dalam mendirikan basis-basis dakwah pada sekolah-sekolah yang belum memilikinya. mengkomunikasikan ide dan program ITSAR baik untuk lingkungan intern maupun ekstern organisasi d. . Jalur komunikasi dan informasi intern yang efektif dan efisien. keseriusan. Jalur komunikasi ini mutlak diperlukan jika kita ingin memberikan suatu informasi kepada suatu basis dakwah lain dalam waktu yang cepat. melengkapi kekuatan dakwah di basis-basis dakwah yang telah ada b. 3. 5. Mempersiapkan tenaga-tenaga mentor yang berkualitas dalam bidangnya sebagai tenaga yang siap pakai untuk : a. banyak. Guna merealisasikan visi tersebut. Melaksanakan secara insidental kegiatan-kegiatan dakwah dan sosial guna : a. 4. variatif serta memiliki kadar kesuksesan yang baik. Membangun kekuatan perekonomian organisasi Karena masalah dana adalah masalah yang vital dalam setiap organisasi 3. 5. Struktur gerak yang jelas dan mantap Berupa penempatan posisi dan pembagian tanggungjawab yang jelas dan tepat 4. Kekuatan itu hendaknya adalah anggota-anggota yang memiliki prinsip keterikatan. dan kesinambungan dalam ITSAR ini. diperlukan adanya strategi yang tepat. Berperan aktif dalam membantu terbangunnya basis-basis dakwah yang berkualitas. yang berupa: 1. membentuk opini umum mengenai suatu masalah c. Melaksanakan program-program pelatihan kader guna mengembangkan potensi tiap pribadi anggota sehingga menjadi kader-kader yang unggul dan siap berperan aktif dalam visi organisasi ini. menyebarluaskan fikrah Islam b. Menyalurkan potensi anggota demi kemaslahatan umat b. mendirikan dan membangun basis-basis dakwah secara mandiri 3. 2. Dan sebagai penunjang pelaksanaan misi-misi tersebut. menarik.ITSAR 2000 Visi dari ITSAR adalah sebagai berikut : 1.

1. VISI ROHANI 554 Terbangunnya tandzim haraki yang besar dari segi kualitas dan kuantitas. MISI ROHANI 554 Membina kader dan mengarahkan potensi untuk Islam Membangun ukhuwwah diantara basis-basis dakwah sekolah Membina mad·u yang belum menjadi kader Melaksanakan propaganda bagi umum agar termotivasi untuk intensif mempelajari Islam 5. Membina mad·u yang belum menjadi kader  Mentoring  Kegiatan unit  Tafakur Alam  Training Kreatifitas      Diklat Aktivis Muslim R-Camp Silaturahmi Senja ROHANI Tarbiyah Ramadhan 4. penataan dan kekuatan. Melaksanakan propaganda bagi umum agar termotivasi untuk intensif mempelajari Islam  Madrasah Islam Intensif  R-Camp  Tafakur Alam  Diklat Aktivis Muslim  SIM  PAB/MOS  Siaga Ramadhan  Pesantren Kilat  Kegiatan unit 5. Melalui ROHANI ini kami berusaha membangun tandzim (struktur) haraki yang besar dari segi kualitas maupun kuantitas. agar mampu mengarungi setiap fase perjuangan dalam segala kondisi dan dengan segala kemungkinan. 2. 3. Tanpa adanya struktur (tandzim) haraki yang setarap dengan struktur yang dihadapi (jahiliyah) dalam segi kesadaran. Dakwah bagi umum STRATEGI ROHANI 554 1. tugas perjuangan Islam tak mungkin dapat dihasung meskipun dengan berpayah -payah dan pengorbanan seluruh kemampuan. Dakwah bagi umum  Ceramah Umum  Bursa Buku  Berbagai bentuk peringatan hari besar Islam  SIM  Siaga Ramadhan  Ghozwah Operation  Adz Dzikr Operation . 4.ROHANI-554 Perjuangan dalam Islam adalah merupakan kewajiban dan bukan sukarela. Perjuangan Islam terlalu berat untuk dipikul secara individual karena perjuangan Islam bertujuan mengikis habis jahiliyah sampai ke akar-akarnya dan menegakkan Islam sebagai penggantinya. Membangun ukhuwwah diantara basis-basis dakwah sekolah  Pertemuan Ukhuwwah  Training for Islamic Worker (ISO)  Moslem Camp  Kunjungan ukhuwwah  Kaderisasi Terpusat ITSAR  Outbound 3. Membina kader dan mengarahkan potensi untuk Islam  PKR  Mentoring khusus PKR  Super LKO  Tanggung jawab kepengurusan ROHANI  Berbagai aktivitas kepanitiaan  Achievement Motivation Training  Training Diniyah  Silaturahmi  Training Mentor dan Assistant Mentor  Tanggung jawab sebagai pelatih unit  Tanggung jawab sebagai mentor atau assistant mentor  Rapat dan Evaluasi 2.

Potensi dalam bidang jurnalistik ii. Insan akhlak dan tatakrama iv. Menegakkan hal-hal yang ma·ruf Program kerja standar : i) Pemasangan madding masjid ii) Pemasangan tata tertib ibadah iii) Pengkondisian suasana masjid iv) Ceramah Umum v) Bulletin b. Insan syari·at dan manhaj v. Potensi dalam bidang kepemimpinan dan keorganisasian iii. VISI EKSTERN ORGANISASI a. Meninggalkan kemungkaran ii. Keseriusan dalam menunaikan tugas iii. Potensi dalam bidang kewirausahaan vi. Potensi dalam bidang skill kehidupan di alam bebas vii. Pembinaan Potensi Anggota Potensi yang dibina i. Pembinaan Lingkungan Kelas-kelas yang Islami Program kerja standar : i) Ta·lim mingguan . Insan pembangunan dan produktivitas Program kerja standar: i) Mentoring mingguan ii) Perkemahan Pemuda ² R-Camp iii) Daurah iv) Kegiatan insidental terprogram v) Bulletin mingguan vi) Perpustakaan b. Insan dakwah dan jihad vi. Insan ritus dan ibadah iii. Beraqidah Islam ii. Potensi dalam bidang akademik Program kerja standar: i) Aktivitas unit-unit kegiatan ROHANI ii) Creativity Training iii) Achievement Motivation Training (AMT) iv) Latihan Kepemimpinan dan Keorganisasian (LKO) v) Pendidikan Dasar JASADI (PDJ) vi) Training Sistem Informasi Massa (Training SIM) vii) Kapita Selekta viii) Kepanitiaan ix) Diklat Aktivis Muslim (DIVISI) c. Pembentukan Pribadi Muslim Pribadi Muslim adalah : i. Potensi dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi iv. Komitmen akan kesinambungan untuk bergerak Program kerja standar: i) Pembentukan Kader ROHANI (PKR) ii) Pembinaan lulusan PKR iii) Konsolidasi 2.ROHANI 2000/2001 VISI KEPENGURUSAN ROHANI 2000/2001 : 1. Potensi dalam bidang seni v. Pembinaan Lingkungan Masjid yang Islami Lingkungan yang Islami adalah lingkungan yang : i. VISI INTERN ORGANISASI : a. Kesediaan untuk melaksanakan kewajiban ii. Pemersatuan Kesatuan dibingkai dalam dimensi berikut : i. Insan akal dan ilmu pengetahuan vii.

Section Four : (Operation Pemersatuan Alumni) 6. Section Five : Syar·iyyah Li Binaa·il-Masaajid (Operation Dakwah Masjid) Ghani 7. Section One : Tarbiyyatil Jundil Muslim (Operation Tarbiyah kelas 1) : Muhammad Iqbal 3.Qiyadah 2. Pemersatuan Alumni Program kerja standar : i) Temu brain storming ide ii) Re-uni Maka kepengurusan yang dibentuk adalah sebagai berikut : 1.Dana Usaha . Section Six : (Operation Dakwah Kelas) 8. Oversight : Al. Section Three : Ath-Thariq Ila Jama·atil Muslimin (Operation ITSAR) Nanda Siradj 5. VISI EKSTERN SEKOLAH a.Bendahara . Section Seven : (Operation Dakwah Sekolah) Pendukung : .Markas . Pemersatuan Lembaga Dakwah Sekolah Program kerja standar : i) Pertemuan Ukhuwwah rutin ii) M-Camp iii) Pertukaran mad·u iv) Training for Islamic Worker (ISO) v) Kaderisasi Terpusat b.ii) Pengajian rutin iii) SIM c. Section Two : Fi Afaq al Ta·alim (Operation Tarbiyah kelas 2) Tejo Bawono 4. Pembinaan Lingkungan Sekolah yang Islami Program kerja standar : i) SIM ii) Studi Islam Intensif 3.Sekretaris .

Mengadakan hari/senja/malam persatuan (bukan perpisahan) sewaktu kelas 3 lulus dari SMP 5 3. Pembuatan data base. Kegiatan insidental (Idul Fitri. Mentoring bersama . rekreasi bareng. Pengkondisian sistem dan amar ma·ruf nahi munkar Pembinaan ekstern : a. ROHANIZ FAIR. taushiyah dalam masjid) 2. materi mentoring) c. AMT.ROHANI 2000/2001 VISI ROHANI 2000/2001 : 1. Pemantauan mentoring 4. MEMBINA PRIBADI MUSLIM a. Buku Komunikasi 5. Kegiatan-kegiatan kolosal (insidental bulanan) [Tadzabur alam. mading. Kegiatan dakwah terpadu (rutin dengan sasaran SMART) c. Training-training (Training Jurnalistik. Tafakur kota. foto bareng mentoring 4. Pemantauan kehadiran mentoring dan pelaksanaan mentoring yang menarik 2. Silaturahmi lebaran 6. Mempersatukan Anggota ROHANI dalam satu kesatuan i. Buka shaum bareng 5. Mempersatukan ROHANI ikhwan kelas 2 : 1. perlombaan) e. Pemberian tanggung jawab kepada anggota ROHANI kelas 2 [membangun rasa memiliki ROHANI] (Piket masjid. Kegiatan dakwah rutin (bulletin. Melaksanakan pertemuan akbar kelas 2 (menampung aspirasi dan saran mengenai perjuangan ROHANI) 2. Pemantauan kegiatan mentoring (kehadiran kelas 1. Muharram. Idul Adha. kegiatan kolosal. persiapan Shalat Jum·at. Pembuatan data base pengurus atau bahkan buku angkatan 6. Melaksanakan kegiatan2 konsolidasi danpemeliharaan ghirah (daurah. silaturahmi ke SMP lain. Pemberian tanggung jawab iii. dll) ii. Pembentukan Kader ROHANI (PKR) f. kerja bakti. MENJALIN UKHUWWAH ANTAR SESAMA MUSLIM a. Ramadhan. pemutaran film. Mempersatukan ROHANI ikhwan kelas 1 : 1. kepanitiaan. membuat artikel untuk SIM. Mempersatukan ikhwan dan akhwat 1. kelas 2. distribusi bulletin b. Kegiatan kreatif (pameran. olahraga bareng) 3. pengumpulan arti kel. Silaturahmi lebaran 8. Tarbiyah Ramadhan 7. Membina Insan Dakwah dan Jihad Pembinaan Intern : a. liga. Try Out. ujian) iv. Membina Insan Produksi g. TFT) d. markas. Pertemuan rapat rutin (bulanan) 2. Kegiatan mentoring b. Membina Insan Syari·at dan Manhaj e. Kepanitiaan) 3. Mempersatukan ROHANI ikhwan kelas 3 : 1. white board) Khusus bulletin : rapat redaksi. Membina Insan Pendidikan dan Teknologi f. Isra Mi·raj) d. seminar. Buka shaum bareng 7. menjaga kondusifitas masjid sebagai tempat ibadah. Pengiriman kartu-kartu ucapan (moment hari besar. LKO. Membina Insan Akhlak c. Mengundang kelas 3 dalam kegiatan-kegiatan kolosal 2. Membina Insan Aqidah b. Membina Insan Ibadah d. Unit-unit e. spanduk. Mengkondisikan masjid sebagai pusat ibadah (memakmurkan masjid.

rapat rutin ² bersama alumni) 4. Silaturahmi idul fitri v. Menjadikan ROHANI yang mandiri i. Membangun hubungan yang baik dengan pembina dan pihak sekolah (proposal dan laporan kegiatan yang lancar dan baik) d. Pameran dengan tema wawasan dienul Islam vi. mading (pengurus. Di kegiatan mentoring ii. Belajar bersama. Melaksanakan kunjungan silaturahmi (termasuk pemberian kenangkenangan dan taushiyah) ii. Program dan sasaran yang jelas dan terkomunikasikan 2. Work Shop Kepanitiaan viii. Pembuatan data base alumni 3. pemberian bantuan) iv. Membina ukhuwwah dengan SMP lain i. buku komunikasi) . Program bakti social ix. Try Out iv. Kunjungan panti asuhan ii. Membina keorganisasian akhwat (Pembagian waktu aktivitas di markas. Jalur komunikasi dan informasi (papan pengumuman pengurus. Hari/senja/malam seni dan kreatifitas b. Studi banding b. Memperbanyak kegiatan positif i. Dies Natalis vii. Studi banding x. Seminar Lembaga Dakwah SMP vi. Home tournament v. Struktur gerak yang jelas bagi para pengurus 3. Perpustakaan : pengadaan. variatif. Olahraga bareng iv. Membangun hubungan (pengiriman kartu-kartu ucapan) ii. Penerbitan rubrik pengetahuan di Mading v. Membina ukhuwwah dengan masyarakat SMP 5 i. Tadzabur alam vii. Perlombaan dan pertandingan xi. akhwat 5. Buka shaum perwakilan SMP bersama iv. Membangun kekuatan persatuan antar SMP-SMP c. rutin dan sukses iii. Bulletin. MENCIPTAKAN LINGKUNGAN ROHANI YANG BAIK a. Pengiriman kartu kepada alumni-alumni ii. umum). Tadzabur alam bersama anak-anak yatim iii. Pengadaan kegiatan-kegiatan kolosal yang positif. Meningkatkan wawasan i. Hari/senja/malam seni dan kreatifitas viii. Pemutaran film vi. Bakti Sosial (Kerja bakti.3. Silaturahmi idul fitri Persatuan adalah mengkonsolidasikan dan memelihara persatuan Persatuan berarti berjuang bersama untuk mencapai tujuan yang sama b. Melaksanakan kegiatan bersama iii. ringkasan buku (Contoh teknik kerjanya) 4. Re-uni iii. Memprofesionalitaskan kepengurusan : 1. MENINGKATKAN POTENSI ANGGOTA ROHANI a. Rapat aspirasi ix. Mengaktifkan unit c. Di kegiatan kolosal iii. Buka shaum bersama 6. majalah. Kegiatan bersama ikhwan. menarik. Memperbanyak kegiatan kreatif i. Membina hubungan dengan alumni i. pemeliharaan dan pemanfaatan buku ii.

Memaksimalkan proses tansfer ide dari ROHANI sebelumnya xii.4. Pemaksimalan peran asistent mentor sebagai suatu proses kaderisasi yang penting x. Rapat-rapat rutin c. Mengaktifkan Dakwah Fardiyah . Rapat rutin dengan seluruh ROHANI-554 (pengurus. Sistem administrasi yang baik dan efisien v. Membangun kekuatan ekonomi : 1. Pelaksanaan komitmen kerja ii. baligo. foto-foto) ix. lef let [sebar. Inventarisasi barang. spanduk. Kontrol dan evaluasi serta penelitian dan pengembangan 6. majalah) b. bursa buku) 3. hadiah bagi saran terbaik) viii. Mengarsipkan materi-materi pembinaan ROHANI iv. proposal. Iuran rutin maupun sukarela 2. MEMPERBAIKI SISTEM DAKWAH a. melengkapi dan merawat barang-barang ROHANI 7. alumni) xi. kelas 3. statistika monitoring kerja) 5. temple]. Monitoring situasi (papan kerja. gantung. Sistem pembukuan keuangan yang baik iii. mading. poster. deskripsi. Mengadakan sarana untuk menampung saran bagi ROHANI untuk umum (kotak saran. laporan. Mendokumentasikan aktivitas ROHANI sehingga dapat dipelajari oleh angkatan selanjutnya (Buku kegiatan. Mengaktifkan Sistim Informasi Massa (Bulletin. Kegiatan pencarian dana (jualan. Melaksanakan training pengurus guna meningkatkan kemampuan kerja vi. Melaksanakan Prinsip Amar Ma·ruf Nahi Munkar 5. white board. Kegiatan-kegiatan konsolidasi pengurus berkala vii.

AKTIVITAS YANG TELAH DILAKSANAKAN ROHANI 1998 .2002 : .

the next generation (Pembentukan Kader ROHANI) Pertemuan Ukhuwwah antar SMP II di SMP 2 Training Diniyah dan Pelantikan Kepengurusan ROHANI (PKR) Training Diniyah dan Pelantikan Kepengurusan ROHANI II (PKR II) Latihan Kepemimpinan dan Organisasi plus Pesantren Lail Penerimaan Anggota Baru (PAB) 1999 Pembentukan Kader ROHANI III (PKR III) Pertemuan Ukhuwwah antar SMP III di SMP 5 Achievement Motivation Training (AMT) Kegiatan Ramadhan (Gema Rohani) .Tangkuban Parahu Pertemuan Ukhuwwah antar SMP IV di SMP 8 Siaga Ramadhan Training Awal Anggota Unit ROHANI (gagal) Diklat Aktivis Muslim Pesantren Kilat Liburan Sekolah bagi kelas 1 Pesantren Kilat Liburan Sekolah bagi kelas 2 Tarbiyah Ramadhan .2000 Training for Ismalic Worker (ISO .Haruman Super LKO .2000) Pembentukan Kader ROHANI VIII DIVISI II . TRESTER.Kiarapayung Training Mentor dan Asisstant Mentor I Masa Orientasi Siswa (MOS) 2000 Silaturahmi ke SMP 8 Pembentukan Kader ROHANI V (PKR V) Pembentukan Kader ROHANI VII (PKR VII) Pembentukan Kader ROHANI VI (PKR VI) Tafakur Alam Kelas 1 2000 ke Sukawana Try Out bagi kelas 1 Kegiatan-kegiatan UNIT : JASADI. SSQ. SMP 8.Five Star Mind Pembentukan Kader ROHANI IX Ghozwah Operation Adz-Dzikr Operation ROHANI CAMP .buka puasa bersama Training Sistem Informasi Massa dan Pembentukan SSQ Reuni ROHANI almuni SMP 5 Bandung angkatan atas (REALITAS) Pelantikan Unit SSQ . SMP 2.y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y y Pertemuan Ukhuwwah antar SMP 1. Evaluasi Mentoring cawu I (Bakar Sate) Madrasah Islam Intensif 2000 Penjelajahan JASADI : Manglayang .Pelantikan Unit Persiapan Pelaksanaan KADERISASI TERPUSAT ITSAR Training Kreativitas . SMP 5.Segala Herang Senja ROHANI. SMP 9 di SMP 8 Training Jurnalistik Latihan Kepemimpinan dan Organisasi ROHANI .Tadzabur Alam rute Tangkuban Perahu Pendirian unit-unit kegiatan ROHANI dan Pelantikan Anggota Unit ROHANI . R-Tech. SMP 3. Tim Mentor Pendidikan Dasar Jasadi (PDJ) 2000 Training Asisstant Mentor II Syukuran PKR. pelantikan unit-unit Pembentukan Kader ROHANI IV (PKR IV) Moslem Camp 2000 . Leadership.

Outbound perburuan di hutan Manoko y DIVISI III y Madrasah Islam Three Vision y DIVISI IV y ROHANI FAIR ² Demonstrasi Tekhnologi Elektronika ROHANI y DIVISI V y MOS 2002 y Kegiatan Bulan Unit I dan II Outbound Bersama ITSAR .y MOS 2001 y Pembentukan Kader ROHANI X y Tarbiyah Ramadhan 1422 H y Silaturahmi Idul Fitri ² Bakar Jagung y Tafakur Alam rute Tangkuban Perahu.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful